Elisabeth W. Alfanisa A public relations enthusiast who loves to write and read. A girl behind Niagahoster's good news on media. A cool kid you'll find spacing out in the backyard.

Tren Investasi Domain di Tahun Politik

1 min read

Tidak selang lama setelah pengumuman pasangan capres-cawapres resmi oleh KPU, dunia maya dibuat heboh dengan kemunculan website dengan alamat domain jokowimaruf.com dan prabowosandi.com. Tak tanggung-tanggung, domain tersebut dijual dengan harga mencapai masing-masing 2 milyar dan 1 milyar rupiah. Pemilik domain jokowimaruf.com diketahui bernama Aditya Murti asal Purwodadi, sedangkan pemilik domain prabowosandi.com adalah Muhammad Sigit Saputro asal Jakarta. Keduanya menyebutkan bahwa pembuatan domain tersebut merupakan inisiatif pribadi untuk mengamankan alamat domain tersebut dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan merugikan salah satu pasangan calon.

Memasuki tahun politik, para calon legislatif dan eksekutif mulai merambah ke target pengguna internet Indonesia. Penetrasi internet yang cukup tinggi di Indonesia, yaitu mencapai 54%, menjadi salah satu faktor utama kampanye online dijalankan oleh para caleg. Kampanye online dalam konteks Pemilu sendiri merupakan strategi penyampaian ide, visi dan misi caleg secara digital. Kampanye online dapat dilakukan dengan berbagai media seperti memasang iklan di laman media online, memaksimalkan akun media sosial untuk berinteraksi dengan warga, membuat website pribadi, hingga membuat video di kanal YouTube. Selain dinilai efektif menjaring pemilih milenial, kampanye online relatif lebih terukur, target kampanye bisa diatur, dan sesuai dengan perkembangan teknologi dan komunikasi era digital saat ini.

Salah satu perusahaan penyedia layanan web-hosting, server, dan domain, Niagahoster, melihat kecenderungan tren kampanye online yang meningkat menjelang tahun 2019. Salah satunya ditandai dengan meningkatnya jumlah layanan pembuatan website dan jasa kampanye online di laman mesin pencari, Google.

“Ada peningkatan permintaan aktivasi domain dengan nama caleg dan tagline kampanye. Pilkada lalu ada pasangan calon gubernur yang memesan domain, juga parpol dan perseorangan. Tren ini rata-rata meningkat ketika musim pemilu.” ujar Ade Syah Lubis, CEO Niagahoster.

Ade mengakui alamat domain dapat menjadi komoditas yang sangat menjanjikan. Pada tahun 2010, Facebook dilaporkan membeli nama domain bernama fb.com dari American Farm Bureau Federation seharga 8,5 juta dolar. Sedangkan harga domain termahal yang pernah tercatat adalah LasVegas.com, yaitu 90 juta dolar. Peningkatan pendaftaran nama domain pun semakin bertambah seiring dengan internet yang berkembang pesat. Ade mengungkapkan munculnya alamat domain dengan nama pasangan capres-cawapres sebagai salah satu bentuk investasi domain yang tepat dengan momentum penetapan capres-cawapres resmi.

“Saya rasa, mahalnya harga domain jokowimaruf.com dan prabowosandi.com merupakan gabungan dari momentum yang pas dan kejelian pemilik domain melihat peluang alamat tersebut akan digunakan sebagai media kampanye online oleh pasangan calon.” ujar Ade.

Masa aktif minimal sebuah alamat domain adalah satu tahun. Satu tahun mengoptimasi website cukup untuk memperkuat kehadiran online dan memaksimalkan kampanye di dunia maya. Banyak pejabat yang mempertahankan kepemilikan website sebagai media penyampaian informasi dan membangun citra. Beberapa contohnya adalah Ridwan Kamil-Uu Rhuzanul Ulum (jabarjuara.id), Anies Baswedan-Sandiaga Uno (jakartamajubersama.com), Fahri Hamzah (fahrihamzah.com), Fadli Zon (fadlizon.com), Muhaimin Iskandar (cakimin.com), Dedi Mulyadi (dangiangkisunda.com), dan lain-lain. Pembuatan website dengan nama domain yang sesuai dengan nama pejabat meningkatkan aksesibilitas website tersebut dikunjungi oleh publik. Dengan semakin banyak klik ke alamat domain tersebut, kampanye online pun akan semakin efektif dijalankan.

1
Elisabeth W. Alfanisa A public relations enthusiast who loves to write and read. A girl behind Niagahoster's good news on media. A cool kid you'll find spacing out in the backyard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =