Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

2 min read

Tools Google untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis digital, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google untuk marketer yang bisa membantu Anda. 

Lalu, adakah rekomendasi tools Google gratis untuk marketing? 

Tak perlu khawatir. Kami memiliki daftar tools Google untuk marketer yang bisa Anda manfaatkan:   

  1. Google AdWords
  2. Google Analytics
  3. Google Search Console 
  4. Google Tag Manager 
  5. Google Trends

Masing-masing tools memiliki fungsi tersendiri, baik untuk beriklan, menganalisis kinerja website, dan lainnya. 

Nah, ingin tahu bagaimana tools tersebut dapat membantu Anda? Tenang, kami punya panduan masing-masing Google tools untuk marketer. Yuk, langsung simak penjelasannya berikut ini!


Google Adwords

Google AdWords (Google Ads) merupakan salah satu tools Google untuk mengiklankan produk di Google Search. Iklan akan ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Tools ini memiliki banyak keuntungan untuk pemasaran digital. Pertama, iklan akan dilihat lebih banyak orang mengingat Google adalah search engine populer. Kedua, biaya yang dikeluarkan minim karena Anda hanya membayar jika audiens membuka iklan Anda.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah. Anda cukup membuat akun Google Ads dan membuat campaign promosi Anda. Selanjutnya, cukup ikuti panduan dari Google hingga selesai

BACA TUTORIAL GOOGLE ADWORDS UNTUK PEMULA›


Google Analytics

Tools Google untuk marketer lainnya adalah Google Analytics. Sesuai namanya, tools ini dapat membantu Anda dalam menganalisis pemasaran yang Anda lakukan.

Dengan Google analytics, Anda bisa memantau performa halaman website bisnis atau toko online Anda. Misalnya, jumlah trafik, sumber trafik, data demografi pengunjung, dan lain sebagainya. Dari data tersebut, Anda bisa lebih mengoptimalkan performa website tersebut.

Untuk menggunakan Google Analytics, ada beberapa cara yang dilakukan sesuai kebutuhan analisis Anda. Pertama, secara Realtime untuk melihat jumlah pengunjung, device yang digunakan, dan lainnya. Kedua, dengan Audience untuk melihat detail demografi pengunjung website. Selain itu, masih ada cara lain yang bisa Anda coba.

BACA CARA MENGGUNAKAN GOOGLE ANALYTICS UNTUK PEMULA›


Google Search Console

Google Search Console merupakan tools Google gratis untuk marketer yang kami rekomendasikan. Tools ini akan membantu Anda memonitoring kinerja website terkait backlink, trafik, hingga performa web di perangkat mobile.

Dengan Google Search Console, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menemukan kata kunci yang paling efektif, hingga mengetahui halaman website yang paling populer. Bahkan, Anda juga mengetahui adanya broken link pada website.

Untuk menggunakan Google Search Console, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Pertama, menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics. Kedua, mengoptimasi kata kunci. Pastikan Anda mengikuti semua langkah sesuai dengan panduan yang benar.

BACA PANDUAN GOOGLE SEARCH CONSOLE TERLENGKAP›


Google Tag Manager

Sesuai namanya, Google Tag Manager merupakan tools Google untuk marketer yang berguna untuk mengelola tag pada website. Dengan mengelola tag, Anda bisa mengetahui perilaku pengunjung website dengan lebih mudah.

Meskipun sekilas mirip dengan Google Analytics, Google Tag Manager memiliki beberapa kelebihan. Pertama, Anda bisa menggunakannya tanpa bantuan web developer. Kedua, Anda bisa menggunakannya bersama dengan tool lain seperti Google Analytics hingga Facebook Pixel.

Cara menggunakan Google Tag Manager juga tidaklah sulit. Setelah menginstalnya di website, Anda tinggal melanjutkan dengan membuat trigger dan mengaktifkan tag-nya.

BACA PANDUAN LENGKAP GOOGLE TAG MANAGER›


Google Trends

Google Trends merupakan tools Google untuk marketer yang berguna untuk melakukan riset kata kunci maupun topik konten. Dengan tool tersebut, Anda bisa mendapatkan data yang bermanfaat untuk menjalankan strategi konten marketing.

Cara menggunakan Google Trends pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuka halaman Google Trends lalu ketik kata kunci yang ingin diuji. Hasilnya, Anda akan melihat grafik yang menunjukkan seberapa populer kata kunci tersebut disertai kapan terjadi peningkatan atau penurunan tren.

Dengan Google Trends, Anda juga bisa mendapatkan insight tren pencarian kata kunci. Insight tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendukung strategi content marketing Anda

BACA CARA MENGGUNAKAN GOOGLE TRENDS UNTUK SEO & CONTENT MARKETING›


Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah tools Google untuk marketer yang digunakan untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi bisnis Anda.

Dengan Google Bisnisku, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari memudahkan konsumen menemukan bisnis. Selain itu, pelanggan bisa memberikan review atau ulasan mengenai bisnis Anda. Bahkan, bisa menjadi alat komunikasi dengan pelanggan.

Nah, untuk cara mendaftar di Google Bisnisku juga sangatlah mudah. Pastikan Anda mengisi semua informasi mengenai bisnis Anda. Selanjutnya verifikasi bisnis melalui email.

BACA CARA DAFTAR DAN VERIFIKASI GOOGLE BISNISKU›

Mana Tools Google untuk Marketer yang Anda Gunakan? 

Nah, itulah rekomendasi Google tools gratis untuk marketing dari kami. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemasaran yang Anda lakukan. 

Tools untuk marketer di atas bisa Anda manfaatkan untuk menganalisis kinerja halaman website, melihat trafik, riset kata kunci, dan mengetahui kebiasaan pengunjung. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera terapkan strategi digital marketing Anda dengan menggunakan berbagai Google tools. Semoga sukses!

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *