Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

5 Tips Membuka Bisnis Setelah Pandemi

9 min read

featured image membuka bisnis setelah pandemi niagahoster

Pandemi COVID-19 berdampak signifikan bagi hampir semua lini di kehidupan. Mungkin yang paling terasa adalah di sektor ekonomi. Tercatat 96,5% perusahaan di Indonesia terdampak COVID-19. Banyak sekali bisnis yang tidak dapat bertahan dan akhirnya tumbang selama masa pandemi. Untuk itu, diperlukan adanya inovasi dan penyesuaian bisnis atas kondisi saat ini. 

Era new normal ini adalah waktu yang tepat untuk membangun kembali bisnis secara online. Sebelum itu pasti tersirat pertanyaan, bagaimana cara membuka kembali bisnis pasca pandemi? Kami akan berbagi tips membuka bisnis setelah pandemi di artikel ini. Namun, mari kita bandingkan terlebih dahulu antara kondisi bisnis offline dan online saat ini. 

Membuka Bisnis Setelah Pandemi: Offline vs Online

Pada bagian ini, kami akan membantu Anda untuk membandingkan mana yang lebih unggul antara bisnis offline dan online. Jika Anda ingin membuka bisnis kembali secara offline, hal pertama yang harus diperhitungkan adalah tingkat risiko. 

Saat ini kemungkinan besar banyak persiapan yang harus dilaksanakan. Hal itu untuk memastikan bisnis Anda berjalan sesuai protokol keamanan agar tidak adanya penyebaran virus. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuka kembali bisnis offline:

  1. Memastikan selalu tersedianya hand-sanitizer.
  2. Memberikan perlindungan lebih dengan masker untuk para staf.
  3. Membeli partisi plastik dan harus selalu membersihkannya.
  4. Meluangkan waktu untuk menyemprotkan disinfektan ke tempat yang sering disentuh pelanggan.
  5. Mengurangi jam kerja untuk aktivitas sterilisasi, sehingga tidak jarang juga mengurangi produktivitas.

Situasi pasca COVID-19 seperti ini, dapat Anda bayangkan betapa rumitnya sistem operasional yang harus dijalani. Belum lagi Anda harus menghadapi kenyataan bahwa masih banyak orang yang memiliki ketakutan untuk beraktivitas di luar rumah selain bekerja. Terlalu banyak yang harus Anda keluarkan, tetapi tidak sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Apakah menurut Anda langkah-langkah di atas menambah beban finansial dan pekerjaan menjadi tidak optimal? Jika iya, itu berarti sudah saatnya harus merambah ke bisnis online, seperti 301 ribu bisnis lainnya yang sudah go online. Mengapa harus online? Ada beberapa kelebihan yang dapat dirasakan, seperti: 

  1. Meminimalisir terjadi kontak antara staf dan pelanggan. 
  2. Biaya yang relatif terjangkau, jika dibandingkan dengan biaya sanitasi dan sterilisasi yang harus setiap hari dikeluarkan.
  3. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
  4. Proses promosi lebih mudah dan menjangkau lebih banyak orang.
  5. Lebih terstruktur dan terorganisir dengan baik.
  6. Jam kerja menjadi fleksibel dan bisnis dapat berjalan tanpa menunggu waktu.

Dari poin-poin di atas, Anda dapat melihat mana yang lebih efektif dan efisien untuk bisnis Anda. Tentu saja, setelah mempertimbangkan berbagai aspek seperti keamanan, tingkat risiko, ongkos operasional, dan lain sebagainya, bisnis online lebih menjanjikan. Itu karena Anda dapat mengatur semua hal yang bisnis Anda butuhkan tanpa khawatir mengenai risiko yang berlebihan. 

Mengapa Bisnis Anda Wajib Go Online?

Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran bagaimana tips membuka bisnis setelah pandemi. Apalagi setelah Anda membandingkan jalannya bisnis offline maupun online. Dilihat dari berbagai sisi, tentunya bisnis online lebih menjanjikan daripada offline. 

Namun sebelum lanjut ke bagian tips membuka bisnis setelah pandemi berbasis online, mari kita bahas lebih dulu beberapa alasan mengapa bisnis online lebih menguntungkan.  

1. Tingginya pengguna internet di Indonesia

Pada Januari 2020, pengguna internet di Indonesia mencapai angka 64% atau setara 175,4 juta dari total 272,1 juta penduduk. Bayangkan jika bisnis Anda dikenal lebih dari setengah total penduduk di Indonesia, seberapa besar pangsa pasar yang Anda dapatkan? 

Silakan bandingkan dengan bisnis offline yang mungkin saja hanya menjangkau daerah sekitar bisnis Anda. Dengan memanfaatkan internet, otomatis Anda juga mendapat benefit untuk mengoptimalkan bisnis dengan menjangkau banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

2. Fleksibel

Bisnis berbasis online digunakan dan dioperasikan dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Proses promosi juga dapat dilakukan lebih luas hingga lintas daerah, kota, bahkan negara (go internasional). Hanya dengan koneksi internet Anda dapat terhubung dengan calon pelanggan tanpa keluar rumah. Tentunya, Anda dapat tetap berbisnis tanpa terbatas cuaca atau kondisi sekitar. 

3. Branding secara praktis dan profesional

Alasan mengapa harus go online selanjutnya adalah branding lebih mudah. Branding adalah usaha untuk membangun brand, seperti visi, misi, karakter, logo dan lain sebagainya. Jika bisnis Anda go online, Anda tentu lebih leluasa menggunakan media seperti foto, video, endorse influencer, testimonial, dan iklan. 

Itu semua membuat produk Anda dapat dikenal dan diingat dengan mudah. Apalagi jika Anda melakukan branding secara konsisten di semua platform online. Hal yang sama juga ikut membangun kepercayaan calon pelanggan sekaligus jadi kesempatan terbesar untuk menguatkan posisi dalam industri yang Anda tekuni. 

Baca juga: Template Iklan Online untuk Promosi Bisnis Anda

4. Biaya lebih murah

Mulai dari tahap persiapan, operasional, hingga tahap pemeliharaan, bisnis online jauh lebih unggul dibanding offline. Jika bisnis berbasis offline memerlukan gedung atau tempat usaha (yang harganya kian melambung), maka yang diperlukan bisnis online hanya layanan web hosting, domain, dan CMS. 

Semua kebutuhan Anda untuk membuka bisnis online dalam bentuk website, bisa Anda dapatkan di Niagahoster. Niagahoster sebagai layanan web hosting, memberikan pelayanan dengan harga bersaing dan fitur terlengkap. Anda dapat mengembangkan website bisnis Anda sekaligus membangun kemajuan bisnis tanpa menguras terlalu banyak biaya.

paket hosting niagahoster

5. Risiko minimal, untung maksimal

Bisnis offline yang memerlukan sewa tempat usaha, operasional dengan sarana dan prasarana yang tidak sedikit, keamanan fisik, dan risiko kesehatan yang tinggi. Sedangkan bisnis online, hampir tidak memerlukan hal yang berisiko tersebut. Terhubung dengan internet dan bermodalkan komputer, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Salah satu contohnya adalah Sate Ratu yang sukses dalam strategi bisnis online dengan memanfaatkan media sosial. Awalnya sang pemilik usaha, Fabian Budi Seputro, mengawali bisnis offline kuliner angkringan. Namun saat go online, dampak yang dirasakan sangat luar biasa dan bisnis pun berfokus pada produk sate. 

Produknya memang terfokus, akan tetapi pangsa pasarnya berkembang ke kancah internasional dengan memanfaatkan website. Selain penjualan meningkat tajam, target pasar yang dapat diraup pun lebih luas. Hingga saat ini, Sate Ratu telah dicicipi oleh turis lokal dan mancanegara dari 85 negara.

Dari kisah sukses Sate Ratu, kita dapat belajar bahwa risiko bisnis online terbilang rendah, karena pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan anggaran terlalu banyak untuk operasional fisik maupun promosi dan dapat berfokus pada produksi. Kekuatan go online yang dimanfaatkan Sate Ratu sukses mengenalkan brand tanpa mengeluarkan ongkos iklan yang terlalu besar. 

Cara Membuka Bisnis Secara Online

Jika Anda sudah menentukan untuk go online, harus diketahui bahwa membuka bisnis online setelah pandemi tidaklah sulit. Anda harus memulainya dari saat ini karena tingkat belanja online di Indonesia diprediksi meningkat 3,7 kali lipat pada 2025. Bahkan jika Anda awam dengan coding, Anda tetap dapat membangun toko online. Berikut adalah tips membuka kembali bisnis berbasis online.

1. Analisis SWOT

Tahap awal ini sangat penting karena berhubungan dengan segala tahapan berikutnya. Anda dapat mulai menganalisa SWOT untuk memastikan bahwa produk Anda merupakan sebuah solusi dari permasalahan yang ada. Sangat disarankan untuk melakukan analisis SWOT (Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats). 

  • Strengths atau kekuatan; Anda harus menegaskan hal positif dari bisnis Anda, misalnya pelayanan online 24 jam, produk Anda memiliki perbedaan dan kelebihan yang signifikan dengan harga bersaing, fitur kemudahan cara order dan lain sebagainya.
  • Weaknesses atau kelemahan; jabarkan segala macam kelemahan pada produk Anda dan buatlah solusi untuk mengatasinya. Sebagai contoh, saat COVID-19 dan new normal, toko fisik Anda tidak memungkinkan didatangi calon pelanggan, maka solusinya adalah membuat website dengan desain responsif, katalog produk yang lengkap, dan order flow yang jelas. Namun, Anda juga harus mengantisipasi kemungkinan produk mengalami kerusakan saat proses pengiriman, dan sebagainya.
  • Opportunities atau peluang; jika bisnis Anda go online, fenomena yang memungkinkan peningkatan bisnis Anda adalah peluang mendapatkan data calon pelanggan, Anda dapat mengirimkan promosi dengan lebih personal. Promosi secara online juga memungkinkan Anda menjangkau calon pelanggan lebih luas, 
  • Threats atau ancaman; jika menurut Anda terdapat faktor eksternal yang dapat merugikan bisnis Anda, maka itu dapat dikatakan ancaman. Contohnya, jika saat pengiriman produk Anda mengalami kerusakan, atau terhambat proses ekspedisi, Anda harus siap atas komplain dari pelanggan dan gesit memberikan solusinya.

Baca juga: Apa itu Buyer Persona? Mengapa Penting untuk Kesuksesan Bisnis?

Selain analisis SWOT, Anda harus menentukan siapa saja target utama produk Anda dan berasal dari segmentasi umur berapa. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan cara branding yang optimal, pemilihan platform promosi, hingga mengatur tema website. 

2. Membuat website toko online

Tips membuka bisnis setelah pandemi yang kedua adalah membuat website toko online. Website menjadi salah satu media yang paling dapat dipercaya oleh pelanggan. Tahapan ini pun cukup simpel dan mudah. Anda dapat mengikuti cara berikut: 

Langkah 1: Mencari Paket Hosting yang Tepat

Pertama-tama Anda dapat memesan hosting dan domain di layanan web hosting terpercaya. Web hosting adalah tempat di mana semua data website bisnis Anda disimpan. Terdapat berbagai paket unlimited hosting di Niagahoster yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. 

fitur hosting niagahoster

Semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, untuk solusi bisnis Anda, kami sarankan untuk memilih paket bisnis. Karena, Anda akan mendapatkan benefit dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan paket lainnya.

Fitur keamanan Spamexpert Protection yang berfungsi untuk melindungi inbox email Anda adalah salah satu keunggulan yang tidak dimiliki selain paket bisnis.

Tentunya layanan web hosting Niagahoster sangat murah jika dibandingkan dengan benefit yang akan Anda dapatkan. Dengan menggunakan paket bisnis, Anda juga otomatis mendapatkan domain gratis dari Niagahoster. 

harga paket hosting niagahoster

Langkah 2: Memesan Hosting dan Domain

Selanjutnya lakukan order hosting bisnis, Anda dapat menyesuaikan durasi sesuai kebutuhan. Dalam contoh ini, kami akan menggunakan durasi 3 tahun karena akan lebih efektif dan murah untuk seukuran hosting bisnis. 

Lalu Anda diminta mengisi nama domain yang Anda inginkan. Domain adalah nama situs yang Anda gunakan, di mana ketika calon pelanggan mengetikkan nama situs Anda di browser maka yang muncul adalah website Anda.

Disarankan menggunakan nama domain yang merepresentasikan bisnis Anda, gunakan nama yang singkat dan mudah diingat. Jika nama domain yang Anda inginkan masih tersedia, silakan tekan tambahkan ke cart.

beli domain murah

Selanjutnya Anda akan mendapatkan rincian transaksi dan klik Lanjutkan.

beli domain

Anda dapat menambahkan fitur lainnya yang dapat lebih mengoptimalkan website Anda, lalu klik Lanjutkan.

checkout hosting dan domain

Tahap terakhir, Anda dapat memilih metode pembayaran. Lalu silakan Masuk jika Anda sudah memiliki akun Niagahoster atau pilih Belum Punya Akun dan Anda akan diarahkan untuk mengisi data diri. Selanjutnya klik Checkout Sekarang.

opsi pembayaran niagahoster

Langkah 3: Menginstall WordPress ke Website

Tahapan selanjutnya sangatlah mudah, Anda dapat membangun website bisnis dengan menginstal WordPress dan plugin WooCommerce. Silakan Anda login ke cPanel dengan mengetikkan URL namabisnisanda.com/cpanel di browser. Lalu cari logo WordPress seperti di bawah.

install wordpress

Selanjutnya klik Install Now.

install wordpress

Anda akan diminta mengisi informasi website Anda, seperti nama dan deskripsi website, username dan password untuk login di WordPress. Anda dapat klik Install jika sudah mengisi data website Anda, dan proses instalasi akan berjalan.

install wordpress

Jika di layar browser Anda muncul gambar di bawah, selamat! WordPress Anda sudah terinstal.

loading install wordpress

Langkah 4: Menginstall Toko Online WooCommerce

Langkah selanjutnya adalah instal plugin WooCommerce. Silakan masuk ke dashboard WordPress dengan mengetikkan URL namabisnisanda.com/wp-admin. Silakan klik menu Plugin, lalu pilih Add New.

install plugin

Silakan cari plugin WooCommerce dan klik Install Now.

install woocommerce

Selanjutnya klik Activate.

activate woocommerce

Setelah langkah ini, Anda diminta untuk mengisi data website bisnis Anda. Kami sudah menyiapkan tutorial lengkap dan mudah membuat toko online untuk Anda. Untuk lebih jelasnya mengapa kami merekomendasikan WooCommerce, Anda dapat membaca artikel kami mengenai 7 Manfaat WooCommerce untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda.

download ebook woocommerce

Pentingnya membuat website toko online adalah untuk kemudahan proses bisnis Anda. Di dalam website Anda dapat mengatur produk, mengelola cara order, menentukan metode pembayaran, hingga proses pengiriman. 

3. Kustomisasi website toko online

Selanjutnya website toko online Anda tidak boleh kosong. Website bisnis Anda harus diisi dengan homepage, halaman produk dan landing page. Secara keseluruhan, hal tersebut membangun bisnis online Anda. Anda dapat mengikuti langkah praktis berikut:

Langkah 1: Membuat Homepage

Homepage adalah halaman depan website yang akan calon pelanggan lihat ketika mengetikkan nama domain website bisnis di browser. 

contoh landing page tips membuka bisnis setelah pandemi

Gambar di atas adalah contoh homepage bisnis kuliner Richeese Factory. Di dalam sebuah homepage terdapat beberapa link atau menu yang akan terhubung pada beberapa halaman seperti Promo, Menu, Gerai, Karir, Tentang Kami, Hubungi Kami, Layanan, dan sebagainya. Anda dapat mengikuti tutorial membuat halaman statis untuk homepage.

Kami sudah menyediakan cara membuat menu di WordPress dengan Sub Menu yang dapat Anda ikuti. Anda juga dapat menggunakan tema untuk keseluruhan website sesuai dengan ciri khas bisnis. 

Baca juga: 20 Contoh Website Perusahaan dan Toko Online Terbaik

Langkah 2: Membuat Halaman Produk

Selanjutnya, masuk ke inti website toko online, Anda dapat mengunggah gambar produk dan melengkapinya dengan deskripsi yang sesuai. 

contoh website tips membuka bisnis setelah pandemi

Seperti pada contoh, Anda dapat menggunakan gambar produk yang jelas dan orisinal, serta mengunggah gambar dari segala sisi. Pada halaman produk, Anda juga dapat menuliskan harga produk dan juga harga promosi, jika ada. Untuk tutorial lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi artikel kami mengenai membuat toko online mudah.

Baca juga: 15+ Fitur Penting Ini Wajib Dimiliki Toko Online 

Langkah 3: Membuat Landing Page

Tidak kalah penting, website Anda memerlukan landing page, halaman yang sangat vital dan harus dimiliki. Landing page adalah satu halaman yang berguna untuk kebutuhan marketing, menerima trafik dari kegiatan promosi, dan bahkan membuat calon pelanggan membeli produk atau mengisi formulir tertentu. Seperti contoh berikut:

landing page niagahoster

Baca juga: 7+ Contoh Landing Page Menarik untuk Website Anda

4. Membuat blog post

Agar website dapat bekerja secara optimal, dibutuhkan beberapa halaman berisi artikel pendukung tentang bisnis Anda. Dapat dimulai dengan membuat artikel mengenai informasi bisnis seperti About Us, Our Product, Contact Us, atau informasi penunjang lainnya seperti FAQ (frequently Ask Question), dan lain sebagainya. Anda dapat menghubungkannya dengan homepage agar calon pelanggan lebih mengenal bisnis Anda. 

membuat blog post

Anda juga dapat mengisi website dengan artikel-artikel yang relevan dengan bisnis Anda. Hal tersebut berfungsi sebagai bentuk konsistensi dari website Anda dan edukasi untuk pelanggan. Artikel yang ada di website Anda juga sebaiknya ramah SEO sehingga website Anda dapat berada di nomor teratas mesin pencarian google. 

Blog untuk bisnis tidak dapat disepelekan, karena kehadirannya dapat berfungsi meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Website yang Anda kelola juga dapat digunakan sebagai toko pusat karena seluruh kendali penjualan dapat Anda atur sendiri. 

Baca juga: 17 Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website dan Blog 

5. Promosikan bisnis anda

Bisnis tidak pernah lepas dari promosi. Itu kenapa tips membuka bisnis setelah pandemi ini juga membahas cara promosi bisnis Anda.

Untuk promosi berbasis online, sudah tidak perlu diragukan lagi efektivitas dan efisiensinya. Promosi dapat dilakukan sesuai kondisi dan kebutuhan. Ada banyak cara untuk melakukan digital marketing. Berikut beberapa contoh promosi yang dapat Anda lakukan.

Langkah 1: Promosi via Media Sosial

Untuk permulaan, dapat melakukan promosi di media sosial dengan membagikan link landing page website Anda. Media sosial dapat menjadi media marketing utama Anda karena target bisnis online Anda adalah pengguna internet yang didominasi oleh pengguna media sosial juga. 

Baca juga: 10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

Hal ini sangat memudahkan calon pelanggan untuk mengenal lebih dekat produk Anda hanya dalam beberapa klik. Semakin nyaman calon pelanggan mencari informasi tentang produk Anda, semakin besar kemungkinan suksesnya promosi bisnis Anda.

data social media

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing 2020

Langkah 2: Gunakan Email Marketing

Saat ini, dapat dikatakan semua pengguna internet setidaknya memiliki satu email. Jika landing page Anda menarik perhatian calon pelanggan hingga mengisi formulir subscribe,  misalnya. Dengan email tersebut Anda dapat mengirimkan pesan promosi langsung ke calon pelanggan. 

Anda juga dapat membangun kedekatan personal antara produk Anda dan calon pelanggan. Selain itu, Anda dapat mulai menggunakan email bisnis, melakukan email marketing. Jika Anda masih baru dalam menggunakan email marketing, kami sudah menyiapkan 5+ Contoh Newsletter untuk Email Marketing Anda.

Langkah 3: Pakai Strategi Endorsement

Untuk lebih menggaet kepercayaan banyak orang, strategi promosi bekerjasama dengan influencer dapat menjadi pilihan. Dengan mengiklankan produk Anda kepada influencer, tentunya produk Anda akan lebih dikenal lebih luas dan dipercaya banyak calon pelanggan.

Supaya lebih optimal, Anda dapat memahami apa itu influencer dan manfaatnya untuk bisnis Anda pada artikel yang sudah kami sediakan.

Selain ketiga hal diatas, masih banyak cara untuk memaksimalkan strategi bisnis online. Anda dapat mengakses ulasan lebih lengkap tentang digital marketing yang telah kami rangkum.

Tips tambahan: Jika bisnis online sudah dapat berjalan, saatnya memaksimalkan SDM untuk menjalankan selalu proses marketing dan update website. Anda bisa mendapatkan tips seputar marketing dan bisnis online lewat Niagahoster Blog dan channel YouTube Niagahoster

Siap Menjalankan Tips Membuka Bisnis Setelah Pandemi?

Membuka kembali bisnis setelah pandemi COVID-19 tidaklah serumit dan semahal yang diperkirakan. Dengan tips membuka bisnis setelah pandemi yang barusan kami sampaikan, Anda dapat mengurangi resiko penyebaran virus dan memangkas biaya, beralih ke versi online dapat mengoptimalkan bisnis Anda.

Jika Anda sudah bertekad untuk sukses berbisnis online, ebook kami akan membantu Anda dengan 35+ tips ampuh meningkatkan penjualan online melalui website yang dapat Anda unduh. 

ebook kiat bisnis online

Jadi, sudah siap online?

1
Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]