Jangan Instal Template WordPress dan Plugin Sebelum Melakukan Hal Berikut Ini! - Niagahoster Blog

Plugin serta template WordPress kini telah banyak tersedia, baik yang berbayar maupun gratis. Anda dapat mengunduhnya melalui repository WordPress.org.

Meskipun banyak plugin yang memiliki rating bintang lima di sana, Anda tetap perlu memerhatikan beragam faktor lain. Hal ini dikarenakan tidak semua plugin dengan rating tinggi dapat berjalan dengan baik pada website Anda.

Berikut adalah hal yang perlu dilakukan sebelum menginstal plugin dan template WordPress …

1. Lihat Secara Detail

rating template wordpress

Sumber: Pixabay

Sebelum mulai menginstal plugin atau template, tentu Anda dapat melihat ulasannya terlebih dahulu. Rating tinggi yang dimiliki oleh sebuah plugin tidak dapat dijadikan jaminan bahwa plugin tersebut dapat berfungsi dengan baik pada website Anda.

Ketika melakukan pengecekan, selain rating yang tinggi Anda juga sebaiknya perlu memastikan apakah plugin atau template yang Anda instal memiliki update terbaru. Jika suatu template atau plugin belum pernah diperbarui selama 2 tahun, rasanya akan lebih baik bila tidak menggunakannya.

Plugin serta template WordPress yang tidak diperbarui dalam waktu lama berpotensi menimbulkan masalah keamanan dan stabilitas website Anda. Silakan cari template atau plugin lain yang memiliki penambahan fitur baru, selain adanya perbaikan pada bug.

2. Ketahui Pendapat Pengguna Lain

memilih template wordpress

Sumber: Pixabay

Selanjutnya adalah mencari tahu pendapat dari pengguna lain mengenai suatu plugin atau template. Review dan komentar tidak hanya menjadi acuan bagi Anda dalam mengetahui penilaian dari semua pengguna, tapi juga untuk pengguna dengan kebutuhan yang lebih spesifik.

Suatu template atau plugin dapat saja memiliki rating tinggi, namun belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, ketahui apakah fitur yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Memilih template serta plugin tidak jauh berbeda seperti memilih hosting, Anda perlu mengetahui apa pendapat orang-orang yang sudah pernah menggunakannya terlebih dahulu.

3. Cek Demo Template

template demo

Sumber: Pixabay

Saat ini banyak template dan plugin WordPress yang menyediakan live demo. Lakukan pengecekan demo melalui berbagai perangkat dan browser guna memastikan template tersebut berjalan dengan baik.

Selain itu, juga lakukan pengecekan mengenai waktu loading yang diperlukan. Untuk melakukan hal ini Anda dapat memanfaatkan tool online seperti Pingdom atau Webpagetest.


Dalam memilih plugin maupun template WordPress, Anda perlu memperhatikan banyak hal terlebih dahulu. Beberapa di antaranya adalah rating yang tinggi, ketersediaan update dan fitur baru, cari tahu pendapat orang lain, serta lakukan pengetesan sendiri.

Jika Anda ingin menambahkan tips lain ketika akan menginstal plugin atau template WordPress, jangan ragu berbagi melalui kolom komentar di bawah ini. Klik Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

Kini Anda bisa membuat website instan dengan WordPress langsung online dalam lima menit.
Ikuti tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

website instan

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.