Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tingkatkan Performa WordPress Anda dengan Deretan Plugin Terbaik Ini!

1 min read

Tingkatkan Performa WordPress Anda dengan Plugin Ini

Performa website WordPress Anda bisa ditingkatkan menggunakan plugin. Hanya saja, urusan memilih plugin yang tepat untuk meningkatkan kinerja website Anda ini seringkali gampang-gampang sulit. Plugin seperti apa yang sebaiknya Anda instal? Anda tidak perlu khawatir, berikut kami berikan daftarnya untuk Anda!

Berikut adalah Deretan Plugin Terbaik untuk Meningkatkan Performa WordPress Anda

1. Query Monitor

query monitor

Query Monitor dapat digunakan untuk melakukan debugging dan identifikasi pada query database yang lambat, panggilan AJAX, request REST API, dan masih banyak lagi. Selain itu, plugin ini memberikan laporan terkait detail website seperti versi PHP dan detail hosting yang digunakan. Plugin ini sangat membantu developer dalam mengembangkan website yang menggunakan CMS WordPress. Untuk melihatnya, silakan arahkan mouse pada menu bar di bagian atas dashboard WordPress.

plugin query

2. Complete Analytics Optimization Suite (CAOS)

performa wordpress

Plugin selanjutnya adalah Complete Analytics Optimization Suit, dibuat oleh Daan van den Bergh. Dengan plugin ini, Anda dapat memasang file Google Analytics berupa analytics.js dengan mudah pada website.

Pemasangan file Google Analytics tersebut dapat mengurangi request HTTP ke Google. Selain itu, Anda akan terhindar dari warning mengenai browser caching sehingga hal ini dapat meningkatkan performa website Anda.

Anda cukup menginstal plugin dan memasukkan tracking ID Google Analytics. Setelah itu plugin akan mengunduh serta menyimpan file analytics.js ke server Anda.

meningkatkan performa wordpress

3. Disqus Conditional Load

disqus conditional load

Jika Anda menggunakan Disqus dan memiliki komentar yang cukup banyak pada postingan tertentu, biasanya loading website akan melambat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menginstal plugin Disqus Conditional Load.

Plugin ini dapat mengurangi load time website Anda, sehingga akan sangat membantu halaman website Anda yang memiliki banyak komentar.

4. Lazy Load for Comments

lazy load for comments

Jika Anda tidak menggunakan Disqus untuk fasilitas komentar di WordPress namun menggunakan fasilitas komentar bawaan, permasalahan serupa dapat terjadi pada Anda. Untuk mengatasi masalah loading yang lambat karena komentar, Anda dapat menggunakan plugin Lazy Load for Comments.

Konfigurasi plugin ini cukup mudah. Setelah plugin aktif, silakan masuk ke menu Settings > Discussion. Pada bagian Lazy Load Comments silakan pilih jenis loading yang diinginkan, apakah itu On Scroll atau On Click.

lazy load

5. Query Strings Remover

query string remover

Plugin selanjutnya adalah Query Strings Remover. Biasanya, versi file CSS dan JavaScript pada website akan muncul pada bagian akhir URL, misalnya domaianda.com/style.css?ver=4.6. Ini adalah query strings. Beberapa server dan server proxy tidak dapat melakukan cache pada query string. Menghilangkan query string ini akan meningkatkan performa website. Di samping itu, warning seperti “Remove query strings from static resource ” pada Pingdom atau GTmetrix juga turut hilang.

Kesimpulan

Deretan plugin terbaik yang kami sampaikan di atas memang terkesan sepele. Akan tetapi, jangan ragukan kemampuannya. Silakan coba satu per satu dan buktikan sendiri peningkatan performa website WordPress Anda!

Apabila Anda memiliki referensi plugin lain, jangan ragu untuk berkomentar pada kolom yang tersedia di bagian bawah halaman ini. Silakan klik Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan ulasan terbaru langsung melalui inbox email Anda.

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − thirteen =