Categories: Template

19+ Template Joomla Terbaik untuk Anda

Joomla merupakan salah satu platform CMS terbaik untuk membuat website dengan beragam template sesuai kebutuhan Anda. 

Sayangnya, jumlah template joomla yang disediakan cukup terbatas. Kalau template yang disediakan kurang sesuai dengan kebutuhan website, Anda bisa download template joomla yang disediakan di luar platform Joomla. 

Nah, di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi template joomla gratis dan berbayar yang bisa Anda pilih. Langsung saja simak uraiannya berikut ini. 

19+ Rekomendasi Template Joomla Terbaik

Berikut ini rekomendasi template Joomla terbaik yang bisa Anda coba!  

1. Virginia

Virginia merupakan salah satu template Joomla terbaik yang bisa Anda pilih. Template ini didesain dengan tampilan minimalis yang cocok untuk website perusahaan. 

Template ini dilengkapi dengan parallax effect, yaitu efek scrolling yang membuat layer background bergulir lebih lambat dari konten di depannya. Website akan terlihat jadi lebih hidup.  

Fitur yang ditawarkan juga cocok untuk menunjang kemajuan bisnis. Salah satunya, integrasi dengan Google Maps. Dengan adanya fitur ini, akan memudahkan konsumen mengetahui toko offline atau bisnis Anda. Jadi, kalau konsumen ingin melihat atau mencoba langsung produknya, bisa tahu lokasi toko dengan tepat. 

Virginia juga memiliki fitur untuk menampilkan testimonial yang positif dari pelanggan Anda. Dengan fitur ini, bisnis Anda akan terlihat lebih kredibel. 

  • Harga: $75

2. Pasta & Ravioli

Kalau Anda ingin membuat blog atau website bisnis kuliner, Pasta & Ravioli bisa jadi pilihannya. 

Layoutnya didesain untuk bisa menampilkan foto-foto besar dengan kualitas terbaik. 

Tentu cocok untuk menampilkan menu andalan restoran Anda. 

Selain itu, Anda bisa leluasa menampilkan deskripsi setiap hidangan dengan lebih lengkap. Pengunjung akan tergugah membayangkan betapa lezatnya menu berdasarkan bahan pilihan yang digunakan.

Selain itu,  tampilan website secara keseluruhan akan terlihat lebih cantik dengan adanya pilihan font handwritten yang unik dan menarik. 

Kalau bisnis Anda menyasar pengunjung mobile, template ini salah satu pilihan terbaik. Berkat teknologi bootstrap yang membuat website responsif, seluruh informasi dan gambar yang ditampilkan akan terlihat baik di perangkat mobile. 

  • Harga: $75

3. Wegy

Wegy merupakan template Joomla yang dirancang khusus untuk website toko online. Anda bisa menampilkan semua produk di halaman katalog yang disiapkan.

Selain itu, toko online Anda akan semakin menarik dengan adanya integrasi VirtueMart. Aplikasi shopping cart tersebut bisa memudahkan Anda menata kategori produk dan mengelola stok barang. Hal ini tentu akan meningkatkan pengalaman berbelanja customer Anda. 

Wegy dibangun dengan teknologi Bootstrap 4 yang membuatnya mobile friendly. Tentu cocok bagi Anda yang ingin menjangkau lebih banyak pembeli dari gadget.

Selain itu, template ini juga SEO friendly, lho! Dengan begitu, website toko online Anda lebih berpeluang muncul di halaman pertama Google. Ingin lebih banyak orang tahu toko online Anda, kan? Nah, Wegy bisa jadi pertimbangan Anda.

  • Harga: $75

4. Diving club

Ingin membuat website terkait olahraga, perjalanan, atau petualangan? Template Joomla Diving Club bisa jadi pilihannya. 

Template ini dilengkapi fitur parallax effect yang membuat background website Anda terasa lebih nyata. Apalagi kalau website menampilkan pemandangan alam yang menarik. Tentu akan membuat pengunjung lebih terkesan, bukan?  

Pun demikian, tak perlu khawatir kalau harus menggunakan banyak foto di dalam website Anda. Template ini punya fitur lazy load yang akan tetap menjaga kecepatan loadingnya. Sebab, tidak semua image akan loading bersamaan. 

Oya, template ini juga menyediakan fitur opsi login dengan akun media sosial bagi pengunjung. Jadi, pengunjung website tak perlu mengisi form registrasi untuk daftar. Cukup pilih akun yang mereka inginkan, seperti Google, Facebook, dan lainnya. 

  • Harga: $75

5. IronMass

Anda memiliki website atau blog dengan niche olahraga? Gunakanlah template Joomla yang satu ini untuk membangun kesan sporty. 

Dengan desain bernuansa gelap, tampilan website Anda jadi lebih memukau berkat IronMass. Belum lagi kalau Anda mampu mengkreasikan tampilannya dengan fitur UI kit yang disertakan. Website tersebut tentu akan mampu stand out dari yang lain. 

Keunggulan lain dari template joomla ini adalah integrasi Google Maps untuk memudahkan pengunjung menemukan lokasi bisnis Anda. Selain itu, template ini juga menyediakan fitur contact form yang membuat pengunjung bisa menghubungi Anda dengan mudah.

  • Harga: $75

6. Plastic Surgery

Template plastic surgery ini menggunakan tampilan dan nuansa cerah dan minimalis. Sesuai namanya, template ini sangat cocok untuk website atau blog tentang kesehatan, kecantikan, atau perawatan tubuh. 

Template ini memiliki fitur grids tab yang memudahkan Anda dalam penataan elemen website supaya lebih menarik dan user friendly. 

Selain itu, template ini juga ramah SEO, sehingga website bisa lebih gampang muncul di halaman pertama Google. Template juga didesain responsif, jadi bisa diakses dari perangkat mana saja dengan tampilan yang tetap proporsional. 

  • Harga: $75

7. S2 Company Business

Template Joomla berikutnya yang bisa Anda coba adalah template S2 Company Business. 

Template ini sangat cocok untuk website portofolio atau website pribadi. Desain layoutnya  dibuat sangat simple dan rapi. Sehingga, karya atau produk Anda yang ditampilkan pun akan terlihat lebih elegan.  

Selain itu, template ini juga dilengkapi dengan fitur parallax effect. Website jadi terlihat lebih keren dengan transisi antar elemennya. Terlebih lagi, jika ditambahkan dengan tampilan video pada background, deretan karya sebagai portofolio Anda tentu akan lebih menarik pengunjung, kan?

  • Harga: $75

8. Ulmus

Punya bisnis furniture atau desain interior? Joomla Ulmus perlu Anda coba sebagai template websitenya.  Bukan hanya karena desainnya yang mampu menampilkan kesan mewah, fitur yang dimiliki dapat membantu website lebih fungsional.

Halaman utama template ini didesain dengan fitur image slider, sehingga pengunjung bisa melihat berbagai foto desain interior yang Anda tawarkan. 

Selain halaman utama seperti About dan Contact, template ini juga menyediakan halaman blog. Jadi, bisa Anda gunakan untuk menampilkan artikel terkait furniture, renovasi, dan gaya dekorasi. 

Tentunya akan semakin memudahkan Anda membangun upaya content marketing yang bisa mengedukasi klien sekaligus menjalankan strategi SEO, kan?

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menampilkan testimonial pelanggan yang puas dengan produk Anda. Jadi, di mata calon konsumen, bisnis Anda akan terlihat lebih terpercaya. 

  • Harga: $75

9. XEON

Anda mencari template Joomla gratis? Xeon bisa jadi salah satu pilihan Anda.

Template ini dibangun dengan framework Helix 2 yang akan  membuat template yang ringan. Alhasil, website jadi lebih cepat diakses dan responsif. 

Xeon adalah salah satu template Joomla yang  menggunakan konsep one page. Tentu ini bisa jadi pilihan tepat kalau Anda menginginkan semua halaman website mulai profil, portofolio, hingga tabel harga, dimuat dalam satu halaman. 

Konsep seperti ini tentunya akan membuat pengunjung lebih mudah mengakses seluruh konten di website Anda. 

Walaupun template ini gratis, tidak kalah dengan template berbayar lainnya kok. 

  • Harga : Gratis

10. Perfect Rent

Anda butuh template yang bagus untuk bisnis penginapan atau real estate? Perfect Rent merupakan salah satu rekomendasi terbaik. 

Di template ini, terdapat fitur galeri, yang bisa digunakan untuk menampilkan foto bangunan properti, kamar, atau area hunian lain yang menjadi produk Anda. Bahkan dengan layout yang baik, semua produk tersebut bisa ditunjukkan dengan lebih elegan.

Bukan itu saja, dengan adanya kolom testimoni dari pengguna yang telah menggunakan produk Anda, lebih mudah menampilkan review positif untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. 

  • Harga: $75

11. Harvest

Harvest merupakan template Joomla yang cocok untuk website restoran, bakery, atau catering. Kenapa Anda perlu mencobanya?

Keunggulan template Joomla ini bisa terlihat dari desain template yang dilengkapi dengan 10 warna pilihan dan custom typography. Untuk mempercantik tampilan website restoran Anda, bisa dilakukan dengan mudah. 

Belum lagi dengan adanya fitur parallax effect yang akan menampilkan background foto hidangan yang tampak lezat. Hal ini tentu akan mampu menggugah selera pengunjung, bukan?

Selain itu, template ini juga menyediakan 50 module position. Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan posisi baru untuk menambahkan fitur tertentu. Jadi, website akan lebih kaya fitur dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.  

  • Harga: $40

Kalau sedang mencari template Joomla untuk menampilkan hasil karya seni Anda, Art Gallery bisa Anda coba! 

Template ini menyediakan beragam fitur seperti slider image, gallery, dan halaman portofolio untuk menampilkan karya terbaik Anda. Serunya lagi, Anda bisa memasang fitur feedback forms untuk menerima kritik atau feedback tentang karya Anda. 

Ingin karya Anda mudah dilihat oleh pengguna mobile? Tenang template ini 100% responsive dengan dukungan HTML5 dan jQuery Bootstrap framework. 

  • Harga: $75

13. Gerdo

Template ini cocok digunakan untuk berbagai jenis website. Baik untuk membangun blog, website portfolio, maupun website bisnis. 

Gerdo merupakan salah satu template Joomla yang terintegrasi dengan media sosial populer, Facebook. Jadi, kalau Anda ingin membangun engagement menggunakan Facebook, template ini adalah salah satu pilihan terbaik. 

Template ini juga menyediakan Full Screen Slider yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan foto-foto profil terbaik produk bisnis Anda. Foto Anda dijamin akan terlihat lebih stand out dengan fitur tersebut.

  • Harga: $75

14. Median – Advertising Agency

Jika Anda memiliki website bisnis periklanan, media, dan lainnya, Anda bisa download template joomla ini dan menggunakannya untuk website tersebut. 

Template ini memiliki desain dan layout yang membuat website bisnis agency Anda semakin terlihat eye-catching

Template ini juga didukung parallax effect pada setiap elemen website. Jadi, akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website Anda. 

Selain itu, desain halaman blognya adalah salah satu yang terbaik.  Jadi cocok untuk strategi content marketing yang akan Anda jalankan. Bahkan dengan kemudahan embed video YouTube, akan semakin mudah membuat tiap konten terlihat keren. 

  • Harga: $75

15. Radio Station

Radio station merupakan template Joomla yang cocok digunakan untuk website radio, televisi, atau acara konser. 

Dengan template ini, Anda bisa menampilkan konten musik, video, ataupun gambar. Bahkan, Anda bisa menayangkan streaming radio untuk pendengar Anda dari seluruh dunia. 

Serunya lagi, material desainnya membuat tampilan website Anda terlihat lebih unik lho.  Anda bisa menggunakan gambar sesuai dengan genre musik yang ditampilkan pada website Anda.  

Anda juga bisa memanfaatkan fitur social option supaya pengunjung bisa mengomentari dan membagikan konten ke media sosial mereka. 

  • Harga: $75

16. TIME

Time merupakan template Joomla khusus untuk website berita. 

Template ini menggunakan extension seperti K2 dan Kunena. Ekstensi tersebut bisa digunakan untuk menata website berdasarkan kategori, tags, authors, teams, archives, atau kalender. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih mudah mencari konten yang mereka inginkan.

Keunggulan template ini adalah tersedianya 800+ Google fonts. Jadi, Anda bisa mudah mengganti font website yang paling cocok untuk website Anda. 

Tak hanya itu, terdapat UI element yang bisa Anda pasang pada website dengan cara drag and drop. UI element ini akan mempercantik website Anda. 

Selain memiliki fitur untuk mempercantik website, template ini juga memiliki multi dropdown menu untuk mempermudah navigasi website. Pengunjung website dijamin tak akan bingung menemukan konten yang dicari. 

  • Harga: $75, Free Trial 30 hari

17. Leo Store

Leo Store merupakan template Joomla yang digunakan khusus untuk membuat toko online. 

Halaman homepagenya memungkinkan Anda memanfaatkan image slideshow atau brand sliders untuk menampilkan foto profil atau produk bisnis. Di bagian footer, ada ekstra ruang untuk menyisipkan informasi alamat ataupun kontak Anda. 

Template ini menawarkan ekstensi JoomShopping yang akan membuat website toko online Anda responsif dan user friendly. Ingin mendapatkan pengunjung dari berbagai perangkat? Tak ada masalah. Semua informasi dan foto yang ditampilkan akan mampu terlihat dengan baik. 

  • Harga: $18

18. Jumerix

Jumerix adalah template Joomla yang multiguna. Anda bisa menggunakannya untuk website apapun, mulai dari blog, portofolio online, atau website bisnis.

Kalau Anda seorang blogger, Anda akan senang mendapatkan beragam variasi tampilan blog yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Nah, bagi pemilik bisnis, image slider di halaman depan akan cocok untuk menampilkan produk terbaru atau terpopuler di website bisnis Anda.  

Oh iya, template ini juga telah berbasis AJAX untuk mendukung website yang lebih intuitif. Berbagai elemen yang ada di dalam website mampu ditampilkan dengan cepat tanpa membuat pengunjung website Anda menunggu. Hal ini akan membuat pengalaman browsing lebih menyenangkan, bukan? 

Template ini pun menyediakan pilihan UI Kit dan warna tema yang membuat Anda lebih mudah dan leluasa dalam mengedit website.

  • Harga: $75

19. Shooter

Ingin membuat website untuk menampilkan hasil karya fotografi? Pakai template Joomla Shooter aja. 

Layout yang ditawarkan cocok untuk menampilkan foto-foto hasil jepretan Anda. Menariknya lagi, Anda akan lebih dimudahkan dalam memanajemen foto di website berkat tool RokGallery. Jadi, tinggal drag and drop saja, foto dapat ditata dengan rapi.

Bagaimana tampilan gambar di perangkat mobile? Tak perlu khawatir! Website Anda akan responsif dan tetap terlihat menarik di perangkat mobile. 

  • Harga: $59

20. University

Seperti namanya, template gratis ini memang dikhususkan untuk website sekolah, universitas, dan institusi pendidikan lainnya. 

Template ini memiliki empat tampilan menu yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan website sekolah Anda., yaitu Megamenu, Split, Dropline, atau CSS. Anda juga akan mendapatkan halaman bonus untuk untuk halaman login, contact, dan lainnya. Jadi, bisa langsung dipakai tanpa perlu membuatnya dulu secara manual. 

Pengunjung Anda banyak menggunakan perangkat mobile? Tenang. Website sekolah Anda dijamin 100% responsif dengan template ini.

  • Harga: Gratis

Baca juga: Belajar Joomla untuk Pemula

Template Joomla Mana yang Anda Pilih?

Nah, itulah berbagai template Joomla yang bisa Anda pilih. Cukup sebagai rekomendasi untuk website Anda, bukan?

Template yang kami ulas ada yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Pilihlah yang sesuai dengan budget Anda. 

Beberapa template tersebut memang dirancang untuk jenis bisnis tertentu seperti  kuliner, fotografi, hingga streaming radio. Namun, banyak juga yang sifatnya multipurpose. Apapun jenis dan nichenya bisa Anda jadikan template utama. 

Bukan hanya dari tampilan, semua template joomla di atas kami rekomendasikan karena memiliki fitur penting seperti mobile responsive dan SEO friendly. Jadi, bisa membantu website Anda mudah menjadi nomor satu di Google.

Nah, sudah tahu template joomla mana yang akan Anda gunakan?

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

MVC: Pengertian Dasar, Manfaat, dan Contohnya dalam Pengembangan Website

Jika Anda sedang belajar coding, Anda pasti sudah tak asing dengan yang namanya framework. Saat ini hampir semua framework populer,…

23 hours ago

Cara Setting CDN QUIC.cloud di WordPress

Ingin punya pengunjung website dari seluruh dunia tapi tidak tahu caranya? Coba dulu setting CDN QUIC.cloud di WordPress dan gaet…

2 days ago

Cara Instal SSL di Hosting | Gratis dan Berbayar

Apa kabar website Anda? Sudah aman? Pastikan keamanan website dengan cara instal SSL di hosting. Di artikel ini, Anda akan…

3 days ago

SIT Al Fatih: Punya Pelayanan Pendidikan Jempolan Berbekal Website E-Learning

Membangun website e-learning tak hanya akan mempermudah proses belajar mengajar. Bahkan, bisa meningkatkan profesionalitas instansi pendidikan dan kepercayaan orang tua…

4 days ago

7+ Tempat Jual Foto Online: Ubah Stok Foto Jadi Cuan!

Foto bisa jadi uang? Jawabannya bisa! Caranya, Anda bisa menjual stok foto secara online. Berikut rekomendasi tempat jual foto online…

4 days ago

8+ Rekomendasi WooCommerce Payment Gateway Terbaik

Bagaimana cara memilih payment gateway? Bagi Anda pemilik toko online, berikut rekomendasi woocommerce payment gateway terbaik untuk Anda!

5 days ago