Categories: Design

50 Template Blog Keren dan SEO Friendly

Apakah Anda sudah bosan dengan template blog yang Anda gunakan saat ini? Atau Anda baru saja mulai membuat blog dan bingung memilih template blog mana yang paling cocok untuk Anda?

Memilih template blog memang susah susah gampang. Anda perlu menemukan template yang sesuai dengan selera Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah template tersebut SEO friendly atau tidak.

Template SEO friendly akan membantu website atau blog Anda untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian. Dengan begitu website atau blog Anda akan lebih mudah untuk memperoleh trafik kunjungan dari organic search.

Kriteria Template Blog SEO Friendly

1. Responsif

Template blog harus responsif agar blog kompatibel di perangkat apa pun, baik perangkat desktop, mobile, maupun tablet. Dengan begitu pengunjung bisa membuka blog Anda di manapun tanpa berkurang kualitasnya.

2. Kompatibel untuk Semua Browser

Template yang SEO friendly tidak hanya kompatibel untuk semua perangkat, tetapi juga harus kompatibel untuk semua browser internet. Preferensi browser pengunjung blog tentu beragam sehingga Anda harus bisa mengakomodasinya dengan menggunakan template yang kompatibel dengan semua browser.

3. Friendly Navigation

Yang dimaksud dengan friendly navigation adalah pengunjung dapat dengan mudah menemukan konten yang ingin dibacanya. Pilih template blog yang memungkinkan Anda mengatur pembagian konten berdasarkan kategori yang mudah dipahami oleh pembaca.

4. Kecepatan Loading

Kecepatan loading adalah salah satu hal terpenting dalam memilih template blog karena blog dengan loading lama akan mendapatkan nilai buruk dari Google. Hal terburuknya adalah blog Anda akan sulit muncul di halaman pertama hasil pencarian.

5. Integrasi Media Sosial

Anda juga perlu mempertimbangkan template blog yang mendukung fitur berbagi di media sosial agar pembaca tidak kesulitan ketika mereka ingin membagikan konten di blog Anda ke media sosial.

Template Blog Keren untuk WordPress dan Blogger

Terdapat berbagai platform blog yang digunakan saat ini, tetapi yang paling populer adalah WordPress dan Blogger. Oleh karena itu, kami merangkum masing-masing 25 template blog keren dan SEO friendly untuk WordPress dan Blogger.

Dari 50 template yang kami rangkum, kami membaginya menjadi tiga kategori, yaitu kategori template news and magazine, personal blog, dan toko online. Semua template yang kami rangkum di artikel ini adalah template blog yang memiliki versi gratis atau gratis sepenuhnya.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah

25 Template Blog Keren 2019 dan SEO Friendly

1. NewsMag

NewsMag adalah template blog bergaya news and magazine, cocok untuk Anda yang mengelola blog berita. Template ini juga didesain kompatibel untuk desktop, mobile, maupun tablet.

Pengguna aktif template blog keren ini sudah mencapai 20 ribu pengguna. Rating yang didapatkan di situs WordPress pun cukup baik, yaitu 4.5 bintang dari 5 bintang.

2. Hueman

Template blog bergaya news and magazine lainnya adalah Hueman. Dalam deskripsinya di situs WordPress, Hueman diklaim sebagai template blog bergaya news and magazine dengan rating terbaik, yaitu 5 bintang. Selain itu, Hueman juga sudah memiliki pengguna aktif sebanyak 70 ribu dari seluruh dunia.

3. ColorMag

ColorMag juga merupakan salah satu template blog keren bergaya magazine untuk WordPress. Cocok untuk blog yang menyediakan konten berita. Pengguna aktifnya sudah mencapai angka 100 ribu dan mendapatkan rating yang baik juga, yaitu 5 bintang.

4. MH Magazine Lite

Masih template blog bergaya magazine, template MH Magazine Lite adalah salah satu template yang layak Anda pertimbangkan. Jika Anda mengelola blog berita dengan berbagai topik, template ini cocok untuk Anda. Desainnya yang tegas membuat blog berita Anda lebih terlihat profesional.

5. NewsAnchor

Jika empat template blog sebelumnya bisa Anda dapatkan di situs resmi WordPress, template satu ini disediakan oleh pihak ketiga, yaitu Athemes. NewsAnchor adalah template blog dari Athemes yang bergaya magazine.

6. Awaken

Template blog buatan Themezhut ini bergaya magazine yang responsif dan kompatibel untuk semua perangkat (mobile, desktop, dan tab). Template blog ini menyediakan berbagai widget untuk versi gratisnya seperti single category posts widget, two block posts widget, youtube video widget, dan ad widget.

7. Semicolon

Jika Anda membutuhkan template blog bergaya magazine dan minimalis, Semicolon adalah jawabannya. Desain template blog gratis ini tidak seramai enam template blog sebelumnya. Template ini cocok bagi Anda yang menyukai desain simpel dan minimalis.

8. Point

Jika Anda masih belum menemukan template blog keren yang sesuai dengan selera Anda di tujuh template blog sebelumnya, masih ada satu template blog bergaya magazine lagi, yaitu Point.

9. Breviter

Delapan template blog sebelumnya adalah template blog bergaya magazine. Dari template nomor sembilan sampai 16, kami akan memberikan rekomendasi template blog keren dan SEO friendly bergaya personal dan lifestyle.

Template blog personal pertama adalah Breviter. Template ini didesain minimalis dan cocok untuk blogger yang ingin menampilkan konten profesional, tetapi tetap menunjukkan sisi personalnya.

10. Stanley

Template blog satu ini cocok untuk designer, fotografer, animator, dan blogger yang menitikberatkan kontennya pada gambar dan foto. Template blog Stanley dengan apik menampilkan karya-karya Anda di blog.

11. Quidus

Template blog personal lainnya adalah Quidus. Template blog gratis ini menyediakan berbagai  fitur seperti Google web fonts, footer widget area, background image, upload logo dan favicon, social profile icons, dan integrasi WooCommerce.

12. RokoPhoto Lite

Bagi fotografer yang ingin menampilkan karya-karyanya di blog, template blog ini bisa menjadi pilihan. Template blog ini memungkinkan Anda untuk menampilkan foto secara maksimal.

13. Zillah

Jika Anda adalah seorang penulis atau blogger dan membutuhkan template blog minimalis untuk artikel-artikel Anda, Zillah merupakan salah satu template blog yang kami rekomendasikan.

14. Anariel Lite

Anariel Lite juga bisa dijadikan template blog pilihan untuk para blogger yang fokus pada konten tulisan. Template ini cocok bagi para pemula yang baru saja memulai blognya karena pembuat template ini juga menyediakan guide.

15. Amadeus

Selain Zillah, Amadeus juga bisa menjadi salah satu pilihan template blog keren Anda dari Themisle. Template blog Amadeus memberikan kesan elegan dan profesional, tetapi tetap simpel.

16. Everly Lite

Apakah Anda mengelola blog lifestyle? Anda bisa menggunakan template blog Everly Lite untuk blog Anda. Template ini cocok untuk personal blog dan lifestyle blog.

17. Latte

Template blog ini cocok bagi Anda yang memiliki blog personal. Pengembang template ini, Hardeep Asrani, membuat template blog Latte untuk para profesional yang ingin menampilkan portofolionya di blog.

18. Leto

Setelah membahas template blog keren dan SEO friendly bergaya magazine dan personal, kami juga akan membahas template WordPress untuk toko online. Template pertama adalah Leto.

Template yang dikembangkan oleh Athemes ini menyediakan fitur header, pilihan tema, widget penting untuk toko online, pilihan Google fonts, dan yang pasti terintegrasi dengan WooCommerce.

19. TheShop

Selain Leto, Athemes juga mengembangkan template toko online TheShop. Fitur yang berbeda dari Leto adalah TheShop juga disertai pilihan untuk menampilkan laman blog di situs toko online Anda.

20. eCommerce Gem

Template eCommerce Gem termasuk baru karena baru dirilis pada Januari 2018. Fitur utama dari template ini adalah kolom pencarian product, multiple section di laman depan, carousel fitur terbaru, call to action (CTA), dan kolom advertisement.

21. Eightstore Lite

Salah satu template WordPress untuk toko online yang patut Anda pertimbangkan adalah Eightstore Lite. Beberapa fitur utamanya adalah product slider, advanced wishlist, integrasi video di pop up banner, kolom pencarian product, kolom untuk logo partner dan pembayaran, blog, kolom testimoni, dan berbagai pilihan font.

22. AccessPress Store

AccessPress Store merupakan template toko online untuk WordPress yang dikembangkan oleh AccessPress. Template ini sudah digunakan secara aktif oleh 9.000 pengguna dan memperoleh rating 4.5 bintang dari 5 bintang.

23. MaxStore

MaxStore sudah digunakan oleh sekitar 4.000 pengguna dan berhasil mendapatkan rating 5 bintang di situs WordPress. Beberapa fitur unggulannya adalah footer widget area, background kustom, logo kustom, kolom pencarian, social icon, dan tentunya terintegrasi dengan WooCommerce.

24. StoreFront

Bisa dibilang StoreFront adalah template toko online gratis paling populer di WordPress karena penggunanya sudah mencapai sekitar 100 ribu pengguna. Template ini didesain dan dikembangkan langsung oleh developer WooCommerce sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya.

25. Sophistic Lite

Sophistic Lite juga bisa dipertimbangkan untuk menghiasi toko online Anda. Desainnya yang simpel dan minimalis akan memudahkan konsumen Anda untuk berbelanja online.

25 Template Blog Keren dan SEO Friendly (Blogger)

Setelah membahas 25 template blog keren dan SEO friendly untuk WordPress, di bagian selanjutnya kami akan membahas 25 template blog untuk Blogger.

1. X-Mag

X-Mag direkomendasikan untuk Anda yang mengelola blog tekno karena desainnya yang tegas dan modern. Template ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan beberapa syarat dan ketentuan dari pengembang seperti tidak bisa menghapus footer credit dan tidak bisa digunakan untuk unlimited domain.

2. Nanopress

Template blog Nanopress cocok digunakan untuk blog yang berisi konten berita. Template ini responsif dan SEO friendly, serta tersedia gratis. Anda juga akan mendapatkan panduan bagaimana menggunakan template ini.

3. Fashion

Seperti namanya, blog ini cocok untuk blog fashion yang bisa menampilkan konten fashion dan lifestyle Anda dengan baik. Beberapa fitur yang menjadi unggulan adalah related post support, newsletter subscription, auto resize thumbnail image, dan masih banyak lagi.

4. Motive Mag

Masih membahas template blog bergaya magazine, Motive Mag bisa dijadikan salah satu alternatif template blog Anda. Motive Mag dikembangkan oleh Sora Template yang juga mengembangkan X Mag.

5. Fast Mag

Sama seperti namanya, template blog keren ini diklaim sebagai salah satu blog dengan loading cepat. Blog ini cocok digunakan oleh penulis, jurnalis, ataupun fotografer.

6. Modern Mag

Modern Mag adalah template blog bergaya magazine yang cocok untuk digunakan segala niche. Template ini super responsif dan SEO friendly.

7. Sora One

Template Sora One adalah salah satu template yang didesain secara “mobile first”, yaitu didesain untuk perangkat mobile terlebih dahulu baru dikembangkan untuk desktop. Bagi Anda yang memiliki banyak pembaca dari perangkat mobile, template ini cocok untuk Anda.

8. Remito

Remito adalah template yang memungkinkan Anda untuk menampilkan minimal 3 kolom grid di laman depan. Fotografer, designer, dan agensi desain bisa memanfaatkan template ini untuk mempercantik blognya.

9. Antsasia

Template blog ini cocok untuk berbagai jenis blog, dari blog personal, travel, kuliner, fashion, sampai entertainment. Template ini juga mudah digunakan untuk siapa saja, bahkan orang awam sekalipun.

10. Flora Hand Crafted

Flora Hand Crafted didesain menggunakan sentuhan feminin sehingga cocok digunakan untuk para blogger dan penulis perempuan. Anda bisa menampilkan portofolio dan konten Anda dengan cantik dengan menggunakan template ini.

11. Phorto

Template Phorto cocok bagi fotografer atau designer. Dengan menggunakan template ini Anda bisa menampilkan karya-karya Anda dengan maksimal.

12. Monal

Bagi Anda yang menitikberatkan konten blog pada foto dan gambar, template blog Monal juga bisa dipertimbangkan. Tanpa harus mengurangi kualitas foto dan gambar, Anda bisa menampilkan karya Anda semaksimal mungkin dengan template ini.

13. Lily Fashion

Meskipun namanya adalah Lily Fashion, template ini bisa digunakan untuk jenis blog lain juga. Template ini juga cocok untuk para travel blogger dan lifestyle blogger yang mengingingkan desain minimalis dan menarik.

14. Suits

Template blog Suits bisa digunakan untuk blog personal atau blog magazine. Desainnya yang minimalis membuat template ini fleksibel digunakan untuk berbagai niche blog.

15. Dearpins

Desain template blog simpel dan minimalis semakin populer akhir-akhir ini dan Dearpins adalah salah satunya. Beberapa fitur unggulannya adalah share buttons, pilihan font untuk ikon, recent post widget, email subscription widget, dan featured images di laman index.

16. Gridz

Jika Anda sedang mencari template blog yang desainnya berbentuk grid, Gridz bisa Anda pertimbangkan. Template ini cocok untuk blog personal, blog fashion, blog fotografi, blog desain, dan semacamnya. Template ini akan menampilkan konten Anda secara grid dan rapi.

17. McKinley

Bagi para fotografer atau blogger yang menitikberatkan kontennya pada foto dan gambar, template blog McKinley bisa menjadi pilihan. Template blog ini dapat menampilkan foto dan gambar Anda secara maksimal.

18. Eighties

Secara garis besar template Eighties hampir sama denga McKinley yang menitikberatkan konten pada gambar dan foto. Yang membedakan adalah menu bar Eighties lebih sederhana dibandingkan McKinley.

19. Prose

Prose adalah template Blogger minimalis dengan satu kolom konten dan menu bar di atasnya. Bagi Anda yang tidak suka template neko-neko maka template ini bisa menjadi pilihan.

20. Sora Cart

Meskipun popularitas toko online yang menggunakan Blogspot tidak sebanyak WordPress, Anda juga bisa menggunakan Blogspot untuk membuat toko online. Template toko online Blogspot pertama yang kami rekomendasikan adalah Sora Cart karena responsif, SEO friendly, dan juga kompatibel dengan perangkat mobile.

21. Shopingo

Template toko online Blogspot selanjutnya adalah Shopingo. Shopingo menyediakan product slider dan kolom pencarian produk yang memudahkan konsumen menemukan produk yang ingin dibelinya.

22. Mega Shop

Template toko online satu ini lebih cocok digunakan untuk toko online yang menjual produk fashion dan aksesoris.

23. Value eCommerce

Value eCommerce juga bisa Anda pertimbangkan untuk membuat toko online Anda menjadi lebih menarik. Pilihan warnanya yang ceria cocok digunakan untuk toko online yang berkaitan dengan produk anak-anak.

24. BetaCommerce

Template lain yang cocok untuk bisnis pakaian Anda adalah BetaCommerce. Terdapat fitur slideshow yang bisa menampilkan highlight produk Anda.

25. Sora Store

Sora Store adalah template toko online Blogspot yang cocok digunakan untuk berbagai jenis produk, dari pakaian, alat elektronik, furnitur, hingga aksesoris. Anda bisa menampilkan foto produk dengan jelas di laman depan sehingga bisa menarik perhatian pengunjung toko online.

Baca juga: Cara Mengganti Template WordPress

Kesimpulan

Memilih template blog memang terkadang bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan karena Anda tidak bisa memilih template berdasarkan selera pribadi saja. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan template blog SEO friendly agar blog Anda bisa memberikan performa terbaiknya.

Kami harap rangkuman 50 template blog keren dan SEO friendly untuk Blogger dan WordPress di atas bisa membantu Anda menemukan template blog yang cocok untuk Anda.

Rekomendasi Ebook untuk Anda:

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok

Recent Posts

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

20 hours ago

Google WebP: Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Kalau Anda ingin meningkatkan kecepatan website, ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. Kenapa? Karena semakin besar ukuran gambar, semakin lama…

2 days ago

Apa itu Spoofing? Pahami Jenis-Jenis dan Cara Pencegahannya

Spoofing adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya atau cyber crime yang perlu Anda waspadai.  Menurut Indonesia Computer Emergency Response…

3 days ago

Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

Website tanpa gambar ibarat sayuran tanpa garam, akan terasa hambar. Sebab, kemungkinan  website akan terasa membosankan, sulit dipahami, dan tidak…

4 days ago

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google…

4 days ago

Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia?…

5 days ago