Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

50 Template Blog Keren dan SEO Friendly

7 min read

template blog keren

Apakah Anda sudah bosan dengan template blog yang Anda gunakan saat ini? Atau Anda baru saja mulai membuat blog dan bingung memilih template blog mana yang paling cocok untuk Anda?

Memilih template website atau blog memang susah susah gampang. Anda perlu menemukan template yang sesuai dengan selera Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah template tersebut SEO friendly atau tidak.

Template SEO friendly akan membantu website atau blog Anda untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian. Dengan begitu website atau blog Anda akan lebih mudah untuk memperoleh trafik kunjungan dari organic search.

Kriteria Template Blog SEO Friendly

1. Responsif

Template blog harus responsif agar blog kompatibel di perangkat apa pun, baik perangkat desktop, mobile, maupun tablet. Dengan begitu pengunjung bisa membuka blog Anda di manapun tanpa berkurang kualitasnya.

2. Kompatibel untuk Semua Browser

Template yang SEO friendly tidak hanya kompatibel untuk semua perangkat, tetapi juga harus kompatibel untuk semua browser internet. Preferensi browser pengunjung blog tentu beragam sehingga Anda harus bisa mengakomodasinya dengan menggunakan template yang kompatibel dengan semua browser.

3. Friendly Navigation

Yang dimaksud dengan friendly navigation adalah pengunjung dapat dengan mudah menemukan konten yang ingin dibacanya. Pilih template blog yang memungkinkan Anda mengatur pembagian konten berdasarkan kategori yang mudah dipahami oleh pembaca.

4. Kecepatan Loading

Kecepatan loading adalah salah satu hal terpenting dalam memilih template blog karena blog dengan loading lama akan mendapatkan nilai buruk dari Google. Hal terburuknya adalah blog Anda akan sulit muncul di halaman pertama hasil pencarian.

5. Integrasi Media Sosial

Anda juga perlu mempertimbangkan template blog yang mendukung fitur berbagi di media sosial agar pembaca tidak kesulitan ketika mereka ingin membagikan konten di blog Anda ke media sosial.

Template Blog Keren untuk WordPress dan Blogger

Terdapat berbagai platform blog yang digunakan saat ini, tetapi yang paling populer adalah WordPress dan Blogger. Oleh karena itu, kami merangkum masing-masing 25 template WordPress gratis terbaik dan juga Blogger.

Dari 50 template yang kami rangkum, kami membaginya menjadi tiga kategori, yaitu kategori template news and magazine, personal blog, dan toko online. Semua template yang kami rangkum di artikel ini adalah template blog yang memiliki versi gratis atau gratis sepenuhnya.

25 Template Blog Keren 2021 dan SEO Friendly

1. NewsMag

template blog keren wordpress 25

NewsMag adalah template blog bergaya news and magazine, cocok untuk Anda yang mengelola blog berita. Template ini juga didesain kompatibel untuk desktop, mobile, maupun tablet.

Pengguna aktif template blog keren ini sudah mencapai 20 ribu pengguna. Rating yang didapatkan di situs WordPress pun cukup baik, yaitu 4.5 bintang dari 5 bintang.

2. Hueman

template blog keren wordpress 24

Template blog bergaya news and magazine lainnya adalah Hueman. Dalam deskripsinya di situs WordPress, Hueman diklaim sebagai template blog bergaya news and magazine dengan rating terbaik, yaitu 5 bintang. Selain itu, Hueman juga sudah memiliki pengguna aktif sebanyak 70 ribu dari seluruh dunia.

3. ColorMag

template blog keren wordpress 23

ColorMag juga merupakan salah satu template blog keren bergaya magazine untuk WordPress. Cocok untuk blog yang menyediakan konten berita. Pengguna aktifnya sudah mencapai angka 100 ribu dan mendapatkan rating yang baik juga, yaitu 5 bintang.

4. MH Magazine Lite

template blog keren wordpress 22

Masih template blog bergaya magazine, template MH Magazine Lite adalah salah satu template yang layak Anda pertimbangkan. Jika Anda mengelola blog berita dengan berbagai topik, template ini cocok untuk Anda. Desainnya yang tegas membuat blog berita Anda lebih terlihat profesional.

5. NewsAnchor

template blog keren wordpress 21

Jika empat template blog sebelumnya bisa Anda dapatkan di situs resmi WordPress, template satu ini disediakan oleh pihak ketiga, yaitu Athemes. NewsAnchor adalah template blog dari Athemes yang bergaya magazine.

6. Awaken

template blog keren wordpress 20

Template blog buatan Themezhut ini bergaya magazine yang responsif dan kompatibel untuk semua perangkat (mobile, desktop, dan tab). Template blog ini menyediakan berbagai widget untuk versi gratisnya seperti single category posts widget, two block posts widget, youtube video widget, dan ad widget.

7. Semicolon

template blog keren wordpress 19

Jika Anda membutuhkan template blog bergaya magazine dan minimalis, Semicolon adalah jawabannya. Desain template blog gratis ini tidak seramai enam template blog sebelumnya. Template ini cocok bagi Anda yang menyukai desain simpel dan minimalis.

8. Point

template blog keren wordpress 17

Jika Anda masih belum menemukan template blog keren yang sesuai dengan selera Anda di tujuh template blog sebelumnya, masih ada satu template blog bergaya magazine lagi, yaitu Point.

9. Breviter

template blog keren wordpress 16

Delapan template blog sebelumnya adalah template blog bergaya magazine. Dari template nomor sembilan sampai 16, kami akan memberikan rekomendasi template blog keren dan SEO friendly bergaya personal dan lifestyle.

Template blog personal pertama adalah Breviter. Template ini didesain minimalis dan cocok untuk blogger yang ingin menampilkan konten profesional, tetapi tetap menunjukkan sisi personalnya.

10. Stanley

template blog keren wordpress 15

Template blog satu ini cocok untuk designer, fotografer, animator, dan blogger yang menitikberatkan kontennya pada gambar dan foto. Template blog Stanley dengan apik menampilkan karya-karya Anda di blog.

11. Quidus

template blog keren wordpress 15

Template blog personal lainnya adalah Quidus. Template blog gratis ini menyediakan berbagai  fitur seperti Google web fonts, footer widget area, background image, upload logo dan favicon, social profile icons, dan integrasi WooCommerce.

12. RokoPhoto Lite

template blog keren wordpress 13

Bagi fotografer yang ingin menampilkan karya-karyanya di blog, template blog ini bisa menjadi pilihan. Template blog ini memungkinkan Anda untuk menampilkan foto secara maksimal.

13. Zillah

template blog keren wordpress 12

Jika Anda adalah seorang penulis atau blogger dan membutuhkan template blog minimalis untuk artikel-artikel Anda, Zillah merupakan salah satu template blog yang kami rekomendasikan.

14. Anariel Lite

template blog keren wordpress 11

Anariel Lite juga bisa dijadikan template blog pilihan untuk para blogger yang fokus pada konten tulisan. Template ini cocok bagi para pemula yang baru saja memulai blognya karena pembuat template ini juga menyediakan guide.

15. Amadeus

template blog keren wordpress 10

Selain Zillah, Amadeus juga bisa menjadi salah satu pilihan template blog keren Anda dari Themisle. Template blog Amadeus memberikan kesan elegan dan profesional, tetapi tetap simpel.

16. Everly Lite

template blog keren wordpress 8

Apakah Anda mengelola blog lifestyle? Anda bisa menggunakan template blog Everly Lite untuk blog Anda. Template ini cocok untuk personal blog dan lifestyle blog.

17. Latte

template blog keren wordpress 18 (1)

Template blog ini cocok bagi Anda yang memiliki blog personal. Pengembang template ini, Hardeep Asrani, membuat template blog Latte untuk para profesional yang ingin menampilkan portofolionya di blog.

18. Leto

template blog keren wordpress 9

Setelah membahas template blog keren dan SEO friendly bergaya magazine dan personal, kami juga akan membahas template WordPress untuk toko online. Template pertama adalah Leto.

Template yang dikembangkan oleh Athemes ini menyediakan fitur header, pilihan tema, widget penting untuk toko online, pilihan Google fonts, dan yang pasti terintegrasi dengan WooCommerce.

19. TheShop

template blog keren wordpress 7

Selain Leto, Athemes juga mengembangkan template toko online TheShop. Fitur yang berbeda dari Leto adalah TheShop juga disertai pilihan untuk menampilkan laman blog di situs toko online Anda.

20. eCommerce Gem

template blog keren wordpress 6

Template eCommerce Gem termasuk baru karena baru dirilis pada Januari 2018. Fitur utama dari template ini adalah kolom pencarian product, multiple section di laman depan, carousel fitur terbaru, call to action (CTA), dan kolom advertisement.

21. Eightstore Lite

template blog keren wordpress 5

Salah satu template WordPress untuk toko online yang patut Anda pertimbangkan adalah Eightstore Lite. Beberapa fitur utamanya adalah product slider, advanced wishlist, integrasi video di pop up banner, kolom pencarian product, kolom untuk logo partner dan pembayaran, blog, kolom testimoni, dan berbagai pilihan font.

22. AccessPress Store

template blog keren wordpress 4

AccessPress Store merupakan template toko online untuk WordPress yang dikembangkan oleh AccessPress. Template ini sudah digunakan secara aktif oleh 9.000 pengguna dan memperoleh rating 4.5 bintang dari 5 bintang.

23. MaxStore

template blog keren wordpress 3

MaxStore sudah digunakan oleh sekitar 4.000 pengguna dan berhasil mendapatkan rating 5 bintang di situs WordPress. Beberapa fitur unggulannya adalah footer widget area, background kustom, logo kustom, kolom pencarian, social icon, dan tentunya terintegrasi dengan WooCommerce.

24. StoreFront

template blog keren wordpress 2

Bisa dibilang StoreFront adalah template toko online gratis paling populer di WordPress karena penggunanya sudah mencapai sekitar 100 ribu pengguna. Template ini didesain dan dikembangkan langsung oleh developer WooCommerce sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya.

25. Sophistic Lite

template blog keren wordpress 1

Sophistic Lite juga bisa dipertimbangkan untuk menghiasi toko online Anda. Desainnya yang simpel dan minimalis akan memudahkan konsumen Anda untuk berbelanja online.

25 Template Blog Keren dan SEO Friendly (Blogger)

Setelah membahas 25 template blog keren dan SEO friendly untuk WordPress, di bagian selanjutnya kami akan membahas 25 template blog untuk Blogger.

1. X-Mag

template blog keren blogger 1

X-Mag direkomendasikan untuk Anda yang mengelola blog tekno karena desainnya yang tegas dan modern. Template ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan beberapa syarat dan ketentuan dari pengembang seperti tidak bisa menghapus footer credit dan tidak bisa digunakan untuk unlimited domain.

2. Nanopress

template blog keren blogger 7

Template blog Nanopress cocok digunakan untuk blog yang berisi konten berita. Template ini responsif dan SEO friendly, serta tersedia gratis. Anda juga akan mendapatkan panduan bagaimana menggunakan template ini.

3. Fashion

template blog keren blogger 9

Seperti namanya, blog ini cocok untuk blog fashion yang bisa menampilkan konten fashion dan lifestyle Anda dengan baik. Beberapa fitur yang menjadi unggulan adalah related post support, newsletter subscription, auto resize thumbnail image, dan masih banyak lagi.

4. Motive Mag

template blog keren blogger 8

Masih membahas template blog bergaya magazine, Motive Mag bisa dijadikan salah satu alternatif template blog Anda. Motive Mag dikembangkan oleh Sora Template yang juga mengembangkan X Mag.

5. Fast Mag

template blog keren blogger 10

Sama seperti namanya, template blog keren ini diklaim sebagai salah satu blog dengan loading cepat. Blog ini cocok digunakan oleh penulis, jurnalis, ataupun fotografer.

6. Modern Mag

template blog keren blogger 11

Modern Mag adalah template blog bergaya magazine yang cocok untuk digunakan segala niche. Template ini super responsif dan SEO friendly.

7. Sora One

template blog keren blogger 12

Template Sora One adalah salah satu template yang didesain secara “mobile first”, yaitu didesain untuk perangkat mobile terlebih dahulu baru dikembangkan untuk desktop. Bagi Anda yang memiliki banyak pembaca dari perangkat mobile, template ini cocok untuk Anda.

8. Remito

template blog keren blogger 13

Remito adalah template yang memungkinkan Anda untuk menampilkan minimal 3 kolom grid di laman depan. Fotografer, designer, dan agensi desain bisa memanfaatkan template ini untuk mempercantik blognya.

9. Antsasia

template blog keren blogger 14

Template blog ini cocok untuk berbagai jenis blog, dari blog personal, travel, kuliner, fashion, sampai entertainment. Template ini juga mudah digunakan untuk siapa saja, bahkan orang awam sekalipun.

10. Flora Hand Crafted

template blog keren blogger 15

Flora Hand Crafted didesain menggunakan sentuhan feminin sehingga cocok digunakan untuk para blogger dan penulis perempuan. Anda bisa menampilkan portofolio dan konten Anda dengan cantik dengan menggunakan template ini.

11. Phorto

template blog keren blogger 16

Template Phorto cocok bagi fotografer atau designer. Dengan menggunakan template ini Anda bisa menampilkan karya-karya Anda dengan maksimal.

12. Monal

template blog keren blogger 17

Bagi Anda yang menitikberatkan konten blog pada foto dan gambar, template blog Monal juga bisa dipertimbangkan. Tanpa harus mengurangi kualitas foto dan gambar, Anda bisa menampilkan karya Anda semaksimal mungkin dengan template ini.

13. Lily Fashion

template blog keren blogger 18

Meskipun namanya adalah Lily Fashion, template ini bisa digunakan untuk jenis blog lain juga. Template ini juga cocok untuk para travel blogger dan lifestyle blogger yang mengingingkan desain minimalis dan menarik.

14. Suits

template blog keren blogger 25

Template blog Suits bisa digunakan untuk blog personal atau blog magazine. Desainnya yang minimalis membuat template ini fleksibel digunakan untuk berbagai niche blog.

15. Dearpins

template blog keren blogger 20

Desain template blog simpel dan minimalis semakin populer akhir-akhir ini dan Dearpins adalah salah satunya. Beberapa fitur unggulannya adalah share buttons, pilihan font untuk ikon, recent post widget, email subscription widget, dan featured images di laman index.

16. Gridz

template blog keren blogger 21

Jika Anda sedang mencari template blog yang desainnya berbentuk grid, Gridz bisa Anda pertimbangkan. Template ini cocok untuk blog personal, blog fashion, blog fotografi, blog desain, dan semacamnya. Template ini akan menampilkan konten Anda secara grid dan rapi.

17. McKinley

template blog keren blogger 26

Bagi para fotografer atau blogger yang menitikberatkan kontennya pada foto dan gambar, template blog McKinley bisa menjadi pilihan. Template blog ini dapat menampilkan foto dan gambar Anda secara maksimal.

18. Eighties

template blog keren blogger 19

Secara garis besar template Eighties hampir sama denga McKinley yang menitikberatkan konten pada gambar dan foto. Yang membedakan adalah menu bar Eighties lebih sederhana dibandingkan McKinley.

19. Prose

template blog keren blogger 24

Prose adalah template Blogger minimalis dengan satu kolom konten dan menu bar di atasnya. Bagi Anda yang tidak suka template neko-neko maka template ini bisa menjadi pilihan.

20. Sora Cart

template blog keren blogger 22

Meskipun popularitas toko online yang menggunakan Blogspot tidak sebanyak WordPress, Anda juga bisa menggunakan Blogspot untuk membuat toko online. Template toko online Blogspot pertama yang kami rekomendasikan adalah Sora Cart karena responsif, SEO friendly, dan juga kompatibel dengan perangkat mobile.

21. Shopingo

template blog keren blogger 23

Template toko online Blogspot selanjutnya adalah Shopingo. Shopingo menyediakan product slider dan kolom pencarian produk yang memudahkan konsumen menemukan produk yang ingin dibelinya.

22. Mega Shop

template blog keren blogger 5

Template toko online satu ini lebih cocok digunakan untuk toko online yang menjual produk fashion dan aksesoris.

23. Value eCommerce

template blog keren blogger 6

Value eCommerce juga bisa Anda pertimbangkan untuk membuat toko online Anda menjadi lebih menarik. Pilihan warnanya yang ceria cocok digunakan untuk toko online yang berkaitan dengan produk anak-anak.

24. BetaCommerce

template blog keren blogger 4

Template lain yang cocok untuk bisnis pakaian Anda adalah BetaCommerce. Terdapat fitur slideshow yang bisa menampilkan highlight produk Anda.

25. Sora Store

template blog keren blogger 3

Sora Store adalah template toko online Blogspot yang cocok digunakan untuk berbagai jenis produk, dari pakaian, alat elektronik, furnitur, hingga aksesoris. Anda bisa menampilkan foto produk dengan jelas di laman depan sehingga bisa menarik perhatian pengunjung toko online.

Kesimpulan

langkah_setelah_instal_wp-2

Memilih template blog memang terkadang bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan karena Anda tidak bisa memilih template berdasarkan selera pribadi saja. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan template blog SEO friendly dan jangan lupa beli hosting serta gunakan layanan hosting terbaik agar blog Anda bisa memberikan performa terbaiknya.

Kami harap rangkuman 50 template blog keren dan SEO friendly untuk Blogger dan WordPress di atas bisa membantu Anda menemukan template blog yang cocok untuk Anda.

Rekomendasi Ebook untuk Anda: 

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

15 Replies to “50 Template Blog Keren dan SEO Friendly”

  1. Saya kog malah suka yang seperti blog ini ya min? untuk WP ada template yang mirip dengan tampilan blog ini ndak min?

    1. Halo, mohon maaf atas keterlambatan merespon.

      Anda dapat mencari beberapa template blog yang berbayar yang mirip dengan tampilan blog ini.

  2. loh min situ nulis banyak template blog keren tapi mimin g pake salah satu dari situ kenapa min?

    1. Halo, mohon maaf atas keterlambatan merespon.

      Saat ini kami menggunakan template yang sesuai dengan kebutuhan kami, jadi mungkin saja tidak ada pada daftar yang kami sebutkan di atas.

  3. saya bingung template yang cocok untuk artikel-artikel enaknya yang mana yah

    1. Kalau untuk keunggulan masing-masing punya keunggulannya sendiri, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan memaksimalkan fitur yang disediakan 😀

  4. kalau breviter kok tidak bisa saya temukan di niagahoster ya? mau coba theme yang itu, cuman gak ketemu 🙁

    1. Breviter dapat diinstall manual dengan mendownload filenya, tetapi perlu hati-hati, pastikan tidak ada file backdoor dan semacamnya 🙂

  5. Rasanya setelah pasang iklan blog saya makin lambat… dan belum menemukan solusi jitu untuk mengatasi ini..
    mau ubah template sesuai dengan rekomendasi.. tp akan banyak yang harus dibenahi lagi secara tampilan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *