7 Rekomendasi Tempat Promosi Bisnis Online

Jutaan UMKM terus bermunculan setiap tahunnya. Hal ini menjadi tantangan bagi setiap UMKM untuk bisa dikenal banyak orang.

Bagaimana caranya? Anda haruslah kreatif dengan strategi promosi Anda. Namun, sebelum itu, Anda haruslah memiliki website yang bagus terlebih dahulu. Dengan website yang bagus, Anda bisa meningkatkan reputasi bisnis Anda. Namun, tak hanya bagus, website Anda juga harus unik.

Misalnya, menggunakan domain yang berbeda dari website pada umumnya. Selain domain .com, Anda bisa menggunakan domain .online atau .site. Dengan domain unik, website akan lebih mudah diingat sehingga bisa mendapat lebih banyak pengunjung.

Jika  sudah memiliki website, Anda bisa mempromosikannya secara online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Bingung harus promosi di mana? Tenang, di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi tempat promosi bisnis online terbaik yang bisa Anda coba. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

7 Tempat Promosi Bisnis Online Terbaik

Di antara berbagai platform promosi bisnis online yang ada, kami telah memilih tujuh tempat bisnis online terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Penasaran apa saja, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Google My Business

Google My Business merupakan platform dari Google yang memungkinkan Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Seperti kita ketahui, miliaran orang menggunakan Google untuk mencari kebutuhannya setiap hari. Dengan menggunakan Google My Business, bisnis Anda dapat diketahui oleh banyak orang.

Salah satu fitur utama Google My Business adalah Google Maps. Jika bisnis Anda relevan dengan yang dicari oleh orang di Google Maps, informasi bisnis Anda akan muncul di hasil pencarian. Dengan begitu bisnis Anda berpeluang dikunjungi oleh banyak orang.

Jika Anda tertarik dengan menggunakan Google My Business, Anda bisa mendaftar di www.business.site.  Namun sebelum itu, ada baiknya Anda membaca Panduan Lengkap Menggunakan Google Bisnisku terlebih dahulu.

2. Zomato

Jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, Zomato bisa jadi platform promosi bisnis online layak dicoba.

Zomato merupakan situs yang sering digunakan untuk mencari ulasan restoran, kafe, dan tempat makan lainnya. Informasi yang ditampilkan berupa nama tempat makan, alamat, peta lokasi (dengan google maps), kontak, menu, bahkan acara apa saja yang diadakan di lokasi tersebut.

Informasi lain seperti jam buka, rata-rata harga, fasilitas tempat, Wi-Fi, live music, dan banyak layanan lainnya juga ditampilkan di Zomato. Tak hanya itu, di Zomato, pengguna dapat memberikan ulasan dan penilaian terhadap suatu tempat.

3. Facebook

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Platform media sosial ini memiliki pengguna setara dengan sepertiga populasi dunia atau sekitar 2,3 miliar pengguna dari berbagai kalangan.

Kabar baiknya, Facebook bisa digunakan sebagai tempat promosi bisnis online gratis. Anda jadi bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk jenis apa saja. Tak perlu khawatir sepi peminat, Facebook menyediakan tools yang didesain untuk memudahkan Anda mempromosikan produk sesuai target bisnis.

Dengan begitu, promosi Anda akan mudah dijangkau oleh pengguna yang sesuai dengan target bisnis Anda. Pendekatan ini terbukti sangat efektif sehingga dapat meningkatkan conversion rate website bisnis Anda.

Untuk panduan lengkapnya, Anda bisa membaca di artikel Panduan Lengkap Facebook Marketing.

4. LinkedIn Business

Tahukah Anda bahwa LinkedIn dapat dijadikan tempat promosi bisnis online? Selain sebagai platform para profesional (pekerja dan pemilik bisnis), LinkedIn juga menyediakan fitur marketing solution bernama LinkedIn Business.

LinkedIn Business dapat membantu Anda menemukan pelanggan potensial. Anda dapat menjangkau lebih dari 500 juta orang dari berbagai negara. Anda bahkan bisa menjangkau pemilik bisnis untuk jadi pelanggan Anda.

Dengan menjangkau pemilik bisnis, produksi bisnis Anda dapat meningkat menjadi skala besar. LinkedIn Business bisa jadi opsi terbaik untuk Anda, jika target bisnis Anda merupakan pemilik bisnis.

Baca Juga : 11+ Tips dan Cara Promosi Paling Efektif

5. Quora

Quora merupakan platform tempat pengguna dapat bertanya dan menjawab tentang topik apa saja.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa Quora perlu Anda pertimbangkan untuk dijadikan tempat promosi bisnis online?  Salah satu alasannya karena konten pertanyaan dan jawaban Quora sering muncul di halaman pencari Google.

Dengan membuat akun dan aktif menjawab pertanyaan di Quora, ada kemungkinan jawaban Anda muncul di halaman pencarian Google. Jadi, Quora bisa Anda jadikan alat pemasaran yang agar bisa lebih dikenal oleh banyak orang.

Jangan lupa, dari jawaban itu, Anda juga bisa dianggap sebagai ahli sehingga bisnis Anda dapat dikenal lebih kredibel.

6. Twitter

Seperti halnya Facebook, Twitter juga dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis. Anda dapat memanfaatkan fitur Twitter Ads untuk menjangkau audience sesuai dengan target bisnis Anda.

Untuk dapat sukses promosi di Twitter sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mengawalinya dengan membuat tweet promosi dengan tagar tertentu. Di tweet tersebut Anda bisa menambahkan informasi dan membalas komentar para audience.

Selanjutnya Anda bisa membuat thread yang menghibur untuk bisa meng-engage lebih banyak orang. Pada intinya, kunci sukses promosi bisnis di media sosial adalah dengan mempromosikannya ke target audience yang sesuai. Jadi, saat ini penting bagi Anda untuk menentukan target audience Anda.

7. Instagram

Selain Facebook dan Twitter, Instagram juga merupakan social media yang dapat dijadikan tempat promosi bisnis online yang menguntungkan. Terlebih Instagram memiliki jumlah pengguna terbesar setelah Facebook.

Di Instagram, Anda bisa mempromosikan produk melalui fitur Instagram Stories atau Feed. Tak hanya itu, Instagram juga menyediakan fitur Instagram Ads untuk mengajak pengguna mengunjungi akun atau website Anda. Cara lainnya, Anda bisa bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan dan memberikan review positif mengenai brand Anda.

Instagram juga sangat populer di kalangan anak muda. Jadi, jika target pasar Anda adalah anak muda, platform ini wajib Anda coba. Untuk mengetahui lebih lengkap, kami menyarankan Anda membaca artikel Strategi Instagram Marketing.

Jadi, Tempat Promosi Bisnis Online Mana Pilihan Anda?

Setelah mengetahui penjelasan platform apa saja yang bisa dijadikan tempat promosi bisnis online, Anda tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini, bukan?

Mempromosikan bisnis secara online dapat memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Anda akan sangat rugi jika tidak memanfaatkannya.

Dengan pemilihan strategi dan platform promosi yang tepat, Anda jadi bisa menjangkau audience secara global. Bisnis Anda pun akan terus tumbuh dan dikenal banyak orang. Jadi, tunggu apa lagi, segera lakukan strategi promosi bisnis Anda sekarang!

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

Ketika mengelola website, redirect PHP kadang diperlukan. Tujuannya agar pengunjung dapat dialihkan dari suatu halaman ke halaman lainnya sesuai kebutuhan. …

8 mins ago

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

1 day ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

2 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

2 days ago

11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2021)

Tahukah Anda bahwa footer design termasuk bagian website yang mendapat perhatian paling banyak oleh pengunjung? Ketika membuka website, memang header…

3 days ago

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress Tanpa Ribet!

Anda sedang mencari cara menambahkan fitur pagination WordPress? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih! Kali ini kami akan…

4 days ago