10+ Tema WordPress SEO Friendly Gratis Terbaik di 2020

Memilih tema WordPress SEO friendly gratis itu sering dilewatkan oleh banyak orang dalam optimasi SEO di websitenya. Padahal, tema WordPress yang SEO friendly itu bisa menjadi pendukung yang melengkapi strategi SEO Anda.

Memilih tema WordPress SEO friendly gratis itu bukan perkara yang mudah karena ada ratusan tema WordPress yang SEO friendly di luar sana. Namun tenang saja, kami sudah melakukan riset dan mengambil kesimpulan bahwa sembilan tema WordPress yang SEO friendly gratis di bawah ini adalah yang terbaik:

  1. OceanWP
  2. Neve
  3. Astra
  4. ColorMag
  5. Sparkling
  6. Hestia
  7. Shapely
  8. SEOPress
  9. Sydney
  10. Ashe
  11. Flash

Apa yang membuat tema di atas menjadi yang terbaik diantara ratusan tema WordPress SEO friendly lainnya? Kami akan mengulasnya dengan lengkap di bawah ini.

11 Tema WordPress SEO Friendly Gratis Terbaik

Tema WordPress SEO friendly gratis di bawah ini mempunyai beberapa fitur yang membuat mereka tak kalah dengan tema SEO friendly berbayar. Mulai dari loading cepat, mobile friendly, breadcrumbs, penggunaan schema markup, hingga dukungan AMP.

1. OceanWP

OceanWP merupakan salah satu tema WordPress terpopuler yang sudah diunduh oleh lebih dari dua juta pengguna. OceanWP adalah tema yang responsive, mobile friendly, menggunakan schema markup, mendukung banyak page builder, serta memiliki struktur navigasi yang jelas. Komplit sekali, bukan?

OceanWP juga mempunyai load time yang sangat cepat. Bahkan, OceanWP mengklaim bahwa ia mendapatkan skor tertinggi di kebanyakan tools cek kecepatan website, Jadi, bukan berlebihan untuk mengatakan kalau OceanWP adalah salah satu tema WordPress SEO friendly gratis terbaik dengan fitur paling melimpah.

Fitur unggulan:

  • Load time sangat cepat, OceanWP mengklaim ia mendapatkan nilai tertinggi di kebanyakan tools cek kecepatan website.
  • Dukungan banyak page builder, seperti Elementor, Beaver Builder, Brizy, dan lain sebagainya.
  • Struktur navigasi jelas, sehingga pengguna tak kebingungan saat mengunjungi website Anda.

2. Astra

Astra adalah pesaing OceanWP dengan fitur SEO friendly yang tak kalah melimpah. Astra itu ringan dan cepat, menggunakan schema markup, hingga dukungan AMP bawaan. Dukungan AMP bawaan ini sangat berguna karena membuat tampilan AMP website Anda tidak terlalu berbeda dengan tampilan normalnya.

Astra juga mendukung fitur Last Update. Dimana fitur ini akan menampilkan tanggal terakhir postingan diubah alih-alih menampilkan tanggal diterbitkan. Sehingga pengunjung bisa tahu setiap perubahan yang Anda lakukan untuk membuat postingan tersebut baru dan relevan.

Fitur unggulan:

  • Tema WordPress yang ringan. Tema Astra hanya berukuran di bawah 50kb saja dan tidak bergantung kepada jQuery.
  • Dukungan AMP bawaan, sehingga tampilan AMP tak terlalu berbeda dengan tampilan normal.
  • Last Update, fitur yang memungkinkan Anda menampilkan tanggal terakhir post diubah.

3. Neve

Neve adalah tema WordPress yang ringan dan cocok untuk website seperti blog, bisnis, startup, dan lain sebagainya. Neve mendukung penuh AMP dan sangat responsive. Sehingga Neve bisa diakses dengan cepat oleh berbagai perangkat mobile, bahkan dengan internet yang lambat sekalipun.

Tentu saja hal tersebut sangat membantu SEO di website Anda. Sebab, salah satu kriteria penilaian SEO dari Google adalah seberapa cepat website Anda bisa diakses dari perangkat mobile.

Fitur unggulan:

  • Responsive sehingga bisa diakses dengan cepat oleh berbagai perangkat mobile.
  • Mendukung penuh AMP untuk akses instan dari perangkat mobile.

4. ColorMag

ColorMag adalah tema WordPress yang cocok untuk website berita, artikel, atau blog. Tema ini responsive, cepat dan SEO friendly karena struktur kodenya yang bersih. Anda yang mahir CSS, juga bisa mengubah desain ColorMag ini dengan CSS buatan sendiri.

ColorMag mendukung banyak browser populer yang ada saat ini. Mulai dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, hingga Internet Edge sekalipun. Jadi, tak peduli browser apa yang pengunjung pakai, tampilan ColorMag tetaplah bersih dan rapi. Dengan begini, kemungkinan besar pengunjung akan lebih betah berlama-lama dan menurunkan bounce rate Anda.

Fitur unggulan:

  • Struktur kode bersih, sehingga menjadikan ColorMag responsive, cepat dan SEO Friendly.
  • Dukungan banyak browser, jadi tak usah cemas tampilan situs Anda akan berantakan saat pengunjung mengaksesnya.
  • Desain bisa diubah dengan desain CSS buatan Anda sendiri.

5. Sparkling

Sparkling adalah tema yang memiliki desain modern dengan tampilan yang rapi. Tema WordPress SEO friendly yang satu ini juga responsive dan mendukung schema markup. Dengan Sparkling, Anda akan mendapatkan desain pixel, widget yang keren, dan slider full screen.

Sparkling juga mendukung hampir semua plugin wajib WordPress, seperti Contact Form 7, Yoast SEO, W3 Total Cache, dan masih banyak lainnya. Tema ini cocok digunakan baik untuk website pribadi ataupun website bisnis.

Fitur unggulan:

  • Dukungan Schema markup. Fitur ini masih jarang ada di tema WordPress SEO friendly gratis.
  • Kaya akan fitur. Anda akan mendapatkan desain pixel, widget yang keren, dan slider full screen.
  • Mendukung hampir semua plugin WordPress. Mulai dari Contact Form 7, Yoast SEO, W3 Total Cache, dan lain sebagainya.

6. Hestia

Hestia merupakan tema WordPress yang populer dengan lebih dari 100,000 pengguna aktif saat ini. Ini menunjukan bahwa Hestia adalah tema WordPress SEO friendly yang pantas dilirik, apalagi jika Anda menyukai material design.

Hestia adalah tema WordPress yang SEO friendly karena beberapa hal: kecepatannya, struktur heading yang rapi, serta dukungan breadcrumbs. Hestia juga terlihat ringan dan rapi saat diakses dari perangkat mobile, sehingga akan memberikan penilaian positif di Google Mobile First Index.

Fitur unggulan:

  • Material design yang memiliki desain simpel dan rapi.
  • Dukungan breadcrumbs untuk navigasi yang lebih mudah.
  • Ringan dan rapi di perangkat mobile sehingga memberikan penilaian positif di Google Mobile First Index.

7. Shapely

Shapely mengklaim dirinya sebagai tema gratis WordPress dengan pilihan kustomisasi terbanyak. Klaim yang tak berlebihan, karena di Shapely Anda bisa mengubah footer, mengganti warna elemen, menambahkan widget, dan masih banyak lainnya.

Lalu, apa yang membuat Shapely menjadi tema WordPress SEO friendly? Shapely memiliki kode dan struktur yang teroptimasi dengan baik sehingga website bisa diakses dengan cepat. Selain itu, Shapely juga mobile friendly dan bekerja dengan baik di berbagai perangkat yang digunakan pengunjung.

Fitur unggulan:

  • Kode dan struktur yang baik sehingga website bisa diakses cepat dari berbagai perangkat.
  • Retina Display Ready membuat gambar yang Anda upload terlihat semakin tajam.
  • Pilihan kustomisasi. Shapely mengklaim dirinya mempunyai pilihan kustomisasi terbanyak untuk tema gratis.

8. SEOPress

SEOPress adalah tema WordPress yang SEO friendly karena tema ini dibangun dengan mengikuti aturan dari Google Web Master Guidelines dan menerapkan data terstruktur berdasarkan Schema Project. Dua kombinasi ini bisa membantu SEO dan meningkatkan ranking website Anda di hasil pencarian Google.

SEOPress juga memberikan pilihan kustomisasi yang beragam. Seperti layout blog, slider yang responsive, dan layout header. Semua perubahan tampilan yang Anda lakukan ini bisa langsung dilihat secara langsung karena adanya Live Customizer Tool.

Fitur unggulan:

  • Data terstruktur berdasarkan Schema Project.
  • Mengikuti aturan dari Google Web Master Guidelines
  • Live Customizer Tool sehingga Anda bisa melihat perubahan tampilan secara langsung.

9. Sydney

Sydney merupakan tema responsive dan mobile friendly yang membuat Anda bisa membuat segala jenis website dengan tampilan menarik. Anda bisa memilih Google Font yang disukai, mengunggah logo, dan menambahkan background parallax.

Tampilan menarik yang responsive dan mobile friendly adalah kombinasi yang bisa meningkatkan engagement pengunjung. Dengan kata lain, tema Sydney bisa menurunkan bounce rate dan berefek positif pada SEO Anda.

Fitur unggulan:

  • Tampilan menarik. Anda bisa memilih Google Font, mengunggah logo, dan menambahkan background parallax.
  • Meningkatkan engagement pengunjung dengan tampilan yang menarik, sehingga bisa menurunkan bounce rate.

10. Ashe

Jika Anda mempunyai blog, tema WordPress SEO friendly yang satu ini pantas untuk dicoba. Ashe dibuat dengan kode yang bisa mendukung berbagai plugin SEO dengan sangat baik.

Tak hanya itu, Ashe juga responsive dan tampilannya tetap menarik tak peduli perangkat apa yang digunakan pengunjung. Ashe cocok bagi Anda yang suka dengan tampilan minimalis dan modern.

Fitur unggulan:

  • Dukungan plugin SEO yang baik. Ashe dibuat dengan kode yang bisa mendukung berbagai plugin SEO dengan sangat baik.
  • Minimalis. Sehingga memberikan kesan modern dan bersih bagi pengunjung.

11. Flash

Flash adalah tema WordPress SEO friendly yang fleksibel karena cocok untuk semua jenis website. Flash dibangun dengan kode yang berfokus pada kecepatan load time di setiap halamanya.

Flash juga menyediakan beberapa fitur bagi Anda yang suka melakukan kustomisasi. Mulai dari pemilihan warna utama website, menentukan layout dan posisi custom menu, hingga mengubah tampilan dengan kode CSS Anda sendiri.

Fitur unggulan:

  • Fokus kepada kecepatan. Flash dibangun dengan kode yang berfokus mengoptimasi kecepatan load time.
  • Beragam fitur kustomisasi. Anda bisa memilih warna utama website, menentukan layout, posisi custom menu, dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan

Anda bisa memilih tema WordPress SEO friendly gratis terbaik di atas sesuai dengan selera tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Setiap tema memang menawarkan tampilan dan fitur berbeda, tapi semua dijamin SEO friendly untuk website Anda.

Oh ya, memakai tema WordPress yang SEO friendly saja tidaklah cukup untuk membuat website Anda mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian. Tema hanyalah satu dari sekian langkah optimasi SEO di website. Anda tetap harus menerapkan strategi optimasi SEO yang lain agar tema di atas bisa berfungsi dengan baik.

Apa saja strategi optimasi SEO yang lain itu? Anda bisa mempelajarinya dengan lengkap dalam ebook gratis yang bisa diunduh di bawah ini:

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar apabila Anda memiliki rekomendasi tema WordPress SEO friendly lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

1 day ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

2 days ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

3 days ago

10 Rekomendasi CSS Framework Terbaik untuk Developer

Desain front-end menjadi bagian yang sangat penting di website atau aplikasi. Bukan cuma untuk meningkatkan impresi positif suatu brand saja.…

4 days ago

Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Pernahkah Anda mengunjungi blog dengan tampilan yang memukau dan konten yang menarik? Saking bagusnya blog tersebut, Anda jadi terinspirasi untuk…

4 days ago

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

5 days ago