Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

8 Contoh Strategi Pemasaran Produk Paling Jitu & Ampuh!

5 min read

featured image strategi pemasaran produk

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda perlu mengambil contoh strategi pemasaran produk yang jitu dan efektif. Alasannya, strategi marketing bisa membantu mengembangkan brand dan meningkatkan angka penjualan bisnis Anda.

Coba pikirkan, meskipun produk Anda bagus, semuanya akan percuma kalau kampanye pemasaran Anda buruk. Mana mungkin target audiens akan mengenal produk Anda? Oleh karena itulah, Anda harus memiliki strategi product marketing yang solid.

Nah, di artikel ini kami akan mengajak Anda mempelajari 8 strategi pemasaran produk paling ampuh. Tak lupa, kami juga akan memberi contoh pemasaran produk dari berbagai brand kenamaan. Sudah tak sabar? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Strategi Pemasaran Produk?

Strategi pemasaran produk adalah rencana detail berisi cara memasarkan produk atau layanan. Adanya strategi ini memastikan sebuah produk atau jasa Anda dapat dipasarkan secara efektif ke satu target pasar tertentu.

Selain itu, strategi pemasaran produk merupakan hal vital dalam bisnis. Meski begitu, beberapa pebisnis justru memilih memikirkan cara memasarkan produk baru “sambil jalan”. Bahkan, ada yang memilih untuk mengikuti strategi yang dimiliki kompetitor bisnis.

Cara-cara ini bisa membahayakan bisnis, lho. Sebab, bisnis Anda bisa dianggap tidak original, abal-abal, dan tak punya nilai plus.

Nah, dengan strategi pemasaran produk yang tepat, Anda juga bisa turut meningkatkan brand awareness. Inilah yang nantinya menjadikan bisnis Anda semakin terdepan, selalu diingat, dan dianggap sebagai yang lebih baik di antara para pesaing.

Contoh Strategi Pemasaran Produk yang Efektif Bagi Bisnis

Setelah mengambil inspirasi dari beberapa contoh pemasaran produk tadi, mari simak cara-cara memasarkan produk yang perlu Anda lakukan untuk menyusun strategi pemasaran produk.

Ini contoh strategi marketing produk paling efektif yang bisa dicoba untuk bisnis Anda:

  1. Kenali Target Pasar
  2. Amati Strategi Kompetitor
  3. Petakan Customer Journey
  4. Buat Target Marketing yang Realistis
  5. Buat Website Bisnis
  6. Pilih Marketing Channel yang Tepat
  7. Lakukan Influencer Marketing 
  8. Evaluasi Strategi Product Marketing  

Mari simak penjelasan lengkapnya satu per satu.

1. Kenali Target Pasar

strategi pemasaran produk yang pertama adalah mengenali target pasar

Agar berhasil mengeksekusi strategi pemasaran produk, Anda perlu melakukan analisis tahap awal yang akan menentukan keberhasilan bisnis Anda. Nah, salah satu tahapan utamanya adalah mengenali target pasar.  

Memang, riset pasar adalah proses yang rumit dan memakan banyak waktu. Anda harus mengulik data, tren, analisis perilaku konsumen, studi kasus, dan masih banyak lagi. Namun semua ini ditujukan supaya Anda tahu apa yang diinginkan oleh target pasar.

Apabila Anda berhasil melakukan riset pasar dengan baik, hasilnya penyusunan strategi pemasaran produk hingga cara mempromosikan produk pun akan berjalan dengan lebih mudah.

2. Amati Strategi Kompetitor

mengamati taktik kompetitor adalah salah satu strategi marketing produk

Tak mau tersaingi dan kehilangan pelanggan oleh kompetitor, ‘kan? Itulah mengapa mengamati metode-metode yang dilakukan oleh kompetitor termasuk langkah penting dalam strategi pemasaran produk. 

Setelah mengidentifikasi siapa saja kompetitor Anda, mulai kumpulkan informasi tentang mereka. Hal ini bisa mencakup soal produk atau layanan yang ditawarkan, harganya, hingga marketing campaign yang dilakukan. 

Selanjutnya, Anda bisa membandingkan kekuatan dan kelemahan brand Anda dengan kompetitor tersebut. Terakhir, gunakan hasil analisis Anda untuk mengembangkan strategi pemasaran produk yang efektif.

3. Petakan Customer Journey

memetakan customer journey sebagai salah satu strategi pemasaran produk

Customer journey adalah perjalanan konsumen dari mengenal brand, hingga memutuskan untuk membeli produk brand tersebut. Pentinig untuk memetakan customer journey agar Anda bisa memenuhi ekspektasi calon konsumen sehingga mereka mau membeli produk Anda. 

Untuk itu, coba kenali emosi, tujuan, tantangan, latar belakang konsumen, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi pengambilan keputusan mereka. 

Setelah itu, buatlah peta tahapan customer journey untuk mengidentifikasi di tahap mana yang harus diperbaiki. Dengan begitu, Anda dapat merencanakan tindakan apa yang diperlukan untuk menggiring calon konsumen supaya bisa mencapai tahap pembelian. 

4. Buat Target Marketing yang Realistis dan Terukur

menentukan target marketing

Menetapkan target marketing yang realistis adalah salah satu langkah penting dalam mengembangkan strategi pemasaran produk yang efektif. 

Yang perlu diingat, target marketing harus jelas dan dapat diukur sehingga kemajuannya dapat dipantau dan dievaluasi. 

Misalnya, daripada menetapkan tujuan umum seperti “meningkatkan penjualan produk”, tetapkan tujuan yang lebih spesifik seperti “meningkatkan penjualan produksebesar 10% selama 3 bulan ke depan”. 

Selanjutnya, pastikan tujuan yang Anda tetapkan realistis dan dapat dicapai. Pertimbangkan resource yang Anda miliki, anggaran yang tersedia, dan kemampuan tim Anda dalam mencapai tujuan tersebut.  

5. Buat Website Bisnis

strategi pemasaran produk yang berikutnya adalah membuat website bisnis

Membuat website merupakan salah satu strategi yang tepat untuk menunjukkan keunggulan brand Anda. Caranya, bisa dengan membuat situs company profile atau membuat blog yang berisi konten bernilai tinggi bagi target audiens. 

Dengan memiliki website, audiens akan merasa percaya dengan brand Anda. Kepercayaan inilah yang akan mempermudah Anda mengonversi audiens menjadi pelanggan setia. 

Namun, manfaat website bisnis tak akan ada artinya tanpa kemudahan akses pada website. Performa yang buruk hanya akan membuat audiens meninggalkan website Anda begitu saja. Itulah mengapa, memilih layanan web hosting yang kualitasnya sudah teruji merupakan salah satu aspek penting.

CTA banner web hosting

6. Pilih Marketing Channel yang Tepat

strategi memasarkan produk dengan memilih channel marketing yang tepat

Ngomong-ngomong soal perkembangan strategi marketing yang efektif, tentunya Anda tidak bisa melewatkan social media marketing. 

Social media marketing adalah cabang ilmu digital marketing yang penting untuk membangun brand awareness. Menerapkan taktik social media marketing yang tepat akan membantu Anda mendorong kesuksesan strategi pemasaran produk.

Namun, meski strategi promosi lewat media sosial  membawa dampak yang besar, tetap ada tantangan yang harus Anda lewati. Salah satunya, Anda harus memilih marketing channel yang tepat. 

Setiap marketing channel memiliki audiens yang unik. Bahkan, beberapa platform media sosial hanya digemari oleh kalangan yang lebih muda. Ada pula platform yang mayoritas audiensnya para pebisnis. Nah, marketing channel yang tepat adalah platform di mana target pasar Anda berada. 

7. Jalin Kerja Sama dengan Influencer

jalin kerja sama dengan influencer sebagai slah satu strategi memasarkan produk

Strategi pemasaran produk dengan menggunakan jasa influencer adalah langkah yang tepat untuk memperkenalkan produk ke pasaran. Alasannya, influencer mampu memberikan pengaruh dan mengajak followers-nya melakukan sesuatu.

8. Evaluasi Strategi Product Marketing

evaluasi bisnis sebagai salah satu strategi marketing produk

Meski produk Anda sudah dirilis dan beredar di pasaran, bukan berarti Anda tetap menjalankan strategi pemasaran produk yang sama. Justru, bisa jadi setelah perilisan Anda malah menemukan pasar potensial yang belum Anda targetkan.

Untuk itu, lakukanlah evaluasi setelah merilis produk Anda. Apakah Anda sudah menjalankan strategi pemasaran yang efektif? Atau bahkan, sudah mencapai target marketing yang ditetapkan? Kalau belum, strategi apa yang harus diterapkan untuk mencapainya? 

Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki, susun kembali strategi pemasaran produk Anda. Pastikan strategi pemasaran Anda yang baru sesuai dengan target pasar, ya. 

Manfaat Menerapkan Strategi Pemasaran Produk

Dari bagian yang sebelumnya, Anda sudah tahu apa saja strategi pemasaran yang efektif. Namun, mungkin Anda masih bertanya-tanya, apa saja manfaat yang akan didapat setelah menjalankan bisnis dengan strategi yang tepat?

Ini dia beberapa alasan mengapa cara memasarkan produk penting untuk bisnis Anda:

  • Membantu targetkan pasar yang tepat 
  • Menunjukkan manfaat dan fitur unik yang dimiliki produk atau jasa
  • Membangun brand awareness
  • Mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target pasar 
  • Meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan 
  • Angka penjualan dan revenue melonjak

Contoh Strategi Marketing Produk dari Brand Ternama

Supaya Anda lebih memahami teknik pemasaran produk apa yang paling ampuh, ini dia contoh strategi pemasaran produk dari 3 brand terkenal di Indonesia:

1. Netflix

Netflix adalah platform streaming film dan serial TV terbesar saat ini. Kok Netflix bisa sepopuler itu sih?

Salah satu strategi pemasaran produk Netflix adalah dengan memanfaatkan push notifications. Kalau ada notif, pasti Anda buru-buru buka HP, ‘kan? Itulah tujuan dari penerapan strategi product marketing yang satu ini.

Bukan notifikasi spam, Netflix memanfaatkan data penggunanya untuk melakukan personalized marketing. Jadi, pengguna akan tahu saat ada season serial TV baru atau film dengan genre favoritnya sudah dirilis.

2. Apple

contoh branding adalah apple

Contoh strategi pemasaran produk yang menarik berikutnya adalah milik Apple. 

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Teknik pemasaran produk Apple tidak berfokus pada fitur-fitur yang dihadirkan produknya, melainkan manfaat yang bisa diperoleh penggunanya.

Brand ini memberikan narasi seperti apa pengalaman yang akan dirasakan pengguna dengan produk Apple. 

3. Coca-Cola

kolaborasi brand coca cola

Coca-Cola adalah brand minuman berkarbonasi yang memiliki image ceria dan penuh energi. Lihat saja iklan Coca-Cola yang selalu konsisten bercerita bahwa produknya cocok untuk diminum ramai-ramai.

Selain itu, konsumen Coca-Cola mayoritas berusia 15 sampai 35 tahun dengan gaya hidup yang aktif. Makanya, Coca-Cola sering menggaet selebriti muda seperti NewJeans sebagai brand ambassador-nya. 

Mana Strategi Pemasaran Produk yang Sudah Anda Coba?

Di artikel ini, Anda sudah mempelajari 8 strategi product marketing yang wajib Anda coba. Salah satu strategi pemasaran produk yang tak boleh dilewatkan adalah membuat website bisnis. 

Website bisnis merupakan media yang penting untuk membangun branding, menyampaikan informasi terbaru soal brand, serta memasarkan produk atau jasa secara online. Untuk itu, pastikan Anda memberi website Anda dukungan layanan hosting yang berkualitas.

Salah satu layanan hosting Indonesia yang kualitasnya sudah teruji adalah Unlimited Hosting Niagahoster. Paket hosting ini akan membuat akses website Anda jadi sat-set-sat-set berkat dukungan server LiteSpeed. Apalagi, Niagahoster menjamin uptime hingga 99,99% sehingga website akan selalu online 24 jam penuh.

Yuk, dapatkan keunggulan Unlimited Hosting Niagahoster mulai dari Rp 9 ribuan/bulan saja!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *