Insight Bisnis

Side Hustle Adalah: Bedanya dengan Side Job, Manfaat, dan Tipsnya

Jika Anda merasa pekerjaan utama Anda tidak sesuai dengan passion, Anda tidak perlu berpikir untuk resign. Mungkin, saatnya Anda memulai side hustle?

Apa itu side hustle? 

Tenang saja! Di artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu side hustle, perbedaannya dengan side job, manfaatnya, contoh side hustle yang bisa Anda coba, hingga tips cara memulai side hustle.

Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu Side Hustle?

Side Hustle adalah pekerjaan tambahan di samping pekerjaan utama. Biasanya, dilakukan dengan tujuan utama untuk mengejar passion, sekaligus bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Contohnya, pekerjaan utama Anda sebagai karyawan. Tapi di waktu luang, Anda bisa menjalankan side hustle dengan bekerja sebagai penyanyi kafe sesuai passion Anda. Dengan begitu, selain bisa mengejar passion, sumber pendapatan Anda juga bertambah. 

Jadi, dapat dipahami arti side hustle adalah mengisi waktu luang Anda dengan pekerjaan yang Anda minati. Bentuknya bisa berupa pekerjaan apa saja. Asalkan sesuai dengan passion Anda, dan menguntungkan.

Jenisnya ada bermacam-macam. Jadi, kalau Anda tertarik, ada banyak pilihan yang bisa Anda coba. Beberapa contoh side hustle, Misalnya:

  • Fotografer
  • Vlogger
  • Penulis
  • Desainer Grafis
  • Web Developer
  • Penerjemah
  • Blogger
  • Tutor Online, dan banyak lagi.

Nah, jika dilihat sekilas, side hustle dapat saja dipahami sebagai side job. Tapi ternyata, keduanya merupakan hal yang berbeda. Lalu, apa perbedaan side hustle dan side job?

Perbedaan Side Hustle dan Side Job

Baik side hustle maupun side job, sama-sama pekerjaan sampingan. Meski begitu, memiliki beberapa perbedaan. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Perbedaan Motif atau Tujuan

Side hustle adalah pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengejar passion atau minat. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan, pekerjaannya bisa menghasilkan pendapatan tambahan. 

Sedangkan, side job adalah pekerjaan tambahan yang dilakukan karena ingin mendapatkan sumber penghasilan di luar dari pekerjaan utama. Biasanya, pekerjaannya tidak mesti sesuatu yang diminati.  Misalnya, bekerja sebagai ojek online, barista part-time, dan lain sebagainya.

2. Perbedaan Cara Memulai Kerja

Side hustle adalah pekerjaan yang dapat Anda mulai dan jalankan sendiri. Karena Anda tidak perlu mencari lowongan dan melamar kerja. Misalnya, jika Anda ingin menjalankan side hustle sebagai fotografer, Anda dapat langsung memulainya sendiri. 

Sedangkan, side job adalah pekerjaan hanya bisa Anda mulai jika direkrut atau dikontrak dari suatu pemberi kerja. Artinya, Anda menjalankan suatu pekerjaan baru di samping pekerjaan utama Anda. Entah itu sifatnya freelance ataupun part-time. Misalnya, bekerja paruh waktu sebagai barista. 

3. Perbedaan Fleksibilitas Kerja

Side hustle menawarkan cara kerja yang fleksibel. Karena, memang pada dasarnya pekerjaan ini dimulai atas inisiatif sendiri. Jadi Anda bebas untuk menentukan waktu bekerja Anda sendiri.

Sedangkan, side job cenderung lebih mengikat jika dibanding dengan side hustle. Karena, umumnya ada aturan atau target dari pemberi kerja. Misalnya, memiliki batas waktu kerja ataupun deadline.  

4. Perbedaan Beban Kerja

Side hustle memberi kebebasan untuk menentukan tugas yang ingin Anda kerjakan. Jadi, Anda bisa menyesuaikan beban kerja sesuai dengan kemampuan dan target pribadi Anda saja.

Sedangkan, beban kerja side job sudah ditentukan oleh pemberi kerja. Jadi, harus bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang diberikan.

5. Perbedaan Keuntungan yang Didapatkan

Side hustle tidak hanya memberikan Anda penghasilan tambahan. Tetapi, Anda juga bisa memperdalam skill yang Anda inginkan. Tak menutup kemungkinan juga, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karir sesuai dengan passion Anda. 

Sedangkan, side job hanya memberikan Anda penghasilan tambahan saja. Biasanya pekerjaan side job tidak memiliki jenjang karir khusus. Bahkan, pekerjaan yang dilakukan juga biasanya hanya yang bersifat sementara saja atau per proyek. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa itu side hustle dan apa itu side job. Mulai dari cara kerja hingga keuntungan yang bisa didapatkan.

Berikutnya, yuk simak apa saja sih manfaat side hustle?

Manfaat Side Hustle

Selain bisa menghasilkan pendapatan tambahan, side hustle masih memiliki manfaat lainnya. Adapun beberapa manfaat side hustle adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Kepuasan Diri

Manfaat side hustle yang pertama adalah dapat memberikan kepuasan pada diri. Sebab, menjalankan side hustle berarti Anda melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan minat Anda. Jadi, Anda bisa merasa lebih puas ketika melakukan hal yang Anda senangi.

Misalnya, Anda menjalankan side hustle sebagai penyanyi kafe. Meskipun tidak mendapatkan penghasilan tetap seperti pekerjaan utama, tapi Anda senang karena bisa mengerjakan hal yang Anda minati. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa berkarir sebagai penyanyi profesional.

2. Menambah Sumber Pendapatan

Side hustle juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan. Bahkan, dapat dikatakan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena, Anda bisa menambah sumber pendapatan tanpa harus kehilangan pekerjaan utama. 

Contohnya, Anda bisa menjadikan minat Anda pada web developer sebagai sumber pendapatan tambahan. Caranya, misalnya dengan menjual tema website Anda melalui Program Partnership Tema di Niagahoster.

3. Membantu Pertumbuhan Profesional

Menjalankan side hustle adalah salah satu cara yang bisa Anda pilih jika ingin menumbuhkan diri secara profesional. Karena, segala prosesnya mengharuskan Anda untuk mempelajari dasar dan teknis pekerjaan Anda. Jadi, Anda memiliki kesempatan untuk memperdalam skill dan memperkaya portofolio Anda. 

Misalnya, jika Anda menjalankan side hustle sebagai fotografer, Anda tidak hanya mengerjakan pemotretan saja. Tetapi, Anda juga akan belajar dan melakukan teknik fotografi, memasarkan hasil foto Anda, dan banyak lagi. Dengan konsisten pada pekerjaan Anda, maka Anda juga akan terus bertumbuh secara profesional. 

4. Meningkatkan Skill Manajemen Waktu

Sekalipun side hustle terlihat menarik, tapi sebetulnya tidak mudah untuk melakukannya. Karena menjalankan side hustle berarti mengambil waktu luang Anda di luar pekerjaan. Dengan begitu, Anda mungkin hanya akan memiliki sedikit waktu istirahat.

Tapi, jika Anda sudah terbiasa menjalankan side hustle, maka kemampuan manajemen waktu Anda juga akan meningkat. Karena, Anda mampu untuk membagi waktu dengan baik antara pekerjaan utama, pekerjaan tambahan, hingga waktu istirahat, dan bersenang-senang.

5. Membantu Persiapan Career Switch

Jika Anda berpikir untuk berganti karir, maka side hustle adalah langkah yang tepat untuk Anda lakukan. Karena, side hustle dapat memberikan Anda kesempatan untuk belajar secara praktik dan mempersiapkan diri sebelum mencoba pekerjaan baru.

Misalnya, jika ingin berganti karir dari pegawai bank menjadi pemilik agency penulis profesional. Anda bisa memanfaatkan side hustle Anda sebagai kesempatan untuk melakukan uji coba. Dengan begitu, jika Anda sudah siap maka Anda sudah bisa melakukan career switch.

6. Membantu Persiapan Situasi Darurat

Manfaat side hustle yang tidak kalah penting yaitu dapat memberikan Anda persiapan menghadapi situasi darurat.

Misalnya, Anda mungkin saja tiba-tiba kehilangan pekerjaan utama karena PHK dan sebagainya. Nah, jika Anda menjalankan side hustle, Anda masih dapat sedikit lebih tenang. Karena, Anda masih tetap memiliki pekerjaan dan sumber pemasukan. 

10 Ide Side Hustle

Berikut contoh side hustle yang bisa Anda kerjakan: 

1. Membuat Channel YouTube/ Vlog

Membuat channel YouTube atau menjadi YouTuber dapat menjadi pilihan side hustle yang menarik. Karena, selain mudah untuk dimulai, juga berpotensi memberikan Anda penghasilan tambahan. Biasanya bisa mencapai belasan hingga ratusan juta per bulan, tergantung jumlah subscriber dan penayangan video. 

Oleh karena itu, jika Anda senang berbagi informasi dalam bentuk video, maka Anda dapat memulai channel YouTube Anda sekarang. Anda bisa membuat konten YouTube dengan tema tertentu seperti edukasi, kecantikan, hiburan, atau sekadar membagikan cerita keseharian Anda, dan sebagainya.

2. Menjadi Fotografer

Jika Anda senang memotret dan memiliki skill dalam pengambilan gambar, Anda bisa mencoba side hustle sebagai fotografer.

Apalagi, ada banyak peluang bagi fotografer untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya, Anda bisa menawarkan jasa foto untuk suatu acara, atau menjalankan proyek foto sendiri, lalu menjual foto Anda secara online maupun dalam bentuk cetak.

3. Membuka Kursus Online

Membuka kursus online juga dapat menjadi ide side hustle yang dapat Anda coba. Utamanya, jika Anda menguasai suatu bidang tertentu seperti teknologi, komunikasi, marketing, dan sebagainya.

Menariknya, Anda bisa membuat e-learning di website Anda sendiri. Dari situ, Anda bisa mengatur semua kebutuhan kursus online Anda. Mulai dari jenis materi yang ditawarkan, hingga informasi lainnya seperti biaya kursus. 

4. Menjadi Content Writer

Jika Anda memiliki minat pada bidang penulisan, Anda bisa mencoba side hustle sebagai content writer

Apalagi, ada banyak media online yang bisa menerbitkan dan membayar tulisan Anda. Jadi, Anda bisa memilih untuk menerbitkan tulisan di media yang sesuai dengan bidang yang Anda minati.

5. Membuka Jasa Make Up Artist

Anda mungkin senang berdandan dan senang mendandani orang lain? Jika iya, Anda bisa mencoba side hustle dengan membuka jasa make up.

Jika menjalankan pekerjaan ini, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pelanggan. Karena, jasa make up masih banyak dibutuhkan. Misalnya untuk kebutuhan pengantin, pengambilan gambar, dan lain sebagainya.

6. Menjadi Event Planner

Apakah Anda memiliki kemampuan manajemen yang baik? Kalau begitu, Anda mungkin bisa mencoba side hustle sebagai event planner.

Pekerjaan ini biasanya bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengatur berjalannya suatu acara. Misalnya, acara kantor, acara pengantin, acara ulang tahun, atau bahkan yang lebih besar lagi seperti acara musik, dan sebagainya. 

7. Menjadi Tour Guide

Menjadi tour guide sebagai contoh side hustle juga bisa Anda coba. Khususnya, jika Anda mengenal suatu lokasi wisata dengan baik dan ingin mencoba memulai bisnis travel.

Apalagi, pekerjaan ini juga cukup menarik. Karena memungkinkan Anda memperkenalkan lokasi Anda kepada orang-orang baru. Entah itu wisatawan lokal maupun luar negeri.

8. Membuat Desain Grafis

Jika Anda jago gambar, maka Anda bisa mencoba desainer grafis sebagai side hustle Anda.

Misalnya, Anda bisa membuat desain lalu menjualnya di platform digital. Bahkan Anda juga bisa menawarkan jasa desain sebagai pekerjaan freelance kepada individu atau suatu bisnis. 

9. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan juga bisa menjadi pilihan side hustle Anda. Apalagi, jika Anda terampil mengubah suatu bahan menjadi produk yang berharga.

Misalnya, Anda dapat mengolah plastik bekas menjadi keranjang belanja, dan sebagainya. Lalu, Anda bisa menjualnya melalui media sosial, marketplace, ataupun website Anda sendiri.

10. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website adalah salah satu contoh side hustle yang menarik untuk Anda jalankan. Khususnya, jika Anda memiliki kemampuan web development yang baik.

Menariknya, selain bisa menghasilkan pendapatan melalui pembuatan website, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dengan menjadi reseller hosting Indonesia

Cara Memulai Side Hustle

Nah, Anda pasti sudah memiliki ide side hustle yang bisa Anda pilih. Lalu bagaimana cara untuk memulai side hustle? Berikut tips yang bisa Anda terapkan:

1. Identifikasi Minat Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai side hustle adalah mengidentifikasi minat Anda. Caranya, Anda dapat mencari tahu hal yang Anda senangi, dan apakah Anda bisa menjadikannya sebuah pekerjaan. Misalnya, Anda dapat menggunakan analisis SWOT

2. Buat Daftar Kebutuhan

Berikutnya, tuliskan semua hal yang Anda butuhkan untuk menjalankan side hustle. Contohnya, kamera, tripod, laptop, dan sebagainya untuk kebutuhan fotografi. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan modal yang Anda miliki dengan kebutuhan Anda.

3. Pertimbangkan Potensi Keuntungan

Sekalipun dikerjakan untuk mengejar passion, tapi pastikan side hustle yang Anda jalankan setidaknya bisa memberikan keuntungan. Karena jika tidak, hanya akan menghabiskan waktu Anda saja. 

Anda dapat memperkirakan potensi keuntungan dengan membandingkan seberapa banyak profit dibandingkan modal yang Anda keluarkan. Lebih lengkapnya,  Anda bisa baca artikel ROI atau Return on Investment

4. Atur Waktu Anda

Menjalankan side hustle berarti Anda harus bisa mengatur waktu Anda dengan baik. Tujuannya, agar Anda bisa tetap fokus mengerjakan side hustle, tanpa harus mengganggu pekerjaan utama dan waktu istirahat Anda.

5. Konsisten Jalankan Side Hustle

Jika Anda sudah memutuskan memulai side hustle, maka Anda perlu untuk konsisten. Karena keuntungan pastinya tidak bisa Anda dapatkan secara instan. Oleh karena itu, jalankan side hustle karena Anda senang, dan kembangkan secara konsisten agar bisa menjadi sumber pendapatan tambahan. 

Sudah Siap Memulai Side Hustle Anda?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu side hustle. Jadi, jika saat ini pekerjaan utama Anda tidak sesuai dengan passion, menjalankan side hustle adalah pilihan yang tepat Anda lakukan. Karena, selain memberikan kepuasan pada diri Anda, juga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjalankan side hustle, ada banyak ide side hustle yang bisa Anda pilih. Meski begitu, pastikan pilih yang bisa memberikan Anda keuntungan. Misalnya, Anda dapat menjadi reseller hosting dan domain melalui program Niagahoster Partner.

Menariknya, menjalankan side hustle sebagai reseller hosting dan domain memiliki masa depan yang cerah.  Menurut Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), ada puluhan ribu domain baru didaftarkan di Indonesia. Ini tentunya jadi peluang besar bagi Anda untuk mendulang pendapatan tambahan.

Jika tertarik, Anda bisa menjadi reseller hosting tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Dengan tambahan diskon 50% khusus reseller dan kebebasan untuk memasang harga jual sendiri, sudah pasti Anda jadi dobel untung!. Menarik bukan?

Tunggu apa lagi? Mulai side hustle Anda sekarang bersama Niagahoster!

Abd. Wahab

SEO Content Writer at Niagahoster

Share
Published by
Abd. Wahab
Tags: side hustle

Recent Posts

Cara Memindahkan Website dari Subfolder ke Domain Utama

Anda mencoba mengakses website dengan domain utama, tapi hanya muncul daftar direktori Index of/? Itu berarti Anda perlu memindahkan website…

1 day ago

Ini Dia Cara Kerja VPS Hosting, Kelebihan, dan Kekurangannya!

Bagaimana cara kerja VPS sebenarnya? Di artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana VPS bekerja serta kelebihan dan kekurangan VPS hosting.

3 days ago

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

4 days ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

4 days ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

4 days ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

5 days ago