Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as a Brand and Reputation Management Manager. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Sesi 1 on 1: Budaya Niagahoster Menembus Batas Status “Atasan dan Bawahan” 

1 min read

sesi 1 on 1

Sesi 1 on 1 adalah salah satu aktivitas rutin yang menjadi budaya di Niagahoster. Setiap bulan, manajer akan melakukan sesi privat ini kepada semua yang menjadi bawahan langsungnya. Sesi ini menjadi salah satu media melakukan feedback dari atasan kepada bawahan dan sebaliknya. Semua dilakukan dalam situasi nyaman dan saling respect dari kedua belah pihak. Bagaimana proses ini berjalan? Dan seperti apa dampaknya?

Sesi 1 on 1 Guna Menyamakan Perspektif dalam Mencapai Tujuan

Sesi 1 on 1 diagendakan rutin oleh manajer kepada para direct report (bawahan langsung)-nya setiap bulan. Sesuai dengan namanya sesi ini hanya terdiri dari manajer dan seorang direct report-nya. Salah satu manfaat dari sesi 1 on 1 yang rutin adalah evaluasi performa dari karyawan dan untuk menyamakan perspektif dalam mencapai objektif bersama. 

Dalam sesi ini, feedback juga saling diberikan secara gamblang antara kedua belah pihak. Tentunya dalam lingkup profesionalitas, kemudahan dan kejujuran dalam memberikan feedback akan memudahkan proses kerja dan terjalinnya hubungan yang baik dan saling percaya antara manajer dan bawahannya. 

“Sesi 1 on 1 menjadi kebiasaan yang penting untuk membantu peran manajerial. Saya diwajibkan untuk melakukan monitoring dan mentoring terhadap performa anggota tim saya dan tidak terbatas hanya pada hal itu. Aspek lain seperti motivasi, isu persona dan banyak hal yang berpengaruh ke perjalanan karir juga menjadi perhatian para manajer ketika melakukan sesi 1 on 1. Melalui sesi ini saya dan para anggota tim mengembangkan diri bersama-sama dan menginspirasi saya untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.”

-Rheinjani Dora, Head of People and Office Operation. 

Baca juga: Niagahoster Turut Serta dalam Peluncuran Platform SIMONAS Milik Kominfo

1 on 1 untuk Membantu Kesulitan Karyawan dalam Melakukan Pekerjaan

Karyawan juga dapat dengan bebas mengutarakan apa yang menjadi hambatan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Melalui sesi ini seorang manajer bisa mendalami kesulitan-kesulitan tersebut dan membantu mengarahkan karyawan memecahkan masalahnya. 

Baca juga: Memperkenalkan Budaya “Courage and Candidness” Kepada Karyawan di Niagahoster

Sesi 1 on 1 juga tidak terbatas pada hal profesional. Terkadang ada hal-hal personal yang bisa jadi menghambat karyawan melaksanakan pekerjaannya. Jika karyawan berkenan, mereka juga bisa mengungkapkan hal ini kepada manajernya, sehingga bisa dibicarakan apa yang bisa dilakukan dari sisi pekerjaan untuk mengakomodir hal tersebut. 

“Menurutku sesi ini efektif untuk tempatku banyak curhat dan tanya-tanya. Dulu punya kesulitan tertentu terkait pekerjaan sebagai customer success agent karena hal yang teknis. Namun setelah sering sharing dengan team leader, banyak diberikan input dan contoh-contoh untuk membantu memahami masalah yang aku alami. Sekarang bekerja jadi lebih mudah.”

-Noviantika, Customer Success Agent

1 on 1 Sebagai Perwujudan Budaya Kerja Niagahoster

Budaya keberanian dan keterusterangan adalah salah satu dari 10 budaya kerja di Niagahoster. Budaya itu menjadi kunci utama sesi 1 on 1 bisa berjalan dengan baik. Baik dari sisi manajer maupun karyawan yang melakukannya, harus bisa saling terbuka tentang feedback, kesulitan atau bahkan recognition pencapaian yang sudah dilakukan. 

Baca juga: Townhall Meeting, Budaya Menyelaraskan Visi untuk Layanan Pelanggan Lebih Baik

Dengan memelihara budaya ini, diharapkan tidak ada lagi dinding pembatas antara manajer dan karyawan yang akhirnya malah menyulitkan proses kerja dan kolaborasi sehari-hari. Semua bisa tersampaikan dengan jelas, tanpa prasangka dan juga menjaga kohesivitas tim yang baik. 

2
Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as a Brand and Reputation Management Manager. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =