SEO Penting untuk Branding. Niagahoster dan DQLab Bagikan Manfaat dan Tips-nya Di Sini!

Mesin pencari atau search engine mengambil peran signifikan bagi performa sebuah website. Data dari Brighthedge Research menyebutkan, 68% pengalaman online seseorang dimulai dari mesin pencari. 

Website yang memiliki performa yang baik juga akan memperkuat branding dan membuat bisnis semakin dikenal. Seperti halnya platform digital lainnya,  agar memiliki performa yang baik di mesin pencari, website perlu dikembangkan dan dioptimasi. Langkah paling umum dan sederhana dilakukan adalah dengan memaksimalkan search engine optimization (SEO) website tersebut.

Perusahaan penyedia layanan web-hosting, Niagahoster, berkolaborasi dengan DQLab, sebuah platform online belajar data science, mengadakan talkshow dengan topik bahasan “Optimasi SEO dan Data untuk Tingkatkan Brand Awareness Bisnis”.

Topik ini dibawakan oleh Annissa Widya Davita, Public Relations Officer DQLab, dan Annisa Fauziyyah, SEO Lead Niagahoster, dan dihadiri oleh lebih dari 90 orang dari berbagai kalangan, seperti pemilik bisnis, internet marketer, mahasiswa, pegiat IT, dan masyarakat umum.

Selain menambah exposure website di mesin pencari, optimasi SEO punya banyak manfaat lain. Bagaimana penjelasannya? Mari kita bahas dalam artikel ini!

Menaikkan traffic organik

Hubspot menyebutkan, 75% pengguna internet tidak melewatkan halaman pertama pada kolom pencarian. Hal ini artinya, halaman pertama mesin pencari adalah tempat strategis untuk menarik perhatian orang di internet.

Website sendiri merupakan investasi branding jangka panjang bagi bisnis. Dengan bantuan SEO, website tidak hanya akan tersembunyi di dunia maya, tetapi dapat diakses oleh semakin banyak orang.

“Optimasi SEO bersifat long-term. Sehingga, semakin baik peringkat website di Google, semakin besar pula traffic organik yang kita dapatkan,” ungkap Annissa Widya.

Website Lebih Accesible

Website dengan SEO yang baik akan memiliki visibilitas lebih besar di mesin pencari. Cara paling sederhana untuk memulai SEO adalah dengan menyisipkan keyword utama dan rantai keyword yang sesuai dengan bisnis pada website.

Contoh: bisnis kue lebaran → KUE (keyword utama) → bingkisan lebaran, kue nastar, hamper (rantai keyword)

Penerapan SEO dengan keyword akan memudahkan pengunjung menemukan website dengan berbagai kata kunci.

Brand Awareness Makin Meningkat

Data dari Brightlocal menyebutkan, 76% konsumen mempercayai review online sama seperti kepercayaan mereka kepada rekomendasi teman. Dalam customer journey (perjalanan pelanggan membeli produk) di era digital, pelanggan kerap mencari review dan informasi tentang produk dan brand di mesin pencari. Di titik inilah, website mengambil peran penting untuk menjadi sumber informasi yang mudah diakses dan terpercaya bagi para pelanggan.

Dengan memiliki laman digital berupa website yang berkualitas, ramah SEO, tentu akan membuat website makin mudah dijangkau pelanggan. Kredibilitas bisnis juga akan meningkat jika sebuah website memuat informasi resmi, lengkap, disertai dengan kecepatan akses, dan tampilan yang maksimal.

Melihat banyaknya manfaat bagi bisnis, tentu ini waktu yang tepat untuk memulai optimasi SEO di website bisnis Anda. Menurut Anissa Fauziyah, SEO Lead Niagahoster, untuk melakukan aktivitas branding dengan SEO, ada 2 hal sederhana yang wajib disiapkan: 1) Riset kata kunci; 2) Konten.

1. Riset Kata Kunci

Kata kunci yang tepat akan mengarahkan calon pelanggan ke website yang tepat. Untuk melakukan riset kata kunci, dapat dimulai dari memahami bisnis atau produk yang dijual. Setelah itu, melihat volume pencarian pada kata kunci tersebut.

“Selain mengetahui spesifikasi produk yang dijual, pemilik bisnis juga harus mengerti siapa pasar / pelanggannya. Sehingga, kata kunci yang dihasilkan akan tepat sasaran dan menjangkau pasar utama. Kalau kita belum kenal pelanggan kita, maka susah menentukan kata kunci.” ungkap Annisa Fauziyyah.

Langkah riset kata kunci dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tools seperti: Google Trends, Google Console, Ahrefs, Ubersuggest, dan lainnya. Pemilik bisnis dapat menyisipkan kata kunci pilihan ke dalam konten website, baik itu untuk copy writing di laman landing page, blog, serta kolom ‘About Us’ atau informasi perusahaan.

2. Konten

Annisa mengungkapkan, SEO banyak berperan dalam tahapan consideration (pertimbangan) / meyakinkan pelanggan dalam memilih sebuah produk pada brand tertentu.

Konten yang tepat dan ditemukan di waktu yang tepat, akan mempercepat keputusan pembelian pelanggan. Berikut adalah panduan jenis konten yang tepat untuk setiap tahap customer journey:

  • Awareness (kesadaran pada brand) →  Informational (konten yang informasional secara umum)
  • Interest (ketertarikan pada brand) → Navigational (konten informasi tentang produk brand)
  • Consideration (pertimbangan membeli) → Commercial Investigation (konten ajakan membeli)
  • Converstion (pembelian) → Transactional (konten tentang kelebihan produk)

Bagi pemula, pastikan melakukan basic SEO on-page seperti: mengubah judul menjadi ramah SEO, mengisi meta-description, menyederhanakan permalink, mengedit snipet, menambahkan gambar, mengoptimasi kecepatan akses website, dan lainnya. Annisa menambahkan, agar website memiliki performa SEO yang baik, website harus diaudit secara rutin.

Untuk belajar SEO dan pentingnya riset data bagi bisnis, silakan untuk mengunjungi blog Niagahoster di www.niagahoster.co.id/blog. Anda juga dapat mengunduh e-book tutorial pembuatan hingga optimasi website di www.niagahoster.co.id/ebook.

Untuk belajar digital marketing, ikuti kelas DQLab Digital Marketing 101 bersama DQLab seharga Rp 500.000 Rp 136.500 investasi untuk selamanya dengan langkah sebagai berikut:

  1. Klik menu PLATINUM di sidebar academy.dqlab.id
  2. Pilih modul platinum yang ingin kamu beli
  3. Lakukan pembayaran dan kamu sudah bisa akses Platinum Modul untuk life time access!
Elisabeth W. Alfanisa

A public relations enthusiast who loves to write and read. A girl behind Niagahoster's good news on media. A cool kid you'll find spacing out in the backyard.

Share
Published by
Elisabeth W. Alfanisa

Recent Posts

Pengertian HTML, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jika Anda ingin menjadi web developer andal, Anda wajib banget khatam dengan pengertian HTML. Soalnya, HTML adalah salah satu komponen…

21 hours ago

Product Development: Rahasia Menciptakan Produk Baru yang Jempolan!

Ingin mulai berbisnis, tapi bingung mau bikin produk apa? Atau, khawatir setelah buat produk malah tidak laku di pasaran? Jika…

1 day ago

Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Untungnya Anda hidup di era digital, di…

3 days ago

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla [Terlengkap]

Masalah err_connection_refused muncul ketika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak server. Error ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah…

4 days ago

Apa itu Kubernetes? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda tentu ingin project aplikasi atau website yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik. Namun, kalau aplikasinya menjadi semakin besar, bagaimana…

5 days ago

Belajar Copywriting: Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan

“Apa saja yang saya perlukan dalam memasarkan sebuah bisnis?” Barangkali pertanyaan tersebut muncul ketika Anda baru pertama kali merintis usaha.…

6 days ago