Categories: MarketingStories

Sate Ratu: Kuliner Lokal yang Go International Lewat Digital!

Hanya jualan sate bisa go internasional? Serius?

Anda boleh tidak percaya. Tapi, itulah yang terjadi pada Sate Ratu. Bisnis kuliner asal Jogja ini membuktikan diri mampu menggebrak pasar mancanegara. Bahkan itu dicapai dalam waktu yang relatif singkat, hanya satu tahun saja!

Tak banyak yang mengira kesuksesan ini. Dan memang perjalanan sukses Sate Ratu tidaklah mulus. Banyak rintangan yang dihadapi dan perjuangan keras yang harus dilakukan.

Namun, apa sebenarnya yang membuat kuliner lokal ini go international?

Jawabannya, pemasaran digital! Tak tanggung-tanggung, Sate Ratu mencurahkan semua upaya promosinya secara online dengan menggunakan berbagai platform.

Nah, bagaimana cerita lengkapnya? Mari simak lebih lanjut.

Dari Karyawan Jadi Pengusaha Angkringan

Siapa sangka cerita sukses ini berawal saat pemilik Sate Ratu, Fabian Budi Seputro, memutuskan resign dari pekerjaannya dan membuka bisnis sendiri. Padahal, karirnya sebagai karyawan sedang bagus.

Kenyataannya, meninggalkan zona nyaman memang tidak mudah. Banyak kesulitan yang harus ia hadapi di masa transisi tersebut. Mulai dari memikirkan jenis bisnis, lokasi, hingga strateginya. Dan, semuanya harus dilakukan dari nol!

Namun, tekadnya sudah bulat untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.

Singkat cerita, Budi akhirnya membangun bisnis kuliner dengan konsep angkringan bernama Angkringan Ratu. Secara filosofi, Angkringan Ratu berarti angkringan yang memanjakan pelanggan dengan kualitas makanan terbaik.

Berbeda dengan angkringan lain, Budi membuat semua makanannya sendiri untuk menjaga kualitasnya. Tidak hanya itu, brand Angkringan Ratu dengan tagline Jogja’s Street Food dipilih sebagai sebuah strategi marketing.

Baca Juga: Apa itu Branding?

Upaya yang dilakukannya cukup berhasil. Banyak wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke Angkringan Ratu. Alhasil, Angkringan Sate Ratu mampu menjadi pilihan kuliner yang khas dengan harga terjangkau.

Mendadak Berjualan Sate dan Sukses

“Gila, Loe! Ngapain jualan sate?”

Ekspresi itulah yang Budi dapatkan dari orang di sekitarnya ketika memutuskan pindah haluan dengan berjualan sate.

Cukup bisa dipahami sebenarnya. Membangun bisnis baru artinya memulai semuanya dari nol lagi dengan strategi bisnis yang berbeda.

Baca Juga: Strategi Bisnis untuk Kesuksesan Online

Namun, Budi punya alasan sendiri. Ia menganggap bisnis angkringan memiliki beberapa kekurangan yang mengharuskannya melakukan transformasi bisnis. Berjualan sate menjadi pilihannya.

Akhirnya, Angkringan Ratu berubah menjadi Sate Ratu.

Di awal Sate Ratu berdiri, Budi harus bekerja keras menemukan resep sate yang pas. Berbagai eksperimen pun dilakukan. Budi pun mau tidak mau harus membakar sate sendiri agar mendapat kualitas terbaik yang diinginkan.

Selain itu, Budi juga memindahkan lokasi usahanya untuk mendukung transformasi bisnis tersebut. Dari Jalan Urip Sumoharjo ke Jogja Paradise Food Court di Jalan Magelang. Tujuannya, berada jalan utama yang dilewati wisatawan sehingga memudahkan akses berkunjung.

Berbekal ketekunannya, kerja keras Budi terbayarkan. Waktu membuktikan bahwa manuver membangun Sate Ratu murni strategi bisnis yang mengantarkannya pada kesuksesan saat ini.

Sate Ratu hadir dengan varian tiga sate dengan cita rasa unik: Sate Ayam Merah, Lilit Basah dan Ceker Tugel. Dilihat dari namanya saja, Anda akan tahu bahwa cita rasanya pasti istimewa.

Anda tidak salah. Sate Ratu membuktikan sebagai bisnis kuliner yang berhasil dan menjadi salah satu dari 100 FoodStartup Terbaik di Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mencari bisnis kuliner kreatif yang mampu berkembang pesat.

Tidak berhenti di situ saja. Sate Ratu juga mendapatkan Certificate of Excellence dari Trip Advisor tahun 2017 dan 2018. Satu lagi bukti bahwa upaya promosi Sate Ratu secara online membuatnya dikenal secara luas sebagai bisnis yang profesional.

Meskipun demikian, tidak mudah mencapainya. Sebab, ada beberapa persyaratan ketat yang harus dipenuhi. Yaitu, selalu menyediakan informasi bisnis yang lengkap dan aktif merespon review yang didapatkan.

Di sisi lain, tiga varian yang sudah dimiliki tak membuat Sate Ratu berhenti berinovasi.

Ingin menjadi yang terbaik dalam ajang Ngulik Rasa Unilever 2019, Budi berhasil menciptakan Sate Kanak, varian tidak pedas Sate Ayam Merah. Hasilnya, Sate Ratu berhasil menjadi Juara Nasional!

Dengan semua pencapaian ini, tak heran Sate Ratu semakin sukses. Tidak hanya di tingkat nasional saja. Hingga saat ini konsumen Sate Ratu telah berasal dari 84 negara!

Lalu, apa sebenarnya rahasia sukses Sate Ratu?

Rahasia Sukses Sate Ratu: Cita Rasa Lokal dengan Pemasaran Digital

“Informasi detail tentang bisnis kami sangat penting untuk ada di internet”, ujar Budi.

Lokasi bisnis yang jauh dari kawasan pusat turis asing di Jogja tidak jadi penghalang kesuksesan Sate Ratu. Budi justru menemukan bahwa kekuatan internet berpotensi menggaet pelanggan mancanegara yang lebih besar.

Namun, sebelum terjun untuk go online, kualitas produknya harus diperkuat terlebih dahulu. Tujuannya, agar siap bersaing secara online dan offline.

Maka, inilah yang dilakukan Budi dalam membangun Sate Ratu:

1. Membuat Cita Rasa Unik

Tanpa tampil beda, sulit bagi pebisnis untuk bersaing dengan kompetitor. Itulah alasan Budi selalu merancang bisnisnya dengan strategi product differentiation.

Meskipun core product-nya sendiri bisa saja sama, menciptakan produk yang unik sangatlah penting.

Angkringan Ratu hadir dengan 21 ragam makanan yang semuanya dibuat sendiri. Artinya, Budi bisa leluasa menggunakan resep rahasia di masing-masing makanan yang dibuat agar memiliki cita rasa yang khas.

Begitu pula dengan Sate Ratu. Eksperimen bumbu yang dilakukan cukup panjang.

Meskipun banyak orang mengira Sate Ratu menggunakan bumbu khas Jogja, ternyata tidak. Sate Ratu justru menggunakan bumbu rahasia perpaduan bumbu Lombok dan Banjarmasin.

Yang cukup istimewa adalah penggunaan cabe pada Sate Ayam Merah. Citarasa yang dihasilkan ternyata tidak membuat rasa sate menjadi terlalu pedas, bahkan untuk turis mancanegara sekalipun.

Belum lagi jika melihat potongan daging ayamnya yang acak. Tentu berbeda dengan sate ayam yang sering ditemukan di berbagai tempat.

Kenapa product differentiation bisa menjadi strategi bisnis yang baik? Inilah tiga poin utamanya:

Produk Anda Menjadi Istimewa

Sebuah produk yang unik akan turut membentuk persepsi konsumen bahwa hanya Anda yang mampu melakukannya.

“Belum pernah makan sate seenak ini. Maknyus dan juicy banget.” Itulah kesan yang diberikan salah satu pengunjung Sate Ratu setelah mencicipi kelezatannya.

Komentar salah satu pelanggan di atas tentu membuktikan bahwa Sate Ratu telah mampu menjadikan produk mereka lain dari yang lain. Dengan kondisi ini, akan lebih mudah dalam menggaet hati konsumen.

Tak Perlu Melakukan Perang Harga

Perang harga memaksa Anda menekan keuntungan yang didapatkan. Untuk kelangsungan sebuah bisnis, hal tersebut bisa berdampak buruk.

Sate Ratu memilih berfokus pada kualitas produk yang dihasilkan sambil tetap menentukan harga yang wajar. Jadi, bisa menjangkau semua lapisan masyarakat yang ingin menikmatinya.

Baik datang langsung ataupun melalui layanan antar, harga tiap varian Sate Ratu cukup ramah di kantong. Berkisar 20-30 ribu rupiah.

Dapat Membentuk Brand Loyalty

Jika konsumen puas, mereka tak akan ragu membeli produk Anda kembali. Oleh karena itu, produk yang unik dapat membantu membangun brand loyalty.

Meskipun banyak produk sate di berbagai tempat, cita rasa khas dari Sate Ratu akan membuatnya memiliki pelanggan setia sendiri. Setiap ada kesempatan, mereka akan kembali datang untuk menikmati kuliner dari Jogja ini.

2. Upaya Digital Marketing Tanpa Henti

Sebelumnya, kami telah menyampaikan bahwa peran digital marketing sangat besar dalam kesuksesan Sate Ratu. Terutama, dalam upaya promosi online.

Budi Seputro membuktikan bahwa dirinya tidak saja pandai meramu bumbu sate yang lezat tapi juga meracik strategi digital marketing yang efektif.

Langkah pertama yang ia lakukan adalah menggunakan semua platform online yang ada untuk berpromosi. Alasannya, target pasar Sate Ratu utamanya memang wisatawan mancanegara.

Apa saja yang digunakan untuk promosi Sate Ratu?

Platform media sosial populer seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Lalu, platform review akomodasi terbesar di dunia, Trip Advisor.

Dan yang utama, website resmi sebagai online presence yang profesional.

Setelah menentukan platform ini, Budi tentu tahu bahwa tanpa didukung data akan sulit untuk menjaring target pasar yang tepat. Oleh karena itu, ia banyak menghabiskan waktu luangnya untuk melakukan riset potential buyers untuk Sate Ratu.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Target Pasar untuk Bisnis Anda

Budi tidak memiliki staf khusus untuk melakukan semua upaya tersebut. Ia melakukannya sendiri agar tetap dapat mengetahui langkah terbaik untuk meningkatkan upaya digital marketing yang dilakukan.

Alasannya, digital marketing bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Jangkauan pemasarannya pun sangat luas. Tanpa ada batas jarak dan waktu.

Selain itu, kemudahan mengakses internet dan penggunaan media sosial yang aktif akan memudahkannya menemukan calon konsumen yang tepat untuk tujuan promosi.

Inilah beberapa strategi digital marketing yang dilakukan Sate Ratu:

Social Media Marketing

Hampir semua platform media sosial utama digunakan Sate Ratu untuk memasarkan produk. Salah satunya, Instagram.

Melalui akun yang sudah memiliki lebih dari 6600 follower ini, Sate Ratu selalu melakukan update informasi penting terkait bisnis mereka. Mulai dari testimoni pengunjung, berbagai upaya promosi seperti pemberian diskon, hingga konten edukasi terkait Covid-19.

Sate Ratu juga memiliki akun Facebook. Strategi konten yang digunakan sama dengan Instagram. Perbedaannya, hanya pada target pasar pengguna platformnya saja.

Di sisi lain, Sate Ratu menggunakan Twitter untuk tujuan berbeda. Meskipun beberapa konten bisa ditemukan di Instagram, Twitter lebih digunakan untuk melakukan retweet ulasan media. Seperti yang terjadi pada saat produk Sate Kanak mendapat ulasan khusus.

YouTube juga tak ketinggalan. Meskipun belum banyak video yang diunggah, sebagian besar merupakan video testimoni dari pengunjung Sate Ratu. Tentu dengan adanya video-video tersebut, bisa menjadi sarana promosi nyata dari produk dan customer experience yang dihadirkan oleh Sate Ratu.

Google Bisnisku

Coba ketikan “sate ratu” di Google. Anda akan langsung menemukan sebuah informasi bisnis Sate Ratu yang lengkap di sisi kanan. Mulai dari alamat, jam buka, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi.

Itulah Google Bisnisku.

Memastikan nama bisnis muncul saat dilakukan pencarian di Google sangat penting. Alasan pertama adalah brand visibility.

Membangun profile bisnis melalui Google Bisnisku penting untuk pencarian lokal. Sebab, Google Bisnisku terkait dengan Google Maps. Jadi, ketika pencarian restoran dilakukan melalui Google Maps untuk area terdekat atau jenis restoran tertentu, nama Sate Ratu akan muncul sebagai salah satu hasil pencarian.

Hal ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan kunjungan langsung.

Alasan kedua adalah untuk membangun brand.

Anda akan menemukan rating di tiap Google Bisnisku. Sate Ratu menunjukkan angka yang cukup baik yaitu 4.7.

Namun, yang tak kalah penting adalah bagaimana Sate Ratu bisa dengan mudah berusaha menjawab keluhan pelanggan dengan cepat dan personal. Terutama, yang memberikan rating buruk seperti contoh berikut:

Jadi, Anda bisa menunjukkan sikap profesional dalam bisnis apapun platformnya Dengan demikian, semakin profesionalitas bisnis Anda, semakin baik brand image yang bisa dibangun di mata konsumen.

Media Mention

Pemberitaan di media massa bisa membantu meningkatkan brand visibility sebuah bisnis. Ini juga yang dialami oleh Sate Ratu.

Dengan banyaknya liputan yang berasal dari media, Sate Ratu menjadi lebih dikenal luas. Apalagi, masing-masing media tentu mengulas dari berbagai sisi yang berbeda. Ada dari sisi cita rasa, pencapaian yang diterima dalam ajang ngulik rasa, strategi bisnis yang baik. Dan, masih banyak lagi.

Singkatnya, mendapatkan ulasan khusus dari media bisa menjadi sarana pemasaran bisnis yang cukup powerful.

Online Reviews

Strategi word of mouth tidak hanya bisa diterapkan melalui akun media sosial saja. Platform akomodasi terkenal di dunia, Trip Advisor, bisa menjadi sarana yang tak kalah efektif.

Banyak wisatawan terutama dari mancanegara menggunakan Trip Advisor untuk mendapatkan rekomendasi ketika mencari hotel maupun restoran terbaik di seluruh dunia.

Sate Ratu mendapatkan rating sempurna di Trip Advisor, bintang 5. Dari 204 review, semua memberikan penilaian yang positif. Baik dari rasa, suasana maupun keramahtamahan pemiliknya. Hal ini bisa menjadi upaya branding yang efektif.

Tidak hanya dari platform tertentu saja. Banyak foodblogger yang tak segan berbagi cerita positif ketika mendapat pengalaman menyenangkan saat berwisata kuliner. Termasuk, saat mencicipi Sate Ratu.

Padahal seperti Anda tahu tak jarang blogger tersebut memiliki banyak follower. Artinya bisa menjadi influencer yang gratis tapi efektif untuk bisnis Anda.

Website

Melengkapi semua channel digital marketing di atas, Sate Ratu juga memiliki website resmi yaitu sateratu.id.

Jadi, apabila calon konsumen mendapat informasi promosi melalui media sosial, portal berita atau online review, website bisa menjadi sumber yang paling resmi untuk informasi tersebut.

3. Ketekunan Membangun Great Customer Experience

Fokus pada rasa masakan itu penting. Namun, pengalaman pengunjung tak boleh luput dari perhatian.

Inilah yang tercermin di lokasi Sate Ratu yang terletak di Jalan Magelang, Yogyakarta. Suasana yang bersih dan nyaman, adanya ornamen tradisional, dan keramahan khas Jogja akan Anda temui di sana.

Sebuah peta besar dunia yang dipasang Sate Ratu juga akan langsung menarik perhatian pengunjung. Semua orang pasti akan berpikir “kenapa ada di sana?

Ternyata, Sate Ratu sangat peduli pada setiap pengunjung yang datang. Dan, mencatat atau memberi tanda pada peta tersebut berdasar negara asal pengunjung. Salah satunya adalah pengunjung dari negara ke 84 asal Andorra.

Tidak hanya mencatatnya saja, setiap tamu berkesempatan memberikan kesan pribadi mereka saat mencicipi hidangan. Baik melalui video maupun menuliskannya pada dinding restoran yang telah disediakan.

Langkah semacam ini tentu akan semakin mengena bagi konsumen. Sebab, konsumen akan merasa sangat diperhatikan dan special.

Nah, kenapa customer experience itu penting?

Mempengaruhi Buying Decision

Meskipun harga menjadi pertimbangan, konsumen hanya akan memilih produk dengan kualitas terbaik.

Artinya, ketika produk makanan yang disajikan lezat, konsumen tak akan ragu membelinya. Apalagi jika pengalaman yang didapatkan selama makan menyenangkan.

Perlu diingat bahwa kualitas makanan juga harus disertai dengan kebersihan tempat dan keramahan pelayanan. Jika semua sudah dimiliki, kesuksesan bisnis kuliner Anda sudah di depan mata.

Strategi Word of Mouth yang Efektif

Kekuatan rekomendasi ketika membeli suatu produk cukup tinggi. Itulah alasan strategi word of mouth masih relevan dengan kondisi saat ini.

Semakin banyaknya konsumen Sate Ratu yang merekomendasikan kuliner ini ke teman atau keluarga, tentu akan membuat pengunjungnya semakin banyak.

Apalagi jika rekomendasi tersebut disebarkan melalui media sosial dan mendapatkan banyak views. Bisa dibayangkan bagaimana potensi keberhasilannya menarik konsumen baru.

Membangun Trust

Anda boleh beranggapan pembeli adalah raja. Namun, pembeli bisa menjadi sahabat bisnis yang hangat untuk mencapai kesuksesan bersama.

Inilah yang diterapkan Sate Ratu pada setiap pelanggan yang berkunjung. Dengan keramahtamahan dan komunikasi yang baik, akan membangun customer experience yang tidak dapat dilupakan.

Jika Anda mampu terus melakukan hal tersebut, pengunjung akan rela datang berulang kali ke tempat Anda. Jadi, kepercayaan pelanggan sangat penting.

Warung Sate Punya Website? Out of the Box!

Coba Anda hitung, berapa banyak penjual sate memiliki website dan menggunakannya sebagai media promosi?

Kami mencoba mengetikkan “sate website” di Google, nama Sate Ratu-lah yang muncul.

Kemudian, kami menggunakan “website sate”, hasilnya sama.

Inilah salah satu kelebihan Sate Ratu. Disaat yang lain belum memahami pentingnya website untuk mendukung bisnis, sateratu.id dijadikan saran untuk membangun reputasi online.

Dalam sebuah wawancara dengan Niagahoster, Budi Seputro mengatakan bahwa kekuatan pemasaran secara online lewat digital marketing tidak dapat ditawar. Dan, media sosial belum mampu melakukan semuanya sendiri.

Apakah peran website sedemikian penting untuk bisnis? Tentu saja.

Berikut ini adalah beberapa manfaat website bagi bisnis:

Tampil di Mesin Pencari

Tanpa memiliki website, bagaimana bisnis Anda akan muncul di halaman Google? Padahal semua orang memulai pencarian secara online melalui mesin pencari.

Ada dua hal yang penting dari hal ini. Pertama, jika bisnis Anda tidak ada disana, maka website kompetitor-lah yang akan menguasainya. Kedua, bagaimana Anda meyakinkan konsumen tentang bisnis tersebut jika tidak bisa ditemukan informasinya?

Artinya, memiliki website adalah langkah krusial dalam menghadapi persaingan.

Baca Juga : Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner

Pusat Bisnis Online

Promosi melalui media sosial sah-sah saja dilakukan. Namun, website harus tetap ada sebagai pusat bisnis online Anda. Ibaratnya, media sosial adalah sales person, website adalah tokonya.

Tidak hanya itu, postingan melalui media sosial bisa saja terlewatkan oleh follower Anda karena banyaknya postingan lain. Jadi, saat follower Anda melihatnya, ajaklah masuk ke toko online Anda dulu. Lalu tawarkan berbagai produk Anda dengan baik.

Inilah yang dilakukan Sate Ratu dengan menampilkan empat menu utamanya secara menarik.

Tentunya langkah ini juga berlaku ketika Anda ingin mengadakan promosi khusus. Tentunya informasi yang lebih lengkap terkait masa promosi dan berbagai ketentuannya bisa ditampilkan dengan lengkap di website.

Sekali lagi, media sosial hanya sebagai pendukung penyebaran informasinya.

Memiliki Email Bisnis

Ketika memiliki website dengan domain sendiri, Anda bisa membangun identitas online Anda. Salah satunya dengan email bisnis.

Bandingkan saat Anda mengirim email promosi ke pelanggan. Misalnya, menggunakan promo@sateratu.id dan promosisateratu@gmail.com. Mana yang lebih terlihat profesional? Tentu yang pertama, kan?

Nah, setiap Anda membeli domain dan hosting, Anda bisa mendapatkan email bisnis dan menggunakannya untuk aktivitas online bisnis Anda.

Media Informasi Resmi

Ketika bisnis Anda berkembang dan mendapatkan berbagai apresiasi, website bisa menjadi sumber informasi resmi.

Hal inilah yang dilakukan oleh Sate Ratu ketika mereka berhasil meraih berbagai penghargaan terkait bisnis yang dijalankannya. Contohnya, Juara Nasional Lomba Ngulik Rasa, Certificate of Excellence Trip Advisor, dan lainnya.

Tidak hanya itu, website merupakan sarana yang tepat untuk mengenal lebih jauh tentang bisnis Anda dengan mudah. Meskipun informasi alamat, kontak dan lainnya bisa ditemukan melalui Google Bisnisku, informasi dari website resmi tentu lebih terpercaya.

Itulah beberapa contoh bagaimana website membantu Sate Ratu meraih kesuksesannya.

Bagi Budi, website sebenarnya sudah tidak asing karena pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Bedanya, saat ini dia harus mengelola website bisnisnya sendiri. Dan, hal tersebut butuh pengelolaan yang baik.

Karena awam terhadap hal teknis, Budi akan butuh banyak bantuan saat mengelola websitenya. Oleh karena itu, berlangganan hosting dengan customer service yang baik tentu menjadi pertimbangan utama.

Dan, pilihannya pun jatuh pada Niagahoster.

Budi puas dengan keputusan yang diambil. Terutama, setelah mendapatkan pelayanan terbaik dari Niagahoster

Pernah ia lupa memperpanjang layanan hosting. Awalnya ia mencoba sendiri, tapi tidak berhasil. Akhirnya ia menghubungi customer service dan mendapatkan bantuan hingga tuntas.

“…saya dibantu dengan sangat cepet. Dan solusinya, buat saya yang tidak paham bahasa teknis, sangat mudah dimengerti. Alhasil, dalam beberapa menit proses perpanjangan selesai.”

Websitenya kembali online. Dan, akses informasi bisa diakses tanpa kendala, customer experience pengunjung pun dapat terjaga dengan baik.

Penutup

Cukup menarik juga perjalanan Sate Ratu dalam mencapai kesuksesannya? Tentu cerita tersebut bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang juga ingin meraih kesuksesan bisnis.

Salah satu syaratnya, berani membangun reputasi online untuk kelangsungan bisnis jangka panjang. Media promosinya bisa menggunakan berbagai channel digital marketing yang tersedia.

Namun, website tetap merupakan sarana promosi bisnis terbaik.

Jadi, tunggu apa lagi? Siapkah Anda meraih kesuksesan online Anda saat ini?

Seperti kata Budi Seputro: “Jika kita tidak melakukannya, ya orang lain yang melakukan.”

Suryadi Kurniawan

Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Share
Published by
Suryadi Kurniawan
Tags: marketing

Recent Posts

Google WebP: Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Kalau Anda ingin meningkatkan kecepatan website, ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. Kenapa? Karena semakin besar ukuran gambar, semakin lama…

7 hours ago

Apa itu Spoofing? Pahami Jenis-Jenis dan Cara Pencegahannya

Spoofing adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya atau cyber crime yang perlu Anda waspadai.  Menurut Indonesia Computer Emergency Response…

1 day ago

Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

Website tanpa gambar ibarat sayuran tanpa garam, akan terasa hambar. Sebab, kemungkinan  website akan terasa membosankan, sulit dipahami, dan tidak…

2 days ago

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google…

2 days ago

Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia?…

3 days ago

Panduan Blogging Terlengkap yang Wajib Anda Baca!

Membuat blog saat ini sudah semakin mudah. Tak heran, banyak pihak membangun blog untuk berbagai tujuan, baik untuk pribadi maupun…

3 days ago