Muhammad Ariffudin Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Review Simple WordPress, Benarkah Worth It untuk Anda Coba?

9 min read

Review Simple WordPress

Simple WordPress adalah layanan hosting WordPress terbaru dari Niagahoster. Layanan ini menonjolkan kemudahan membuat website tanpa butuh skill coding. Anda juga tidak perlu repot mengurus aspek teknis website seperti kecepatan dan keamanan.

Namun, benarkah layanan yang satu ini worth it untuk Anda coba? Eits, jangan salah! Meski mengunggulkan kemudahan, fitur-fitur yang ditawarkan Simple WordPress tergolong komplit, lho.

Daripada mengira-ngira, kali ini kami akan mengulas secara lengkap layanan Simple WordPress untuk Anda. Mulai dari fitur-fitur unggulan, kelebihan yang dimiliki, sampai perbandingannya dengan layanan serupa.

Penasaran kan? Langsung saja ini dia review selengkapnya…

Simple WordPress: Beneran Simpel buat Pemula

apa itu simple wordpress

Simple WordPress adalah layanan hosting khusus WordPress pertama dan satu-satunya di Indonesia yang fokus pada kemudahan membuat dan mengelola website WordPress.

Dengan Simple WordPress, Anda bisa punya website dan mengelolanya sendiri dengan mudah. Tanpa harus jago coding, tanpa perlu menggunakan jasa pembuatan website, tanpa ribet setting sana sini di server hosting.

Baca juga: Web Hosting vs Simple WordPress Hosting: Manakah yang Tepat untuk Anda?

Layanan dengan harga terjangkau ini menawarkan keunggulan yang tidak Anda rasakan ketika membuat website dengan cara lain, misalnya coding.

Alasannya, ketika membuat website dengan coding, Anda jelas butuh skill pemrograman yang mumpuni. Belum lagi, proses coding biasanya memakan waktu lama. Setidaknya beberapa minggu atau bahkan lebih.

Sementara itu, jasa pembuatan website memang bisa menjadi alternatif. Sayangnya, jasa semacam ini biasanya membebankan biaya tambahan untuk maintenance dan perbaikan ketika website Anda error.

keunggulan simple wordpress

Sementara dengan Simple WordPress, Anda tidak perlu mengalami kejadian di atas. Anda tinggal pilih paket website yang sesuai kebutuhan, lalu segala hal teknis akan disiapkan secara otomatis.

Meski segala sesuatunya simpel, Anda tetap diberi kebebasan mengatur WordPress secara mandiri. Misal mengganti tema atau menginstall plugin baru. 

Hal ini berkat keberadaan sebuah dashboard khusus dengan tampilan user friendly. Dashboard Simple WordPress ini juga sekaligus pengganti cPanel yang biasa dipakai untuk mengatur hal-hal berkaitan dengan server hosting. Penggunaan cPanel biasanya rumit dan sulit dipahami bagi pemula.

Baca juga: Customer Success Agent: Pastikan Website Beres, Bisnis Sukses

Bagaimana jika suatu saat website mengalami error? Jangan khawatir, cukup hubungi Customer Success Niagahoster. Dengan begitu, masalah yang terjadi di website dapat diatasi dengan segera.

Singkatnya dengan Simple WordPress, waktu Anda tidak akan terbuang percuma mengurusi hal-hal teknis di hosting. Atau, mengatasi permasalahan di website sendirian.

Sampai di sini, apakah Anda langsung tertarik mencoba Simple WordPress? Jika belum, simak poin selanjutnya, ya!

Kelola Website WordPress Jadi Lebih Mudah Karena 5 Hal Ini

Sesuai jargon yang diusung, Simple WordPress membuat pengalaman mengelola website Anda jadi lebih mudah. Tidak percaya? Ini dia buktinya…

1. Paket Didesain Sesuai Kebutuhan

Kemudahan Simple WordPress sudah Anda rasakan, bahkan sejak pertama kali memilih paket. Sebab, ia menyediakan tiga paket berbeda yang bisa Anda pilih sesuai tujuan dan kebutuhan.

Yaitu, paket Blog, paket Company Profile, dan paket Toko Online. Nah, ini dia rincian dari masing-masing paket:

  • Blog – Cocok untuk pemula di dunia website dan pengguna yang ingin punya blog pribadi. Dapat menampung hingga 15 ribu pengunjung/bulan. Dilengkapi ruang disk sebesar 3 GB.
  • Company Profile – Cocok untuk website dengan trafik pengunjung tinggi, seperti profil perusahaan, sekolah, dan portfolio digital. Dapat menampung hingga 135 ribu pengunjung/bulan. Dilengkapi ruang disk sebesar 30 GB.
  • Toko Online – Cocok untuk website yang perlu resource hosting tinggi, seperti website bisnis dan ecommerce. Dapat menampung hingga 450 ribu pengunjung/bulan. Dilengkapi ruang disk sebesar 50 GB.
paket simple wordpress blog, company profile, toko online

Menarik bukan, fitur-fitur yang ditawarkan setiap paket? Apapun kebutuhannya, semuanya bisa difasilitasi dengan baik oleh Simple WordPress.

Baca juga: Ingin Membangun Toko Online dengan Mudah? Simple WordPress Solusinya!

2. Website Siap Pakai Setelah Instalasi

Segera setelah menyelesaikan pembayaran, sistem akan menginstall WordPress ke website Anda secara otomatis. Tenang, proses install WordPress berlangsung tak sampai hitungan menit, kok.

Instalasi ini sudah termasuk tema profesional siap pakai sesuai paket yang Anda pilih. Bahkan, beberapa plugin pilihan juga dipasang langsung ke website Anda. Misalnya, Yoast SEO untuk mengoptimasi SEO website Anda. Serta, Google Site Kit yang berguna untuk memantau kinerja website.

Dengan begitu, Anda langsung punya website dengan tampilan ciamik serta fitur-fitur keren untuk menunjang kebutuhan. Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan website baru untuk keperluan bisnis, atau membuat konten-konten menarik.

Terbukti instan dan tidak ribet, kan?

3. Bebas Kreasikan Konten dan Layout

kreasi tema simple wordpress

Meski telah dilengkapi tema tampilan profesional, Anda tetap bisa mengotak-atik tema yang Anda pilih. Simple WordPress membebaskan Anda mengatur konten dan tata letaknya di website. Misalnya, menambahkan foto dan video, mengganti warna dan font, serta mengubah layout halaman.

Masih kurang sreg dengan tema bawaan? Jangan khawatir, Anda bebas menginstall tema lainnya, kok.

Tersedia berbagai jenis tema di repository WordPress yang bisa Anda terapkan di website. Begitu juga dengan pluginnya.

Intinya, Simple WordPress membebaskan Anda mengkustomisasi tampilan dan menambahkan fitur-fitur baru di website. Jadi, website Anda tidak hanya cantik dari luar, tapi juga powerful di dalam.

Baca juga: Update Terbaru Plugin WordPress Astra Tawarkan 100+ Template Gratis!

4. Tingkatkan Ranking SEO Website

Selain memoles website dari sisi tampilan dan fitur, Anda juga wajib memperhatikan faktor SEO website. Itulah mengapa, Simple WordPress menginstal plugin Yoast SEO dan Google Site Kit secara otomatis.

Keduanya merupakan plugin yang andal dalam membantu mengoptimasi performa SEO website Anda. Lantas, apa istimewanya sih plugin Yoast SEO dan Google Site Kit?

Yoast SEO adalah plugin optimasi SEO terpopuler seantero WordPress. Dengan Yoast, Anda bisa tahu apakah konten Anda sudah optimal secara SEO atau belum. Nah, ada beberapa hal yang dioptimasi Yoast, seperti:

yoast seo

Sedangkan, Google Site Kit adalah plugin untuk menampilkan hasil performa website Anda secara keseluruan. Plugin yang satu ini memang merupakan gabungan dari beberapa tools sekaligus, yaitu:

google site kit

Dengan kedua plugin di atas terinstall secara otomatis, peluang website Anda meranking di hasil pencarian jadi lebih mudah. Sehingga, berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan website Anda.

Baca juga: Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? (Edisi 2022)

5. Dukungan Bantuan 24/7

Seperti yang sedikit dibahas, Anda tidak perlu pusing mengurus hal-hal teknis ketika berlangganan Simple WordPress. Termasuk, ketika website Anda mengalami kendala, misalnya tidak dapat diakses.

Anda bisa langsung menghubungi Customer Success Specialist Niagahoster, yang siap sedia selama 24 jam penuh! Pilihan bantuan yang disediakan pun beragam, bisa melalui telepon, email, ataupun WhatsApp.

Atau yang lebih cepat, Anda bisa terhubung ke CS melalui fitur Live Chat yang tersedia di Homepage atau Member Area Niagahoster. Dengan begitu, keluhan Anda akan ditangani dalam sekejap.

live chat customer success

Lantas, bagaimana jika Anda terlanjur memakai layanan lain dan ingin pindah ke Simple WordPress? Jangan khawatir, tim CS Niagahoster juga menyediakan bantuan migrasi secara gratis!

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu prosesnya selesai. Jika sudah, Anda bisa langsung menggunakan WordPress seperti biasa. Beneran simpel kan?

Dashboard Terbaru yang Mudah Digunakan

Simple WordPress memberikan Anda sebuah dashboard khusus untuk mengelola website. Tentunya, tampilan dashboard ini dirancang agar mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

ilustrasi dashboard simple wordpress

Nah, dashboard Simple WordPress menyediakan lima menu berbeda sesuai fungsinya, yaitu:

1. Menu Overview

Menu Overview menyediakan informasi umum tentang website. Terutama tentang penggunaan sumber daya, dan status layanan Anda. Di sini, Anda bisa mengetahui nama domain, versi WordPress, penggunaan SSD, serta status SSL dan HTTPS.

overview simple wordpress

Yang lebih menarik, Anda bisa menuju halaman admin WordPress cukup dengan klik tombol WordPress Admin. Dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi memasukkan username dan password WordPress.

overview tagihan

Terdapat juga informasi seputar status langganan Anda. Bagian ini terhubung langsung ke tagihan akun Anda. Sehingga, Anda bisa memperpanjang durasi paket sebelum tanggal jatuh tempo.

2. Menu Feature

Beralih ke menu Feature yang memuat berbagai fitur penting untuk mengelola website WordPress. Di sini, Anda bisa Install Ulang WordPress serta membuat Staging WordPress baru.

Staging adalah tindakan membuat website tiruan dari website asli. Tujuannya agar bisa leluasa mengubah website. Misalnya mengganti tema, mengetes plugin, maupun menambahkan fitur-fitur lain di website kloningan.

Semua perubahan yang Anda lakukan tidak akan mempengaruhi kondisi website asli yang diakses pengunjung. Baru setelah dipastikan tidak ada error, Anda bisa menerapkan perubahan ke website asli tersebut.

feature simple wordpress

Selain itu, tersedia beberapa opsi untuk mengamankan website. Misalnya, mengubah password WordPress dan melakukan Force HTTPS untuk mengaktifkan SSL.

feature action

Menu Feature juga memudahkan Anda mengelola plugin dan tema di website Anda. Anda bisa menginstall, mengaktifkan, menonaktifkan, bahkan menghapus plugin atau tema yang sudah tidak dipakai. Semuanya bisa Anda lakukan tanpa perlu mengakses halaman admin WordPress.

feature kelola plugin

3. Menu Analytic

Selanjutnya ada menu Analytic, di mana Anda bisa memantau performa website dan penggunaan sumber daya secara lebih spesifik. Menu ini terdiri atas dua tab, yakni Web Performance dan Resource Usage.

Tab Web Performance memuat statistik kunjungan website Anda. Lebih tepatnya terdapat informasi seperti total kunjungan, pengunjung unik, halaman web yang diakses, serta total hits dan bandwidth.

analytic simple wordpress

Oh ya, statistik kunjungan ini bisa Anda filter berdasarkan rentang waktu bulanan dan tahunan. Jika Anda scroll ke bawah, Anda akan melihat informasi tambahan seperti halaman teratas, keyword teratas, dan negara asal pengunjung.

analytic statistik website

Tab yang satunya, Resource Usage, berisi rincian penggunaan sumber daya website Anda. Tentunya, informasi yang tersaji di sini lebih lengkap dibandingkan yang ada di menu Overview.

analytic resource usage

Seperti yang terlihat di gambar, Anda bisa mengetahui jumlah total file (Inodes), pemakaian RAM, penggunaan CPU, jumlah disk terpakai, dan jumlah bandwidth yang digunakan.

4. Menu Backup

Tak ketinggalan, Simple WordPress juga menyediakan menu Backup. Di sini, Anda bisa mengaktifkan opsi Backup Otomatis yang dilakukan harian, guna mencegah risiko kehilangan data penting di website.

backup simple wordpress

Daily Backup di Simple WordPress memungkinkan Anda mengakses dan merestore data kapan saja. Bahkan, opsi yang satu ini akan membackup keseluruhan file website, sesuai kapasitas paket yang Anda gunakan.

Selain Daily Backup, ada juga pilihan Auto Update. Dengan opsi ini, Anda bisa mengupdate versi WordPress serta tema dan plugin yang diinstall secara otomatis, cukup dengan beberapa settingan sederhana.

backup auto update wordpress

Nah, Auto Update ini lebih aman dibandingkan update secara manual. Sebab, website Anda terhindar dari kemungkinan error, ketika update manual tidak kompatibel dengan WordPress.

Selain itu, memakai komponen WordPress versi terbaru membuat website Anda jadi lebih aman dari berbagai kejahatan siber. Misalnya, serangan malware, DDoS, bahkan hacking.

5. Menu Knowledge Base

Terakhir, ada menu Knowledge Base. Menu ini memuat kumpulan artikel tentang panduan penggunaan WordPress yang telah dikurasi oleh tim Niagahoster.

knowledge base simple wordpress

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai panduan dasar penggunaan WordPress. Contohnya, cara menulis postingan pertama, menambah halaman baru, mengganti tema, hingga mengupload gambar ke website.

Bahkan, menu yang satu ini juga menyediakan berbagai tutorial untuk Anda praktikkan sendiri. Misalnya, cara mempercepat website, mengamankan website, hingga mengatasi error yang terjadi di website.

Semuanya telah dirangkum, agar Anda yang pemula sekalipun, lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan website. Bagaimana, lengkap banget kan?

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress secara Mudah & Otomatis

Website Lebih Cepat dan Aman

Selain menyediakan dashboard khusus yang gampang digunakan, Simple WordPress juga terbukti meningkatkan keamanan dan kecepatan akses website Anda. Masih belum yakin? Simak penjelasan berikut!

1. Keamanan Berlapis untuk WordPress Anda

Simple WordPress menjanjikan perlindungan berlapis untuk website Anda. Hal ini berkat penggunaan teknologi keamanan tercanggih di kelasnya, seperti Imunify360, Cloudlinux OS, dan Premium DNS.

imunify360

Imunify360 merupakan fitur untuk menghalau serangan malware, DDoS, spam, dan aksi berbahaya lainnya. Cara kerjanya seperti firewall, yakni memblokade serangan berbahaya tersebut sebelum sempat menginfeksi website Anda.

Selain itu, Imunify360 juga akan melakukan scanning harian dan mingguan di website Anda. Sehingga, website Anda dijamin selalu aman dari berbagai tindak kejahatan siber yang meresahkan.

Masih kurang? Imunify360 juga menyediakan proteksi keamanan lain yang aktif secara otomatis, seperti:

  • Perlindungan server Anda dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI).
  • Pemblokiran terhadap IP Address dengan aktivitas mencurigakan di website Anda.
  • Real-time malware protection untuk menangkal malware yang tidak terdeteksi oleh scanner.
  • Update server tanpa mengganggu performa website.

Tak hanya website yang dilindungi, server Anda pun diamankan dari kemungkinan terkena serangan. Hal ini berkat penggunaan Cloudlinux OS dan teknologi LiteSpeed Enterprise.

Kombinasi keduanya mampu melindungi server Anda dari serangan Brute Force yang bisa menyebabkan server overload. Bahkan, kejahatan siber kelas berat seperti hacking dan cracking juga mampu diatasi dengan maksimal.

Terakhir, Simple WordPress menggunakan layanan Premium DNS dari Cloudflare. Cara kerjanya mirip dengan Imunify360, yakni dengan memblokir trafik palsu atau mencurigakan dari penyusup.

dns premium

Singkatnya, gabungan berbagai teknologi mutakhir yang dipakai Simple WordPress mampu melindungi website Anda dari serangan berbahaya yang bisa menimbulkan kerusakan dan kehilangan data berharga.

Baca juga: 26+ Cara Mengamankan WordPress Terbaik untuk Website Anda [Edisi 2022]

2. Bebas Pilih Domain Gratis

Perlu diketahui ketika Anda berlangganan Simple WordPress, Anda mendapatkan domain gratis. Hal ini jelas menguntungkan, karena Anda tidak perlu repot membeli domain terpisah, lalu menghubungkannya ke hosting Anda.

Hosting plus domain gratis Niagahoster ini juga memudahkan Anda ketika memperpanjang durasi paket. Dengan kata lain, Anda cukup membayar tagihan layanan sebelum jatuh tempo. Otomatis, domain Anda juga ikut diperpanjang.

domain gratis

3. Auto Install SSL Sectigo

Tak hanya domain gratis, Simple WordPress juga memberikan Anda bonus berupa SSL gratis selamanya dari Sectigo. Meski gratisan, kemampuannya dalam mengamankan website tidak bisa dianggap remeh.

SSL gratis dari Sectigo ini mampu mengenkripsi setiap lalu lintas data yang terjadi di website. Sehingga, website Anda akan berlabel aman dan kepercayaan pengunjung jadi meningkat.

ssl gratis sectigo

Menariknya lagi, SSL gratis ini dilengkapi dengan fitur perpanjangan otomatis. Jadi, Anda tidak perlu repot mengupdate SSL lagi di masa mendatang. Praktis banget kan?

4. Dukungan Web Server Tercepat di Dunia

Selain keamanan berlapis dan bonus yang melimpah, Simple WordPress juga menjamin kecepatan akses website Anda. Ini berkat penggunaan teknologi server tercanggih, sebut saja LiteSpeed Web Server. Web server tercepat di dunia ini dikenal piawai dalam meringankan beban loading.

Alasannya, LiteSpeed Web Server menerapkan metode caching paling efisien.Yaitu, dengan menyimpan data sementara di server atau browser. Hasilnya, website Anda dapat ditampilkan dalam sekejap!

litespeed web server

Berikutnya ada Enterprise SSD. Seperti yang Anda ketahui, SSD merupakan jenis penyimpan data dengan Read/Write yang jauh lebih cepat, jika dibandingkan HDD biasa.

Nah, keberadaan Enterprise SSD di Simple WordPress memastikan setiap transfer data yang terjadi di website berlangsung lebih cepat. Otomatis, akses website Anda jadi lebih gesit.

akses website gesit

Masih berhubungan dengan data, Simple WordPress menggunakan Data Center Tier 4, level tertinggi sebuah Data Center. Nah, Tier 4 ini berstatus 2N, yang mana jumlah unit infrastruktur utama dan pendukung digandakan.

Dengan kata lain, jika salah satu infrastruktur mengalami kendala, masih ada infrastruktur cadangan untuk menangani lalu lintas data di server.

Hasilnya, Data Center Tier 4 ini hampir dipastikan tidak akan pernah mengalami gangguan. Bahkan, downtime yang umum terjadi karena maintenance pun tidak akan Anda rasakan dampaknya di website.

Jadi dengan Simple WordPress, akses website Anda tidak hanya cepat, tapi juga lebih stabil dari berbagai gangguan server.

Baca juga: 9 Keunggulan Data Center Niagahoster: Website Aman, Bisnis Lancar

Perbandingan Simple WordPress vs WordPress.com

Sekarang saat yang ditunggu-tunggu, yaitu membandingkan Simple WordPress dengan layanan lain, WordPress.com gratisan dan berbayar. Selengkapnya, lihat tabel berikut:

simple wordpress vs layanan lain

Terbukti, Simple WordPress jauh lebih unggul dibandingkan dengan kedua layanan bawaan WordPress. Bahkan jika diadu dengan WordPress.com berbayar yang lebih mahal, Simple WordPress menang mutlak di berbagai aspek.

Selain harga yang terjangkau, hanya Rp32 ribuan per bulan, Simple WordPress juga mendukung berbagai metode pembayaran. Jadi, Anda tinggal pilih opsi ternyaman, dan website idaman langsung ada di genggaman.

opsi pembayaran simple wordpress

Tidak hanya soal harga dan pilihan pembayaran, perbandingan Simple WordPress vs WordPress.com ini sudah kami ulas secara mendalam loh. Selengkapnya, cek informasi berikut:

WordPress.com vs Simple WordPress Hosting: Mana yang Tepat Untuk Anda?

Yuk Gunakan Simple WordPress Sekarang!

Berdasarkan review di atas, Simple WordPress adalah layanan yang memudahkan pengelolaan website berbasis WordPress. Ia dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaik di kelasnya, guna mempercepat dan mengamankan website.

Bahkan jika dibandingkan dengan layanan bawaan WordPress, Simple WordPress terbukti unggul dari aspek performa dan harganya. Maka dapat disimpulkan, Simple WordPress sangat worth it untuk Anda coba.

Terlebih lagi jika Anda masih pemula, ingin punya website dengan harga terjangkau, fiturnya lengkap, tapi enggan berurusan dengan hal-hal teknis. Jelas, Simple WordPress merupakan pilihan terbaik.

Dan jangan lupa, belum ada layanan lain sejenis Simple WordPress hadir di Indonesia. Jadi, yuk cobain Simple WordPress sekarang!

Demikian review layanan terbaru Simple WordPress kali ini. Selamat membangun website terbaik Anda dengan mudah. Salam sukses!

Muhammad Ariffudin Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Leave a Reply

Your email address will not be published.