Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Retargeting vs Remarketing: Apa Saja Perbedaannya? Mana yang Harus Dipilih?

3 min read

Featured Image Retargeting vs Remarketing Apa Saja Perbedaannya Mana yang Harus Dipilih

Tahukah Anda kalau hanya 2% pengunjung website yang melakukan pembelian di kunjungan pertamanya? Sebanyak 98% sisanya hanya melihat-lihat produk Anda dan mengecek promo yang sedang berjalan. 

Bisa juga mereka sudah memasukkan produk ke keranjang belanjaan, tapi tidak anjut ke pembayaran. Efeknya, conversion rate Anda akan kecil karena perbandingan jumlah pengunjung dan pembelinya sangat jomplang.

Nah, untungnya ada taktik pemasaran bernama retargeting dan remarketing. Dengan dua taktik ini, 98% pengunjung pertama yang lari bisa Anda “dekati” untuk kembali ke website dan melakukan pembelian. 

Jadi, mereka tak hilang selamanya begitu saja. Hasilnya, conversion rate akan meningkat drastis dan pendapatan Anda naik berkali-kali lipat.

Terdengar menarik, kan? Maka dari itu, simak artikel ini sampai selesai, ya! 

Selain agar paham pengertian keduanya, Anda juga bisa tahu mana taktik yang paling cocok untuk diterapkan di bisnis Anda. Sebab, keduanya memiliki perbedaan masing-masing yang tidak akan optimal jika salah diterapkan.

Apa Itu Retargeting?

ilustrasi apa itu retargeting

Retargeting adalah taktik untuk melakukan pendekatan kembali dengan pengunjung yang sudah berinteraksi di website Anda, tapi belum melakukan pembelian. 

Taktik ini dilakukan dengan menampilkan iklan Anda di berbagai website, media sosial, hingga aplikasi/game yang pengunjung pakai.

Iklan ini biasanya ditampilkan dengan Google Display Network karena bisa jangkauannya hingga 90% dari pengguna internet. Jadi, tak peduli di mana pengunjung tersebut berada, iklan Anda tetap akan mengikutinya. 

Oh ya, retargeting ads yang ditampilkan bisa bermacam-macam bentuknya tergantung interaksi pengunjung sewaktu di website Anda. 

Misalnya, pengunjung tersebut melihat-lihat produk A dan B di website Anda sebelum ia menutup browser-nya.Nah, berarti iklan yang akan ditampilkan juga adalah produk A dan B, serta produk-produk yang mirip atau satu kategori dengannya. 

Bukannya, produk C dan D atau produk yang berbeda kategori. Sebab, ia tak berinteraksi dengan produk jenis ini sama sekali di website Anda sebelumnya.

Maka dari itu, karena agresivitasnya inilah conversion rate Anda bisa meningkat 50% sampai 60% jika retargeting tepat sasaran.

Apa Itu Remarketing?

ilustrasi apa itu remarketing

Remarketing adalah proses menghubungi konsumen Anda untuk memantik lagi niat membelinya. Dengan kata lain, remarketing ini berfokus untuk mempertahankan pelanggan alias customer retention.

Umumnya, remarketing dijalankan dengan mengirimkan email yang relevan sesuai dengan pembelian/tindakan konsumen sebelumnya. Artinya, Anda harus mempunyai email list terlebih dahulu sebelum menerapkan taktik ini.

Anda belum punya email list? Tak perlu khawatir! Anda bisa mendapatkannya dengan menerapkan email marketing yang panduan lengkapnya sudah kami tulis di → Belajar Email Marketing untuk Pemula (Terlengkap). Dijamin, tak butuh waktu lama bagi Anda untuk mengumpulkan email list tersebut.

Berikut beberapa contoh remarketing menggunakan email yang bisa Anda coba:

  • Memberitahukan promo/diskon pada produk yang relevan dengan pembeliannya di masa lalu. Misal, diskon pada merk/kategori yang sama.
  • Mempromosikan produk atau jasa yang menjadi pelengkap dari pembeliannya di masa lalu. Misalnya, dulu ia membeli sepatu dan sekarang Anda menawarkan kaos kaki.
  • Mengenalkan produk baru, tapi tetap masih berhubungan dengan pembeliannya di masa lalu. Misalnya, dulu ia membeli baju merk A dan sekarang Anda menawarkan baju model terbaru dari merk A.
  • Mengingatkan kepada konsumen kalau masih ada barang yang tertinggal di keranjang belanjaan. Mungkin saja konsumen lupa atau ada urusan mendadak saat hendak melanjutkan transaksi.
  • Memberikan kupon potongan harga kepada konsumen yang berbulan-bulan tidak melakukan pembelian lagi.

Oh ya, remarketing yang sukses bisa meyakinkan 81% konsumen untuk melakukan pembelian lagi. Selain itu, pendapatan Anda juga bisa meningkat hingga 760%, lho. Wow!

Baca juga: 10 Istilah Marketing Online yang Wajib Anda Ketahui

Retargeting vs Remarketing: Persamaan dan Perbedaannya

ilustrasi perbedaan retargeting dan remarketing

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, Anda pasti sudah mempunyai perkiraan mengenai persamaan di antara keduanya, kan? Apakah perkiraan Anda benar? Yuk, cek di bawah ini!

Persamaan Retargeting vs Remarketing

Berikut adalah persamaan di antara keduanya:

  • Targetnya merupakan orang-orang yang sudah familiar dengan brand Anda sebelumnya.
  • Ditujukkan untuk orang-orang yang berpotensi melakukan pembelian.
  • Sama-sama bisa membangun branding dan meningkatkan brand awareness Anda.

Baca juga: Apa Itu Branding? Apa Pentingnya bagi Bisnis Anda?

Perbedaan Retargeting vs Remarketing

Berikut adalah perbedaan antara retargeting dan remarketing:

  • Retargeting menggunakan iklan untuk menarik kembali pengunjung ke website Anda. 
  • Remarketing berfokus untuk merayu kembali konsumen/mantan konsumen dengan email yang relevan.

Retargeting vs Remarketing: Mana yang Terbaik?

ilustrasi pilih mana retargeting vs remarketing

Sebelum memilih antara retargeting vs remarketing, Anda harus ingat bahwa keduanya memiliki tujuan yang sama: mendekati calon konsumen yang sudah tertarik dengan brand Anda untuk melakukan pembelian.

Sementara, perbedaan retargeting vs remarketing terletak pada cara keduanya untuk mewujudkan tujuannya tersebut. 

Retargeting memanfaatkan iklan berbayar yang muncul di berbagai website, media sosial, hingga aplikasi/game yang mereka gunakan. Sementara, remarketing menggunakan email untuk merayu konsumen/mantan konsumen Anda.

Jadi, taktik mana yang terbaik untuk Anda? Jawabannya adalah… kembali lagi pada tujuan Anda menerapkan taktik tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tabel di bawah ini:

Terapkan retargeting jika:Terapkan remarketing jika:
Anda fokus untuk mendapatkan konsumen baru.Anda ingin berfokus mempertahankan konsumen.
Website Anda mendapatkan trafik melimpah, tapi conversion rate kecil.Anda memiliki budget terbatas.
Anda tak memiliki email list yang berisi konsumen potensial.Anda sudah mempunyai email list yang menjanjikan.

Intinya, baik retargeting maupun remarketing sama-sama taktik yang baik untuk meningkatkan conversion rate Anda. Tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan dan kondisi bisnis Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan taktik meningkatkan conversion rate yang sesuai, ya! 

Jika ingin tips-tips lain dalam menjalankan bisnis online di tahun 2020, Anda bisa menemukannya dengan lengkap pada ebook gratis di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

ebook kiat bisnis online
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]