Categories: TutorialVPS

Apa itu React JS? Panduan Lengkap untuk Pemula

Ketika belajar tentang web development, mungkin Anda pernah mendengar tentang React JS. Istilah ini bisa jadi membuat Anda bertanya-tanya. Apa itu React JS? Fungsinya buat apa? Apa hubungannya dengan JavaScript?

Wawasan tentang React JS adalah sesuatu yang sangat penting. Khususnya jika Anda ingin membuat User Interface (UI) website yang menarik.

Ingin tahu lebih dalam tentang React JS? Artikel ini akan menjelaskan apa itu React JS serta fungsi dan keunggulannya. Tidak hanya itu, Anda juga akan mempelajari cara instalasinya. Yuk kita mulai!

Apa itu React JS?

React JS adalah library JavaScript yang biasa digunakan saat membangun UI suatu website atau aplikasi web. 

Jadi, React JS bisa dianggap seperti perpustakaan yang berisi berbagai kode JavaScript yang sudah tertulis (pre-written). Anda tinggal mengambil kode yang ingin Anda gunakan. Sehingga, ini membuat proses coding menjadi lebih efisien.

Sebentar, apakah Anda belum begitu familiar dengan JavaScript? Jika belum, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dapat membantu Anda membuat konten web yang dinamis, seperti form, slideshow, atau konten interaktif lainnya. 

Dengan JavaScript, Anda dapat membuat tampilan website yang lebih menarik. Nah, inilah mengapa library ini berguna untuk membangun UI, karena pengaplikasian kode JavaScript di website Anda bisa menjadi lebih mudah. 

Baca juga: Panduan Belajar JavaScript untuk Pemula

Oh ya, library ini juga bersifat open source. Artinya, isinya akan terus berkembang karena semua orang bebas memodifikasi kode di dalamnya.

Berkat kegunaannya, React JS adalah salah satu library yang sangat populer. Saat ini ada lebih dari satu juta website yang sudah menggunakannya. Bahkan website-website terkenal seperti bbc.com, paypal.com, dan yahoo.com juga menggunakannya.

Apa Keunggulan React JS?

Di atas, kita sudah membahas sebagian fungsi dari library ini, yaitu untuk mempermudah penggunaan JavaScript. Selain itu, ada dua fitur tambahan yang menjadi keunggulannya yaitu JSX dan Virtual DOM

Kedua fitur ini yang seringkali disebut jika React JS sedang dibandingkan dengan library JavaScript yang lain – seperti Inferno JS atau Preact. Oleh karena itu, mari kita lihat kedua fitur tersebut secara lebih detail!

JSX

JSX adalah extension syntax JavaScript yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi Document Object Model (DOM) dengan kode bergaya HTML

Untuk mengetahui fungsi JSX dengan lebih jelas, Anda perlu tahu tentang DOM terlebih dahulu.

DOM adalah application programming interface (API) yang berfungsi untuk mengatur struktur halaman web. Nah, untuk menambah konten dinamis ke dalam halaman web, developer mesti memodifikasi DOM.

Dengan kata lain, JSX akan mempermudah Anda untuk menambah konten dinamis. Karena extension ini dapat membantu Anda untuk memasukkan syntax bergaya HTML ke dalam DOM.

Akan tetapi, JSX bukanlah HTML. Mungkin bahasa sederhananya seperti ini: JSX terlihat seperti HTML, tapi memiliki fungsi seperti JavaScript.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan JSX di berbagai browser. Karena JSX cocok dengan semua platform browser modern – seperti Chrome atau Firefox.

Virtual DOM

Ketika developer mengupdate DOM dengan menggunakan JSX, React JS akan membuat Virtual DOM, yaitu salinan dari DOM asli yang ingin diupdate. 

Nah, Virtual DOM berguna untuk melihat bagian dari DOM asli yang berubah. Contohnya, ketika pengguna website mengklik tombol like atau comment, tentu yang perlu berubah hanya bagian like dan comment saja, bukan?

Ketika menemukan bagian yang perlu diubah, React JS akan mengubah bagian itu saja. Jadi, pengguna tidak perlu reload satu halaman untuk melihat perubahannya.

Hal ini dapat berpengaruh terhadap performa website. Karena setiap perubahan hanya dilakukan pada bagian yang diperlukan saja.

Tanpa Virtual DOM, website Anda akan menggunakan HTML untuk update DOM.  Sehingga, seluruh DOMnya mesti direload untuk menampilkan perubahan di satu bagian – seperti mengklik tombol like atau menambahkan komentar.

Bagaimana Cara Menginstall React JS?

Nah, sekarang waktunya mempelajari cara install React JS. Caranya cukup sederhana kok. Anda tinggal ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Download installer node.js. Lalu install sampai selesai.
  2. Buatlah folder baru untuk install react. Contohnya di D:\React-JS
  3. Buka command prompt (CMD), lalu ketikkan: npm -v
  4. Sekarang, mari masuk ke folder instalasi react yang baru Anda buat. Ketik:
    d:
    cd React-JS (Anda bisa mengganti “React-JS” dengan nama folder yang Anda buat)
  5. Ketik kode di bawah untuk menginstall react:
    npm install -g create-react-app
  6. Untuk mengecek kesuksesan proses instalasinya, Anda bisa cek versi reactnya dengan mengetik:
    create-react-app –version
  7. Nah, sekarang Anda tinggal membuat project react JS Anda yang pertama. Untuk melakukannya, ketikkan kode berikut berturut-turut:
    create-react-app web-react-saya (Anda bisa mengganti “web-react-saya” dengan nama project yang lain)
    cd web-react-saya
    npm start
  8. Setelah proses pembuatan projectnya selesai, akan ada halaman web dengan alamat localhost:3000 yang terbuka secara otomatis. Berikut adalah tampilannya:
  9. Apakah ada pesan error yang muncul? Tenang, Anda tinggal ketikkan kode berikut di CMD:
    npm install
    npm start

Sudah Siap Menggunakan React JS?

Sekarang Anda telah mempelajari apa itu React JS, manfaat dan keunggulannya, serta cara instalasinya. Wawasan ini bisa menjadi modal Anda untuk belajar lebih dalam tentang cara membangun UI website atau web aplikasi yang menarik.

Jika Anda ingin mulai mempraktikkannya secara online, Anda dapat melakukannya di hosting VPS. Tertarik? Anda bisa mencoba paket VPS hosting Niagahoster:

Ingin Lebih Hemat? Beli VPS Sekarang Diskon up to 70%

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat belajar!

Ridandi Bintang Pamungkas

Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Share
Published by
Ridandi Bintang Pamungkas
Tags: vps

Recent Posts

Cara Membuat Database CyberPanel

Umumnya, Anda sudah terbiasa mengelola database di cPanel. Namun, ketika menggunakan VPS dan ingin mencoba database CyberPanel, apa yang harus…

23 hours ago

Awas! Inilah Cara Mengatasi Ransomware Berbahaya [Terlengkap]

Mendadak semua file di laptop  terkunci dan nggak bisa diakses. Butuh aplikasi dan password khusus untuk membukanya. Sialnya, password hanya…

2 days ago

Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO

Keyword memiliki peran penting dalam keberhasilan strategi konten Anda. Untungnya, Anda tak perlu ribet mencari keyword yang tepat secara manual.…

3 days ago

Hindari 10 Kesalahan Desain Web yang Sering Dilakukan Ini (Dan Solusinya)

Sudah desain web mahal-mahal tapi performanya macet? Bisa jadi, sumber masalahnya adalah desain web kurang tepat. Penting diingat, desain yang…

4 days ago

Waspada Cracking: Cyber Crime Versi Lebih Jahat dari Hacking

Cracking adalah salah satu cyber crime harus paling dihindari website Anda. Ketahui tips menghindari cracking selengkapnya di artikel ini!

5 days ago

Easywebsi: Niat Awal Ingin Berbagi, Raih Ratusan Juta dari Afiliasi!

Menghasilkan jutaan rupiah bisa dilakukan dari rumah? Serius? Beneran lho..! Bahkan Anda juga bisa melakukannya. Kalau belum percaya cerita Gatot…

6 days ago