Mengenal RDP: Fungsi dan Cara Menggunakannya

Apakah Anda ingin meningkatkan kecepatan koneksi internet? Sebenarnya ada cara yang mudah untuk melakukannya, yaitu menggunakan RDP atau remote desktop protocol.

Namun, apa itu remote desktop protocol? Di artikel ini, Anda diajak untuk mempelajari pengertiannya, fungsinya, serta cara menggunakannya di komputer Windows 10. Selamat membaca!

Apa Itu RDP?

RDP adalah protokol yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lain secara remote. Artinya, protokol ini memungkinkan Anda untuk mengakses komputer lain dan bertransfer data dari jarak jauh.

Namun, penggunaannya tidak terbatas antara perangkat komputer pribadi saja. Protokol ini juga dapat digunakan agar PC Anda dapat terkoneksi dengan desktop virtual dan server RDP itu sendiri. 

Baca Juga: Perbedaan VPS dan RDP

Fungsi RDP

Pada dasarnya, fungsi RDP adalah menyediakan akses remote melalui port TCP 3389.

Saat Anda menggunakan sebuah client atau aplikasi RDP, data yang akan dikirimkan ke komputer lain dimasukkan ke dalam kanal remote desktop protocol. 

Di sini, sistem operasi komputer yang Anda gunakan mengenkripsi data tersebut sebelum akhirnya ditransmisikan melalui port TCP.

RDP sendiri dikelola oleh driver bernama terminal server device redirector. Driver ini terdiri dari beberapa komponen. Di antaranya Wdtshare.sys yang menangani enkripsi dan kompresi, serta Tdtcp.sys yang bertugas untuk memastikan remote desktop protocol dapat melalui TCP/IP.

Manfaat RDP

Mengapa Anda perlu menggunakan RDP? Bukankah ada jenis protokol remote desktop lain seperti FTP?

Setidaknya ada tiga manfaat yang membuat protokol ini lebih unggul dari jenis remote desktop lainnya, yaitu:

Memberikan Koneksi Internet Super Cepat

RDP dapat memfasilitasi Anda dengan koneksi internet super cepat. Dengan protokol ini, kecepatan internet yang Anda gunakan dapat mencapai 1.000 Mbps.

Tentunya ini akan sangat berguna apabila Anda sering mengunggah atau mengunduh data berukuran besar.

Hanya saja, kecepatan koneksi RDP dipengaruhi oleh performa server yang digunakan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Cloud VPS hosting Niagahoster sebagai server RDP. 

Dengan uptime 99,9% koneksi Anda akan selalu cepat dan lancar. Ditambah lagi, harganya dimulai dari Rp 104.000 per bulan saja.

Memfasilitasi Aplikasi yang Harus Berjalan 24/7

Manfaat remote desktop protocol yang kedua adalah menjalankan bot atau aplikasi yang harus selalu berjalan. 

Koneksi protokol ini tidak akan terputus meskipun komputer Anda dimatikan. Selain itu, proses yang dilakukan di server RDP akan terus berjalan.

Dengan demikian, Anda tetap dapat membiarkan bot atau aplikasi menyala asal prosesnya tidak melampaui bandwidth server.

Server RDP dapat Dimodifikasi sesuai Keinginan

Tentunya Anda sudah tahu bahwa remote desktop protocol dapat digunakan hanya jika Anda memiliki server untuk menunjangnya.

Asyiknya, Anda jadi dapat memilih server dengan spesifikasi yang diinginkan. Cloud VPS Niagahoster, misalnya, menawarkan enam jenis paket server. Mulai dari yang memiliki bandwidth 1000 GB hingga 8000 GB.

Di samping itu, Cloud VPS Niagahoster full root access. Artinya Anda dapat mengubah konfigurasi server sesuka hati.

Cara Mengaktifkan Dukungan RDP di Windows 10

RDP didukung di semua sistem operasi. Namun, di artikel ini kami akan menjelaskan penggunaannya di Windows 10. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat menggunakan protokol ini di Windows edisi Pro dan Enterprise saja.

Untuk dapat menggunakan protokol ini, Anda perlu mengaktifkan pengaturannya terlebih dahulu. Pertama, klik Settings di menu Start dan pilih opsi System.

Kedua, klik Remote Desktop yang ada pada baris menu di sebelah kiri layar.

Ketiga, klik slider Enable Remote Desktop untuk menyalakan dukungan koneksi remote desktop bagi komputer Anda.

Setelah di-klik, akan muncul pertanyaan konfirmasi seperti di bawah ini. Klik Confirm untuk meneruskan.

Dengan ini, komputer Anda sudah siap untuk menggunakan RDP. Akan tetapi, ada cara lain untuk menyalakan pengaturan tadi, yaitu melalui Advanced System Settings di Control Panel.

Agar mudah, ketikkan saja nama pengaturan tersebut pada menu search di samping tombol Start.

Setelah window pengaturannya terbuka, klik tab Remote dan centang checkbox Allow remote connections to this computer. Jika sudah, klik OK.

Sebelum mempraktikkan langkah-langkah pada bagian selanjutnya dari artikel ini, pastikan bahwa Anda sudah memiliki server RDP. Jangan lupa juga untuk mengkonfigurasikannya agar dapat menerima koneksi dari komputer Anda terlebih dahulu.

Cara Menggunakan RDP di Windows 10

Sekarang, Anda tinggal menggunakan client RDP. Untungnya, Windows memilikinya sebagai aplikasi bawaan. Klik menu search lagi dan ketikkan Remote Desktop Connection.

Setelah window-nya terbuka, masukkan nama atau IP address server RDP dan username komputer Anda. Lalu, klik Connect untuk menghubungkan komputer dengan server RDP.

Mudah, bukan?

Tingkatkan Efisiensi Koneksi Internet dengan RDP

Di artikel ini Anda telah mengenali RDP atau remote desktop protocol beserta fungsinya. Selain itu, Anda juga telah diajak untuk belajar mengaktifkan dukungan untuk protokol ini dan menggunakannya di komputer Windows 10.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk dapat meningkatkan kecepatan internet. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah.

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan
Tags: internet

Recent Posts

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…

2 days ago

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…

2 days ago

10 Contoh Nama Domain Bisnis Inspiratif [Lengkap dengan Tips Memilihnya!]

Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis.  Namun, menentukan nama domain bisnis…

3 days ago

Cara Membuat Link Download Menggunakan Hosting Sendiri di Website

Bingung mencari cara membuat link download menggunakan hosting sendiri? Tenang, yuk simak cara membuat link download di website sekarang!

3 days ago

Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

Ketika IP address Anda diblokir server hosting, Anda akan kehilangan akses login ke cPanel dan admin website. Ini tentu menjadi…

4 days ago

Apa Itu ZMOT? Lihat Contoh Penerapannya di Niagahoster!

Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of…

4 days ago