Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Rating Serta Kritik Membangun dari Anda Membantu Kami Menjadi Lebih Baik

2 min read

Rating Pelanggan

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selalu menjadi prioritas utama kami. Salah satu prosesnya adalah dengan menerima masukan dari para pelanggan sehingga kami bisa terus meningkatkan pelayanan yang kami berikan.

Intercom untuk Kemudahan Komunikasi Pelanggan

Niagahoster menggunakan platform Intercom sebagai media berkomunikasi dengan pelanggan. Berbeda dengan sistem tiket yang harus mengantri, platform intercom ini sangat memudahkan pelanggan seperti halnya chat dengan orang terdekat menggunakan sistem conversation. Respon dan pelayanan customer support bisa langsung didapatkan pelanggan dalam waktu kurang dari satu menit.

Kami berusaha menjawab pertanyaan pelanggan secepat mungkin kami bisa. Selalu menjaga respon time dan ketepatan jawaban agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami pelanggan adalah fokus utama customer support kami. Kami paham bahwa tidak semua pertanyaan memiliki jawaban yang sama. Setiap pertanyaan yang masuk akan kami jawab sebisa mungkin sesuai ekspektasi Anda. Jika pertanyaan terkait kendala yang dialami, customer support kami akan segera melakukan pengecekan secara detail terlebih dahulu.

Apabila kendala yang dialami harus melibatkan pihak ketiga (contohnya: sys admin), maka kami akan menyelesaikannya sebaik mungkin dengan prosedur teknis sesuai kebutuhan Anda. Maka jika suatu waktu Anda diperkenankan untuk menunggu karena kendala yang cukup kompleks, jangan khawatir, karena sudah pasti kami sedang memprosesnya.

Intercom Niagahoster juga terhubung langsung dengan WhatsApp dan Messenger Facebook. Hal ini membuat pelanggan dapat bebas memilih platform mana yang paling mudah dan nyaman digunakan untuk menghubungi tim customer support Niagahoster. Seperti inilah bentuk komitmen kami menjaga dedikasi pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Pemberian Rating Pelayanan

Intercom menyajikan fitur rating di setiap akhir percakapan dengan para agen customer support Niagahoster. Setiap pelanggan yang telah dibantu menyelesaikan masalah dapat memberikan penilaian atas pelayanan yang didapatkannya. Rating ini hadir dalam bentuk emoji yang disajikan dengan urutan sebagai berikut: 1. terrible (sangat buruk); 2. bad (buruk); 3. ok (cukup); 4. great (baik); 5. amazing (sangat baik).

Selain memberikan nilai kepuasan pelayanan melalui emoji, pelanggan juga bisa meninggalkan komentar dan saran terhadap layanan yang telah diberikan. Pemberian nilai kepuasan ini bisa dilakukan melalui media apapun yang digunakan pelanggan untuk menghubungi tim customer support Niagahoster.

Cara Memberikan Rating

Tidak hanya melalui intercom, rating bisa juga diberikan pelanggan melalui WhatsApp dan Facebook Messenger. Jika menghubungi customer support melalui website Niagahoster (Intercom), maka pelanggan akan diminta memberikan rating setelah percakapan selesai. Jika menggunakan WhatsApp atau Facebook Messenger, maka pelanggan akan diberikan link yang mengarahkan ke laman untuk memberikan rating. 

Apakah Rating yang Diberikan Bisa Diubah?

Rating untuk pelayanan customer support agent hanya bisa diubah jika pelanggan belum memberikan komentar atas rating yang diberikan. Jika pelanggan telah melakukan submit namun tanpa memberikan komentar, maka rating yang diberikan masih bisa diubah. Pemberian rating hendaknya dilakukan dengan hati-hati dan memang sesuai dengan kualitas pelayanan yang telah didapatkan.

Rating yang Lebih Bermakna

Salah satu bentuk rating yang diberi pelanggan terhadap pelayanan kami adalah “OK”. Tidak dipungkiri bahwa kami sangat bersyukur karena dengan kata lain pelayanan yang kami berikan sudah cukup memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Namun, rating OK ini kerap kali menjadi fitur netral yang menjadikan kami kurang puas mengetahui apa kekurangan kami. Rating OK bisa diartikan: cukup, dengan kata lain masih ada yang harus diperbaiki. Terkadang kami berpikir, “Jika memang pelanggan benar-benar puas, mengapa tidak memberi rating yang paling baik (Amazing)?”

Kami paham, rating OK akan menjadikan kami selalu berusaha memperbaiki diri. Selalu mencari tahu apa yang harus kami perbaiki. Oleh karena itu, kami sangat menginginkan rating OK yang lebih bermakna. Maksudnya apa? Jika suatu saat nanti Anda menghubungi customer support kami dan memberi rating OK di akhir percakapan, jangan lupa untuk memberikan ulasan tambahan di kolom saran. Kami sangat senang membaca kritik konstruktif yang Anda berikan.

Pemberian rating ini mungkin terkesan biasa saja dan sederhana. Namun dari akumulasi rating inilah kami bisa terus mengoreksi kinerja customer support kami. Tidak pernah salah jika pelanggan memberikan komplain atau masukkan dengan tujuan yang baik. Saran dan kritik Anda nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk terus melayani pelanggan lebih baik lagi. Kami yakin, pelayanan terbaik kami tidak akan bisa terwujud tanpa bantuan Anda, para pelanggan setia Niagahoster.

1
Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + seven =