Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Radar TV News: Cari Hosting dengan Support Cepat, Manfaat Ekstra yang Didapat

3 min read

Featured image Radar TV News

Di tengah banjir hoax yang terjadi, peran portal berita cukup penting. Portal berita mampu menjadi sumber informasi yang baik untuk mengurangi dampak buruk berita palsu yang beredar. 

Nah, Radar TV News tak ingin ketinggalan untuk terlibat dalam peran tersebut. Portal berita asal Lampung ini terjun ke ranah online untuk menyajikan berita terkini yang menarik bagi masyarakat.

Sayangnya, perjalanan Radar TV News di dunia online tak sepenuhnya mulus. Karena asal memilih layanan hosting, serangan hacker yang menimpa mereka tak dapat diatasi dengan baik.

Apa yang terjadi? Yuk, simak wawancara kami dengan M. Aminin, manager teknik Radar TV!

Bisa  diceritakan alasan Radar TV News untuk masuk ke ranah online?

Radar TV News berada di bawah Radar TV, yang merupakan bagian dari Group Radar Lampung. 

Setelah menjadi media elektronik, kami memutuskan terjun ke ranah online agar informasi yang diberikan dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Kapan website Radar TV News dirilis? Adakah tantangan yang dihadapi saat itu?

Radar TV News dirilis tahun 2018 dengan nama radartvnews.com

Saat itu, tantangannya adalah jumlah media online sudah cukup banyak. Jadi, agar dapat bersaing, tentu kami harus selalu memberikan jaminan informasi yang lebih akurat dan faktual.

Halaman utama Radar TV News

Tantangan lainnya adalah menarik pembaca berkunjung ke website. 

Radar TV sendiri memang sudah sangat familiar di Lampung. Namun, masih banyak audiens yang lebih tertarik untuk melihat video daripada membaca artikel berita.

Apa langkah yang dilakukan Radar TV News untuk menghadapi tantangan tersebut?

Sebagai portal berita daerah, kami harus menyajikan konten berita yang selalu update tentang berbagai hal. Utamanya, fokus membahas berita yang sedang menarik bagi masyarakat Lampung.

Selain itu, kami juga memperkenalkan radartvnews.com melalui iklan TV, media sosial dan baliho serta baju seragam yang menunjukkan brand Radar TV News.

Nah, agar audiens semakin tertarik, kami memperbanyak artikel yang bisa dibaca di laman Radar TV News. 

Oh ya, kami juga menambah pemahaman editor akan SEO (search engine optimization). Ini penting untuk dapat menarik pengunjung dari mesin pencari.

Baca Juga: Belajar SEO Terbaru untuk Pemula

Website Radar TV News kan menggunakan WordPress sebagai platformnya, ada alasan khusus?

Betul, kami menggunakan WordPress untuk radartvnews.com. Kami memilih platform ini karena pengelolaannya yang mudah dan memiliki banyak tema dan plugin.

Infografik popularitas WordPress

Kemudahan WordPress juga kami rasakan ketika instalasi dan penulisan artikel. Bahkan, sampai ke tahap edit frontend dan backend website.

Baca Juga: Cara Membuat Website Berita dengan WordPress

Boleh cerita pengalaman menggunakan layanan hosting dengan platform WordPress tersebut?

Radar TV News pernah menggunakan salah satu layanan hosting di Indonesia. Namun, customer support-nya kurang cepat hingga kami cukup terkendala.

Saat itu, website Radar TV News terkena database hack. Gara-gara itu, tampilan halaman utamanya berubah. Parahnya lagi, kami tidak bisa login ke WordPress.

Seketika juga, kami meminta bantuan dari customer support penyedia hosting. Sayangnya, pelayanannya sangat lama. Alhasil, kami membutuhkan empat hingga lima hari untuk memperbaiki website Radar TV News.

Baca Juga: Mengenal Cyber Crime, Kejahatan Online yang Wajib Diwaspadai

Langkah Mengamankan Website

Lalu, kenapa akhirnya pindah ke Niagahoster setelah kejadian hacking itu?

Quote Radar TV News tentang kualitas pelayanan

Saya mendapat saran dari teman. Beliau sudah pakai Niagahoster dan bilang bahwa pelayanannya memuaskan. Karena itu,  kami yakin untuk pindah.

Ternyata benar, Niagahoster memang baik supportnya. Responnya tidak lambat seperti penyedia hosting yang kami gunakan sebelumnya. Bahkan, kami dibantu untuk transfer hosting dan domain.

Alasan transfer hosting ke Niagahoster

Sebagai portal berita, paket hosting apa yang digunakan Radar TV News? Adakah alasan khusus saat memilihnya?

Pertama kali di Niagahoster, kami menggunakan Cloud VPS hosting karena ingin punya kendali penuh atas spesifikasi dan pengaturan server.

Namun, sekarang kami menggunakan paket Cloud web hosting. Selain biaya perpanjangannya lebih murah, Cloud hosting lebih mudah dikelola dan siap digunakan.

Kekurangan dan kelebihan VPS dan Cloud Hosting

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis-Jenis Layanan Hosting!

Dengan memilih Cloud hosting Niagahoster, manfaat apa  yang dirasakan?

Dari performa hostingnya jelas ada perbedaan. Apalagi jika dibandingkan dengan yang kami gunakan sebelum di Niagahoster.

Pertama, loading website Radar TV News jadi lebih cepat setelah pindah ke Niagahoster.

Kedua, Cloud hosting Niagahoster juga praktis berkat fitur WordPress Management. Fitur ini memudahkan kami untuk cek kecepatan website, force HTTPS, cek instalasi baru, dan lain-lain.

Ketiga, Niagahoster sangat baik dalam menjaga keamanan servernya. Terbukti hingga sekarang website Radar TV News tidak pernah mengalami kendala berarti.

Jadi, menurut saya Cloud hosting Niagahoster tidak hanya cocok untuk website berita saja, tapi semua jenis website yang butuh hosting cepat dan aman. Contohnya company profile, pendidikan, dan wirausaha.

Quote Radar TV News tentang kecepatan hosting

Baca Juga: Apakah Website Anda Butuh Cloud Hosting? Cek Di Sini


Dengan tujuan untuk menjangkau audiens lebih luas, Radar News TV mantap terjun ke dunia online. 

Sayangnya, pengalaman buruk dengan salah satu layanan hosting membuat perjalanan Radar TV News kurang mulus. Menjadi korban hacking dan tidak mampu memperbaiki dengan cepat tentu bukan reputasi baik bagi sebuah portal berita.

Radar TV News pun memutuskan pindah ke Niagahoster. Alasan utamanya adalah customer support yang tidak mengecewakan dan berbagai kemudahan layanan, termasuk saat memindahkan hosting dan domain. Selain itu, dari sisi biaya sangat terjangkau, baik hosting hingga harga domain pertahun juga murah dengan fitur lengkap.

Namun, manfaat yang didapatkan Radar TV News bukan itu saja.. Dengan paket Cloud hosting, portal berita Lampung ini juga mendapatkan beberapa manfaat lainnya:

  • Keamanan hosting terjaga
    Website Radar TV News tidak pernah mengalami insiden keamanan. Ini tentunya tidak lepas dari update PHP otomatis di server Cloud hosting untuk menutup celah keamanan. Di samping itu, ada juga fitur Imunify360 agar server bebas dari malware.
  • Performa hosting lebih baik
    Website Radar TV News bisa menampung banyak pengunjung berkat resource besar dan terdedikasi milik Cloud hosting. Portal berita online ini juga jadi semakin cepat karena didukung LiteSpeed Memcached untuk mempercepat kinerja server.
  • Pengelolaan WordPress lebih praktis
    Radar TV News lebih mudah mengelola website dengan platform WordPress berkat adanya WordPress Management. Kegiatan seperti cek kecepatan website, backup otomatis harian, dan force HTTPS bisa dilakukan dengan mudah.

Bagaimana? Anda ingin website lebih cepat dan aman, serta mendapatkan support andalan seperti Radar TV News? Segera pilih paket Cloud hosting Anda dengan klik tombol di bawah ini! Mulai dari Rp150.000 per bulan saja!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *