Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Waktu Terbaik Promosi Online di Bulan Ramadhan 2018

5 min read

promosi online

Media yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia selama bulan Ramadhan berubah dari waktu ke waktu. Pada tahun 2010, televisi masih menjadi media favorit orang Indonesia untuk mengisi waktu luang di bulan puasa. Namun, pada bulan Ramadhan 2017, media favorit orang Indonesia adalah internet, terutama yang diakses melalui perangkat mobile. Kemungkinan besar konsumsi internet masyarakat Indonesia meningkat pada bulan Ramadhan 2018.

bulan ramadhan 2018
Sumber: Data Internal Facebook

Dari grafik di atas, dapat dilihat pergeseran media favorit orang Indonesia di bulan Ramadhan 2016 dan 2017. Alih-alih menonton televisi, orang Indonesia saat ini lebih suka menghabiskan waktunya selama bulan Ramadhan untuk mengakses internet melalui perangkat mobile.

Rata-rata waktu yang dihabiskan konsumen selama bulan Ramadhan di dunia maya adalah 4 jam 20 menit per hari. Mereka memanfaatkan internet untuk mengakses media sosial, menonton YouTube, hingga mencari produk yang akan dibeli di Google.

Dengan tingginya konsumsi internet orang Indonesia selama bulan Ramadhan, Anda dapat memanfaatkan media ini sebagai tempat promosi. Media online menjadi sarana promosi terbaik selama bulan Ramadhan karena kemungkinan konsumen untuk melihat iklan di internet lebih besar dibanding media-media lain.

Promosi online, sayangnya, tidak bisa serta merta dilakukan tanpa perencanaan terlebih dahulu. Anda harus mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan oleh orang Indonesia selama bulan Ramadhan, misalnya makanan, pakaian, hingga paket layanan internet. Untuk penjelasan lebih lengkap, Anda dapat membaca artikel ini.

Anda juga harus memahami pola perilaku konsumen selama Ramadhan yang berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Untuk mengetahui seperti apa polanya, Anda dapat membacanya di sini.

Hal selanjutnya yang perlu dipahami adalah timing atau waktu terbaik untuk melakukan promosi online. Secara umum, produk-produk seperti pakaian muslim, makanan, peralatan rumah tangga, smartphone, dan paket layanan internet memang mengalami peningkatan popularitas selama satu bulan tersebut.

Untuk memasarkan produk-produk di atas, Anda harus menemukan momen promosi online yang tepat. Momen yang tepat ini dapat berbeda tergantung jenis produknya. Ada yang populer pada minggu pertama, ada yang baru populer di minggu terakhir, dan ada juga produk yang meningkat popularitasnya setelah Ramadhan usai.

Perubahan popularitas produk selama bulan Ramadhan disebabkan oleh kebutuhan konsumen yang berganti setiap minggunya sepanjang bulan puasa. Untuk mengetahui perubahan tersebut, Anda dapat menggunakan artikel ini untuk sebagai salah satu acuan. Dengan begitu, Anda dapat merilis konten promosi online pada momen yang tepat.

Selain merangkum produk-produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia di Google, kami juga melengkapi artikel ini dengan momen-momen penting yang harus Anda perhatikan setiap minggunya di bulan Ramadhan 2018.

Berikut adalah waktu terbaik promosi online di bulan Ramadhan 2018:

bulan ramadhan 2018

 

Minggu Pertama Ramadhan

Secara umum, topik pencarian yang terkait dengan bulan Ramadhan mulai mengalami peningkatan sejak dua minggu sebelumnya. Puncaknya terjadi pada minggu pertama.

Jangka waktu antara dua minggu sebelum dan minggu pertama Ramadhan dapat Anda manfaatkan sebagai pemanasan karena belum terjadi peningkatan secara signifikan terhadap pencarian produk tertentu. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan, misalnya menerbitkan konten penyambutan bulan puasa atau merilis teaser promosi online atau countdown Ramadhan sejak satu atau dua minggu sebelumnya

Minggu Kedua Ramadhan

Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, beberapa produk menjadi semakin populer di Google.

Produk pertama yang paling banyak dicari adalah restoran. Pencarian ini mengalami peningkatan yang drastis karena kebanyakan orang Indonesia mengadakan acara buka bersama pada minggu ini.

bulan ramadhan 2018
Sumber: Think Ramadhan with Google 2018

Para pemilik restoran, rumah makan, atau kafe biasanya menyediakan tempat untuk berbuka bersama. Tentu saja Anda dapat memanfaatkan keadaan ini dengan mengadakan diskon atau promo tertentu.

Di kategori makanan, tak hanya restoran, resep masakan pun menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Selain di Google, orang-orang juga mencari resep masakan di YouTube. Oleh karena itu, sebisa mungkin lengkapi konten resep makanan Ramadhan dengan video di YouTube.

Kategori lainnya yang paling banyak dicari adalah pakaian muslim. Orang-orang Indonesia memiliki kebiasaan membeli pakaian baru untuk menyambut Hari Raya Lebaran.

Pencarian produk pakaian muslim terjadi jauh sebelum hari Lebaran. Hal ini disebabkan karena konsumen khawatir jika mereka kehabisan pakaian muslim yang sedang tren. Alasan lainnya adalah agar pakaian yang dibeli tiba sebelum hari H.

Kategori terakhir yang meningkat popularitasnya adalah perawatan kulit atau skin care. Beberapa kata kunci terkait skin care yang banyak dicari adalah cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, cara memutihkan wajah, cara memutihkan kulit, dan cream pemutih wajah.

Pencarian kategori ini mencapai puncaknya di minggu kedua karena orang-orang ingin memberikan penampilan terbaik di Hari Raya Lebaran. Mereka berusaha mempercantik wajah dan kulit jauh sebelum hari spesial itu tiba.

Minggu Ketiga Ramadhan

bulan ramadhan 2018
Sumber: Think Ramadhan with Google 2018

Pada minggu ketiga ini, pengeluaran konsumen lebih besar dibanding minggu sebelumnya. Hal ini terjadi karena sebagian besar karyawan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Alhasil mereka mampu membeli produk-produk dengan rentang harga yang lebih tinggi. Jika mau, Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk menjalankan promosi online terhadap produk-produk dengan nilai jual tinggi.

Di minggu THR, produk apa yang paling banyak dicari oleh konsumen di Google?

Produk pertama adalah smartphone. Orang Indonesia tidak hanya membeli baju baru, tetapi juga membeli smartphone. Pencarian kata kunci smartphone di bulan Ramadhan 2017 meningkat sebanyak 54 persen dibanding pada tahun 2016 (Sumber: Think Ramadhan with Google 2018). Jadi, potensi penjualan smartphone, terutama di minggu ketiga Ramadhan, memang menjanjikan.

Produk kedua yang paling banyak dicari adalah peralatan rumah tangga. Kebanyakan kata kunci yang dituju pada kategori ini adalah kulkas, rice cooker, oven, kipas angin, dan presto.

Selain kebutuhan pribadi, kebutuhan rumah tangga juga harus dipersiapkan. Orang-orang Indonesia cenderung membuat makanan lebih banyak untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Oleh karena itu, pencarian produk di atas menjadi populer menjelang lebaran.

Minggu Keempat Ramadhan

Menjelang Hari Raya Lebaran, makanan kembali menjadi kategori yang paling banyak dicari. Kali ini kata kunci populernya adalah kue. Pencarian terhadap kata kunci ini meningkat sebanyak 2.7 kali lipat dibanding bulan-bulan biasa.

Menyediakan kue sebagai hidangan saat lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Beberapa kata kunci terkait kue yang paling banyak dicari adalah resep kue kering dan kue nastar.

Kata kunci selanjutnya yng paling banyak dicari adalah paket layanan internet. Pada saat Ramadhan 2017, pencarian kata kunci ini mengalami peningkatan hingga 30 persen jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa di tahun yang sama. Bahkan jika dibandingkan dengan bulan Ramadhan 2016, pencarian paket layanan internet pada bulan Ramadhan 2017 meningkat sebesar 74 persen. (Sumber: TRWG 2018)

Minggu Lebaran

Pencarian kategori makeup dan gaya rambut meningkat drastis pada hari H Lebaran. Tak hanya di Google, kategori ini juga populer di YouTube. Orang-orang mencari video tutorial makeup dan gaya rambut untuk mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya, pada pekan pertama Lebaran, makanan tetap menjadi kategori yang paling banyak dicari, tetapi dengan kata kunci yang berbeda. Kata kunci tersebut adalah makanan fast food.

Sebenarnya, kata kunci makanan cepat saji atau fast food mengalami peningkatan pencarian sejak awal Ramadhan. Namun, puncak pencariannya terjadi pada minggu pertama Lebaran. Hal ini mungkin disebabkan karena orang-orang yang tinggal di kota besar kesulitan menemukan tempat makan atau restoran yang buka di minggu pertama. Kebanyakan tempat makan libur dan pembantu rumah tangga pulang kampung sehingga pilihan yang ada adalah restoran makanan cepat saji. Umumnya, restoran makanan cepat saji tetap buka di minggu pertama Lebaran.

Pada minggu kedua, restoran kembali menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Hal ini kemungkinan terjadi karena kebanyakan orang Indonesia mengadakan acara halalbihalal pada minggu ini.

Selain makanan, peralatan rumah tangga juga kembali menjadi kategori yang banyak dicari tetapi dengan kata kunci berbeda. Kali ini kata kunci yang paling banyak digunakan adalah mesin cuci. Peningkatan pencariannya mencapai 1.3 kali lipat dibanding bulan biasa.

Perlu diingat juga bahwa pada minggu pertama Lebaran, konsumsi YouTube masyarakat Indonesia menurun drastis (kecuali pencarian kategori makeup dan gaya rambut).

Turunnya konsumsi YouTube kemungkinan disebabkan oleh padatnya kegiatan selama minggu pertama Lebaran. Umumnya, masyarakat Indonesia memiliki tradisi untuk silaturahmi kepada keluarga dan tetangga. Kegiatan ini menyita sebagian besar waktu mereka sehingga tidak ada waktu untuk menonton YouTube.

bulan ramadhan 2018
Sumber: Think Ramadhan with Google 2018

Sebaiknya Anda tidak merilis konten promosi video baru di YouTube pada periode ini. Rilislah konten promosi video di YouTube pada minggu kedua lebaran karena aktivitas masyarakat Indonesia sudah kembali seperti semula.

Jam Terbaik untuk Melakukan Promosi Online

Setelah mengetahui momen-momen penting yang terjadi setiap minggu dari awal bulan Ramadhan sampai Lebaran, Anda juga perlu mengetahui kapan orang Indonesia berbelanja setiap harinya selama satu bulan tersebut.

Berdasarkan data dari EcommerceIQ, kunjungan tertinggi orang-orang Indonesia ke situs e-commerce terjadi dua kali sehari selama bulan Ramadhan 2017. Kunjungan tertinggi pertama terjadi saat sahur, yaitu pukul 04.00-05.00 WIB dan yang kedua ketika menjelang buka puasa sampai salat isya, yaitu pukul 17.00-20.00 WIB.

Dua periode tersebut dapat dimanfaatkan untuk merilis konten promosi online harian karena memiliki kemungkinan lebih besar dilihat banyak orang dibanding jam-jam lain.

Kesimpulan

Masyarakat Indonesia membutuhkan berbagai macam produk selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa menemukan momen yang tepat untuk menawarkan produk Anda. Momen tepat ini adalah saat Anda menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Diharapkan artikel ini dapat membantu Anda menemukan momen yang tepat tersebut sehingga Anda bisa merencanakan strategi promosi online di bulan Ramadhan agar lebih efektif dan efisien. Jangan lewatkan momen terbaik untuk menemukan konsumen yang tepat di bulan Ramadhan 2018.

Demikian artikel mengenai waktu terbaik untuk promosi online di bulan Ramadhan 2018. Anda dapat membagikan informasi bermanfaat ini kepada teman-teman Anda di media sosial.

Jangan lupa untuk klik subscribe blog kami agar tidak ketinggalan tips dan trik penting seputar blog, website, web hosting, dan bisnis online. Niagahoster juga akan memberikan tips dan trik untuk sukses berbisnis online di bulan Ramadhan. Tetap ikuti update blog kami. Selamat menyambut bulan Ramadhan!

bulan ramadhan 2018

 

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + six =