Punya jasa pembuatan website, tapi penjualannya kurang laku? Atau ingin membuka bisnis pembuatan website, tapi bingung bagaimana mempromosikannya? Mungkin, Anda belum menemukan cara promosi bisnis jasa pembuatan website yang pas.
Nah, sekarang Anda datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips lengkap promosi yang tidak boros modal dan bisa dilakukan dari rumah.
Berikut adalah 19 tips promosi bisnis jasa pembuatan yang bisa Anda lakukan:
Hal paling utama yang harus Anda tahu sebelum menjual produk adalah bahwa produk tersebut menyelesaikan masalah, sehingga orang-orang membutuhkannya.
Sebelum berbisnis, orang pertama yang harus Anda yakinkan adalah diri Anda sendiri. Yakin bahwa produk Anda mampu menyelesaikan masalah.
Bagaimana Anda bisa yakin produk Anda cukup solutif? Berikut beberapa caranya:
Renungkan hal-hal yang membuat Anda gelisah dan ingin selesaikan.
Anda bisa memulainya dengan mencari review mengenai web hosting atau jasa pembuatan website.
Apakah page load-nya cepat? Berapa banyak downtime yang terjadi? Bagaimana pelayanan Customer Support-nya? Dan pertanyaan-pertanyan lainnya.
Biasanya, kompetitor menonjolkan uptime, harga, dan page load time. Namun, Anda bisa menemukan tidak semua web hosting menyediakan DNS Management, sehingga klien kesulitan mengelola website-nya.
Layanan CS yang tidak hadir 24 jam pun membuat masalah lamban selesai.
Anda sudah tahu penawaran dari kompetitor, kini Anda bisa memperbaiki kekurangan kompetitor menjadi kelebihan Anda.
Temukan web hosting yang menyediakan DNS Management, layanan CS responsif, dan menyediakan berbagai fitur lengkap lainnya.
Pastikan solusi yang Anda buat unik dan dibutuhkan, sehingga klien lebih memilih Anda daripada kompetitor.
USP bisa dibuat berdasarkan target audiens yang Anda incar. Memiliki target audiens akan membantu Anda untuk mengetahui fitur yang perlu Anda tonjolkan.
Misalnya, jika sasaran Anda adalah pemula yang baru merintis bisnis melalui website, Anda bisa memperkirakan sebagian besar target Anda belum sepenuhnya memahami cara membuat website.
Nah dari sana, Anda bisa menonjolkan layanan yang Anda sediakan supaya target klien tidak ragu untuk menggunakan jasa Anda. Layanan itu dapat berupa adanya CS 24 jam, menawarkan instalasi plugin dan SSL gratis, dan lain-lain.
Dalam bisnis apapun, produk bagus saja tidak cukup. Anda harus bisa menyediakan sesuatu yang dibutuhkan.
Untuk bisnis jasa pembuatan website, biasanya orang-orang membutuhkan layanan yang:
Anda tidak suka hal-hal ribet, begitu juga klien. Memiliki CMS yang aman, mudah digunakan, dan fungsional adalah apa yang kebanyakan orang butuhkan.
Beberapa CMS yang mungkin Anda gunakan yaitu WordPress, Drupal, OpenCart, dan lain-lain.
Kebutuhan tiap orang untuk membuat website beragam. Ada yang membuat website untuk blogging, berbisnis, memamerkan portofolio, dan lain-lain.
Karena kebutuhan tiap orang berbeda, jenis hosting dan kapasitas bandwidth yang diperlukan juga bervariasi. Bandwidth ibarat lebar maksimal pintu yang dimiliki suatu website, supaya pengunjung dapat mengakses website dalam waktu bersamaan.
Pencurian informasi pribadi melalui internet adalah masalah yang sering ditakutkan pengguna internet mana pun.
Karena itu, calon klien Anda pasti berharap hosting yang Anda sediakan menjamin keamanan data mau pun transaksi.
Calon klien akan merasa nyaman jika mereka tahu Anda selalu hadir untuk membantu mereka. Hal itu bisa diwujudkan melalui layanan CS yang responsif dan membantu klien sampai masalah terselesaikan.
Buyer Persona yaitu tokoh yang Anda gunakan sebagai gambaran ideal untuk mewakili pelanggan bisnis Anda. Gambaran ini dibuat berdasarkan riset tentang target pelangganmu.
Dengan memiliki buyer persona, Anda akan mendapatkan sejumlah kemudahan dalam menjalankan bisnis jasa pembuatan website. Berikut ini beberapa di antaranya:
Bayangkan jika Anda menargetkan semua orang membeli produk Anda. Anda pasti kesulitan untuk menentukan fitur apa yang harus masuk dalam produk/layanan. Karena sasaran Anda terlalu luas, Anda jadi merasa harus memenuhi semuanya.
Anda bingung harus mulai membuat buyer persona dari mana? Artikel berikut pasti akan membantu Anda!
Apakah Anda pernah membeli sesuatu tanpa berpikir? Sadar atau tidak, ada perjalanan momen yang kita alami sebelum bahkan sesudah bertransaksi.
Perjalanan momen inilah yang disebut customer journey. Mengapa customer journey penting untuk melejitkan angka penjualan Anda? Berikut jawabannya.
Anda akan lebih mudah melihat prioritas proses: Hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan, aktivitas apa yang tidak perlu dilakukan, dan lain-lain.
Customer Journey membantu Anda untuk merasakan apa yang calon klien rasakan ketika Anda menawarkan produk.
Dengan begitu, Anda bisa melihat peluang apa yang Anda miliki dalam setiap proses bisnis.
Anda akan lebih mudah menentukan langkah promosi dalam setiap tahap customer journey, karena Anda sudah tahu apa yang calon klien butuhkan dan bagaimana proses untuk mendorong mereka supaya bertindak.
Umumnya, Customer Journey memiliki tiga tahapan berikut.
Tahap Kesadaran adalah saat di mana calon klien menyadari bahwa mereka memiliki masalah. Masalah ini menghambat mereka dalam melakukan sesuatu, atau selalu membawa mereka menuju kegagalan.
Tugas bisnis adalah menawarkan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan. Pada tahap ini, Anda bisa membuat mereka bertanya-tanya:
Pada Tahap Pertimbangan, calon pelanggan mulai mencari solusi untuk menyelesaikan masalah mereka. Calon pelanggan akan mengalami konflik batin. Mereka mempertimbangkan pro dan kontra dari berbagai pilihan solusi yang tersedia.
Dalam hal ini, bisnis lah yang menyediakan solusi-solusi itu. Anda tidak bisa selalu berpikir positif.
Anda harus tahu mengapa calon klien berpikir negatif dan bagaimana strategi untuk menguatkan pertimbangan positif. Caranya yaitu dengan menunjukkan USP dan menjelaskan fitur serta manfaat yang bisnis Anda tawarkan.
Setelah mempertimbangkan berbagai pilihan solusi, calon pelanggan akan mengambil keputusan atas hal yang perlu dilakukan selanjutnya. Apakah mereka akan membeli produk Anda, atau memilih produk yang lain.
Calon klien bisa melakukan apa yang Anda inginkan, namun bisa juga sebaliknya. Supaya mereka semakin tergoda untuk menggunakan layanan Anda, perlu untuk memberikan insentif berupa diskon, bonus produk, dan lain-lain.
Contoh Customer Journey Promosi Bisnis Jasa Pembuatan Website
Tahap | Yang Melakukan | Yang Dilakukan | Tips |
Kesadaran | Lead | Lead menemukan website Anda. Setelah menjelajahi konten Anda, mereka merasa ada masalah yang harus mereka selesaikan. Entah itu meningkatkan penjualan, memamerkan portfolio, atau hal lainnya.Mereka juga bersedia memberikan informasi kontak mereka kepada Anda. | Pancing lead dengan free ebook, free template, testimoni, dan lain-lain. |
Pertimbangan | Prospect | Lead ingin mengenal produk Anda secara lebih. Anda bisa menawarkan mereka diskon pembuatan website, menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan, dan penawaran menarik lainnya. | Follow up lead dengan rutin membagikan informasi menarik. |
Keputusan | Customer | Prospect berubah menjadi customer jika mereka mengiyakan penawaran pembuatan website Anda. | Sediakan CTA untuk ke proses yang Anda inginkan. |
Anda sudah menentukan Buyer Persona, kini saatnya Anda membuat website sendiri berdasarkan target pasar yang Anda incar. Dalam bisnis jasa pembuatan website, orang-orang akan melihat kualitas bisnis Anda dari website yang Anda buat.
Seperti apa sih website yang berkualitas itu? Berikut beberapa kriterianya.
Website Anda harus berjalan sesuai dengan fungsinya. Jika tujuan website Anda adalah untuk berbisnis, maka pastikan ada katalog produk, keranjang belanja, dan lain-lain.
Sediakan tombol-tombol navigasi untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka inginkan.
Orang-orang akan mengakses website Anda melalui berbagai perangkat, tidak hanya komputer saja. Karena itu, pastikan halaman website Anda tidak terlihat berantakan meski dibuka dari ponsel.
Jangan biarkan pengunjung menunggu lama untuk mengakses website Anda. Pastikan Anda menggunakan hosting berkualitas tinggi supaya kinerja website Anda optimal.
Orang-orang seringkali memiliki pikiran negatif dengan kata ‘bisnis’. Mereka menghindari toko-toko yang terlihat tidak aman, termasuk toko di internet. Gunakanlah SSL supaya seluruh aliran informasi pada website Anda terjamin.
Nah, Anda sudah tahu karakteristik website yang berkualitas. Tahap berikutnya yaitu membangun website Anda. Apa saja kah komponen utama dari sebuah website?
Anda bisa menganggap Landing Page adalah halaman pendaratan yang dibuat khusus untuk mendapatkan leads atau calon klien. Yap, bukan hanya mendatangkan, tapi juga mendapatkan.
Landing Page memiliki peran penting pada Tahap Keputusan dari Customer Journey. Dari halaman ini, Anda bisa menggerakkan klien menuju pembelian, berlangganan dan apa pun yang Anda inginkan.
Komponen utama Landing Page biasanya memuat:
Above The Fold adalah tampilan yang Anda lihat pertama kali saat meluncur ke halaman depan sebuah website. Seperti namanya, Above The Fold berada pada halaman paling atas, sebelum Anda menggulirkan tampilan ke bawah.
Headline adalah judul alias kalimat pertama yang kemungkinan besar dibaca pengunjung.
Copy adalah kalimat tambahan yang mendukung kekuatan headline. Biasanya berisi paragraf pendek atau poin-poin penting sebagai informasi ekstra.
Form ini berfungsi untuk supaya target klien bisa memberikan informasi kontak mereka melalui kotak yang Anda sediakan.
CTA adalah tombol ajakan supaya pengunjung bertindak sesuai tujuan Anda. Di sini lah Anda akan menyelesaikan Tahap Keputusan Customer.
Bukan hanya untuk menunjukkan rasa terima kasih, Thank You Page juga bisa membuat penawaran tambahan supaya pengunjung terus melakukan transaksi baru.
Untuk bisnis jasa pembuatan website, Landing Page yang biasanya diperlukan yaitu:
Anda bisa mengisi landing page ini dengan menceritakan tujuan dan visi misi Anda memulai bisnis ini, berita mengenai bisnis Anda, atau proyek yang sedang Anda kerjakan.
Pikat calon klien supaya mereka ingin mengenal bisnis Anda lebih jauh. Jangan lupa menyertakan tombol navigasi menuju sosial media dan berbagai channel komunikasi lainnya.
Pada landing page ini, Anda mengumpulkan sebanyak mungkin kontak leads melalui Lead Conversion Form.
Anda bisa meminta calon klien untuk memberikan nama, alamat email mereka, bahkan nomor handphone mereka.
Landing Page ini dibuat spesifik untuk menampilkan rincian detail produk yang Anda tawarkan. Lengkap dari harga, nama paket, fitur, dan lain-lain.
Supaya lebih menarik, Anda juga bisa menyertakan CTA untuk free trial.
Fungsi landing page ini adalah untuk mengarahkan calon klien supaya memulai proses transaksi. Entah berlangganan, pembelian, dan lain-lain.
Anda juga bisa memamerkan berbagai portfolio website yang sudah pernah Anda buat, lalu menyediakan CTA semacam ‘Mulai buat website kerenmu di sini!’
Penasaran mengenai bagaimana cara membuat Landing Page yang keren? Simak informasi lengkapnya di sini.
Jika Anda ingin bisnis jasa pembuatan website Anda muncul pada halaman pertama dalam Search Engine Result Page (SERP), mulailah menerapkan SEO. Tidak besok, tidak kapan-kapan, tapi sekarang juga.
Lho, memangnya SEO itu sepenting apa, sih?
Hmm, mari jawab pertanyaan berikut. Apakah Anda malas mencari informasi pada halaman pencarian kedua dan seterusnya di Google? Jika jawabannya iya, maka Anda termasuk dalam 75% orang yang menjawab hal serupa.
Anda sudah memiliki website yang kece, konten yang menarik, bukankah sayang jika orang-orang sulit untuk menemukan Anda?
Berikut beberapa tips SEO yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis jasa pembuatan website:
Baca Juga: Belajar SEO
Copywriting merupakan teknik komunikasi untuk membujuk calon klien melakukan sesuatu, seperti pembelian, berlangganan, dan lain-lain.
Bisnis membutuhkan teknik dalam berkomunikasi supaya Anda bisa menyampaikan maksud Anda melalui perspektif yang tepat.
Ingat, klien tidak mencari Anda. Mereka mencari produk yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah mereka. Klien Anda lebih peduli dengan kebutuhan mereka daripada kemampuan produk Anda.
Berikut beberapa tips membuat copywriting supaya calon klien tertarik.
Supaya semakin mendalami semua tips di atas, Anda perlu belajar Copywriting lebih dalam.
Kata Bill Gates, “Content is King.” Yap, memang benar. Tanpa konten, bagaimana orang percaya kepada bisnis Anda? Bagaimana juga mereka sadar bahwa produk Anda adalah apa yang mereka butuhkan?
Memangnya, sepenting apa sih konten untuk bisnis? Berikut beberapa manfaatnya.
Memulai itu sulit, tapi mempertahankan lebih sulit lagi. Dalam menjalankan suatu bisnis, Anda tidak bisa berapi-api di awal, dan kemudian menganggap penjualan bisa berjalan dengan sendirinya.
Menentukan jadwal untuk mengisi website Anda adalah hal yang penting. Konsistensi diperlukan untuk menjaga eksistensi suatu bisnis.
Lalu, bagaimana jika Anda mulai kehabisan ide untuk membuat konten? Yuk simak tips berikut agar otak selalu produktif menghasilkan ide!
Supaya Anda lebih mudah dalam membuat konten untuk bisnis jasa pembuatan website, berikut beberapa ide yang semoga menginspirasi Anda:
Yap, sayangnya ide saja tidak cukup. Anda membutuhkan strategi Content Marketing supaya tujuan marketing Anda tercapai. Penasaran bagaimana?
Saat ini, sosial media bukan hanya digunakan untuk bersosialisasi. Orang-orang mulai menggunakan sosial media untuk mendapatkan informasi.
Melalui sosial media, tidak hanya penjualan saja yang perlu Anda lakukan. Membangun brand, meningkatkan popularitas, bahkan mengarahkan leads ke website, bisa Anda lakukan dengan sosial media.
Sayangnya, banyak calon klien yang hanya melihat iklan sambil lalu. Tidak perlu jauh-jauh, Anda pasti pernah membaca atau menonton iklan dan sebentar kemudian melupakannya, bukan?
Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda tidak ingin hal yang sama dilakukan leads Anda. Pasti menyebalkan jika calon klien Anda sadar apa yang mereka butuhkan, tapi malah memilih toko lain karena mereka lupa kepada Anda.
Lalu, konten seperti apa sih yang akan menguasai sosial media dan bahkan pikiran pembaca? Tips di bawah ini tentu akan memudahkan Anda.
Berikut beberapa tips untuk membuat konten yang mudah diingat.
Konten bisa berupa tulisan, gambar, maupun audiovisual. Umumnya, konten bertujuan untuk:
Baca Juga: Apa Itu Content Marketing?
Memang, tujuan dari konten cukup banyak. Tapi, jangan khawatir. Anda tidak perlu memasukkan semua nilai itu ke dalam konten Anda. Justru, konten menjadi tidak fokus jika Anda memaksakan semuanya masuk.
Pernahkah Anda mendapat iklan di tengah keasyikan bermain game atau menonton video? Manakah yang lebih sering Anda lakukan: menonton iklan tersebut sampai selesai, atau tanpa ragu menekan tombol skip?
Jika Anda tidak ingin leads melewatkan konten Anda begitu saja, Anda harus memahami Aturan 3 Detik. Menurut aturan ini, leads akan pergi jika dalam 3 sampai 5 detik mereka tidak terpikat dengan konten Anda.
Dalam konten berupa tulisan, kalimat pertama adalah penentu bagi leads untuk melanjutkan membaca. Namun jika konten Anda berupa video, 3 detik pertama adalah kunci supaya leads mau menonton video Anda lebih lama.
Ingatan manusia terbatas, sehingga sebagai pelaku bisnis Anda harus memahami cara memperluas ruang yang terbatas itu. Umumnya, manusia lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan.
Sekarang, cobalah Anda menyimak sebuah informasi. Tiga hari kemudian, hanya 10% dari informasi itu yang Anda ingat. Jika ada tambahan gambar, mungkin Anda bisa mengingat 65% dari yang diberikan.
Supaya bisnis Anda semakin menguasai sosial media, temukan info menarik lainnya di sini.
Salah satu alat ukur pelanggan untuk menilai pelayanan Anda yaitu komunikasi. Kemudahan dalam menghubungi Anda, kejelasan mendapatkan informasi, dan penyelesaian masalah yang cepat adalah hal-hal yang klien butuhkan.
Di bawah ini adalah sedikit alasan penting mengapa komunikasi penting untuk promosi bisnis.
Perlu dicatat, pelanggan seringkali menilai bisnis Anda tidak hanya dari kualitas produk, tapi dari bagaimana cara Anda menghargai mereka.
Dengan adanya respon yang cepat, pelanggan akan merasa aman saat memilih produk Anda.
Jika Anda berhasil memuaskan pelanggan, mereka tidak akan berhenti percaya bahwa produk Anda adalah solusi terbaik.
Dengan menampung berbagai kritik dan saran dari pelanggan, Anda semakin tahu apa saja yang perlu diperbaiki dari produk Anda.
Aksesbilitas informasi yang mudah akan membuat klien nyaman, karena bisa meraih Anda dari berbagai channel.
Sampai di sini, mungkin Anda bertanya-tanya: Bagaimana cara saya membangun pelayanan yang dibutuhkan pelanggan? Nah, semoga beberapa poin di bawah ini menjawab kebingungan Anda.
Pastikan menyediakan lebih dari satu informasi kontak untuk mengakomodasi komunikasi dari berbagai channel.
Fitur ini akan membuat klien enggan meninggalkan website Anda, karena mereka dapat langsung menanyakan kebingungan mereka.
Dengan CRM, Anda dapat lebih mudah mengetahui klien potensial Anda. Selain itu, komunikasi dengan klien juga menjadi lebih cepat dan efektif.
Hampir semua orang memiliki email. Anda bisa memprioritaskan permintaan bahkan keluhan pelanggan dengan menggunakan Email Marketing Service yang tepat.
Sosial media memungkinkan komunikasi yang lebih personal dengan pelanggan. Anda juga bisa meningkatkan kepercayaan klien melalui respon tanggapan yang cepat.
Survey pelanggan penting untuk memantau kepuasan layanan dan memikirkan strategi pengembangan produk. Dengarkan pelanggan Anda dan berikan yang terbaik untuk mereka!
Follow up yaitu menindaklanjuti proses transaksi dengan calon klien yang belum selesai. Dalam bisnis yang sudah sukses pun, tak jarang perusahaan kehilangan klien karena terlalu sibuk mengurus operasional.
Memang, rasanya pasti gelisah ketika klien tidak juga memberi keputusan akhir. Jangankan memberi keputusan akhir, dihubungi saja belum tentu merespon.
Nah, untuk mengurangi kecemasan Anda, mari simak beberapa tips follow up berikut supaya klien tetap ingin terhubung dengan Anda.
Lead Magnet yaitu sesuatu yang diberikan pelaku bisnis kepada klien potensial setelah mereka memberikan kontak (biasanya alamat email) pada website maupun Landing Page.
Seringnya, Lead Magnet berisi informasi digital yang bisa diunduh. E-book, template, infografis, laporan, semua itu adalah bahan yang bisa dijadikan Lead Magnet.
Fungsi Lead Magnet tidak hanya untuk menarik lebih banyak klien melalui informasi yang diberikan. Penting untuk Anda ketahui, tidak semua pengunjung website Anda akan langsung menjadi pelanggan.
Karena itu, Anda memerlukan daftar kontak calon klien. Dengan begitu, setelah calon klien memberikan informasi kontak mereka, Anda akan lebih mudah menjangkau mereka saat ada promo, launching produk baru, dan lain-lain.
Supaya Lead Magnet Anda tidak mengecewakan, simak beberapa tips agar klien potensial Anda puas:
Jika Anda masih belum percaya Lead Magnet bisa mendatangkan banyak lead, mari cek artikel berikut!
Semua orang lebih suka bukti daripada janji. Anda perlu menunjukkan keberhasilan Anda. Bukan untuk pamer, tapi sebagai bukti bahwa bisnis Anda memang menjanjikan.
Mungkin Anda bingung. Bukti apa yang bisa Anda berikan dari bisnis jasa pembuatan website?
Anda mungkin berpikir untuk memamerkan hasil penjualan Anda. Namun, sebenarnya ada cara lain: Menceritakan kesuksesan klien Anda setelah mereka menggunakan bisnis Anda.
Berikut beberapa tips supaya Anda sukses mendapat testimoni.
Saat meminta testimoni, Anda berharap klien memberikan statement yang bagus. Bagus saja tidak cukup. Anda perlu mengarahkan klien supaya mereka memberi apa yang Anda harapkan.
Berikut beberapa daftar pertanyaan supaya Anda mendapat testimoni yang Anda inginkan:
Nah, setelah berhasil mendapatkan testimoni, Anda perlu membuat publik mengetahuinya. Pastikan Anda meletakkan kumpulan testimoni di tempat yang kemungkinan besar dilihat banyak calon klien.
Tempat itu bisa ada di halaman utama website Anda, halaman portfolio, sales email, bahkan sosial media bisnis Anda.
Persaingan dalam dunia bisnis itu ketat. Produk berkualitas saja tidak cukup untuk mempertahankan bisnis Anda. Anda membutuhkan Personal Branding.
Personal Branding terbukti mampu membuat suatu bisnis lebih mentereng. Misalnya, Raditya Dika. Penulis terkenal yang kini sudah menjadi sutradara, pemain film, youtuber, dan penulis komedi.
Raditya Dika memulai jalan karirnya dengan menjadi blogger. Saat itu, dia baru memasuki dunia kuliah. Cerita-ceritanya berhasil menyabet hati banyak pembaca dan memperkuat identitasnya sebagai sebagai ‘penulis komedi’.
Sejak saat itu, pintu karir Raditya Dika semakin terbuka lebar. Tidak hanya popularitas, apa yang dimulai Radit itu juga mempertemukannya kepada banyak kesempatan untuk memperluas bidang bisnisnya.
Masih belum percaya Personal Branding penting bagi bisnis Anda? Mari simak beberapa manfaat Personal Branding berikut ini.
Banyak orang lebih percaya manusia daripada merek. Manusia membuat sesuatu memiliki kesan lebih personal.
Publik lebih mudah mengingat cerita bagaimana Anda membantu orang lain melalui bisnis, daripada apa yang dilakukan bisnis Anda.
Bisnis Anda akan terlihat lebih terjamin jika orang-orang sudah lebih dulu percaya kepada kemampuan Anda.
Personal Branding membuat Anda lebih terlihat ingin membantu orang lain alih-alih berjualan.
Semakin banyak orang mengetahui kemampuan Anda, semakin banyak pula kesempatan untuk menjalin kerja sama dan memperluas jaringan.
Afiliasi adalah program di mana perusahaan memberikan komisi kepada pihak ketiga atas keberhasilan mengarahkan seseorang untuk melakukan pembelian.
Program afiliasi adalah hubungan yang saling menguntungkan. Anda untung karena produk Anda dibeli. Mitra Anda juga untung karena mereka mendapatkan komisi.
Afiliasi bisa berbentuk kode diskon, kupon, atau link yang langsung mengarah ke Landing Page untuk pembelian.
Mitra Anda akan menyebarkan kode diskon atau link pembelian, entah itu di website mereka, sosial media, mau pun platform lainnya. Nah, setiap ada lead yang menggunakan kode diskon atau melakukan transaksi melalui link pembelian itu, maka afiliasi pun sukses.
Sederhananya, Anda dapat melihat gambar di bawah ini.
Faktanya, 99% perusahaan memulai bisnis mereka dengan program afiliasi. Mengapa program afiliasi disarankan untuk pertumbuhan bisnis jasa pembuatan website Anda? Berikut alasannya.
Mitra afiliasi Anda akan mengarahkan link menuju website Anda. Semakin banyak link atau saluran yang mengarah ke website Anda, maka kemungkinan website Anda menguasai halaman pencarian semakin meningkat.
Sekitar 80% proyek berasal dari 20% klien. Konsep ini dikenal sebagai Aturan 80:20 atau yang biasa dikenal dengan Prinsip Pareto.
Membuka program afiliasi berarti Anda mengijinkan pihak luar mempromosikan produk Anda. Anda akan lebih mudah mendapatkan mitra yang memahami bisnis Anda.
Banyak orang mempertimbangkan rekomendasi orang lain sebelum membeli suatu produk. Mereka lebih ingin mendengarkan saran orang lain sebelum mencari informasi lebih mengenai produk Anda.
Setelah Anda sudah yakin bahwa bisnis Anda membutuhkan program afiliasi, berikutnya adalah membuat kode diskon. Jika Anda pengguna WordPress, Anda bisa mencoba beberapa plugin di bawah ini.
Coupon Creator memungkinkan Anda untuk merancang tampilan, mengatur tanggal kadaluarsa, membatasi jumlah redeem, dan berbagai fungsi lain untuk membuat kupon terbaik.
Plugin ini membuat Anda bisa mengelompokkan kupon berdasarkan yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin membuat kupon untuk edisi hari raya, dan kupon lainnya untuk diskon produk tertentu.
Jika Anda menginginkan kupon yang sederhana, maka plugin ini cocok untuk Anda. Menariknya lagi, Anda juga bisa menghasilkan ribuan kupon sekaligus.
Anda bisa mulai membangun personal branding dengan menjadi trainer dalam pelatihan. Yap, tidak hanya merek yang perlu Anda bangun, tapi reputasi. Reputasi yang kuat dan bagus akan membuat bisnis Anda terlihat lebih meyakinkan.
Salah satu cara membangun reputasi yaitu dengan menjadi trainer atau pengisi materi dalam bidang yang relevan. Jika Anda pebisnis jasa pembuatan website, maka Anda bisa mengajarkan Web Development, Digital Marketing, bisnis online, dan banyak lagi.
Saat ini, sudah tersedia berbagai platform yang memudahkan Anda untuk menjadi seorang pengajar. Anda bisa menjajal platform-platform online seperti Skill Academy, Udemy, Bizlab, dan sebagainya.
Seperti yang Anda tahu, giveaway adalah memberikan hadiah kepada klien ataupun calon klien secara gratis setelah mereka memenuhi syarat tertentu.
Giveaway mendatangkan beberapa manfaat untuk bisnis Anda, sedikit di antaranya yaitu:
Untuk bisnis jasa pembuatan website, giveaway yang Anda lakukan bisa untuk memancing banyak pengikut, menyebarkan konten, dan lain-lain.
Supaya giveaway untuk promosi jasa pembuatan website Anda menarik, silakan coba tips berikut ini.
Anda harus memahami mengapa Anda membuat giveaway. Apakah agar banyak orang mengunjungi website Anda? Mendapatkan kontak calon klien? Ataukah supaya bisnis website Anda semakin populer?
Setelah memutuskan tujuan, pastikan hadiah yang Anda berikan relevan dengan kebutuhan klien dan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan leads, Anda bisa memberikan giveaway berupa diskon yang jauh lebih besar dari hari biasa.
Atau jika tujuan Anda untuk mendapatkan testimoni, Anda bisa menghadiahkan pembuatan website gratis.
Pastikan syarat giveaway yang Anda berikan tidak membuat target klien malas. Syarat giveaway Anda harus mampu mendatangkan manfaat kepada klien mau pun kepada Anda.
Anda bisa saja mensyaratkan klien untuk berlangganan newsletter Anda, membagikan konten website Anda ke media sosial, dan lain sebagainya.
Pilihlah platform yang cocok untuk meletakkan promosi giveaway bisnis website Anda. Anda bisa mengiklankannya di Instagram, Facebook, bahkan Youtube.
Jangan lupa untuk mengumumkan siapa pemenang giveaway Anda. Jika Anda memberikan hadiah berupa pembuatan website, Anda bisa meminta mereka memberikan testimoni atas pelayanan yang sudah Anda berikan.
Supaya target klien tetap mengikuti kabar bisnis Anda, beri tahu mereka bahwa masih akan ada giveaway menarik lainnya.
Anda bisa meminta mereka terus memantau sosial media bisnis Anda, atau berlangganan pada website Anda.
Anda sepertinya bingung akan giveaway apa yang bisa ditawarkan bisnis jasa pembuatan website. Semoga beberapa ide di bawah ini menuntaskan kebingungan Anda.
Salah satu cara ampuh untuk belajar sekaligus mendapatkan klien yaitu dengan bergabung ke dalam forum.
Tentu bukan sembarang forum, ya. Forum tersebut harus relevan dengan bisnis yang Anda miliki. Dalam hal ini adalah bisnis jasa pembuatan website. Mengapa?
Berikut beberapa manfaat bergabung dengan forum untuk mengembangkan bisnis jasa pembuatan website:
Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat, khususnya mengenai web development.
Hal ini tentu memudahkan Anda mendapatkan berbagai informasi segar tanpa harus membaca berita. Anda juga bisa mendiskusikan berbagai topik yang akan meningkatkan pemahaman Anda mengenai web development.
Tidak hanya Anda, banyak pelaku bisnis lainnya yang bergabung dalam forum untuk menggali informasi. Manfaatkan wawasan yang Anda miliki untuk mendapat sebanyak mungkin kontak bisnis.
Koneksi luas akan membuat Anda tahu dengan siapa saja Anda dapat menjalin kerja sama, melakukan pemasaran, dan lain-lain.
Di dalam forum, Anda tidak hanya akan bertemu pelaku bisnis, namun juga pengguna website. Bukan sekadar pengguna website, Anda juga bisa meminta mereka berpartisipasi dalam survey saat Anda melakukan riset pasar.
Untuk bisnis jasa pengembangan website, banyak forum yang menanti Anda untuk bergabung:
Anda gagal jika Anda berpikir Anda gagal. Satu strategi tidak bekerja sesuai harapan bukan berarti selamanya tidak akan berhasil.
Lakukan evaluasi pada setiap strategi bisnis Anda, baik yang gagal atau berhasil. Buatlah taktik baru jika Anda sudah tahu bagaimana cara memperbaiki taktik yang lama.
Jika Anda terlalu cepat untuk berhenti, siapkah Anda kehilangan potensi keuntungan yang seharusnya bisa Anda raih?
Mari belajar dari Hotama (atau PT. Kreasi Putra Hotama). Hotama adalah perusahaan yang melayani permintaan akan berbagai kebutuhan teknologi seperti pembuatan website, training online, dan lain-lain.
Sebelum mempercayakan hostingnya kepada Niagahoster, Hotama seringkali berhadapan dengan masalah teknis dari penyedia layanan hostingnya. Permasalahan itu juga membuat Hotama mendapat banyak protes dari kliennya.
Namun, semua itu berubah setelah Hotama memindahkan website klien-kliennya ke Niagahoster. Apalagi setelah Hotama bergabung dengan Niagahoster Partner.
Bersama Niagahoster Partner, Hotama bisa mendapatkan 40% keuntungan hanya dari order hosting perpanjangan. Selain itu, Hotama juga mengurus sedikitnya 50 proyek klien.
Bagi Anda yang belum tahu atau mungkin masih ragu, Niagahoster Partner adalah platform terbaik yang menawarkan pengalaman menjadi reseller hosting yang berbeda dari yang lain dengan kemudahan dan kebebasan sepenuhnya untuk pengelolaan bisnis Anda.
Jika Anda sudah membaca kalimat ini, berarti Anda semakin dekat dengan kesuksesan. Dari tadi kita sudah membicarakan mengenai serba-serbi bisnis jasa pembuatan website. Mulai dari mengapa usaha ini menjanjikan, hingga cara promosi bisnis jasa pembuatan website.
Namun, itu semua percuma jika Anda tidak memulainya.
Bisnis yang baik dibangun dari kerjasama yang baik. Kerja sama yang baik didapat dari partner yang tepat. Kami menyediakan promo web hosting dan domain yang bisa membantu Anda memulai bisnis jasa website.
Jadi bagaimana? Sudah siap memulai bisnis Anda?
Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!
Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…
Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…
Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis. Namun, menentukan nama domain bisnis…
Bingung mencari cara membuat link download menggunakan hosting sendiri? Tenang, yuk simak cara membuat link download di website sekarang!
Ketika IP address Anda diblokir server hosting, Anda akan kehilangan akses login ke cPanel dan admin website. Ini tentu menjadi…
Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of…