Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Cari Domain Murah? Dapatkan Promo Domain ID Murah di Sini!

3 min read

Promo Doamin ID Termurah

Ingin beli domain yang bagus selain .COM? Coba pakai domain ID saja. Domain ini tak kalah bagus dengan domain populer lainnya, lho! Malahan, domain ID memiliki banyak keunggulan dan mampu bersaing di Google. 

Karena keunggulannya, Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) mencatat bahwa domain ID dipakai oleh 135.812 pengguna di tahun 2019. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 45% dibanding tahun sebelumnya.

Masih ragu menggunakan domain ID? Yuk simak dulu kelebihannya di artikel ini! Psst! Ada banyak promo domain ID yang ditawarkan Niagahoster lho! Pantengin terus sampai selesai, ya! 

Apa itu Domain ID? 

Domain ID adalah salah satu jenis domain ccTLD (country code Top Level Domain) yang dikhususkan untuk website di Indonesia. Nama domain berupa .ID menunjukkan bahwa isi website tersebut dibuat dan ditujukan untuk audiens di Indonesia.

Beberapa website bisnis besar di Indonesia bahkan juga telah menggunakan domain ID. Misalnya, grab.co.id, astra.co,id, niagahoster.co.id, dan masih banyak lagi. 

Domain .ID memiliki banyak jenis ekstensi sesuai dengan kebutuhan website, seperti: 

  • CO.ID – termasuk domain yang juga cukup populer khususnya untuk bidang usaha yang telah memiliki legalitas hukum di Indonesia. 
  • AC.ID – ekstensi domain untuk perguruan tinggi di Indonesia. 
  • SCH.ID – ekstensi untuk lembaga pendidikan formal di Indonesia, mulai dari TK hingga SMA. 
  • GO.ID – ekstensi khusus untuk lembaga atau instansi pemerintahan Indonesia.
  • MY.ID – ekstensi untuk kepentingan personal. Biasanya untuk blog pribadi. 
  • NET.ID – ekstensi khusus untuk lembaga di bidang layanan telekomunikasi dan internet. 
  • BIZ.ID – ekstensi untuk website bisnis dengan skala kecil dan menengah (UMKM). 
  • OR.ID – ekstensi untuk organisasi, komunitas, atau yayasan tertentu. 

Dan masih banyak domain ekstensi ID lainnya. 

Lalu, bagaimana dengan harga domain-nya? Dari segi harga, domain ini cukup bersaing dengan domain populer lainnya kok. Meski pada 1 April 2022 lalu, harga domain .ID naik. Pun demikian, masih ada banyak promo domain .id murah yang disediakan layanan hosting.

Mengapa Harus Menggunakan Domain ID? 

Kira-kira apa saja kelebihan domain ID dan mengapa Anda perlu menggunakannya? Berikut penjelasannya! 

1. Lebih Aman 

Menggunakan domain ID ternyata lebih aman dibanding domain .COM. Hal itu karena proses pembelian domain ID yang memerlukan identitas resmi seperti KTP atau dokumen lainnya. Sehingga, identitas website jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Alhasil, domain ini juga dapat meningkatkan kredibilitas website. Terutama jika website Anda memiliki target audiens orang Indonesia. pengunjung tidak meragukan website Anda. 

Semisal Anda memiliki website bisnis, usaha Anda tentu juga akan lebih kredibel. Jadi, calon customer tidak ragu membeli produk atau layanan Anda. 

 2. Akses Lebih Cepat 

Menggunakan domain .ID ternyata juga dapat meningkatkan kecepatan akses loading website lho! Hal itu karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia dan diakses dalam wilayah yang sama. Sehingga, proses loading website jadi lebih cepat.  

Proses loading yang lebih cepat ini tentu akan berpengaruh pada pengalaman pengunjung dan juga performa Search Engine Optimization (SEO) website Anda. Dengan demikian, peringkat website di hasil pencarian Google pun akan naik. Sehingga, berpeluang mendapatkan lebih banyak pengunjung. 

3. Masih Banyak Pilihan Nama Unik yang Tersedia 

Nama website impian Anda sudah tidak tersedia di ekstensi .COM? Coba pakai domain ID saja! Kuota yang tersedia terbilang masih cukup banyak, sebab pengguna domain unik ini belum sebanyak domain .COM. 

Tidak percaya? Coba lihat contoh berikut.  

Kuota Domain .COM
Promo Domain ID

Pada contoh, domain “ternaklele” dengan .COM sudah tidak sedia. Sementara dengan ekstensi .ID masih tersedia. 

Memang, Anda kemungkinan masih bisa mendapatkan domain “ternaklele.com” yang telah dibeli orang lain tapi tidak terpakai dan dijual kembali. 

Akan tetapi, harga jualnya jauh lebih mahal. Sayang sekali, bukan? Sebagai alternatif, Anda bisa pakai domain .ID saja yang lebih murah. 

Jadi, Anda bisa tetap memakai nama website impian atau menggunakan kata kunci tertentu yang potensial untuk dijadikan alamat website Anda. 

4. Meningkatkan Peringkat Website di Pencarian Google

Takut website kalah saing dengan domain populer .COM? Tenang, dilansir dari situs MOZ, ranking website dengan ccTLD cenderung lebih baik. Sebab, Google akan mendeteksi bahwa website tersebut relevan di area tertentu.

Oleh sebab itu, memakai domain .ID untuk website dengan jangkauan audiens Indonesia merupakan pilihan yang tepat. Nah, jika ranking website Anda tinggi, peluang trafik website yang akan Anda dapatkan pun turut meningkat. 

5. Cocok untuk Branding

Selain bagus untuk SEO, domain ID juga cocok untuk branding. Terlebih jika website Anda merupakan website bisnis. Sebab, domain tersebut jauh lebih unik dan tak mudah ditiru.  

Pun, website usaha Anda juga dapat mempresentasikan identitas Indonesia. Hitung-hitung sebagai kecintaan terhadap Indonesia, bisnis Anda juga akan jauh lebih dipercaya oleh konsumen.

Nah, itu tadi perbedaan domain .COM dan .ID, sekaligus menunjukkan kalau domain .ID tak kalah saing dibanding domain yang lain.

Dapatkan Promo Domain ID Murah, Sekarang! 

Itu tadi beberapa kelebihan dan alasan mengapa Anda harus memakai domain ID. Di antaranya, lebih kredibel, akses jadi lebih cepat, kuota nama domain yang masih banyak, hingga SEO friendly. 

Selain keunggulan di atas, ada banyak sekali promo domain ID yang ditawarkan penyedia hosting. Jadi, Anda tak perlu khawatir harganya akan menguras kantong. 

Tak perlu jauh-jauh mencari. Niagahoster selalu menyediakan promo diskon domain ID murah khusus untuk Anda. 

Domain .id promo bisa Anda dapatkan mulai dari Rp25 ribu hingga R275 ribu. 

Tinggal pilih saja jenis promo domain ID yang sesuai kebutuhan. Ada .CO.ID, WEB.ID, OR.ID, AC.ID dan masih banyak lainnya. 

Jadi, tunggu apa lagi? 

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *