Categories: Basic Programming

7+ Cara Menjadi Programmer Handal dengan Penghasilan Jutaan Rupiah

Menjadi programmer adalah pekerjaan yang menjanjikan. Bayangkan, Anda dapat menghasilkan jutaan rupiah hanya berbekal laptop. Sayangnya, menjadi programmer yang andal tidaklah mudah. Perlu upaya keras dan strategi yang jitu.

Nah, panduan ini akan menjelaskan bagaimana cara menjadi programmer hebat yang bisa Anda coba. Tertarik untuk mengikutinya? Simak panduan ini, ya.

Apa itu Programmer?

Pada dasarnya, programmer bertanggung jawab untuk membuat sebuah aplikasi, baik untuk desktop, website, hingga aplikasi mobile. Tidak berhenti di situ saja, programmer juga merupakan orang yang bertanggung jawab menguji dan mengelola sebuah aplikasi atau website.

Singkatnya, tugas utama programmer terkait dengan perancangan, penulisan kode, debugging, pengujian hingga pengelolaan.

Dunia pemrograman sendiri cukup berkembang sehingga programmer bisa memilih salah satu bidang yang dikuasai. Anda bisa memilih menjadi seorang web designer yang fokus pada pengembangan tampilan website. Bisa juga sebagai seorang Android Developer yang fokus pada pengembangan aplikasi Android. (Hal ini akan kami jelaskan lebih lanjut.)

Intinya, agar mampu bekerja dengan baik, seorang programmer harus memiliki kemampuan bahasa pemrograman yang tinggi. Tentunya, bahasa pemrograman yang dikuasai harus sesuai dengan minat dan kemampuan.

Seorang programmer bisa bekerja dalam sebuah perusahaan dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Bisa juga melakukan pekerjaan sendiri sebagai freelancer atau pengembang program mandiri.

Lalu, apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi seorang programmer?

Cara Menjadi Programmer yang Menghasilkan Jutaan Rupiah

Anda mungkin berpikir bahwa bahwa untuk menjadi programmer harus belajar dalam forum resmi. Padahal, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang programmer yang sukses. Apa saja cara-caranya?

1. Pahami Alasan Utama Anda

Seorang programmer yang baik selalu memiliki alasan yang kuat ketika menjalani pekerjaannya. Nah, Anda juga perlu melakukan hal itu. Anda perlu memahami alasan Anda menjadi seorang programmer.

Selain itu, Anda juga harus merancang strategi supaya dapat menjadi seorang programmer yang handal. Tentunya, semua programmer yang telah ahli pernah melakukan hal ini sebelumnya.

2. Tentukan Bidang yang Anda Minati

Seperti disebutkan di atas, dunia pemrograman cukup luas. Itulah kenapa Anda perlu menentukan bidang pemrograman yang Anda kuasai. Baik desktop, website, hingga pengembangan aplikasi mobile.

Keadaan ini juga mendorong munculnya berbagai profesi. Sebab, setiap bidang membutuhkan keahlian yang berbeda-beda. Tak hanya itu, bahasa pemrograman yang perlu dipelajari pun berbeda.

Jadi, menentukan bidang yang dikuasai akan membantu perkembangan skill Anda sebagai developer. Apa saja?

Web Development

Sesuai namanya, web development terkait dengan pengembangan website.

Secara umum, web development terbagi dua, yaitu frontend dan backend. Front end berfokus pada pembuatan tampilan yang memperhatikan user experience. Sementara, back end development terkait dengan bagaimana website bekerja dengan baik.

Namun, ada juga full stack development yang merupakan penggabungan antara front end dan back end. Artinya, seorang full stack developer tidak hanya akan memastikan kestabilan atau keamanan website, ia juga akan membuat tampilan website yang unik dan intuitif.

Artinya, di dalam web development, Anda akan mengerjakan perancangan desain hingga pengelolaan database, server, dan lain-lain.

Software Development

Software development adalah bidang pemrograman tentang pembuatan aplikasi. Baik aplikasi skala kecil, maupun skala besar seperti pada perusahaan.

Software yang dikembangkan bisa saja diperuntukkan satu sistem operasi tertentu atau multi OS. Artinya, bisa berjalan di Windows, MacOS, Android, dan lainnya. Inilah yang perlu Anda pertimbangkan saat terjun sebagai programmer.

Selain itu, seorang software developer tidak hanya dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman, tapi juga merancang aplikasi. Tentunya, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, aplikasi pembayaran online, booking online, dan lainnya.

Data Science

Sesuai dengan namanya, bidang ini lebih kerap berkutat dengan data, bukan pembuatan aplikasi.

Jika menjadi seorang data scientist, Anda harus memiliki skill yang tinggi dalam analisis data. Anda bisa memulainya dengan mulai belajar tentang matematika dan statistika.

Keahlian data science cukup dibutuhkan, terutama dalam bisnis. Oleh karena itu, menjadi programmer di bidang ini cukup menjanjikan penghasilan yang besar.

Database Administration

Seperti halnya data science, database administration juga berkutat dengan data. Bedanya, seorang database administrator mengelola keamanan data sebuah sistem atau program.

Jika ingin menjadi seorang database administrator, Anda harus mempelajari tentang query. Sebab,  query terkait dengan komunikasi data dengan database. Selain itu, Anda juga perlu menguasai ilmu statistik dan analisis.

Dengan berbagai skill terkait database yang dikuasai dengan baik, pekerjaan Anda akan lebih mudah.

Mobile App Development

Mobile app development adalah bidang pemrograman tentang aplikasi mobile, baik itu android maupun iOS.

Saat ini, mobile app developer sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab, kebutuhan akan aplikasi mobile kian meningkat. Bisa dipahami mengingat akses internet saat ini sudah bergeser dari penggunaan melalui desktop ke smartphone.

Jika Anda menjadi seorang mobile app developer, Anda bisa bekerja pada sebuah perusahaan. Atau, bisa juga membuka usaha sendiri, seperti jasa pembuatan aplikasi.

3. Pilih Bahasa Pemrograman yang Mendukung Karir

Anda perlu memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan tujuan atau profesi yang akan dijalani. Apa saja bahasa yang perlu dikuasai programmer?

Python

Ingin menjadi seorang data scientist? Pelajarilah Python. Bahasa pemrograman yang cukup baru ini sering digunakan untuk keperluan data science. Salah satu alasannya, library yang dimiliki cukup lengkap.

Tidak hanya itu, Python menerapkan aturan penulisan yang sangat sederhana. Jadi, bagi programmer pemula sekalipun akan mudah mempelajarinya.

JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer untuk membuat website yang interaktif. Tak kurang dari 96% website di seluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman ini.

Hal ini berkat banyaknya fitur dan library yang dimilikinya. Bahkan, JavaScript merupakan pondasi utama dari semua website modern, bersama dengan HTML dan CSS. Artinya, jika menguasai bahasa pemrograman ini, Anda bisa menjadi programmer yang handal dalam web development dan bidang lainnya yang membutuhkan JavaScript.

Swift

Jika Anda ingin menjadi seorang iOS developer, maka bahasa pemrograman yang perlu Anda pelajari adalah Swift. Sebab, selain lebih mudah dipelajari, sebagian besar aplikasi populer seperti  WordPress, Firefox dan Slack dibangun dengan Swift.

Kabar baiknya, Swift tidak hanya digunakan untuk membangun aplikasi iOS saja. Bahasa ini juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi android. Jadi, dengan menguasai Swift, Anda lebih mudah untuk menjadi programmer yang handal di bidang mobile development.

Kotlin

Kotlin merupakan bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi android. Beberapa contohnya adalah Pinterest maupun Trello.

Bahasa pemrograman ini dikenal dengan performanya yang baik dan coding yang mudah dan singkat. Bagi programmer pemula, mempelajari Kotlin tentu memberikan keuntungan dalam menambah skill dan merencanakan karir.

SQL

Sebenarnya, SQL bukanlah bahasa pemrograman. Namun, sebagai seorang web programmer dan database administrator, Anda perlu mempelajarinya.

SQL adalah sebuah bahasa query yang berfungsi untuk menjembatani antara website dan database. Pada praktiknya, SQL digunakan untuk memanipulasi data, seperti menambahkan, mengedit, bahkan menghapus data.

Pengetahuan tentang SQL akan membantu Anda untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan dengan baik.

4. Terus Asah Kemampuan

Setelah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipelajari, fokuslah pada pilihan Anda tersebut. Kemudian, terus asah kemampuan Anda

Anda bisa membaca dari berbagai sumber tentang bahasa pemrograman yang akan Anda pelajari. Mulai dari konsepnya, cara kerjanya, hingga aturan penulisannya.

Setelah itu, Anda bisa mencobanya langsung secara konsisten. Dengan berlatih secara rutin, Anda dapat terbiasa dengan penulisan bahasa pemrograman tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menjadi programmer handal dan membuat aplikasi yang baik.

Jika aplikasi yang Anda buat mengalami error, maka Anda bisa mencoba memperbaiki kesalahan tersebut. Semakin banyak error yang dihasilkan, maka akan semakin banyak Anda belajar. Dengan error tersebut, Anda jadi tahu bagaimana proses pembuatan aplikasi yang benar.

5. Buatlah Portofolio

Jika Anda telah membuat berbagai aplikasi, Anda bisa mengumpulkan aplikasi tersebut menjadi sebuah portofolio. Sangat disarankan untuk menyimpan portofolio pada website secara online. Dengan begitu, semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah.

Saat Anda melamar pekerjaan, maka pasti Anda punya saingan yang melamar di posisi yang sama dan di kantor yang sama. Nah, manfaat portofolio adalah untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda telah menguasai bahasa yang diminta.

Baca Juga: Cara Membuat Web Portofolio untuk Menunjukkan Skill Anda

6. Berkontribusi dalam Projek Open Source

Untuk mengasah kemampuan pemrograman Anda, Anda dapat ikut berkontribusi pada projek open source pada Github. Hal itu juga dapat melatih Anda untuk bekerja secara tim.

Selain itu, manfaat dari berkontribusi pada projek open source adalah Anda dapat melihat aturan penulisan kode milik orang lain. Anda bisa berdiskusi tentang coding yang dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat terus memperbaiki penulisan Anda menjadi lebih baik.

7. Membangun Karir Sebagai Programmer

Berbekal portofolio, Anda bisa mencoba membangun karir Anda sebagai programmer.

Pertama, Anda bisa melamar pada sebuah perusahaan besar. Tentunya, sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Bekerja di perusahaan memberi manfaat Anda untuk bekerja secara teratur dalam project yang besar. Selain itu, Anda bisa melatih kemampuan untuk berkolaborasi dalam sebuah tim

Kedua, Anda bisa juga menjajal dunia freelance. Baik saat sudah bekerja di perusahaan, atau sebagai sumber pendapatan utama Anda. Sebagai freelance Anda bisa lebih bebas untuk bekerja sesuai waktu dan tempat yang Anda sukai. Bahkan, Anda bisa sambil terus meningkatkan skill Anda selama mengerjakan berbagai project dari klien.

Untuk mendapatkan pekerjaan, Anda bisa mengunjungi berbagai website freelancer, baik lokal maupun internasional. Pilihlah yang menurut Anda sesuai dengan tujuan dan bidang keahlian Anda.

Ketiga, Anda bisa membangun karir dengan pekerjaan sampingan sebagai programmer. Meskipun fokusnya tetap pada keahlian pemrograman, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuat ebook, mengajar online, hingga membuat aplikasi sendiri.

8. Selalu Up to Date Dengan Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi sangatlah cepat. Perjuangan Anda tidak selesai ketika Anda mendapatkan klien ataupun diterima kerja. Anda perlu terus belajar bahasa pemrograman lain untuk dapat selalu update dengan teknologi terbaru.

Dengan begitu, karir Anda akan terus cemerlang dan bahasa yang Anda kuasai tidak ketinggalan jaman. Selain itu, Anda juga tidak kalah dengan programmer lainnya yang terus mempelajari hal baru.

Kesimpulan

Anda telah mempelajari cara menjadi programmer handal. Mulai dari menentukan bidang pemrograman yang ingin dijalani sampai membangun karir sebagai programmer. Apapun itu, pastikan Anda menjalaninya dengan baik dan tekun.

Jangan lupa untuk selalu aktif mempelajari hal baru dan up to date dengan perkembangan teknologi. Dengan skill yang semakin tinggi, akan semakin mudah bagi Anda mendapatkan pekerjaan atau klien dengan project yang menjanjikan. Pada akhirnya, karir sebagai programmer bisa berjalan baik.

Sudah tidak sabar mempraktikan berbagai cara di atas? Semoga sukses untuk Anda!

Alexandromeo Lawrence

Alex is a SEO Content Writer at Niagahoster. He is passionate about SEO, digital marketing, and web development.

Share
Published by
Alexandromeo Lawrence

Recent Posts

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

7 hours ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

1 day ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

2 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

2 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

3 days ago

Belajar HTML Lengkap untuk Pemula

Saat ini, hampir semua orang bisa membuat website tanpa memahami coding. Padahal, penting juga lho untuk memahami pondasi pembentuk website,…

4 days ago