Website & Blog

Port 443: Bagian Keamanan Website yang Tak Bisa Diremehkan!

Ancaman kejahatan online terus meningkat. Maka dari itu, jangan bosan untuk terus melindungi website Anda. Salah satunya, dengan selalu mengutamakan protokol jaringan yang aman melalui port 443.

Nah, apa itu port 443? Apa manfaatnya untuk website Anda? Di artikel ini, kami akan membahasnya secara lengkap. Yuk, simak artikel ini!

Apa itu Port 443?

Port 443 adalah port default dari koneksi dengan protokol HTTPS, yaitu sebuah protokol komunikasi data yang aman karena dilindungi oleh sertifikat SSL. Dengan proteksi tersebut, setiap informasi data akan dienkripsi sehingga tidak mudah dibaca oleh pihak lain, seperti hacker. 

sumber: pixabay

Sebenarnya proses komunikasi data antara browser dan web server tidak hanya melalui port 443 saja. Namun, juga melalui port 80. Bedanya, port 80 merupakan port default bagi koneksi HTTP, dimana komunikasi data masih menggunakan teks biasa yang rentan diretas.

Jadi, bisa diibaratkan, port 443 adalah pintu keluar masuk bagi seluruh komunikasi data server website dengan keamanan yang terjamin.

Baca Juga: Hindari Masalah Keamanan Website WordPress dengan Satu Solusi Ampuh

Lalu, bagaimana cara kerja port ini untuk melindungi proses komunikasi data website Anda? Simak pembahasan selanjutnya.

Bagaimana Port 443 HTTPS Bekerja?

Pada dasarnya, port 443 bertugas sebagai pintu komunikasi data ke server yang menggunakan protokol HTTPS. Maka, prinsip kerjanya mengikuti komunikasi tersebut.

Pertama-tama, sebuah browser menyapa server tujuan. Nah, jika server sudah diinstal SSL, maka server akan merespon dengan sebuah sertifikat keamanan dan menawarkan komunikasi menggunakan protokol HTTPS. 

Jika browser setuju, komunikasi bisa dilanjutkan. Permintaan data dari browser akan dikirim dalam keadaan terenkripsi dan diterima server melalui port 443. 

Selanjutnya, server akan mengirimkan data yang diminta lewat port ini juga dalam keadaan terenkripsi. Akhirnya, browser akan menggunakan key yang dimiliki untuk membuka informasi dari server. Begitu seterusnya.

sumber: clickssl

Sebagai contoh ketika Anda mengunjungi sebuah toko online dan perlu melakukan login.  Maka bisa dipastikan URL yang digunakan diawali https sebagai informasi bahwa data-data pribadi Anda akan dikirim ke server dalam keadaan terenkripsi. 

Manfaat Port 443 Untuk Website Anda

Berikut ini manfaat menggunakan port 443 dengan protokol HTTPS untuk website Anda:

1. Transfer Data Lebih Aman

Ketika menggunakan port 443, artinya proses transfer data antara browser pengunjung dengan server website lebih aman karena dilindungi oleh enkripsi SSL. 

Selain bisa melindungi data server Anda, cara ini juga sekaligus melindungi keamanan data sensitif dari pengunjung atau pelanggan website toko online Anda. 

Baca Juga: 12+ Tips Lengkap Cara Meningkatkan Keamanan Website Anda [Terbaru]

2. Meningkatkan Reputasi Website

Ketika server sudah diinstal SSL dan menggunakan port 443 untuk semua komunikasi data, maka reputasi website tersebut akan lebih baik. Kenapa demikian?

Sebab, setiap komunikasi data akan hanya menggunakan protokol HTTPS dan browser akan melabeli URL website tersebut dengan logo gembok, yang berarti aman. 

Ini tentu bisa memberi kepercayaan orang untuk mengunjungi website Anda atau membuat yakin orang yang berbelanja di website toko online Anda. 

Selain itu, saat ini Google Chrome mengutamakan aktivitas browsing menggunakan koneksi HTTPS. Jadi, melengkapi server dengan SSL dan menyiapkan port 443 untuk pintu komunikasi data adalah pilihan terbaik. 

3. Meningkatkan Peringkat SEO Website

Sejak 2014, Google menjadikan HTTPS sebagai ranking signal. Sesuai algoritma ini maka semua website yang belum menggunakan HTTPS tidak akan direkomendasikan ke pengguna mereka. Jadi, sulit untuk bisa jadi nomor satu di hasil pencarian.

Nah, kalau website Anda sudah mendukung komunikasi dengan protokol HTTPS melalui port 443, tentu kesempatan untuk mendapat peringkat atas di Google semakin besar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Error Port 443 di XAMPP [Tercepat]

Segera Amankan Website Anda dengan Port 443!

Sekarang, Anda sudah memahami tentang port 443, kan? Port ini merupakan pintu akses pertukaran data ke server secara aman.

Manfaat dari port 443 cukup banyak. Pertama, transfer data akan lebih aman. Kedua, reputasi website Anda akan meningkat. Ketiga, peringkat website lebih mudah naik di hasil pencarian Google.

Nah, karena port ini merupakan port standar dari protokol HTTPS, untuk menggunakannya Anda perlu menginstall SSL dulu. Anda bisa kok menggunakan versi yang gratis maupun berbayar.

Namun, keutamaan dari SSL berbayar adalah Anda tak perlu melakukan pembaruan setiap tiga bulan sekali yang terasa terlalu cepat. 

Oleh karena itu, Niagahoster menawarkan SSL Murah yang bisa Anda dapatkan hanya dengan 115 ribu/tahun. Dengan SSL Murah ini, Anda hanya perlu melakukan update SSL setahun sekali

Itu pun sudah termasuk layanan pelanggan 24 jam jika mengalami kendala, proses aktivasi instan dan dukungan enkripsi 2048 bit untuk menjamin keamanan komunikasi data. Bagaimana? Sudah tak sabar menggunakannya?

Salsabila Annisa

SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Share
Published by
Salsabila Annisa

Recent Posts

Memilih Hosting untuk Pemula [Bonus Tips dan Rekomendasi Layanannya!]

Memilih layanan hosting bisa jadi membingungkan bagi pengguna hosting pemula. Apalagi, banyak istilah-istilah asing yang seringkali ditemukan saat membandingkan paket…

7 hours ago

Panduan YouTube Dashboard Monetisasi 2022 [Terupdate!]

Sebagai seseorang yang ingin meraih cuan lewat YouTube, Anda harus tahu tentang YouTube dashboard monetisasi. Ini adalah platform agar YouTuber…

7 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja DNS yang Harus Anda Ketahui

Mengakses sebuah website kini lebih mudah berkat adanya DNS (Domain Name System). Fungsi DNS adalah mencocokkan IP address website dengan…

24 hours ago

Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting yang Wajib Anda Tahu

cPanel memang populer, tapi tahukah Anda kelebihan dan kekurangan cPanel? Jika tidak, baca artikel ini dulu, ya!

1 day ago

Mengenal Industri Kreatif: Manfaat, Jenis, hingga Contohnya

Tahukah Anda bahwa industri kreatif adalah salah satu sektor yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia? Industri kreatif makin menarik banyak…

2 days ago

Perbedaan Registry, Registrar, dan Registrant Domain

Ketika bicara domain, Anda tentu akan sampai pada bahasan perbedaan registry, registrar dan registrant. Bahkan, Anda mungkin pernah mendengar bahwa…

3 days ago