Web Development & Design

Apa Itu Pop Up? Pengertian, Fungsi, dan Contoh Pop Up

Pop up adalah informasi yang muncul di hadapan Anda ketika sedang mengakses website atau menggunakan komputer dan smartphone. Tapi, tahukah Anda apa itu pop up sebenarnya, dan kenapa harus ada popup?

Nah, di artikel ini, Anda akan mengenal pengertian dan jenis-jenis pop up. Tak hanya itu, Anda juga akan mengetahui fungsi pop up yang sederhana, tapi penting.

Yuk, simak penjelasannya bersama sama!

Apa Itu Pop Up?

Pop up adalah tampilan berupa jendela kecil yang muncul dengan informasi tertentu di sebuah perangkat. Dalam hal ini bisa di komputer, aplikasi, website dan lainnya. 

Sebagai contoh, menu yang muncul saat Anda melakukan klik kanan di desktop komputer untuk mengubah pengaturan merupakan sebuah pop up.

Contoh pop up lainnya bisa Anda temui di website. Biasanya, isi pop up di website berupa pesan umum atau promosi tertentu. Misalnya, penawaran ebook yang mungkin Anda jumpai di blog Niagahoster ini.

Di smartphone pun Anda tentu sering melihat pop up. Notifikasi dari aplikasi chat yang tampil di lock screen atau layar kunci adalah contohnya.

Lalu, apa sih kegunaan pop up itu? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa Fungsi Pop Up?

Setidaknya, ada lima fungsi pop up, yaitu:

1. Menampilkan Menu

Salah satu fungsi pop up adalah memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan perangkat, aplikasi, atau website. Contoh sederhananya adalah menu yang muncul saat Anda klik kanan file di Windows Explorer.

Dengan melakukan klik pada menu-menu yang ada di pop up tersebut, Anda bisa mengelola file yang dipilih tersebut. Sebagai contoh, mengkopi file itu atau menghapusnya.

2. Memberikan Peringatan

Fungsi pop up selanjutnya adalah memperingatkan tentang sesuatu yang terjadi di perangkat Anda, terutama yang bersifat buruk.

Salah satu contohnya adalah ketika aplikasi yang Anda akses tidak bisa dibuka. Saat itu terjadi, perangkat Anda akan menampilkan pop up yang memberitahukan bahwa aplikasi tidak merespon.

3. Menyampaikan Notifikasi

Pop up juga bermanfaat untuk menyampaikan notifikasi dari sistem perangkat maupun aplikasi yang Anda miliki. Dengan fungsi pop up ini, Anda jadi bisa tahu jika ada pesan yang masuk ke inbox, proses download selesai, dan lainnya.

Umumnya, notifikasi pop up disertai tombol yang fungsinya sesuai dengan konteks notifikasi. Misalnya, agar Anda bisa segera membalas chat yang masuk.

4. Sebagai Sarana Promosi

Di aplikasi dan website, pop up berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi penting kepada pengguna atau pengunjung. Salah satunya, informasi promosi. Umumnya, promosi tersebut menawarkan produk milik website atau aplikasi yang Anda kunjungi.

Akan tetapi, ada juga popup yang mengiklankan produk dari bisnis lain. Sebagai contoh, popup di website yang menggunakan layanan iklan seperti Google AdSense.

Apa Saja Jenis Pop Up?

Ada beberapa jenis pop up yang bisa Anda temukan di perangkat komputer dan website, termasuk:

1. Pop Up Menu

Salah satu jenis pop up adalah pop up menu yang berisi beberapa opsi tindakan di dalam sebuah aplikasi. Contoh pop up ini bisa Anda temui saat mengakses file manager web hosting. 

Ketika Anda melakukan klik kanan di sebuah file, akan muncul pop up yang memberikan Anda beberapa pilihan tindakan, seperti download, edit, dan mengubah nama file.

2. Pop Up Dialog Box

Dialog box berfungsi untuk mengkonfirmasi tindakan Anda di perangkat komputer atau smartphone. Biasanya, jenis pop up ini berisi pertanyaan dan tombol “Yes” dan “No”.

Misalnya, ketika klik menu delete file di Windows Explorer, Anda akan ditanya apakah benar-benar ingin menghapus file tersebut.

3. Pop Up Notifikasi

Notifikasi di smartphone dan komputer termasuk jenis pop up. Dengan adanya pop up notifikasi, Anda akan mendapatkan informasi penting tanpa harus membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu.

4. Pop Up Chat

Pop up chat mirip dengan notifikasi, tetapi hanya ditemukan di aplikasi chatting. Jenis pop up ini tidak hanya menampilkan pesan yang masuk, tetapi juga memberi Anda opsi untuk membalas pesan tersebut dengan lebih mudah.

5. Pop Up Iklan

Sesuai namanya, jenis pop up ini menampilkan iklan di website. Isi iklannya bisa berupa penawaran maupun ajakan untuk melakukan tindakan yang tertentu yang diinginkan pemilik website. Contoh pop up iklan biasanya untuk mendownload ebook, mendaftar newsletter, dan semacamnya.

Bagaimana Cara Membuat Pop Up?

Bagaimana cara membuat pop up dengan benar? Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Pop Up Notifikasi di WhatsApp

Ini dia cara mengaktifkan pop up notifikasi di WhatsApp yang bisa Anda coba:

1. Buka WhatsApp.

2. Sentuh tombol menu (titik tiga) di pojok kanan atas dan pilih Settings.

3. Sentuh menu Notifications.

4. Sentuh menu Pop up notification.

5. Ada tiga opsi yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Only when screen “on”: menampilkan pop up saat layar menyala
  • Only when screen “off”: menampilkan pop up saat layar mati
  • Always show popup: menampilkan pop up baik saat layar menyala maupun mati

Baca Juga: Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Cara Membuat Pop Up Notifikasi di Instagram

Apabila ingin mengaktifkan notifikasi pop up di Instagram, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Instagram

2. Buka halaman profil Anda dengan menyentuh ikon di pojok kanan bawah.

3. Sentuh tombol menu (garis tiga) di pojok kanan atas dan pilih Settings.

4. Sentuh menu Notifications, lalu pilih jenis notifikasi yang ingin Anda aktifkan dan pilih On.

Cara Membuat Pop Up Iklan di Website WordPress

Apabila Anda pemilik website yang menggunakan WordPress, cara membuat pop up iklan sangat mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

1. Log in ke Dashboard WordPress

2. Klik menu Plugins > Add New di sidebar.

3. Cari dan install plugin CM Popup.

4. Klik menu CM Pop-up banners for WordPress di sidebar.

5. Klik tombol Add New Campaign dan isi konten iklan Anda.

6. Tentukan konfigurasi pop up.

7. Aktifkan pop up dengan klik Publish.

Baca Juga: 10+ Plugin Popup Terbaik untuk WordPress

Siap Membuat Pop Up Di Website?

Pop up artinya jendela kecil yang muncul di depan sebuah antarmuka perangkat komputasi. Contoh pop up bisa Anda jumpai sebagai menu, notifikasi, hingga iklan di website.

Fungsi pop up terlihat sederhana, tetapi manfaatnya besar bagi Anda. Misalnya, pop up notifikasi memungkinkan Anda untuk menengok pesan yang masuk ke inbox tanpa harus membuka aplikasinya.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan website untuk berbisnis, pop up adalah salah satu sarana efektif untuk melakukan pemasaran. Sebab, sebuah penelitian membuktikan bahwa Anda dapat meningkatkan jumlah konversi di website menggunakan pop up hingga 2100%!

Terlebih, membuat website bisnis itu sekarang mudah sekali. Dengan menggunakan platform WordPress, Anda bisa membangun website tanpa perlu keahlian teknis.

Yang tidak kalah menarik, pengelolaan WordPress sangat praktis jika Anda menggunakan hosting Simple WordPress Niagahoster. Dengan layanan hosting Niagahoster ini, Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan, seperti:

  • Tampilan website sudah jadi dan tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Beberapa plugin penting, seperti untuk optimasi mesin pencarian, membuat daftar produk, dan meningkatkan performa website sudah tersedia. Anda tidak perlu menginstal lagi.
  • Fitur visitor tracker memudahkan Anda untuk memantau jumlah pengunjung website dan halaman apa saja yang populer. Jadi, Anda bisa tahu efektivitas upaya pemasaran melalui website.
  • Keamanan website terjamin dengan adanya fitur anti malware dan firewall untuk menangkal serangan hacker.
  • Anda bisa meminta bantuan customer support kapanpun melalui live chat, WhatsApp, telepon, dan email. Dengan begitu, kendala di website bisa cepat teratasi dan tidak menghambat laju bisnis.

Semua fasilitas tersebut bisa Anda dapatkan mulai dari Rp29.425/bulan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan Simple WordPress sekarang juga!

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan

Recent Posts

Spesifikasi Hosting untuk Moodle & Rekomendasi Jenis Hosting

Ingin menginstall Moodle di hosting tapi takut performanya anjlok? Yuk simak dulu rekomendasi hosting untuk Moodle yang tepat!

9 hours ago

25 Domain Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Hanya dengan belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan domain baru. Lalu kenapa ada orang yang membeli domain termahal sampai…

3 days ago

Apa Itu Google Domain dan Perbedaan dengan Domain Lain

Saat berselancar di internet, mungkin Anda menemukan Google Domain sebagai salah satu opsi untuk membeli domain website.  Yap, layanan yang…

4 days ago

Apa itu DOM di JavaScript? Mengenal DOM JavaScript

Jika Anda ingin mendalami JavaScript, Anda perlu tahu apa itu DOM. Yuk pelajari semua tentang JavaScript DOM di sini!

4 days ago

Perbedaan Domain dan Subdomain yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang menggunakan website pasti sering mendengar istilah domain dan subdomain. Tapi, apa ya perbedaan domain dan subdomain? Singkatnya,…

4 days ago

Apa itu Exact Match Domain: Contoh & Pengaruhnya pada SEO

Sebelum Google meng-update algoritmanya, exact match domain menjadi jalan pintas untuk meraih ranking #1 di hasil pencarian. Apa itu exact…

5 days ago