Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Apa Itu Podcast: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

3 min read

pengertian dan manfaat podcast untuk bisnis

Sering dengar istilah podcast? Memang, podcast adalah media hiburan yang sedang berkembang pesat saat ini. 

Dengan makin menjamurnya konten podcast, mungkin Anda jadi penasaran sebenarnya podcast artinya apa sih? Apa saja keuntungan podcast hingga begitu digemari pendengarnya? 

Tak perlu berlama-lama, yuk temukan arti podcast di artikel ini!

Apa Itu Podcast?

Podcast adalah konten audio yang formatnya mirip radio dan dapat didengarkan melalui internet. Tiap channel podcast biasanya punya topik khusus, mulai dari bisnis, kehidupan, hingga komedi. Para pendengar bisa mengaksesnya secara langsung melalui berbagai platform streaming, seperti Spotify dan YouTube.

Topik yang dibicarakan sangatlah beragam, tergantung dari niche podcast itu sendiri. Misalnya podcast teknologi, ilmu pengetahuan, berita, kesehatan, dan lain sebagainya.

Contohnya seperti, Ngobrol Bisnis oleh Panji Prabowo, Bisnis Bareng Bram oleh Septian Bramandita, FINTALK, Pemasaran Digital oleh William Jakfar, dan lain-lain.

Sudah mulai paham apa itu podcast, ‘kan? Sebelum mengenal podcast lebih lanjut, mari kita bahas sejarah terciptanya podcast di dunia terlebih dahulu. Scroll ke bawah, yuk.

Sejarah Singkat Podcast

sejarah apa itu podcast

Di tahun 2004, mantan VJ MTV bernama Adam Curry memiliki konsep rekaman audio yang dapat didengarkan lewat internet kapanpun sesuai keinginan.

Adam Curry menyatakan idenya ke programer andal, Dave Winer, yang juga punya ide mengupload audio ke internet dengan membuat sistem perangkat lunak feed really simple syndication (RSS). Lalu terjadilah kolaborasi antara ide audio blog dan sistem RSS tersebut.

Konsep podcast yang pertama di dunia dibawa oleh Dave Winer. Ia membuat blog yang berisi kumpulan audio wawancara. Konsep ini menginspirasi Adam Curry untuk membangun program Daily Source Code yang didownload dan diputar di iTunes.

Lalu, kenapa namanya disebut podcast? Mulanya, media hiburan ini belum memiliki nama sampai penyiar radio Ben Hammersley menyebut kata “podcast” di koran The Guardian. Nah, podcast adalah singkatan dari Playable on Demand Broadcast.

Nah, podcast menginspirasi Apple Inc. untuk merilis produk bernama iPod dan Apple Podcast yang khusus untuk memutar media podcast. Tapi saat ini, podcast adalah konten yang bisa diputar di berbagai aplikasi streaming audio, video, bahkan blog dan website

3 Jenis Podcast

Sebelum Anda memilih podcast yang diminati, mari kenali dulu jenis-jenisnya. Terdapat tiga jenis podcast yang banyak beredar saat ini, yaitu:

1. Solo-host Podcast

Solo-host podcast adalah jenis podcast yang hanya memiliki satu host

Jenis podcast pertama ini hanya memiliki satu penyiar atau host. Penyampaiannya pun dapat dikemas dengan bercerita atau monolog. 

Podcast yang satu ini sangat cocok untuk menggiring opini atau menyampaikan berita kepada pendengar ke suatu topik. 

Solo-host podcast juga dapat dikatakan menjadi podcast yang paling mudah dibuat. Anda dapat membuat script terlebih dahulu, lalu merekam host. 

Pembahasan pun dapat terfokus dan tidak akan luber kemana-mana, karena host dapat membaca script saat merekam podcast. Tak hanya itu, solo-host podcast juga menghadirkan topik dengan riset yang mumpuni.  

2. Multi-host Podcast

Multi-host Podcast adalah jenis podcast yang dibawakan dua host atau lebih

Podcast ini dapat dibawakan oleh dua host atau lebih. Biasanya jenis podcast ini jarang atau bahkan tidak pernah mengundang host tamu untuk berbicara di podcast. 

Beberapa host tetap, akan membicarakan sebuah topik. Kelebihannya, topik dapat dikemas dengan beberapa cara, seperti diskusi dan debat. 

Namun, kesuksesan Multi-host Podcast juga bergantung pada para host. Podcaster harus mencairkan suasana dan tetap terfokus pada pembahasan. 

3. Interview Podcast

Interview Podcast adalah jenis podcast yang mengundang bintang tamu untuk diwawancara

Seperti namanya, podcast ini dibuat dengan cara host mewawancarai bintang tamu. Interview podcast terbilang mudah dilakukan, karena tidak membutuhkan persiapan yang terlalu banyak.

Podcast jenis ini dapat dikatakan yang paling umum dilakukan. Ada beberapa hal yang membuat interview podcast digemari, yaitu:

  • Sangat memungkinkan mengikuti topik yang sedang hangat
  • Dapat mengundang host tamu ahli sesuai dengan topik pembicaraan
  • Kemungkinan podcast dapat banyak pendengar, karena baik topik yang sedang ramai ataupun penggemar dari host tamu yang menjadi pembicara.

Sampai sini, Anda sudah tahu jenis-jenis podcast nih. Lalu, kira-kira apa sih keuntungan podcast bagi para penikmatnya? Simak poin di bawah ini, ya..

5 Keuntungan Podcast Bagi Pendengar

Ada banyak keuntungan podcast yang bisa didapatkan pendengar. Apa saja, ya?

1. Menjaga Work-Life Balance

podcast dapat didengar dimanapun dan kapanpun

Podcast adalah konsep yang paling efektif untuk orang yang sibuk. Karena podcast dirancang dengan mengutamakan kualitas dari bahan pembicaraan tanpa perlu melihat layar device. 

Podcast dapat didengar saat berkendara, berolahraga, bersantai, dan lain sebagainya. Jadi, konten podcast yang bisa didengarkan sambil beraktivitas ini bisa membantu meningkatkan work-life balance Anda.

2. Belajar Berbagai Topik dari Podcast

keuntungan podcast yaitu bisa dijadikan sebagai media edukasi

Siapa sangka salah satu keuntungan podcast adalah sebagai media pembelajaran bagi pendengar. 

Podcast menawarkan cara mudah untuk menambah wawasan tentang berbagai macam topik. Bahkan, 71% orang menyatakan bahwa mereka mendengarkan podcast untuk belajar hal baru.  

Jadi bagi Anda yang lebih mudah menangkap informasi dengan mendengar, Anda bisa mendalami hal-hal yang Anda minati dari konten  podcast.

3. Mendapatkan Perspektif Baru

Keuntungan podcast ialah bisa mendapatkan perspektif baru

Mendengarkan podcast adalah cara yang efektif untuk memperluas pengetahuan. Kok bisa, ya? 

Sebab, salah satu keuntungan podcast yaitu Anda bisa mengetahui ide, pendapat, sampai pengalaman baru yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di kehidupan sehari-hari. 

Podcast membuat pendengarnya seakan bertemu seseorang yang memiliki minat atau pekerjaan yang sama, tapi tinggal di negara yang berbeda dengan perspektif dan pemikiran yang beda pula. 

Itulah mengapa, podcast bisa membantu Anda menemukan pandangan dan informasi baru tentang berbagai bidang dengan mudah. 

4. Membantu Melepas Stres

podcast meditasi bisa membantu melepas stress

Tahukah Anda? Ternyata mendengarkan suara yang menenangkan dapat menstimulasi otak Anda untuk mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon yang disebut ‘hormon cinta’ ini ialah zat kimia dalam otak yang memberikan efek relaksasi.

Jadi, saat Anda sudah beraktivitas berat seharian atau ingin melepas penat, coba dengarkan podcast meditasi dan bersantailah. 

5. Meningkatkan Imajinasi

podcast bisa mendorong imajinasi pendengarnya

Penelitian Universitas Rutgers di New Jersey melaporkan bahwa ketika Anda mendengarkan sebuah cerita, hal tersebut akan meningkatkan proses visualisasi di otak Anda. Kegiatan mendengar menjadi cara yang lebih efektif untuk meningkatkan imajinasi daripada membaca informasi di media tulisan. 

Nah, podcast adalah konten yang tersedia dalam bentuk audio tanpa visual. Konten narasi seperti podcast memungkinkan pendengarnya menggunakan imajinasi untuk membayangkan visual yang sedang diceritakan oleh podcaster atau penyiar podcast.

Sudah Paham Apa Itu Podcast, ‘kan?

Hidup mungkin akan semakin sibuk seiring berjalannya hari. Namun, bukan berarti Anda tidak punya waktu untuk memperluas pengetahuan. 

Salah satu caranya adalah mendengarkan podcast. Dengan podcast, Anda bisa menggali ilmu sambil tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti berangkat kerja, bersih-bersih rumah, dan lain-lain.  

Banyaknya peminat bentuk konten ini membuat keuntungan podcast tidak hanya bisa dinikmati oleh pendengarnya saja. Podcast juga memiliki manfaat bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya.

Sebab, podcast adalah salah satu media yang bisa mendatangkan audiens loyal, membangun branding, menjadi media promosi ke calon konsumen, hingga menambah pundi-pundi bisnis Anda.

Untuk mendapatkannya, memang membutuhkan waktu dan harus diimbangi dengan konsistensi dalam membuat podcast. Namun, semua akan terbayarkan dengan basis fans podcast yang pastinya akan menguntungkan juga bagi bisnis Anda. 

Bagaimana? Tertarik membuat podcast?

ebook kiat bisnis online
Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.