Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

10+ Plugin WooCommerce Terbaik untuk Toko Online Anda

4 min read

plugin woocommerce

WooCommerce adalah plugin ecommerce paling populer di WordPress dengan lebih dari tiga juta pengguna.

Banyak kelebihan dan manfaat WooCommerce yang bisa Anda dapatkan, seperti kustomisasi dan kontrol. WooCommerce menyediakan berbagai fitur penting toko online yang dapat Anda atur sendiri.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur lapak mereka dan menentukan metode pembayaran dengan mudah. Ditambah lagi masih ada banyak plugin lainnya yang bisa diintegrasikan dengan WooCommerce.

Dengan analytics tool gratis yang dimiliki plugin WordPress yang satu ini, pengguna dapat mempelajari performa toko mereka untuk meningkatkannya.

Selain fitur-fitur yang berguna untuk bisnis online, WooCommerce juga memiliki setup yang mudah.

Akan tetapi, WooCommerce juga menawarkan banyak potensi jika digabungkan dengan plugin lainnya. Artikel ini akan membahas 10+ plugin WooCommerce yang wajib dimiliki ketika membuat website toko online agar memikat lebih banyak pembeli.

10+ Plugin WooCommerce Terbaik

Di bawah ini akan dibahas sebelas plugin WooCommerce terbaik yang perlu dimiliki toko online Anda.

1. OptinMonster

banner plugin optimonster

Tidak semua orang yang mengunjungi toko Anda akan menjadi pelanggan, atau bahkan membeli sesuatu. Karena itulah OptinMonster diciptakan.

Plugin ini membantu penggunanya untuk mendesain dan meletakkan pop-up call-to-action di dalam website mereka. Isi dari pesan pop-up ini pun bisa bermacam-macam, termasuk penawaran katalog atau newsletter untuk mendapatkan alamat email pengunjung dan countdown diskon.

Menariknya, Anda tidak perlu memiliki keahlian teknis untuk mengoperasikan plugin ini. Pembuatan pop-up dilakukan dengan drag-and-drop builder, sehingga pengguna hanya perlu memilih elemen (tombol, kolom isian, text box) yang diinginkan dan meletakkannya pada desain mereka.

Di samping itu, OptinMonster memberikan fasilitas A/B testing. Dengan fitur ini, pengguna dapat menguji variasi dari pesan pop-up mereka untuk menentukan yang paling bermanfaat.

OptinMonster bisa didapatkan secara cuma-cuma di repository WordPress.

2. WooCommerce Multilingual

banner plugin wpml

Ketika Anda ingin memperluas pemasaran toko atau produk secara internasional, bahasa menjadi batasan utama. Apalagi jika Anda harus menerjemahkan semua teks di website Anda ke beberapa bahasa sekaligus.

Oleh karena alasan itulah plugin WooCommerce Multilingual dibutuhkan. Dengan plugin ini, Anda dapat mengintegrasikan WooCommerce dengan plugin penerjemah WPML.

Namun perlu Anda ketahui bahwa plugin ini tidak dapat berdiri sendiri. Untuk mengoperasikannya, pengguna harus install WPML serta WPML Translation Management dan WPML String Translation, yang merupakan bagian dari plugin utama.

Meskipun WooCommerce Multilingual dapat diunduh dengan gratis, WPML sendiri merupakan plugin berbayar. Plugin tersebut tersedia dalam tiga paket yang berbeda, dengan harga terendah $29.

3. WooCommerce Customizer

banner plugin customizer

WooCommerce memperbolehkan Anda untuk mengubah tampilan berbagai elemen yang ada dalam suatu halaman, seperti tombol dan teks. Akan tetapi, hal ini memerlukan keahlian dalam bahasa pemrograman PHP.

Untuk memudahkannya, Anda bisa install WooCommerce Customizer. Dengan plugin gratis ini, Anda dapat mengganti teks yang telah ada dengan mengetikkan kata-kata yang dikehendaki dalam menu pengaturan WooCommerce.

4. WP Mail SMTP

banner plugin wp mail smtp

Toko online biasanya mengirimkan berbagai email kepada para pelanggannya, entah itu bukti transaksi, promosi, atau newsletter. Agar Anda dapat melakukan hal ini tanpa masalah, WP Mail SMTP diperlukan.

Kendala yang ada pada WordPress adalah metode pengiriman email yang digunakan. CMS ini memakai metode PHP mail, sedangkan kebanyakan penyedia layanan webhosting tidak mendukung cara ini.

Karena alasan itu, email dari website Anda bisa saja tidak terkirim atau masuk ke folder spam penerimanya.

Kabar baiknya, plugin WP Mail SMTP bisa Anda dapatkan secara gratis. Jika Anda ingin fitur lebih, plugin ini juga tersedia dalam versi berbayar yang harganya dimulai dari $49 per tahun.

Baca juga: Prestashop vs WooCommerce

5. Order Delivery Date for WooCommerce

banner plugin order delivery date

Sesuai namanya, plugin gratis ini menambahkan fitur di mana pembeli dapat memilih kapan pesanan akan dikirimkan. Hal ini dilakukan saat pembeli berada dalam halaman checkout.

Anda juga bisa menentukan hari di mana Anda tidak melayani pengiriman agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Plugin ini memiliki sebuah add-on berbayar yang akan mengirimkan sebuah email kepada pembeli sehari setelah pesanan datang. Email ini berisi ajakan untuk memberikan review kepada penjual.

6. WooCommerce PDF Invoices & Packing Slips

banner plugin woocommerce pdf invoices

Rincian transaksi dapat meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap toko Anda. Dengan plugin ini, Anda dapat mengirimkan invoice dalam email yang berisi konfirmasi pembelian. Pembeli dapat mengunduhnya sebagai file PDF. Anda juga bisa menentukan desain invoice ini melalui pengaturan plugin. 

Baca juga: Konfirmasi Pembayaran WooCommerce

7. WooCommerce Menu Bar Cart

banner plugin woocommerce menu cart

Tergantung tema WooCommerce yang anda gunakan, WooCommerce tidak selalu menampilkan tombol cart. Padahal, tombol ini memungkinkan pembeli untuk melihat produk apa saja yang telah ada di keranjang mereka.

Dengan install plugin ini, tombol cart toko Anda akan selalu ada pada menu navigasi, lengkap dengan jumlah barang dan total harga. Anda juga dapat menentukan agar tombol ini selalu ada meskipun pembeli meng-scroll halaman.

Plugin ini gratis, tapi juga tersedia dalam versi pro dengan harga mulai dari €27. Jika Anda ingin bisa meletakkan menu ini di mana saja, versi berbayar ini tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: Shopify vs WooCommerce

8. YITH WooCommerce Compare

banner plugin yith woocommerce compare

Pembeli pastinya menginginkan produk yang paling cocok dengan kebutuhan mereka. Jika ada banyak produk dari kategori yang sama, mereka akan membandingkan semuanya hingga menemukan yang terbaik.

Utamanya jika Anda telah membuat kategori WooCommerce secara rapi sebelumnya.

Plugin ini memungkinkan pengunjung toko Anda untuk membandingkan dua atau lebih produk. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur informasi apa saja yang akan dibandingkan.

Apabila Anda menjual berbagai produk aksesoris atau pakaian, plugin ini perlu dimiliki.

Baca juga: 5+ Plugin Wishlist WooCommerce Terbaik

banner plugin yith woocommerce ajax search

Fitur lain yang sangat dicari dari sebuah website ecommerce adalah pencarian produk. Tanpanya, pembeli akan kewalahan dalam mencari sebuah kategori atau nama barang yang diinginkan.

Jika Anda tidak ingin kehilangan calon pelanggan, ada baiknya untuk install plugin gratis ini. Setelah dipasang, plugin ini akan menambahkan sebuah search bar pada toko Anda. Tidak hanya search bar biasa, karena hasilnya dikeluarkan dengan cepat dan tepat.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menaruh search bar ini di mana saja menggunakan shortcode.

Baca juga: WooCommerce Shortcode: Buat Toko Online Anda Lebih menarik

10. WooCommerce Currency Switcher

banner plugin woocommerce currency switcher

Apabila toko online Anda menargetkan pasar internasional, plugin ini juga penting untuk dimiliki.

WooCommerce Currency Switcher memungkinkan pengunjung website untuk mengubah harga yang tertera ke mata uang mereka. Plugin ini selalu menggunakan kurs terbaru, jadi pembeli dapat mempercayai Anda.

11. LiveChat

banner plugin livechat

Jika toko online sudah tertata dengan rapi, ada baiknya Anda juga menambahkan fitur live chat customer service. Hal ini sangat penting, mengingat tidak ada cara lain bagi calon pembeli untuk bertanya tentang produk yang mereka inginkan.

LiveChat adalah salah plugin yang direkomendasikan untuk fitur tersebut. Jika tidak memungkinkan bagi Anda untuk memberikan layanan 24 jam, LiveChat juga memberikan fasilitas ticketing. Dengan demikian, calon pembeli dapat meninggalkan pertanyaan.

Baca juga: WooCommerce Payment Gateway

Kembangkan Toko Online dengan Plugin WooCommerce Terbaik

WooCommerce memiliki banyak plugin pendukung yang memudahkan Anda membuat dan mengelola toko online. Di artikel ini, Anda telah diajak mengenal 10+ plugin WooCommerce yang paling kami rekomendasikan, yaitu:

  • OptinMonster: membantu Anda untuk membuat banner pop-up untuk meningkatkan interaksi pembeli
  • WooCommerce Multilingual: menerjemahkan toko online ke berbagai bahasa
  • WooCommerce Customizer: memungkinkan Anda untuk mengubah teks dan tombol di WooCommerce tanpa menggunakan PHP
  • WP Mail SMTP: memastikan email dari toko Anda sampai di kotak masuk pelanggan
  • Order Delivery Date for WooCommerce: memungkinkan pembeli menentukan tanggal pengiriman barang
  • WooCommerce PDF Invoices & Packing Slips: menambahkan rincian pembelian dalam format PDF
  • WooCommerce Menu Bar Cart: memastikan tombol cart Anda selalu terlihat
  • YITH WooCommerce Compare: memberikan fitur perbandingan produk
  • YITH WooCommerce Ajax Search: menambahkan search bar yang responsif pada toko Anda
  • WooCommerce Currency Switcher: memungkinkan pembeli untuk menampilkan harga produk dalam mata uang mereka
  • LiveChat: menambahkan fitur live customer service

Selain menggunakan plugin-plugin di atas, tentunya Anda juga harus mahir menggunakan WooCommerce. Untuk itu, Anda bisa belajar dari panduan WooCommerce gratis kami. Klik banner di bawah ini untuk download panduannya ya!

ebook woocomerce
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *