Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

30 Plugin Social Media WordPress Terbaik

5 min read

Plugin Social Media WordPress Terbaik

Secara singkat plugin adalah software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut.

Salah satu program atau aplikasi yang mendukung penggunaan plugin adalah WordPress. WordPress sendiri menyediakan lebih dari 55 ribu plugin untuk memudahkan penggunanya menambahkan fitur tambahan di blog atau websitenya.

Salah satu kategori plugin WordPress adalah social media plugin. Social media plugin WordPress terbagi dalam lima fungsi, yaitu

  • Auto publish: plugin ini berfungsi untuk membagikan artikel atau konten secara otomatis ke media sosial yang terhubung. Fungsi tersebut penting untuk mendukung upaya social media marketing.
  • Ikon share: menambahkan ikon tombol share di media sosial untuk memudahkan pembaca berbagi di akun media sosialnya.
  • Profil media sosial: untuk menyediakan profil media sosial di website atau blog
  • Sign up media sosial: memberikan fitur register, sign up, dan log in menggunakan akun media sosial
  • Feed media sosial: menampilkan feed media sosial di website atau blog

Berikut 30 Plugin Social Media WordPress Terbaik 2018:

Plugin Social Media Auto Publish

1. Blog2Social

1. plugin social media wordpress terbaik blog2social

Fitur utama yang ditawarkan Blog2Social adalah memungkinkan penggunanya untuk membagikan artikel blog secara otomatis, terkustomisasi, dan terjadwal di media sosial. Blog2Social menawarkan plugin versi gratis dan versi berbayar.

2. Revive Old Post

2. plugin social media wordpress terbaik revive old post

Di linimasa media sosial terkadang Anda bisa menemukan tweet atau post Facebook yang membagikan artikel-artikel lama. Membagikan artikel lama di media sosial bisa dapat dilakukan dengan plugin, salah satunya adalah Revive Old Post.

Baca Juga: Facebook Marketing

3. NextScript

3. plugin social media wordpress terbaik nextscripts

NextScript merupakan salah satu plugin social media WordPress auto publish populer dengan pengguna aktif sekitar 100 ribu pengguna. Selain otomatis membagikan konten blog/website ke media sosial, NextScript juga menyediakan fitur mengimpor komentar di media sosial ke WordPress.

4. Microblog Poster

4. plugin social media wordpress terbaik microblog poster

Selain Social Media Auto Publish dan Revive Old Post, Microblog Poster juga memberikan fitur yang hampir sama, yaitu posting otomatis konten website ke media sosial. Plugin ini sudah digunakan secara aktif oleh sekitar 10 ribu pengguna. Microblog akan membantu Anda untuk membagikan artikel di media sosial secara otomatis. 

5. Social Media Auto Publish

5. plugin social media wordpress terbaik auto publish

Plugin ini hanya tersedia untuk tiga media sosial, yaitu Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Pengguna bisa mengatur pesan otomatis untuk setiap media sosial dengan kustomisasi yang berbeda.

Baca Juga: Twitter Marketing

6. WordPress to Buffer

6. plugin social media wordpress terbaik to buffer

Buffer adalah layanan pengelola media sosial yang biasanya digunakan untuk menjadwalkan posting. Jika Anda menggunakan layanan Buffer, Anda bisa menambahkan plugin ini di website atau blog Anda.

Dengan memasang plugin WordPress to Buffer, setiap Anda merilis artikel di website atau blog akan otomatis tersambung ke akun Buffer Anda dan langsung membagikan artikel di website atau blog tersebut di media sosial yang sudah ditentukan.

Plugin Social Media Ikon Share

7. Sassy Social Share

7. plugin social media wordpress terbaik sassy

Plugin social media ini memberikan fitur berbagi di media sosial lengkap, dari Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, Whatsapp, Tumblr, Pinterest, sampai Reddit. Selain menyediakan tombol berbagi di media sosial, Sassy Social Share juga memungkinkan Anda untuk menambah tombol follow akun media sosial.

Pengguna aktifnya pun cukup banyak, mencapai lebih dari 50 ribu pengguna. Dari 100 review untuk plugin ini, 96 di antaranya memberikan lima bintang.

Dan yang terpenting adalah plugin ini tersedia secara gratis, tanpa perlu mengupgrade ke versi premium. Anda bisa menikmati semua fitur yang diberikan tanpa membayar sepeser pun.

Baca Juga: Facebook Ads

8. Social Pug

8. plugin social media wordpress terbaik pug

Seperti beberapa plugin social media WordPress lainnya, Social Pug juga menyediakan versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya memungkinkan pengguna untuk menyediakan tombol share di lima media sosial, yaitu Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, dan LinkedIn.

9. Better Click to Tweet

9. plugin social media wordpress terbaik better click

Untuk memudahkan pembaca membagikan highlight atau bagian penting dari artikel, Anda bisa memasang plugin Better Click to Tweet. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih bagian-bagian penting dari artikel, plugin ini akan menampilkannya seperti gambar di bawah ini. Jadi pembaca hanya perlu mengklik kotak tweet tersebut dan langsung membagikannya ke lini masa Twitternya.

10. Add to Any

10. plugin social media wordpress terbaik add to any

Add to Any adalah salah satu plugin social media WordPress paling tua. Plugin ini sudah ada sejak tahun 2006 dan hingga saat ini sudah mengumpulkan sekitar 500 ribu pengguna aktif.

Selain fitur berbagi di media sosial, Add to Any juga menyediakan fitur untuk melacak aktivitas berbagi tersebut yang diintegrasikan dengan Google Analytics.

11. AddThis

11. plugin social media wordpress terbaik addthis

AddThis merupakan salah satu plugin social media populer untuk ikon share berbagi di media sosial dengan sekitar 200 ribu pengguna aktif. Fitur utamanya adalah floating share buttons yang memungkinkan pembaca selalu melihat tombol berbagi di media sosial ketika membaca artikel.

12. Super Socializer

12. plugin social media wordpress terbaik super socializer

Jika Anda mengelola website toko online yang menggunakan platform WooCommerce, Anda bisa memasang plugin ini karena sudah didesain kompatibel dengan WooCommerce. Jadi pengunjung website toko online bisa lebih mudah membagikan produk Anda di media sosial.

13. Ultimate Social

13. plugin social media wordpress terbaik ultimate

Jika Anda ingin membuat tombol share artikel dengan tampilan lebih menarik, plugin ini bisa Anda manfaatkan. Plugin ini menyediakan fitur dari sticky buttons hingga pop up share media sosial. Selain itu, plugin ini juga memberikan fitur animasi tombol media sosial.

14. Kiwi Social Share

14. plugin social media wordpress terbaik kiwi

Plugin satu ini cukup lengkap karena menyediakan fitur dari click to tweet, floating buttons, hingga integrasi dengan Google Analytics. Untuk versi gratisnya, pengguna dibatasi untuk berbagi di Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan Google Plus saja.

15. AccessPress Social Share

15. plugin social media wordpress terbaik accesspress

Plugin ini menyediakan tombol share yang menarik agar lebih banyak pembaca yang membagikan artikel Anda. Versi gratisnya memungkinkan Anda untuk menambahkan tombol share Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, LinkedIn, dan Digg. Untuk mendapatkan lebih banyak akses ke media sosial lain, Anda harus membeli versi berbayarnya.

Baca Juga: Awas! 90+ Plugin & Tema AccessPress Memiliki Celah Keamanan!

16. Social Warfare

16. plugin social media wordpress terbaik warfare

Plugin Social Warfare sudah aktif digunakan oleh sekitar 60 ribu pengguna. Yang menarik dari plugin ini adalah fiturnya yang memungkinkan pengguna untuk mengategorikan konten berdasarkan popularitasnya di media sosial.

17. MashShare

17. plugin social media wordpress terbaik mashshare

MashShare menyediakan fitur ikon berbagi di media sosial yang sudah mendukung shorten URL dan Accelerated Mobile Pages (AMP) plugin. Anda juga bisa menampilkan jumlah share artikel di dasbor WordPress Anda. 

18. Social Media Builder

18. plugin social media wordpress terbaik builder

Plugin Social Media Builder adalah penyedia ikon share media sosial yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, pengguna bisa menghubungkan website dengan tujuh media sosial dan 12 tema. Sedangkan untuk versi berbayar, pengguna bisa menghubungkan website dengan 13 media sosial dan 16 tema.

Plugin Social Media Profil

19. Simple Social Icons

19. plugin social media wordpress terbaik simple icons

Simple Social Icons menyediakan ikon untuk profil media sosial di website atau blog Anda. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan profil media sosial dari Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Google Plus, Github, Flickr, Snapchat, Medium, dan banyak lagi.

Plugin ini sudah aktif digunakan oleh lebih dari 200 ribu pengguna WordPress dan mendapatkan banyak review positif.

Baca Juga: Instagram Marketing

20. AddThis Follow Button

20. plugin social media wordpress terbaik addthis

Addthis Follow Buttons menyediakan ikon profil media sosial hingga kurang lebih 65 media sosial yang berbeda, dari Facebook, Twitter, Pinterest, Messenger, Instagram, dan lain-lain. Plugin ini diproduksi oleh developer yang sama dengan AddThis Social Share. 

Baca Juga: Instagram Tools

21. Social Icons Widget by WPZOOM

21. plugin social media wordpress terbaik wpzoom

Jika Anda bosan dengan ikon media sosial pada umumnya, Anda bisa memasang plugin Social Icons Widget by WPZOOM. Plugin social media ini menyediakan variasi ikon media sosial untuk profil media sosial di website atau blog Anda.

Plugin ini sudah digunakan secara aktif oleh lebih dari 60 ribu pengguna WordPress.

22. AccessPress Social Counter

22. plugin social media wordpress terbaik counter

Masih dari pembuat plugin yang sama, AccessPress juga menyediakan plugin untuk menampilkan profil media sosial. Sama seperti AP Social Share, plugin AP Social Counter juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya pengguna dapat menampilkan profil media sosial untuk Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram, YouTube, Soundcloud, dan Dribbble.

Baca Juga: Instagram Ads

23. Contact Widget

23. plugin social media wordpress terbaik contact widget

Plugin ini cukup populer karena sudah memiliki sekitar 500 ribu pengguna aktif. Fitur yang disediakan adalah menampilkan informasi kontak dari email, nomor telepon, dan profil media sosial dengan tampilan menarik.

24. Fuse Social Floating Sidebar

24. plugin social media wordpress terbaik fuse

Plugin ini menyediakan fitur untuk menampilkan profil media sosial Anda di sidebar sehingga pembaca bisa terus melihat profil media sosial Anda ketika membaca artikel. Fuse Social Floating Sidebar sudah aktif digunakan oleh sekitar 20 ribu pengguna.

25. Social Media Follow Button Bar

25. plugin social media wordpress terbaik follow

Jika Anda hanya membutuhkan plugin untuk menambahkan profil media sosial di website atau blog, plugin ini bisa dijadikan pilihan. Social Media Follow Button Bar memang hanya didesain untuk menyediakan profil media sosial dengan fitur yang cukup lengkap. Anda bisa meletakkan profil media sosial sesuai selera Anda.

26. Social Media Widget by Acurax

26. plugin social media wordpress terbaik acurax

Plugin besutan Acurax ini menyediakan 30 tema profil media sosial untuk ditampilkan di website atau blog Anda. Anda bisa mengatur tema dan ukuran berbeda untuk masing-masing ikon media sosial.

Plugin Social Media Sign Up

27. WordPress Social Login

27. plugin social media wordpress terbaik login

Anda mungkin mengelola website yang meminta pengunjung untuk register atau sign up. Terkadang pengunjung malas untuk mengisi formulir pendaftaran yang terlalu panjang.

Untuk memudahkan mereka untuk register atau sign up, Anda bisa memberikan pilihan sign up atau register dengan menggunakan akun media sosial mereka.

Anda bisa memasang plugin WordPress Social Login untuk mengakomodasi fitur tersebut.

Plugin Social Media Feed

28. Instagram Feed

28. plugin social media wordpress terbaik instagram

Bila Anda ingin menghubungkan feed Instagram ke website atau blog, Anda bisa memanfaatkan plugin social media WordPress Instagram Feed. Plugin ini menyediakan berbagai tema untuk Instagram feed yang tampil di blog atau website Anda.

29. Juicer

29. plugin social media wordpress terbaik juicer

Fungsi utama plugin ini adalah untuk menampilkan feed media sosial Anda ke blog atau website sehingga pengunjung blog/website bisa melihat aktivitas Anda di media sosial. Beberapa media sosial yang bisa terhubung ke Juicer adalah Facebook, Twitter, Youtube, Google Plus, Tumblr, Pinterest, Vine, Slack, LinkedIn, dan Vimeo.

Baca Juga: User Generated Content

30. Feed Them Social

30. plugin social media wordpress terbaik feed

Dengan memasang plugin ini, Anda bisa menampilkan feed media sosial Anda di website. Anda bisa meletakkan feed media sosial di konten blog atau di sidebar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tombol like atau follow di atas atau di bawah feed media sosial.

Kesimpulan

Untuk plugin social media saja, WordPress menyediakan berbagai pilihan dengan fungsi dan fitur utama yang beragam. Plugin-plugin di atas hanya beberapa dari ribuan plugin social media yang tersedia di WordPress.

Anda harus mengetahui fungsi plugin seperti apa yang Anda butuhkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya terdapat lima fungsi utama plugin social media, yaitu auto publish, ikon share, profil media sosial, social media sign up, dan feed media sosial.

Identifikasi apa kebutuhan website atau blog Anda, kemudian tentukan plugin mana yang paling cocok untuk Anda. Hal ini penting agar Anda tidak memasang plugin yang sia-sia. Selamat ngeblog!

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *