Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

5+ Rekomendasi Plugin Landing Page Terbaik

9 min read

plugin landing page

Di benak Anda, membuat halaman landing page mungkin terdengar sangat sulit. Anda harus memahami dan mengutak-atik coding untuk tahu cara membuat landing page.

Padahal, ada yang namanya plugin landing page. Dengan plugin landing page, Anda bisa membuat landing page berkualitas tanpa coding. 

Ya, tanpa coding! Hal yang Anda butuhkan hanyalah plugin landing page dan juga sentuhan kreativitas Anda. Untuk inspirasi landing page yang menarik Anda bisa melihat di artikel → 7+ Contoh Landing Page Menarik untuk Website Anda. 

Di artikel ini, kami akan menjabarkan 5+ rekomendasi plugin landing page terbaik yang bisa Anda coba. Selain lebih mudah membuat landing page, Anda juga dapat menghasilkan landing page yang mempunyai nilai konversi tinggi dan menarik lebih banyak leads. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Landing Page, Anda bisa membaca artikel Apa Itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya.

Sebelum menyimak rekomendasi plugin WordPress terbaik untuk landing page, mari simak terlebih dahulu fitur apa saja yang perlu Anda perhatikan di plugin landing page. 

Apa Fitur yang Anda Perlukan di Plugin Landing Page Terbaik?

Dalam mencari plugin landing page terbaik, Anda harus memperhatikan fitur yang ditawarkan plugin tersebut. Tapi tunggu dulu, memangnya fitur apa saja yang perlu dijadikan pertimbangan dalam memilih plugin landing page? 

Anda tentu tidak mau asal pilih plugin landing page, bukan? Berikut ini kami jabarkan fitur apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih plugin landing page terbaik. 

1. Drag and Drop Elements

Mudah dan praktis. Yap! Pasti itulah salah satu alasan Anda memakai plugin landing page. 

Dengan fitur drag and drop ini, Anda bisa dengan leluasa membuat layout halaman website tanpa perlu memahami coding. Anda hanya perlu menarik elemen website dan meletakkannya (drag and drop) sesuai desain yang Anda inginkan. 

Anda juga jadi lebih hemat waktu karena hanya perlu drag and drop. Fitur ini bisa dijadikan salah satu kriteria paling wahid dalam memilih plugin landing page.   

2. Templates

Anda mungkin belum terlalu expert untuk mendesain elemen-elemen website Anda sendiri. Jadi, Anda membutuhkan templates landing page untuk memudahkan Anda dalam mendesain website. Anda tidak perlu bingung, kami punya rekomendasi template landing page yang bisa Anda baca di artikel 10+ Tema Landing Page untuk WordPress Gratis

Dengan menggunakan templates, Anda tidak perlu bingung menata elemen website Anda. Dalam memilih template, pastikan template tersebut sesuai dengan company’s branding Anda. Pemilihan template yang tepat, juga akan menghasilkan landing page yang bisa meraih trafik lebih tinggi dan berpeluang meningkatkan conversion rates. 

3. A/B Testing

Lalu apa itu A/B Testing? A/B Testing adalah eksperimen untuk menguji tingkat conversion rate terhadap beberapa tampilan website. Hasil eksperimen ini berupa data valid (bukan pandangan subjektif semata), sehingga landing page Anda nantinya akan berjalan dengan performa terbaik. 

Tanpa A/B Testing, landing page yang Anda buat dan tayangkan di website hanyalah seperti gambling. Anda belum menguji apakah desain Anda efektif untuk meningkatkan conversion rate?  

Jangan-jangan landing page Anda hanya menarik secara interface, namun tidak mendapatkan banyak conversion rates

Itulah pentingnya tools A/B Testing sehingga Anda bisa mengoptimalkan tampilan landing page Anda dan meningkatkan conversion rate. 

4. Terintegrasi dengan Email Marketing

Tahukah Anda bahwa plugin landing page terbaik harus terintegrasi dengan email marketing, seperti MailChimp atau CampaignMonitor. 

Perlu disadari bahwa tidak selamanya pelanggan Anda mengecek website Anda. Untuk itu, Anda perlu memberitahukan pelanggan Anda. Solusi tepatnya, Anda bisa menggunakan email marketing untuk agar tetap terhubung dengan pelanggan Anda. 

Beberapa email marketing telah terintegrasi dengan beberapa plugin, jadi pastikan plugin landing page yang Anda pilih memenuhi fitur ini. 

5. Pricing Table

contoh pricing table

Pricing Table merupakan tampilan perbandingan harga produk pada sebuah website. Contohnya seperti gambar di atas. Biasanya produk unggulan atau produk highlight akan lebih ditonjolkan dibanding produk lainnya. 

Dengan cara membuat pricing table di WordPress, Anda dapat meningkatkan penjualan produk Anda. 

Nah, pastikan Anda fitur ini menjadi pertimbangan Anda memilih plugin landing page, ya!

5+ Plugin Landing Page Terbaik untuk Anda

Setelah mengetahui manfaat dan fitur-fitur penting sebuah plugin landing page. Berikut ini 5+ Plugin Landing Page Terbaik untuk Anda:

1. Elementor 

Elementor

Elementor merupakan salah satu plugin landing page WordPress yang telah banyak digunakan. Tercatat ada lebih dari tiga juta user menggunakan plugin ini di website mereka. 

Plugin ini bisa Anda dapatkan secara gratis, meskipun ada juga yang berbayar untuk versi premium. Fitur yang ditawarkan oleh Elementor bisa dibilang sangat lengkap. 

Anda bisa mengubah tampilan landing page hanya dengan drag and drop elements. Kemudian Anda bisa menata elemen-elemen (widget) website Anda sesuai keinginan Anda. 

Elementor juga menyediakan widget gratis dan berbayar. Sayangnya, jika Anda ingin memakai widget pricing table, Anda harus menjadi pengguna Elementor Pro atau berbayar. Eits, tapi jangan putus asa dahulu, Elementor menyediakan tutorial mendesain pricing table di blognya, jika ingin membuatnya pricing table sendiri. 

Selain itu, Elementor juga menyediakan berbagai template yang bisa Anda edit sesuai dengan kebutuhan Anda.  

Menariknya, Anda dapat langsung melihat hasil editing Anda secara langsung (real-time editing). Anda juga dapat melakukan undo dengan cara menekan tombol CTRL+Z ketika mengedit. Alhasil Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu ketika mengatur tata letak website. 

Plugin landing page ini juga telah terintegrasi dengan marketing tools seperti Mailchimp, drip, ActiveCampaign, Convertkit, Zapier, Hubspot, GetResponse, dan MailerLite. Anda bisa menjalankan rencana marketing Anda secara maksimal. 

fitur elementor

Anda juga bisa menerapkan fitur mode maintenance agar pengunjung mengetahui bahwa website Anda sedang dalam masa pengembangan. Sekarang Anda bisa membuat landing page tanpa harus mengerti HTML dan CSS. 

Baca selengkapnya mengenai Panduan Lengkap Menggunakan Elementor 

Highlight Feature:

  • Drag and drop elements
  • Real-time editing
  • Mode edit atau mode maintenance
  • Tersedia widget gratis dan berbayar
  • Integrasi dengan email marketing: MailChimp, Drip, ActiveCampaign, dll
  • Undo/redo saat edit website
  • Tersedia variasi template 
  • Tersedia Pricing Table

2. LeadPages

lead page builder

Jika Anda ingin membuat sebuah landing page dengan cepat dan mudah tanpa harus mengerti coding membuat website, cobalah Plugin Landing Page LeadPages

Jika menggunakan WordPress, Anda hanya tinggal menginstalnya untuk mempublish LeadPages Anda. Sementara jika di platform lain, Anda hanya perlu meng-copy HTML ke dalam website Anda. 

Uniknya, Anda bisa mengatur landing pages dari beberapa domain hanya dalam satu dashboard. Hal itu karena LeadPages merupakan plugin hosted dan tidak terikat dengan salah satu platform tertentu. 

Untuk urusan template, LeadPages tidak perlu diragukan lagi. LeadPages banyak menyediakan variasi template Landing Page yang dapat Anda pilih sesuai kategori bisnis Anda. Misalnya landing page untuk penawaran produk baru, profil perusahaan, event promosi, dan masih banyak lagi. Namun, Anda tidak bisa leluasa mengubah template yang sudah ada, seperti mengubah button, gambar, video, dan sebagainya.  

Plugin ini juga terintegrasi dengan email marketing untuk membantu Anda mengoptimalkan rencana marketing Anda. Email marketing yang tersedia antara lain, MailChimp, GetResponse, Aweber, iContact, Constant Contact, SendReach, dan masih banyak lagi. 

Jika provider email marketing Anda tidak terdapat di list, Anda tetap bisa menggunakannya dengan cara meng-copy-paste ke LeadPages Anda. 

Selain itu, LeadPages juga menyediakan fitur A/B Testing untuk mengetahui halaman mana yang memiliki conversion lebih baik. Namun sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan di versi LeadPages Pro. 

Highlight Feature:

  • Drag and drop elemen 
  • Free template yang bervariasi
  • Self-hosted plugin 
  • Integrasi email marketing 
  • A/B testing

3. OptimizePress

optimizepress builder

Plugin selanjutnya yang akan kami bahas adalah OptimizePress. OptimizePress ini digadang-gadang sebagai Landing Page WordPress tercepat. Plugin ini dibangun dengan framework yang khusus sehingga bisa loading lebih cepat. 

Plugin landing page WordPress ini memiliki banyak variasi templates siap pakai. Anda bisa memilih templates landing page sesuai kebutuhan Anda. 

Bila Anda ingin membuat landing page dengan angka konversi yang tinggi, plugin landing page ini dapat membantu Anda membuatnya. 

Lebih dari 40 elemen dapat Anda gunakan untuk melengkapi landing pages Anda. Mulai dari elemen Headline, Order Boxes, Testimonial Blocks, Progress Bars, dan masih banyak lagi.  Selain itu, optimizePress juga menyediakan squeeze page, long-form sales pages, lead capture pages, thank you pages, course page, dan webinar pages untuk membantu anda membuat halaman marketing.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang webinar sebagai strategi marketing, kami telah menyediakan artikel Apa Itu Webinar? Strategi Marketing Paling Gres untuk Bisnis Online yang bisa Anda baca. 

Sama seperti Elementor, Anda bisa melihat hasil editing secara langsung (real-time editing). Anda jadi lebih cepat untuk mengedit landing page, bukan? . 

Highlight Feature: 

  • Drag and drop elemen
  • Real time editing
  • 40+ element 
  • Variasi templates siap pakai
  • Menyediakan template halaman seperti squeeze page, lead capture pages, dll

4. Beaver Builder 

beaver builder

Plugin landing page dengan drag and drop lainnya yang akan kami bahas adalah Beaver Builder. Plugin ini bisa Anda dapatkan gratis untuk versi basic dan berbayar untuk versi premium. 

Di Beaver Builder, template yang disediakan terbatas. Namun tampilan template Beaver Builder sangat eye catching. Anda bisa melihatnya di templates Beaver Builder

Anda juga bisa membuat templates sendiri dengan menambahkan elemen-elemen website sesuka Anda. Mengedit di Beaver Builder juga dapat langsung Anda lihat hasilnya. Namun, tidak ada undo atau redo button ketika mengedit sehingga Anda harus kembali ke penyimpanan terakhir.

Beaver Builder juga mendukung integrasi dengan provider email marketing seperti GetResponse, convertKit, Sendy, dan SendLane. 

Sebenarnya, Beaver Builder tidak hanya digunakan untuk membuat landing page, tetapi juga untuk membuat halaman website lain dengan tampilan menarik. Jadi, Beaver Builder ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat tampilan halaman website menjadi sangat menarik. 

Highlight Feature:

  • Drag and drop editing
  • Real time editing
  • Eye catching templates
  • Terintegrasi email marketing
  • Support untuk WordPress widget dan shortcodes

5. Thrive Architect

thrive architect

Sekarang mari membahas Thrive Architect, salah satu plugin landing page WordPress yang populer. 

Thrive Architect menyediakan 325 pilihan template yang dapat Anda pilih untuk membuat landing page sesuai tema website Anda. Selain itu plugin ini menyediakan fitur unggulan bernama Smart Landing Page

Dengan fitur Smart Landing Page, Anda bisa mengedit template dengan sangat mudah. Misalnya, untuk mengubah warna template, Anda hanya tinggal memilih berbagai warna yang telah disediakan dengan SATU KALI klik. 

thrive architect fitur

Jika Anda ingin memasukkan nama brand, alamat perusahaan, nomor telepon, links sosial media, dan informasi lainnya, Anda hanya perlu menuliskannya di fitur Global Fields. Dan taraaa.. semua informasi yang telah Anda input akan ditampilkan sesuai dengan letaknya. 

Anda juga bisa mengedit tampilan landing page sesuka Anda dengan fitur-fitur seperti flexible column layout, 700 custom fonts, dan full-width layouts. 

Dengan memanfaatkan Thrive Architect, Anda bisa membuat landing page yang memiliki tingkat konversi tinggi. Plugin ini juga terintegrasi dengan email marketing dan platform lain seperti GoToWebinar, Webinarjam, dan SendOwl. 

Highlight Feature: 

  • Drag and drop elemen
  • Real-time editing
  • Fleksibel edit layout, kolom, baris, dan gambar
  • 325 variasi templates
  • Integrasi email marketing 
  • A/B Testing 
  • Fitur Smart Landing Page 

6. InstaBuilder

InstaBuilder adalah salah satu plugin landing page WordPress yang memudahkan Anda membuat landing page dengan mudah. 

Uniknya, Instabuilder menyediakan fitur Social Sharing agar halaman website Anda dapat dibagikan langsung ke media sosial. Plugin ini telah terintegrasi dengan 4 media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google+. 

insta builder

Selain itu, sama seperti plugin lainnya, InstaBuilder juga menyediakan fitur drag and drop elemen yang praktis digunakan. Selain itu, InstaBuilder juga menyediakan template yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Untuk mengoptimalkan membangun email list secara optimal, Instabuilder juga telat terintegrasi dengan beberapa provider email marketing. 

Tampilan menarik saja tidak cukup untuk mendapatkan leads atau conversion, Anda juga harus mengoptimalkan SEO landing page Anda. InstaBuilder menyediakan fitur SEO agar landing pages Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. 

insta builder fitur

Highlight Features: 

  • Drag and drop elemen
  • Real time editing 
  • Variasi template 
  • Terdapat fitur social media sharing 
  • SEO option
  • A/B Testing 
  • Text formatting

7. Qards

Qards, plugin landing page WordPress ini banyak digunakan untuk membuat landing page dengan mudah. 

Uniknya Qards dengan plugin lainnya adalah adanya pre-designed blocks yang disebut “Cards”. 

qards builder

Ada delapan Cards yang dapat Anda gunakan dan edit sesuai keinginan Anda, yaitu Cover, Image, Text, Feature, Grid, Menu, Footer, dan Subscribe. Cards inilah yang dapat Anda drag and drop sesuai dengan keinginan Anda. 

Lalu fitur apa saja yang terdapat di Qards? 

Anda dapat mengedit teks, mulai dari mengganti ukuran font dan format tulisan secara langsung (inline text editing)

Template yang disediakan Qards juga merupakan mobile-ready sehingga hasil editan Anda akan terlihat bagus, baik di tampilan desktop maupun mobile gadget. 

Di Plugin ini, Anda juga bisa dapat mengintegrasikannya dengan email marketing seperti MailChimp untuk rencana marketing Anda. 

Qards tersedia dalam versi gratis untuk satu domain. Anda juga bisa menggunakan versi premium untuk merasakan pengalaman membuat landing page lebih menyenangkan.

Highlight Feature: 

  • Drag and drop element
  • Tersedia pre-design blocks (Cards)
  • Inline text editing
  • Integrasi dengan email marketing
  • Tersedia variasi templates

8. The Divi Builder 

divi builder

Plugin terakhir yang akan dibahas adalah Divi Builder. Plugin tersebut merupakan produk dari Elegant Themes. 

Namun, perlu diketahui bahwa plugin landing page WordPress ini berbayar. Nantinya Anda akan mendapatkan license unlimited dan lifetime. Dengan license tersebut, Anda dapat mengembangkan website dengan tenang. 

Fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat landing page? 

Anda dapat mulai membuat landing page dengan memilih template yang telah disediakan. Ada lebih dari 100 template yang tentunya dapat Anda edit. 

Selain itu, Anda juga bisa mengedit content secara langsung dengan inline text editing. 

Divi menyediakan 40+ drag and drop elemen website yang Anda bebas Anda gunakan. Namun, Anda juga dapat mengombinasikan desain dengan custom CSS

Sama seperti kebanyakan plugin, Divi Builder terintegrasi dengan provider email marketing populer seperti Mailchimp, ActiveCampaign, Constant Contact, dan masih banyak lagi. 

Anda juga dapat mengetes landing page Anda untuk melihat performa conversion-nya. Berikut ini highlight fitur dari Divi Builder. 

Highlight Feature

  • Drag and drop elemen 
  • Real time editing 
  • Custom CSS 
  • Global Elemen 
  • Inline text editing
  • Tersedia 40+ website elemen
  • Integrasi email marketing
  • Pricing Table 
  • A/B Testing

Kesimpulan 


Perbandingan Plugin Landing Page
ElementorReal time editing, terintegrasi dengan email marketing, tersedia mode edit atau mode maintenance. dan Pre-template built atau templat yang bisa Anda diedit.
LeadPagesSelf-hosted plugin, terintegrasi dengan email marketing, template tidak bisa leluasa diedit, dan tersedia free A/B testing.
OptimizePressReal time editing, tersedia banyak template siap pakai (ada yang berbayar), tersedia halaman squeeze page, thank you page dll, tersedia A/B testing.  
Beaver BuilderReal time editing, tersedia eye catching template, terintegrasi email marketing. 
Thrive Architect Real time editing, fleksibel edit layout, tersedia 325 variasi template, terintegrasi dengan email dan A/B testing, memiliki fitur smart landing page.
InstaBuilderReal time editing, terintegrasi dengan email marketing, tersedia fitur social media sharing dan optimasi SEO, tersedia A/B testing.
QardsReal time editing, tersedia pre-design blocks (cards) yang bisa langsung digunakan, terintegrasi dengan email marketing, dan free plugin untuk satu domain. 
The Divi BuilderReal time editing, bisa custom CSS, terintegrasi dengan email marketing, tersedia 40+ elemen yang bisa Anda edit. 

Dengan demikian, Plugin Landing Page akan memudahkan Anda dalam membuat halaman landing page. Selain  itu, kebanyakan plugin landing page dapat diinstal di WordPress. 

Dengan memanfaatkan plugin landing page terbaik Anda bisa membuat halaman landing page tanpa coding. Di antaranya fitur drag and drop elements, real time editing, dan inline text editing. 

Hasilnya pun bukan kaleng-kaleng. Fitur-fitur serta elemen website plugin tersebut sangat banyak. Plugin landing page terbaik menyediakan variasi template yang dapat Anda pilih sesuai dengan tema bisnis Anda. 

Anda juga bisa membandingkan halaman landing page Anda untuk melihat performa conversion terbaik. Goals landing page Anda bisa sukses dengan menggunakan plugin landing page. 

Bagaimana, sudah menentukan plugin landing page untuk membuat halaman landing page? Jika Anda memiliki informasi plugin landing terbaik, jangan sungkan untuk share di kolom komentar, ya! 

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *