Ingin tingkatkan SEO website Anda??

Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri

Download Ebook
Tutorial

Plugin jQuery untuk Web Developer

jQuery merupakan salah satu framework JavaScript paling populer dan paling banyak digunakan untuk membangun website dengan beragam fitur. jQuery hanya membutuhkan sedikit kemampuan dalam mendesain aplikasi website dengan fungsionalitas maksimal.

Anda hanya perlu memilih plugin jQuery sesuai fitur yang ingin Anda buat, misalnya fitur popup atau hanya slider gambar. Ada banyak plugin jQuery yang dapat Anda gunakan, seperti yang akan kami bahas dalam ulasan ini.

Berikut ini adalah daftar plugin jQuery …

1. Tabslet: Membuat Tab Lebih Cepat

Jika Anda ingin membuat tab pada website, plugin jQuery ini dapat Anda gunakan. Tabslet mendukung kustom event, rotation, deep linking, dan sebagainya. Penggunaannya cukup mudah, dilengkapi dukungan multi browser yang paling sering digunakan seperti Chrome, Safari, Firefox, dan IE7+.

2. jlnvertScroll: Scroll Horizontal dengan Efek Parallax

Umumnya fitur scrolling dalam sebuah website memiliki arah vertikal (ke atas dan ke bawah). Uniknya, plugin jQuery mengizinkan Anda untuk scrolling secara horizontal (ke samping kiri dan kanan). Bagi Anda yang ingin menambahkan fitur scroll horizontal dengan efek parallax pada website, Anda dapat menggunakan plugin jlnvertScroll. Selain mudah, pengaturan dalam jInvertScroll tidak memerlukan konfigurasi khusus agar berjalan baik.

3. Magnific Popup: Membuat Berbagai Macam Popup

Selanjutnya adalah Magnific Popup. Plugin ini dapat berjalan di berbagai perangkat, menawarkan kompatibilitas serta kinerja yang dapat diandalkan.

Fitur yang ditawarkan seperti single image lightbox, lightbox gallery, zoom-gallery, popup dengan video atau map, popup CSS, popup form, dan lain-lain.

Ini merupakan script popup responsive dengan performa cukup baik dan memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna dengan perangkat berbeda.

4. Unslider

Unslider merupakan plugin jQuery sederhana yang bisa menambahkan fitur slider gambar pada website. Plugin ini juga sudah mendukung semua elemen HTML seperti teks, gambar, dan video. Ketersediaan ini menjadikan Unslider cocok Anda jadikan andalan dalam membuat konten slider yang fleksibel.

5. Nanogallery2: Galeri Gambar dengan Fitur Lengkap

Galeri gambar dengan fitur lengkap dapat Anda realisasikan menggunakan plugin Nanogallery2. Dibuat dengan mengutamakan pengalaman pengguna terbaik, Nanogallery2 memang didedikasikan untuk para developer dan designer. Plugin ini memiliki performa terbaik dengan tampilan gambar menarik, menjadikannya suatu solusi membuat galeri gambar dengan mudah.

6. FitText: Membuat Teks Fleksibel

FitText dapat Anda gunakan untuk membuat ukuran font yang fleksibel dengan skala otomatis. Plugin ini dapat berjalan dengan baik untuk membuat judul halaman utama dengan ukuran font yang fleksibel.

7. ScrollMe: Membuat Efek Scroll

Jika Anda ingin menambahkan efek scroll sederhana pada halaman website, plugin jQuery ScrollMe adalah pilihan yang tepat. Efek yang tersedia di dalamnya meliputi rotate, kecerahan, dan scroll.

8. Tooltipsy

Tooltipsy dapat Anda gunakan untuk menambahkan tooltip pada bagian tertentu di halaman website Anda. Tersedia berbagai macam efek tooltip, seperti tanpa CSS, menentukan posisi maupun menggunakan efek animasi.


jQuery merupakan salah satu framework JavaScript yang paling banyak digunakan oleh web developer dengan pilihan plugin yang lengkap sehingga dapat berguna dalam pengembangan website. Anda pun dapat memanfaatkannya dengan mudah!

Jika Anda memiliki anjuran plugin jQuery lain untuk mendukung pengembangan website, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar. Klik Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda! 🙂

Ingin punya bisnis pengembangan website sendiri? Gabung Niagahoster Developer Club sekarang!
Nikmati beragam benefit seperti User Management terintegrasi,
White Label Invoice, Markup Harga, dan diskon spesial hanya untuk Anda!

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Ini Dia 10+ Tips Desain Website Terbaik yang Bisa Anda Terapkan

Cara desain website itu sebenarnya gimana ya? Sudah coba utak atik tampilan website, tapi kok hasilnya belum sesuai harapan sih?…

4 hours ago

Gawat! Hackers Menyerang Plugin WordPress dan Mencuri Data Kartu Kredit

Anda pemilik website toko online berbasis WordPress? Jika ya, Anda wajib waspada. Akhir 2021 lalu, beredar modus pencurian data kartu…

1 day ago

Woongkir : Pengertian dan Cara Menggunakannya di WooCommerce

Fitur ongkos kirim di toko online bisa membantu pengunjung mengetahui biaya pengiriman produk yang dibeli. Sebagai pemilik website, Anda bisa…

1 day ago

10+ Trik SEO untuk Menggenjot Trafik ke Website Komunitas Anda

Saat ini tidak sedikit bisnis yang mulai melirik forum online untuk menjalankan strategi marketing. Dengan website forum, bisnis bisa jadi…

2 days ago

Virtual Host : Pengertian dan Cara Membuatnya

Mengelola banyak website atau domain dalam satu server apakah mungkin? Tentu saja. Dengan virtual host, Anda bisa melakukannya, baik di…

3 days ago

Data Warehouse: Pengertian, Kegunaan, dan Contoh

Data adalah salah satu kunci strategi bisnis yang efektif. Dengannya, Anda bisa menganalisis dan menyusun rencana sesuai kebutuhan lapangan. Entah…

4 days ago