Categories: Marketing

10 Tips Membangun Personal Branding dengan Website WordPress

Apakah Anda ingin membangun personal branding untuk diri Anda sendiri? Saat ini siapa pun dapat mencari Anda di internet dan mempelajari apa saja tentang Anda melalui temuannya di hasil pencarian. WordPress dapat membantu Anda untuk membangun kepercayaan dan reputasi pribadi Anda di dunia maya. Artikel ini akan memandu Anda bagaimana membangun personal branding menggunakan WordPress.

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah cara untuk mempromosikan diri beserta pencapaiannya dalam karier dan keahlian yang dimiliki. Siapa pun membutuhkan personal branding. Baik pengusaha, graphic designer, penulis, pelukis, peneliti, programmer, developer, atau bahkan mahasiswa sekalipun membutuhkan personal branding.

Mengapa Personal Branding Itu Penting?

Mengapa personal branding di dunia maya penting bagi siapa saja? Sebab internet memudahkan siapa saja untuk menemukan Anda melalui Google. Personal branding yang kuat di internet akan memudahkan Anda untuk dikenali, baik secara personal dan profesional. Orang-orang bisa dengan mudah melihat keahlian, karya, dan pencapaian Anda secara online. Personal branding di dunia maya membantu Anda untuk memperoleh kredibilitas, relasi baru, dan bahkan kesempatan baru.

Meskipun Anda tidak begitu setuju dengan mempromosikan diri Anda di dunia maya, tetap saja orang-orang akan menilai Anda berdasarkan apa yang Anda unggah di dunia maya. Mari belajar bagaimana cara membangun personal branding melalui website pribadi.

Mengapa Harus Menggunakan WordPress?

Sebenarnya terdapat banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membangun di dunia maya. Ada media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube yang bisa Anda manfaatkan untuk personal branding. Meskipun sudah membangun personal branding di media sosial, Anda tetap memerlukan website agar lebih profesional.

Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa membuat website itu sulit. Padahal membuat website sama sekali tidak sulit jika menggunakan platform yang tepat. Platform apa itu? Ya, benar sekali, WordPress. Kelebihan pertama WordPress adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, dari orang yang sudah ahli programming maupun orang awam. Anda tidak perlu menjadi ahli programming dan bisa membuat website profesional menggunakan WordPress.

Kelebihan WordPress yang kedua adalah komunitasnya besar. Sebanyak 30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Angka tersebut juga menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia. Banyaknya pengguna WordPress membuat tutorial dan forum diskusi WordPress juga tumbuh pesat. Banyaknya tutorial dan forum diskusi WordPress memudahkan siapa saja untuk belajar WordPress.

10 Tips Membangun Personal Branding dengan Website WordPress

Untuk membangun personal branding yang kuat di dunia maya dibutuhkan banyak usaha. Berikut adalah 10 tips membangun personal branding menggunakan website WordPress:

1. Buat Website

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat website pribadi. Memiliki profil di berbagai media sosial memang penting, tetapi media sosial selalu berubah setiap saat. Anda membutuhkan platform di mana Anda bisa menerbitkan apa saja yang Anda inginkan. Platform di mana Anda adalah pemeran utamanya dan website bisa menyediakan platform tersebut untuk Anda.

Membuat website menggunakan WordPress sangat mudah. Yang Anda butuhkan adalah layanan hosting dan nama domain. Anda bisa mendapatkan layanan hosting dan domain di Niagahoster. Niagahoster menyediakan fitur install WordPress otomatis sehingga memudahkan Anda untuk membuat website.

2. Pilih Tema yang Personal

Tampilan website Anda sangat penting untuk membuat kesan pertama yang bagus. WordPress menyediakan ribuan tema gratis dan berbayar. Pilihlah tema yang sesuai dengan kepribadian dan citra profesional yang ingin Anda tampilkan. Anda bisa melihat contoh tema-tema terbaik di artikel 50+ Template Blog Keren dan SEO Friendly.

3. Kumpulkan List Email

Agar bisa tetap terhubung dengan pengunjung website pribadi Anda, buatlah email list. Anda bisa menggunakan layanan seperti Mailchimp untuk menerapkan langkah ini. Mailchimp mudah digunakan dan menyediakan versi gratis.

4. Buat Konten untuk Website

Membuat website memang mudah menggunakan WordPress, tetapi Anda tetap perlu menambahkan konten di dalamnya. Konten Anda harus relevan dengan industri yang Anda geluti, bermanfaat untuk pembaca, dan dapat menunjukkan keahlian Anda.

Berikut adalah beberapa halaman yang harus ada di website pribadi Anda:

  • Halaman About Me

Anda perlu membuat halaman About Me atau Tentang Saya agar orang-orang bisa mengetahui Anda lebih mendalam. Beberapa website pribadi bahkan menjadikan halaman About Me sebagai halaman depan website-nya.

Manfaatkan halaman ini untuk menyampaikan siapa Anda, apa yang Anda kerjakan, keahlian Anda, dan prestasi yang sudah diraih.

  • Kontak

Anda membutuhkan halaman kontak untuk memberitahu pengunjung bagaimana cara menghubungi Anda. Anda bisa menggunakan plugin contact form untuk menyediakan media untuk pengunjung agar bisa menghubungi Anda dengan cepat.

5. Manfaatkan Blog

WordPress secara default sudah menyediakan blog di halaman depan. Anda bebas memilih untuk memiliki blog di website pribadi Anda atau tidak. Website pribadi Anda bisa saja hanya terdiri dari halaman-halaman statis.

Meskipun begitu, blog di website pribadi memiliki banyak manfaat. Pertama, blog bisa di-update secara berkala. Artinya Anda bisa menambahkan konten baru sesering mungkin yang dapat membantu untuk mendatangkan trafik.

Blog juga menjadi alasan bagi pengunjung untuk terus mengunjungi website Anda. Dengan berkunjung terus menerus ke blog, personal branding Anda kepada pengunjung semakin kuat. Selain itu blog juga lebih kasual sehingga Anda bisa membuat artikel sederhana yang berguna dan penuh insight bagi pembaca.
Setiap artikel yang Anda terbitkan membawa pengunjung baru dari hasil pencarian. Pengunjung-pengunjung ini bisa kemudian Anda arahkan untuk subscribe sehingga Anda dapat menghubungi mereka kapan saja.

6. Tambah Portfolio

Portfolio tidak terbatas untuk desainer dan fotografer saja. Karya apa pun yang Anda hasilkan, Anda bisa menambahkannya ke portfolio di website pribadi. Portfolio memudahkan pengunjung untuk mengetahui proyek-proyek yang sudah Anda kerjakan dengan cepat.

7. Tambah Testimoni

Testimoni membantu Anda untuk menunjukkan pendapat orang lain tentang Anda. Testimoni menjadi social proof untuk membangun kepercayaan di depan pengunjung website Anda. Menambahkan testimoni di WordPress cukup mudah, yaitu dengan menambahkan plugin Testimonial Widget.

Testimonial Widget membantu Anda membuat widget testimoni dengan mudah menggunakan shortcode. Selain itu, Anda juga menempatkan widget testimoni tersebut di mana saja.

8. Hubungkan dengan Media Sosial

WordPress dan media sosial selalu berjalan berdampingan. Terdapat banyak plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk menambahkan tombol share ke media sosial dan widget profil media sosial di WordPress. Tidak perlu bingung memilih plugin media sosial WordPress. Kami sudah merangkumnya di artikel 30 Plugin Social Media WordPress Terbaik.

9. Tambahkan Galeri

Pengunjung akan lelah jika terus menerus melihat teks. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa menambahkan galeri di website pribadi. Sebenarnya WordPress sudah menyediakan fitur galeri, tetapi tampilannya tidak terlalu menarik.

Jika Anda sering mengunggah gambar ke WordPress, mungkin Anda membutuhkan Envira Gallery. Envira Gallery akan memudahkan Anda untuk menambahkan tampilan galeri yang menarik dan responsif.

10. Tambahkan Menu Untuk Menyewa Jasa

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, mebangun personal branding menggunakan WordPress ini bertujuan untuk mempromosikan Anda beserta keahlian yang Anda miliki. Dengan begitu orang-orang bisa mengenal Anda, kemudian bersedia untuk menggunakan keahlian yang Anda miliki.

Tambahkan menu untuk menyewa jasa keahlian Anda menggunakan plugin appointment dan booking dari WordPress. Beberapa plugin yang bisa Anda gunakan adalah BirchPress, Booking Calendar, WP Simple Booking Calendar, Easy Appointments, atau WPForms.

Contoh Personal Branding

Banyak profesional yang sukses melakukan personal brandingnya melalui website WordPress. Di Indonesia beberapa figur publik yang memanfaatkan WordPress untuk personal branding adalah Trinity Traveler, Nukman Luthfie, dan Agus Mulyadi.

Trinity Traveler adalah seorang penulis buku best seller yang mengawali kariernya melalui blog pribadinya. Ia menuliskan cerita perjalanannya di blog dan menginspirasi banyak orang untuk traveling dan menceritakan kisah perjalanan mereka. Melalui website pribadinya, di halaman About Me ia menampilkan buku-buku yang telah ditulisnya dan acara-acara yang telah mengundangnya sebagai pembicara.

 

 

Contoh-contoh personal branding yang lain dapat Anda lihat di artikel 15+ Contoh Blog dan Website Pribadi Inspiratif.

Kesimpulan

Di era digital ini, personal branding di dunia maya sangat diperlukan oleh siapa saja. Personal branding yang baik memudahkan Anda untuk mendapatkan tawaran kerja sama, tawaran pekerjaan, relasi profesional baru, dan kesempatan-kesempatan baru lainnya.

Website adalah platform terbaik untuk membangun personal branding Anda di dunia maya. Profil di media sosial saja belum cukup. Anda membutuhkan website pribadi menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas Anda. Jadi, sudah siap untuk membuat website pribadi Anda?

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok
Tags: contoh personal brandingpengertian personal brandingpersonal branding

Recent Posts

  • Content Marketing
  • Website & Blog
  • WordPress

Ikuti Cara Mudah Membuat Web Portofolio

Kini, banyak orang tergantung pada internet untuk mencari informasi. Bukan hanya soal barang atau review makanan, tapi juga orang. Mencari…

2 days ago
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Mudah Menambahkan Schema & Rich Snippet di WordPress

Ketika mencari informasi di Google, sering kali Anda menemukan hasil pencarian dengan tampilan yang unik. Misalnya, saat mencari review, hasil…

3 days ago
  • Design
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Membuat Slider di WordPress

Ketika Anda mengunjungi sebuah halaman website terkadang melihat terdapat gambar bergerak secara otomatis. Bagian itu biasanya menampilkan informasi terkait promo…

4 days ago
  • Dev
  • Website & Blog

Belajar Python Pemula: Pengenalan Dasar

Python adalah bahasa pemrograman yang populer. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum dan dikenalkan sejak tahun 1991. Sebelum…

5 days ago
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Membuat Website Multibahasa di WordPress

Apa Anda tertarik membuat website dengan banyak pilihan bahasa? Jika iya, selamat! Anda sudah di jalur yang tepat untuk meningkatkan…

7 days ago
  • Website & Blog
  • WordPress

Download Template Bootstrap Gratis Untuk Website Anda

Pernahkah Anda berfikir bagaimana membuat website yang dinamis dengan antarmuka yang modern atau website yang mirip dengan tampilan Twitter? Tidak…

1 week ago