Cukup sekali sentuh, Anda kini bisa ngobrol lewat video call dengan sanak saudara di luar kota. Padahal, dulu untuk melakukannya Anda harus menempuh jarak puluhan kilometer. Semua itu berkat adanya perkembangan teknologi.
Bukan hanya memudahkan komunikasi, kegiatan bisnis pun bisa dilakukan jauh lebih praktis dan efektif dengan teknologi yang terus berkembang.
Bayangkan, Anda sekarang sudah bisa promosi secara online lewat medsos atau website tanpa perlu melakukannya secara door to door lagi.
Nah, sebenarnya bagaimana sih perkembangan teknologi di Indonesia? Kenapa begitu besar manfaatnya sehingga Anda perlu terus up-to-date?
Di artikel ini, kami akan membahasnya secara mendalam. Yuk langsung simak saja!
Sejarah Perkembangan Teknologi di Indonesia
Perkembangan teknologi di Indonesia diwarnai dengan munculnya beragam saluran komunikasi. Apa saja?
Radio
Radio mencapai puncak popularitasnya tahun 1970 an. Di masa ini, jumlah radio swasta mulai berkembang pesat dengan berbagai acara seperti sandiwara radio, pemutaran lagu dan sesi kirim salam.
Karena radio bisa didengarkan di mana saja, pendengar radio semakin meningkat di berbagai daerah. Banyaknya audiens ini sering dimanfaatkan untuk promosi produk dengan beriklan di radio.
Bentuk iklan promosi di radio pun bermacam-macam. Mulai dari sandiwara radio yang mempromosikan suatu produk, hingga materi iklan yang dibacakan oleh penyiar radio.
Di masa itu, iklan jamu Nyonya Meneer termasuk yang cukup populer disiarkan setelah siaran radio favorit Anda selesai.
Kelebihan memasang iklan di radio adalah pendengar tidak bisa melakukan skip. Jadi informasi iklan bisa diterima lebih utuh. Sayangnya, pemilik bisnis perlu beriklan di banyak stasiun radio agar bisa menjangkau lebih banyak pendengar. Alhasil, biaya advertising jadi cukup tinggi.
Saat ini pendengar radio pun sudah menurun. Hanya 13% orang yang masih mendengarkan radio. Jadi, bisa dikatakan strategi pemasaran lewat radio sudah kurang menjanjikan.
Surat Kabar
Surat kabar mencapai popularitasnya pada era reformasi saat berita semakin bebas tayang dan beragam. Masyarakat pun mulai menjadikan surat kabar sebagai rujukan informasi utama.
Perkembangan inilah yang dimanfaatkan untuk beriklan di surat kabar. Sebab, audiens-nya semakin banyak, baik untuk koran nasional, maupun koran daerah.
Materi iklan pun bisa berupa tulisan sederhana atau gambar yang muncul satu halaman penuh.
Sayangnya, beriklan di surat kabar cukup mahal karena tarif iklan dihitung berdasarkan baris atau space yang digunakan. Pada perkembangannya, strategi promosi ini menjadi kurang ramah anggaran.
Televisi
Perkembangan teknologi di Indonesia berlanjut dengan hadirnya saluran televisi pada 1962. Jika sebelumnya hanya berupa media audio dan visual, televisi merupakan media audio-visual yang menarik masyarakat.
Awalnya hanya ada satu stasiun TV yaitu TVRI. Kemudian pada perkembangannya, muncul berbagai stasiun televisi swasta yang memiliki berbagai acara menarik. TV swasta inilah yang kemudian menayangkan iklan dan kerap dimanfaatkan untuk mempromosikan produk.
Bahkan tak jarang iklan yang ditayangkan menampilkan artis terkenal untuk lebih menarik perhatian penonton. Salah satu contohnya adalah iklan sabun GIV dengan Sophia Latjuba sebagai brand ambassadornya.
Dengan kemampuan televisi menjangkau masyarakat luas, ditambah dengan adanya figur artis dengan banyak penggemar, brand image produk menjadi semakin kuat dan upaya promosi menjadi semakin berhasil.
Sayangnya, hanya pemilik usaha besar saja yang mampu promosi melalui televisi. Sebab, biaya beriklan di televisi cukup tinggi hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta sekali tayang.
Telepon Seluler
Penemuan ponsel makin mempermudah masyarakat untuk berkomunikasi. Bukan hanya karena masyarakat bisa menelepon kapan saja dan di mana saja, hadirnya SMS membuat pengiriman pesan teks lebih mudah.
Perkembangan teknologi ini sangat dimanfaatkan dengan baik, terutama oleh pebisnis kecil yang sebelumnya tidak mampu memasang iklan di televisi. Dengan biaya pulsa yang terjangkau, mereka bisa melakukan promosi produk dengan SMS Blast, yaitu mengirim SMS ke banyak nomor dalam satu waktu.
Baca Juga: Apa itu Direct Marketing?
Bahkan beberapa provider juga menawarkan paket SMS Blast Jadi, biaya pulsa untuk promosi produk semakin hemat. Namun, ada juga usaha yang mengirim SMS satu persatu ke nomor pelanggannya.
Sekitar tahun 1994, Indonesia memiliki Internet Service Provider pertama bernama IndoNet. Teknologi ini memungkinkan masyarakat menggunakan internet melalui dial-up.
Penggunaan email pun kian meningkat berkat banyaknya layanan email gratis seperti Hotmail, Yahoo Mail, dan Rocket Mail.
Awalnya, email hanya digunakan dengan tujuan berkomunikasi dengan orang yang dikenal. Namun pada perkembangannya, email juga dipakai untuk menjangkau calon konsumen melalui email marketing.
Dengan strategi ini, promosi produk bisa lebih personal dan tepat sasaran. Selain itu, email marketing juga menghemat biaya. Sebab, tak perlu cetak brosur dan membayar biaya pos untuk mengirimkan brosur ke rumah pelanggan.
Website
Setelah internet ditemukan, Tim Berners Lee mengembangkan dan meluncurkan website yang bisa diakses untuk publik. Website yang lahir pada 1991 itu awalnya hanya berfungsi sebagai papan pengumuman online. Misalnya, menampilkan brosur online, membuka dan mengirim email, dan menampilkan portal berita.
Pada tahun 2000 an, website mulai berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah. Artinya, pengunjung tidak hanya membaca informasi tapi juga bisa melakukan input data di website. Contohnya, memberikan komentar di blog.
Pada perkembangannya, membuat website menjadi semakin mudah berkat adanya platform CMS seperti blogspot dan WordPress. Platform ini banyak digunakan untuk membagikan konten berupa tulisan berbentuk opini atau membuat forum diskusi.
Di masa inilah mulai muncul banyak blogger.
Banyaknya blog membawa manfaat bagi usaha karena mereka jadi bisa mempromosikan produk dengan audiens yang lebih luas dari berbagai penjuru dunia.
Bentuk promosinya pun beragam. Bisa berupa ulasan produk di blog untuk meningkatkan meningkatkan brand awareness produk. Bisa juga berupa pemasangan iklan di berbagai blog untuk meningkatkan exposure.
Bahkan saat ini, para pemilik bisnis pun mulai membuat website sendiri untuk membangun usaha online. Termasuk memanfaatkan blog sebagai sarana mempromosikan produk menggunakan strategi content marketing.
Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog
Media Sosial
Keberadaan internet dan website juga menjadi cikal bakal perkembangan berbagai media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram.
Media sosial memungkinkan masyarakat memperluas jaringan pertemanan ke seluruh dunia lewat konten gambar dan video yang dibagikan.
Peran media sosial tidak hanya untuk penggunaan pribadi saja. Namun, juga untuk kebutuhan usaha. Meskipun awalnya dilakukan secara manual, saat ini promosi bisnis bisa dilakukan dengan menggunakan iklan berbayar.
Beberapa platform media sosial menyediakan layanan tersebut seperti Facebook Ads, Instagram Ads dan lainnya.
Kondisi di atas tentu didorong dengan semakin banyaknya pengguna media sosial dan semakin tingginya permintaan untuk bisa menjangkau audiens dengan lebih tepat. Apalagi platform tersebut menyediakan fitur untuk mengukur keberhasilan promosi yang dilakukan.
Manfaat dan Dampak Perkembangan Teknologi untuk Bisnis
Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana perkembangan teknologi di Indonesia, lalu, apa saja sih manfaatnya untuk pemilik bisnis? Berikut di antaranya:
Upaya Promosi Lebih Efektif dan Efisien
Berkat perkembangan teknologi, upaya promosi bisa jauh lebih efisien. Sebagai contoh, pengusaha tak perlu menyebar brosur promosi ke berbagai tempat. Cukup dengan kampanye di media sosial, promosi bisa menjangkau banyak pelanggan.
Selain itu, media sosial dan website sudah dilengkapi dengan alat analisis data. Sehingga, para pemilik bisnis bisa mengetahui seberapa banyak yang melihat postingan dan melakukan pembelian untuk mengukur keberhasilan kampanye online. Jadi, strategi promosi pun bisa lebih efektif.
Berbicara tentang promosi, Niagahoster punya diskon spesial hosting & domain untuk Anda!
Hemat Biaya Operasional
Perkembangan teknologi juga membuat pemilik bisnis dapat menghemat banyak biaya operasional.
Contohnya, tidak ada lagi kewajiban untuk menyewa toko fisik yang mahal. Saat ini website toko online bisa menjadi tempat berjualan dengan biaya yang lebih terjangkau.
Beriklan pun menjadi lebih murah. Awalnya, pebisnis harus membayar biaya cetak brosur dan sewa baliho untuk beriklan. Sekarang, promosi bisa dilakukan secara gratis menggunakan postingan di berbagai media sosial.
Kemudahan komunikasi dengan fitur chat di website dan media sosial membuat pembeli tak perlu menempuh jarak jauh untuk memesan produk. Cukup gunakan fitur belanja di website atau chat media sosial. Lebih hemat, bukan?
Meningkatkan Pelayanan
Selain bisa menghemat biaya, fitur chat juga cukup efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Tak perlu lagi mencatat nomor telepon, tak perlu lagi menulis pesan untuk pembelian barang. Komunikasi dengan konsumen bisa dilakukan langsung dari website.
Sebagai contoh, website Niagahoster yang memiliki fitur live chat 24 jam. Pelanggan yang memiliki pertanyaan seputar produk bisa langsung menghubungi customer service kami. Jadi, pelanggan tak perlu lagi menunggu antre panjang.
Perkembangan Teknologi Makin Pesat, Yuk Mulai Bisnis Online!
Perkembangan teknologi menyediakan banyak kemudahan untuk berkomunikasi, terutama dalam aktivitas bisnis. Agar bisnis Anda mendapat manfaat yang maksimal, Anda perlu mengikuti perkembangan teknologi terkini.
Mungkin saat ini Anda masih menonton televisi, membaca koran, dan mendengarkan radio. Namun, kini website dan media sosial sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat luas.
Tak hanya itu, saat ini pelanggan dan kompetitor Anda pun juga menggunakan website dan media sosial. Jadi, jika Anda tidak go online, tentu akan ketinggalan zaman, kan? Karenanya segeralah dapatkan identitas online / nama domain sesegera mungkin.
Sudah banyak sekali lho pemilik bisnis yang berhasil berkat go online. Masih belum yakin untuk mengikuti jejak mereka?
Anda bisa membaca Ebook di bawah ini untuk mengetahui pentingnya bisnis online. Semoga informasi ini bisa meyakinkan Anda untuk memulai bisnis online ya!