Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Perbedaan SEO dan SEM: Pilih Mana untuk Bisnis Anda?

4 min read

Memahami perbedaan SEO dan SEM penting bagi Anda yang ingin mulai menerapkan strategi digital marketing. Baik sebagai freelancer maupun pemilik bisnis, Anda jadi bisa lebih memahami mana yang paling efektif untuk upaya marketing Anda.

Meskipun terlihat mirip, pada dasarnya SEO dan SEM memiliki pendekatan yang berbeda dalam meroketkan peringkat website di mesin pencarian. Jadi, apa sih perbedaan SEM dan SEO? Mana strategi yang cocok dengan bisnis Anda?

Eits, sebelum membahas bedanya SEO dan SEM, Anda perlu memahami pengertian keduanya terlebih dahulu. Sudah tidak sabar? Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

CTA banner web hosting

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. 

Nah, SEO dibagi lagi menjadi beberapa kategori berikut:

  • SEO On Page. Langkah optimasi website pada area yang dilihat pengunjung. Mudahnya, SEO On Page adalah praktik memasukkan keyword utama dalam judul, meta deskripsi, dan URL halaman website.
  • SEO Off Page. SEO Off Page adalah jenis SEO yang berfokus pada langkah optimasi di luar area website. Contohnya yaitu meningkatkan domain authority dengan membangun backlink yang berkualitas.
  • Technical SEO. Optimasi dari bagian dalam website seperti kecepatan dan struktur website

Apa Itu SEM?

Search Engine Marketing atau SEM adalah metode digital marketing yang dilakukan di mesin pencari, namun menggunakan taktik berbayar guna mendapatkan visibilitas di urutan paling atas.

Contoh SEM

Dalam penerapannya, Search Engine Marketing menggunakan platform iklan PPC (pay-per-click) seperti Google Ads untuk menjangkau target audiens. 

Kalau belum tahu, PPC adalah strategi marketing yang dilakukan dengan melakukan bidding pada keyword tertentu. Nah, website Anda akan langsung muncul di posisi teratas saat seseorang mencari keyword tersebut di mesin pencarian. 

Biasanya, peringkat iklan bergantung pada seberapa besar bid yang Anda ajukan. Nantinya, ketika seseorang mengklik iklan tersebut, Anda harus membayar bid sejumlah yang Anda ajukan tadi.

Perbedaan SEO dan SEM

Setelah memahami definisi masing-masing antara SEO dan SEM, Anda mungkin sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang perbedaan keduanya.

bedanya SEO dan SEM di Hasil Pencarian

Kami akan menjelaskannya dalam cara yang lebih mudah dimengerti di bawah ini.

Perbedaan SEO dan SEM yang paling utama adalah, SEO merupakan strategi yang berfokus untuk mengotpimalkan website agar mendapatkan traffic tanpa biaya (organik), sedangkan SEM dilakukan dengan iklan berbayar agar hasilnya lebih cepat.

Namun, perbedaan keduanya tidak hanya di situ saja, lho. Supaya makin paham, ini dia penjelasan lengkap bedanya SEO dan SEM yang perlu Anda ketahui:

1. SEM Berbayar dan SEO Gratis

perbedaan antara seo dan sem dari sisi biaya

Berbeda dengan SEM yang ada biaya iklan, Anda tidak perlu membayar apa pun untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian organik atau ketika seseorang mengklik website Anda. 

Tapi meski tak ada biaya apapun yang dikenakan mesin pencari, ada beberapa biaya yang mungkin harus Anda keluarkan untuk menaiki tangga ranking mesin pencarian. Misalnya, Anda mungkin harus berlangganan tool premium untuk memantau performa website. 

2. SEM Bisa Memilih Target Audience

perbedaan seo dan sem dalam menjangkau target audiens

Perbedaan SEO dan SEM berikutnya adalah, Anda hanya bisa menjangkau audiens yang benar-benar Anda target dengan SEM. 

Sebab, strategi ini memungkinkan Anda memilih hasil pencarian ditampilkan untuk siapa. Dengan SEM, Anda bisa menentukan audiens berdasarkan umur, lokasi, jenis kelamin, dan berbagai karakteristik lainnya.

3. Hasil SEM Lebih Cepat Dibanding SEO

perbedaan seo dan sem dari kecepatan hasil yang didapat

Salah satu perbedaan SEM dan SEO yang paling terlihat adalah dari sisi kecepatan. Faktanya, SEO membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuahkan hasil. Apalagi, jika website Anda masih baru dan belum memiliki banyak backlink.

Di sisi lain, Anda bisa langsung banjir traffic kalau fokus pada upaya Search Engine Marketing melalui PPC. Bahkan, Anda dapat memasang iklan di pagi hari, dan langsung mendapat traffic dan konversi di sore harinya.

4. Efek untuk Jangka Panjang

perbedaan sem dan seo dilihat dari efek untuk jangka panjang

Halaman website yang Anda iklankan hanya akan berada di peringkat teratas selama Anda membayar biaya iklan. Begitu Anda menghentikan iklan, halaman website akan langsung tenggelam. 

Berbanding terbalik dengan SEM, hasil optimasi SEO memang tidak instan dan akan berkembang seiring berjalannya waktu. Tapi, hasil upayanya justru akan bertahan lebih lama. Kalau optimasi berhasil, website akan berada di rank teratas dalam jangka waktu yang lama.

5. Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Dibanding SEM

perbedaan sem dan seo dari sisi ctr

CTR atau Click Through Rate adalah metrik penting dalam SEO maupun SEM yang menunjukkan jumlah orang yang mengklik link, iklan, atau halaman website.

Lantas, bagaimana pengaruh keduanya terhadap CTR?

Faktanya, audiens cenderung lebih percaya pada hasil organik. Berarti, mereka akan lebih memilih klik website yang bukan iklan. 

Nah, karena audiens lebih suka hasil organik, deretan website yang muncul di halaman pertama umumnya memiliki CTR yang lebih tinggi daripada website yang menggunakan teknik Search Engine Marketing. 

Namun, jika sebuah website tidak berada di halaman pertama mesin pencari, kemungkinan CTR iklan SEM akan jauh lebih tinggi.

Persamaan SEO dan SEM

Walaupun berbeda, teknik SEO maupun SEM ternyata sangat mirip antara satu sama lainnya, lho. Makanya, orang yang awam sering bingung membedakan keduanya. 

Apa saja sih kesamaan antara SEO dengan SEM?

  • Membantu website muncul di SERP. Tujuan SEO maupun SEM yaitu untuk membantu website mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian pada kata kunci tertentu. Dalam penerapannya, kedua strategi tersebut berawal pada riset keyword untuk mendapatkan visibilitas di SERP yang nantinya dapat dikonversi menjadi lead dan penjualan.
  • Membantu Anda memahami audiens. Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang target audiens Anda agar strategi SEM dan SEO dapat berhasil.
  • Meningkatkan traffic website. Baik SEO maupun SEM memberikan kesempatan bagi sebuah brand untuk meningkatkan traffic website. Sebab, baik strategi organik maupun iklan berbayar di setiap saluran pemasaran digital bisa digunakan untuk mengarahkan audiens ke website.
  • Membangun brand awareness. Keduanya sama-sama efektif untuk meningkatkan brand awareness. Dengan muncul di hasil pencarian organik dan menduduki posisi iklan berbayar, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Hasilnya, brand awareness, kredibilitas, dan kepercayaan konsumen pun turut meningkat.

Kapan Saatnya Menggunakan Strategi SEM atau SEO?

perbedaan seo dan sem

Nah, setelah tahu perbandingan antara SEO dengan SEM di atas, Anda pasti sudah punya gambaran mana strategi yang cocok untuk diterapkan.

Agar lebih yakin dengan pilihan Anda, berikut ini hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya memilih mana yang cocok antara SEO atau SEM.

1. Pertimbangkan Kondisi Kompetitor

membandingkan seo dan sem dengan melihat strategi kompetitor

Bagaimana performa kompetitor di SERP? Apakah mereka menggunakan SEO saja, SEM saja atau justru keduanya?

Itulah pertanyaan yang bisa Anda kulik sebelum memutuskan penggunaan SEO atau SEM.

Setelahnya, coba cari tahu apa keyword kompetitor yang mendapat pencarian organik terbanyak. Pertimbangkan juga apakah website Anda mampu merebut ranking tersebut dengan strategi SEO. 

Apabila Anda tak yakin bisa mengalahkan kompetitor melalui SEO, Anda bisa melihat keyword berbayar yang mereka gunakan. Cermati keyword apa saja yang menarik traffic ke website mereka agar Anda tahu mana celah yang bisa dimasuki menggunakan SEM.

2. Pertimbangkan Biaya

membandingkan seo dan sem dengan memperhitungkan biaya

Jika Anda merupakan startup atau bisnis kecil dengan anggaran pemasaran yang terbatas, akan lebih baik jika Anda berfokus pada SEO. Anda mungkin tidak akan mendapat return of investment (ROI) dari anggaran SEO Anda secara instan. 

Namun, menerapkan strategi SEO itu lebih baik daripada bakar uang untuk pasang iklan PPC yang hanya akan berjalan selama seminggu.

3. Pertimbangkan Umur Website Anda

membandingkan seo dan sem dengan mempertimbangkan umur website

Kalau Anda baru saja membuat website atau bisnis Anda masih seumur jagung, sebaiknya gunakan SEO serta SEM sekaligus. Alasannya, SEM bisa membantu untuk mendatangkan traffic di awal-awal, sembari Anda mengoptimasi SEO. 

Nah, kalau nanti website sudah berjalan cukup lama dan optimasi SEO mulai membuahkan hasil, Anda bisa memutuskan apakah tetap menggunakan keduanya atau ingin hanya fokus ke salah satunya.

SEO vs SEM: Pilih yang Mana, ya?

Apakah Anda bingung memilih antara SEM atau SEO? Di halaman ini, kami telah mengulik berbagai perbedaan antara SEO dan SEM. Namun, jika Anda masih ragu tentang strategi mana yang harus digunakan, coba tentukan dulu tujuan marketing bisnis Anda.

Sebab, memutuskan strategi pemasaran itu bergantung pada tujuannya. Sebagai pertimbangan, Anda juga bisa menganalisis anggaran, tahap pertumbuhan bisnis, dan apa yang dilakukan kompetitor Anda.

Tapi ingat, seluruh upaya marketing yang Anda lakukan akan sia-sia kalau website sulit diakses. Sebab, website yang loading-nya lelet sudah pasti akan membuat konsumen kabur dan tak mau kembali lagi. Makanya, pastikan Anda memberi website Anda dukungan layanan hosting yang berkualitas.

Salah satu layanan hosting Indonesia yang kualitasnya sudah teruji adalah Unlimited Hosting Niagahoster. Paket hosting ini akan membuat akses website Anda jadi sat-set-sat-set berkat dukungan server LiteSpeed. Apalagi, Niagahoster menjamin uptime hingga 99,99% sehingga website akan selalu online 24 jam penuh.

Yuk, dapatkan keunggulan Unlimited Hosting Niagahoster mulai dari Rp 9 ribuan/bulan saja!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *