Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Perbedaan Shared Hosting vs VPS [Terlengkap]

4 min read

perbedaan shared hosting vs VPS

Dari sekian banyak jenis layanan hosting, yang cukup sering digunakan oleh bisnis yaitu shared hosting dan VPS. Apa sih perbedaan shared hosting vs VPS?

Tentu keduanya jelas berbeda. Baik dari sisi sumber daya hingga biaya. Biasanya, shared hosting digunakan untuk bisnis kecil ataupun website dengan traffic rendah. Sedangkan VPS lebih cocok untuk bisnis menengah ke atas dengan traffic besar.

Kalau Anda masih bingung, tenang, di artikel ini kami akan membantu Anda memahami perbedaan shared hosting vs VPS. Sehingga, Anda bisa lebih mudah memilih layanan hosting sesuai kebutuhan website.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk simak perbedaan Shared Hosting dan VPS selengkapnya!

Apa Itu Shared Hosting?

perbedaan shared hosting dan vps

Shared hosting adalah layanan hosting paling populer untuk pengguna yang sedang membangun website pertama kali, khususnya yang jumlah pengunjungnya masih sedikit.

Jika diibaratkan, menggunakan layanan hosting Shared seperti menyewa sebuah apartemen –apartemen adalah server fisik.

Semua penghuni berbagi di bangunan yang sama; berbagi elevator, tangga, parkir mobil, dan tempat sampah. Jadi ketika salah salah penghuni apartemen menggunakan fasilitas yang berlebihan dapat mengganggu penghuni lainnya.

Dengan kata lain, kelebihan Shared Hosting terletak pada harga yang paling murah dan paling ekonomis. Namun tentu saja banyak batasan yang harus Anda terima ketika menggunakan Shared Hosting.

Kelebihan Shared Hosting

  • Harga hosting terjangkau. Shared hosting relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis hosting lainnya. Cocok bagi pengguna yang ingin menghemat biaya.
  • Keamanan, pembaruan, dan pengelolaan server website dilakukan oleh penyedia layanan web hosting.

Kekurangan Shared Hosting

  • Karena banyak website berjalan di server yang sama, terkadang menyebabkan akses lambat.
  • Terdapat banyak batasan penggunaan dan sumber daya.
  • Karena server digunakan bersamaan, jika salah satu pengguna menyebabkan gangguan atau overload, pengguna lain di server yang sama berpotensi terkena dampak gangguan.

Apa Itu VPS Hosting?

perbedaan cloud hosting dan vps hosting

Virtual Private Server atau VPS merupakan layanan web hosting yang sumber dayanya berasal dari satu server fisik, yang kemudian terbagi lagi menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil.

Lalu, apa perbedaan shared hosting vs VPS hosting? Perbedaan jenis layanan tersebut terletak pada pembagian sumber daya yang tersedia.

Ketika Anda menggunakan hosting VPS, sumber daya VPS tersedia khusus hanya untuk Anda; tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya. Jadi Anda dapat menyesuaikan konfigurasi persis sesuai dengan keinginan Anda.

Jika dianalogikan, menggunakan server VPS seperti Anda menyewa rumah di perumahan. Anda bertanggung jawab untuk mengelola isinya. Namun Anda masih tinggal bersama penghuni rumah lain di dalam satu perumahan yang sama.

Kelebihan VPS

  • Konfigurasi keamanan dikelola secara penuh oleh pemilik server VPS sehingga bisa memodifikasi konfigurasi keamanan yang lebih ketat dibandingkan dengan Shared Hosting.
  • Anda mendapatkan akses ke root. Akses root memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.
  • Anda dapat mengembangkan kapasitas sumber daya sesuai kebutuhan jika diperlukan seiring berjalannya waktu.

Kekurangan VPS

  • Membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam terkait dengan server dan sistem operasi Linux.
  • Lebih mahal dibandingkan Shared Hosting

Perbandingan Shared Hosting vs VPS

Untuk memudahkan Anda memilih shared hosting ataupun VPS, mari tengok perbandingan shared hosting vs VPS!

1. Kontrol

Pada shared hosting, pengaturan server sudah diatur oleh penyedia layanan hosting. Memang, ini memudahkan Anda yang tidak mau terlibat dengan konfigurasi teknis. Namun, mungkin menjadi hambatan jika Anda mengharapkan kontrol lebih.

cara menggunakan vps

Nah di VPS, ada full root access dan fasilitas untuk mengembangkan kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Itu artinya, layanan VPS cocok untuk Anda yang menginginkan sumber daya dedicated dan besar dengan kustomisasi yang fleksibel.

Namun, Anda harus memahami cara konfigurasi server web hosting secara manual –jika menggunakan layanan unmanaged.

2. Alokasi Sumber Daya

Pada shared hosting, sumber daya layanan dibagi dengan banyak pengguna. Akibatnya, bisa jadi [erforma website Anda jadi lambat ataupun berpotensi terkena gangguan dari website lain yang berada dalam server yang sama.

Lain dengan VPS yang sumber dayanya didedikasikan untuk masing-masing pengguna. Tak heran, performa website dengan jenis hosting VPS biasanya lebih lancar dan cepat.

3. Kinerja

Berhubungan dengan perbedaan vps vs shared hosting pada poin sebelumnya, performa kedua jenis hosting ini juga berbeda sebagai akibat dari penggunaan servernya.

Shared hosting cenderung berpotensi lebih lambat karena harus berbagi server, sedangkan VPS kemungkinan lebih cepat karena sumber dayanya cukup eksklusif.

4. Skalabilitas

Saat kebutuhan website meningkat, Anda memang bisa melakukan upgrade layanan baik pada shared hosting maupun VPS. Hanya saja, shared hosting lebih memiliki batasan apabila dibandingkan dengan virtual private server.

Peningkatan Layanan VPS KVM Niagahoster, Cek Info Lengkapnya!

Pada umumnya, sumber daya shared hosting cukup terbatas. Jadi kalaupun Anda melakukan upgrade, sumber daya yang Anda miliki tidak lebih banyak dari VPS.

Dalam hal skalabilitas, VPS lebih unggul karena Anda bisa meningkatkan sumber daya server dengan lebih mudah dan yang Anda dapatkan pun lebih besar.

5. Keamanan

Perbedaan shared hosting vs VPS berikutnya, VPS menyediakan lingkungan yang lebih terisolasi daripada shared hosting. Ini memungkinkan keamanan VPS lebih terjamin karena tidak terlibat ataupun terdampak gangguan yang dialami website tetangga.

Selain itu, akses root pada VPS juga memberikan Anda akses ke server sehingga Anda bisa mengatur konfigurasi keamanan secara mandiri untuk website. Dengan kata lain, Anda memiliki kontrol lebih penuh atas server virtual websiite.

6. Biaya

Perbedaan biaya shared hosting vs VPS cukup jauh. Shared hosting relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan VPS hosting. Alasannya, Anda berbagi server dengan pengguna lain dan fitur yang ditawarkan pun terbatas.

Berbanding terbalik dengan VPS di mana Anda mendapatkan sumber daya dan akses yang lebih eksklusif, sehingga harganya pun cukup mahal.

Sebagai gambaran, di Niagahoster Anda bisa mendapatkan shared hosting mulai sekitar Rp9.900-Rp49.900/bulan. Sedangkan untuk mendapatkan hosting VPS, Anda perlu merogoh kocek mulai sekitar Rp104.000-Rp1.350.000/bulan.

Kapan Perlu Menggunakan Shared Hosting atau VPS?

Layanan shared hosting vs VPS hosting memiliki karakteristik, kelebihan, serta kekurangannya masing-masing. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masing-masing jenis layanan hosting ini?

Pengoperasian layanan shared hosting yang mudah membuat shared hosting cocok untuk pengguna awam yang ingin membangun website kecil hingga menengah, seperti blog dan portfolio online. Terutama jika Anda ingin memiliki website dengan biaya yang relatif lebih murah.

Sebaliknya, bagi Anda yang memiliki website yang lebih kompleks dan jumlah pengunjung cukup besar, seperti toko online dan e-commerce, VPS bisa menjadi pilihan yang tepat. Alasannya, VPS memiliki sumber daya yang lebih besar dan mudah untuk ditingkatkan sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa mengkonfigurasi server secara mandiri.

Pertanyaan Lain Tentang Shared Hosting vs VPS

Anda masih punya beberapa pertanyaan tentang shared hosting vs VPS hosting? Kami akan menjawabnya di bawah ini.

1. Mana yang lebih baik: shared hosting atau VPS?

Baik shared hosting dan VPS sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing. Harga shared hosting lebih terjangkau karena Anda saling berbagi server dengan pengguna lain. Sedangkan VPS hosting lebih mahal karena sumber daya hingga kontrolnya lebih besar.

2. Apakah VPS sama dengan shared hosting?

Perbedaan shared hosting vs VPS yaitu shared hosting membagi sumber daya fisik dengan pengguna lain, sedangkan VPS menyediakan lingkungan hosting yang terisolasi dan lebih terdedikasi untuk penggunanya.

3. Seberapa cepat VPS daripada shared hosting?

Umumnya, VPS hosting lebih cepat daripada shared hosting. Alasannya, Anda tak perlu berbagi sumber daya dengan pengguna hosting yang lain.

4. Apakah VPS hosting tetap berbagi server dengan pengguna lain?

VPS hosting memberikan Anda server virtual yang terisolasi. Meskipun Anda masih berbagi server fisik, server virtual yang terisolasi memungkinkan Anda mengkonfigurasi server secara fleksibel.

Shared Hosting vs VPS: Pilih yang Mana?

Di artikel ini, Anda sudah belajar perbedaan shared hosting vs VPS. Salah satu perbedaan utama shared hosting vs VPS yaitu shared hosting lebih cocok untuk pengguna awam dengan website kecil, sedangkan VPS cocok untuk website yang kompleks dengan traffic besar.

Sebagai tips, jika Anda masih pemula dan ingin memiliki website dengan biaya terjangkau, shared hosting adalah pilhan yang tepat. Sedangkan VPS, cocok untuk Anda gunakan pada bisnis yang lebih besar dan membutuhkan kontrol yang lebih mandiri.

Jadi, mana hosting pilihan Anda?

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *