Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Perbedaan Addon Domain dan Parked Domain yang Wajib Anda Tahu

1 min read

Bagi Anda pengguna website pasti pernah mendengar istilah addon domain dan parked domain. Akan tetapi, apa ya perbedaan addon domain dan parked domain?

Baik parked domain vs addon domain memiliki manfaat yang berbeda. Jadi, Anda perlu mengenali keduanya untuk tahu mana yang sebaiknya Anda gunakan.

Yuk, simak perbedaan parked domain dan addon domain di artikel ini!

Apa Perbedaan Addon Domain dan Parked Domain?

Addon domain adalah domain lain yang ditambahkan ke akun hosting domain utama Anda. Sementara itu, parked domain adalah domain yang sudah dibeli, tetapi belum Anda hubungkan ke website atau platform online lainnya.

Agar paham dengan perbedaan addon domain dan parked domain, mari simak dua contoh berikut ini:

  • Addon Domain: Anda memiliki website dengan domain makanenak.com. Namun, Anda ingin membuat website baru di hosting yang sama dengan makanenak.com menggunakan domain minumenak.com.
  • Parked Domain: Anda memiliki website dengan domain makanenak.com. Setelah itu, Anda membeli domain makanenak.id, tetapi tidak menggunakannya untuk website atau platform lainnya.

Lalu, di antara parked domain vs addon domain, mana yang sebaiknya Anda pilih?

Baca Juga: Perbedaan Domain dan Subdomain

Pilih Mana: Addon Domain atau Parked Domain?

Berikut ini adalah alasan Anda perlu menggunakan addon domain dan parked domain:

1. Addon Domain

Anda membutuhkan addon domain untuk:

  • Membuat website tanpa membeli layanan hosting baru
    Dengan addon domain, Anda bisa membuat website di layanan hosting yang sama dengan website atau domain utama yang sudah Anda punya. Alhasil, Anda jadi hemat karena tidak perlu beli layanan hosting lagi. Namun, pastikan sumber daya hosting Anda cukup untuk menjalankan lebih dari satu website.
  • Mengelola beberapa website dari satu akun hosting
    Addon domain juga mempermudah pengelolaan beberapa website sekaligus. Alasannya, Anda tidak perlu log in ke akun hosting lain untuk mengakses menu pengaturan website-website Anda.

Baca Juga: Cara Menambahkan Domain di cPanel

2. Parked Domain

Ada beberapa alasan untuk memiliki parked domain, yaitu:

  • Mengamankan domain sebelum website siap online
    Anda memiliki ide nama domain yang unik dan sesuai dengan brand Anda, tetapi website Anda belum selesai dibuat. Agar domain tersebut tidak terlanjur digunakan orang lain, Anda cepat-cepat mendaftarkannya.
  • Melindungi reputasi domain brand
    Pelaku kejahatan online bisa membuat website penipuan dengan domain yang mirip dengan domain brand Anda. Oleh karena itu, Anda membeli beberapa ekstensi domain sekaligus atau domain Anda yang ejaannya salah agar tidak disalahgunakan.
  • Untuk redirect
    Terkait dengan alasan sebelumnya, parked domain bisa Anda gunakan untuk redirect atau mengarahkan pengunjung yang salah mengetikkan URL website Anda ke domain utama. Misalnya, pengunjung mengetikkan makanenak.co, padahal website Anda menggunakan makanenak.com.
  • Sebagai investasi
    Harga domain bisa meningkat seiring waktu. Contohnya, domain voice.com yang berumur 15 tahun dijual seharga 30 juta USD. Oleh karena itu, parked domain bisa jadi sarana investasi Anda.

Baca Juga: Addon Domain CyberPanel

Sudah Tahu Perbedaan Addon Domain dan Parked Domain, Kan?

Itu tadi adalah penjelasan tentang perbedaan addon domain dan parked domain. Kesimpulannya, addon domain adalah domain tambahan di akun hosting Anda, sedangkan parked domain adalah domain yang Anda simpan tanpa dihubungkan ke website.

Nah, setelah tahu perbedaan parked domain dan addon domain, mana yang sesuai kebutuhan Anda?

Apapun itu, Niagahoster adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan addon maupun parked domain. Sebab, Niagahoster menyediakan beragam pilihan ekstensi domain dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya itu, fitur pengelolaan domain di Niagahoster lengkap, termasuk fitur untuk menambahkan addon domain di hosting dan melakukan redirect dengan parked domain.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih domain Anda!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.