Inilah 7 Penyebab Server Website Down dan Cara Mengatasinya!

Apabila website Anda mendadak tidak bisa diakses, jangan dulu panik. Cari tahu dulu penyebab website down dan segera lakukan perbaikan. Terutama, jika website tersebut digunakan untuk tujuan bisnis. Kredibilitas bisnis menjadi diragukan dan performa penjualan Anda bisa saja menurun.

Namun, bagaimana cara mengatasi website down? Tenang. Di artikel ini kami akan membahas penyebab server website down dan cara mengatasinya dengan tepat. Mari simak penjelasannya!

7+ Penyebab Website Down dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa alasan kenapa website tidak bisa diakses. Inilah penyebab website down:

1. Kualitas Hosting Kurang Baik

Salah satu penyebab website down adalah layanan hosting Anda kurang memberikan performa yang optimal.

Seperti diketahui, server harus mampu bekerja secara nonstop agar website terus online 24 jam. Namun, kadang muncul kendala yang menjadi penyebab server website down. Bisa karena kualitas servernya, teknologi yang digunakan, hingga perawatan yang kurang maksimal.

Idealnya, sebuah penyedia layanan hosting mampu memberikan jaminan uptime hingga 99,99%. Niagahoster adalah salah satunya.

Apa maksud uptime tinggi ini? Server yang digunakan akan selalu dalam keadaan online dan jika terjadi down hanya selama 5 menit dalam kurun satu tahun. Jadi, karena kendala down tidak sering terjadi, kredibilitas online juga lebih terjaga, bukan?

Baca Juga: 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website Anda

2. Kebanjiran Trafik

Selain hosting yang kurang baik, website bisa down apabila trafiknya membludak. Misalnya, ketika Anda sedang menggelar promo sales di waktu tertentu. Kondisi tersebut tentu akan memicu banyak pengunjung mengakses website dalam waktu bersamaan.

Apa yang akan terjadi dengan kondisi di atas? Banyaknya akses secara bersamaan akan membuat server tidak dapat menangani permintaan data dengan baik. Biasanya dimulai dengan akses yang lambat hingga benar-benar tidak bisa diakses sama sekali.

Hal tersebut menjadi lebih buruk jika layanan hosting yang digunakan tidak sesuai kebutuhan. Jadi, segera lakukan upgrade jika ternyata kebutuhan website Anda meningkat.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting

3. DNS Bermasalah

Penyebab website down yang lain adalah terjadinya kendala pada DNS. Seperti diketahui, DNS merupakan sistem yang memudahkan komunikasi internet dengan penggunaan URL. Dengan sistem ini, pengguna tak perlu lagi mengingat deretan angka sebagai alamat IP ketika akan mengakses website.

DNS harus diatur dengan benar agar mampu mengarah ke website yang tepat. Namun, kadang, terjadi kesalahan. Misalnya, Anda sudah mengetikan alamat yang benar tapi muncul pesan error di browser. Ternyata, URL tersebut mengarahkan ke website lain yang tidak aktif.

Jika mengalami kendala ini, Anda tak perlu panik. Cara mengatasinya, Anda cukup mengecek setting DNS di cPanel sudah sesuai. Jika masih mengalami kendala, Anda bisa menghubungi customer service untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

4. Kendala pada WordPress

Kendala pada WordPress juga bisa menjadi penyebab website down. Jenis kendala yang terjadi pun sangat banyak. Jadi, Anda perlu memastikan error apa yang sedang dimunculkan.

Sebagai contoh, jika website Anda tidak dapat diakses dengan keterangan error 404, artinya terjadi kendala pada URL yang digunakan atau pengaturan DNS-nya. Kendala ini akan memunculkan pesan bahwa website tidak ditemukan. Jadi, tidak selalu pada sisi server.

Dengan adanya keterangan error, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui langkah untuk mengatasi kendala yang terjadi. Nah, karena setiap jenis error memiliki cara mengatasinya masing-masing, Anda bisa mempelajarinya melalui artikel 40+ Error WordPress dan Cara Mengatasinya.

5. Serangan Hacker

Penyebab website down yang lain adalah karena adanya serangan hacker. Ada banyak serangan hacker yang dapat mengganggu website seperti malware, XSS, SQL Injection dan DDoS.

Serangan yang sering digunakan sebagai penyebab server website down adalah DDoS. Dalam aksinya, peretas akan membanjiri website dengan trafik palsu sehingga server kewalahan melayani permintaan pengguna.

Serangan DDoS biasanya ditujukan ke website dengan sistem keamanan yang rendah. Oleh karena itu, selalu tingkatkan keamanan website Anda untuk mencegah hal ini. Bila perlu, Anda bisa pakai layanan keamanan dari pihak ketiga, seperti CloudFlare.

6. Pemadaman Listrik (Power Outage)

Pemadaman listrik atau power outage juga menjadi penyebab website down. Sebab, ketika data center mengalami gangguan dan server mati, tentu saja website Anda juga mengalami dampaknya.

Pemadaman listrik biasanya terkait pemeliharaan rutin yang harus dilakukan. Jika, data center memiliki cadangan listrik yang memadai, kendala server down bisa dihindari.

Namun, kendala outage bisa saja terjadi tanpa diduga. Misalnya, akibat sambaran petir yang tidak hanya mematikan server tapi membuat infrastruktur server rusak, seperti yang terjadi pada layanan Microsoft Azure.

Hal ini tentu tidak dapat dihindari. Namun, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan untuk mengetahui informasi kendalanya. Dengan demikian, Anda bisa memberitahukan kendala tersebut kepada pengunjung jika website sudah normal kembali. Hal ini untuk menjaga kepercayaan mereka terhadap website Anda.

7. Maintenance Server

Maintenance server merupakan kegiatan rutin penyedia layanan hosting dalam upaya pemeliharaan server. Maintenance bisa berupa update fitur hingga peralatan (hardware) atau pengecekan rutin lainnya.

Proses maintenance tentu membuat akses website menjadi terkendala. Bahkan, kadang tidak dapat diakses sama sekali untuk waktu tertentu. Untungnya, sebagian besar maintenance dilakukan di luar jam sibuk. Jadi, tidak terlalu mempengaruhi kegiatan bisnis.

Sebagai pemilik website, Anda cukup menunggu proses maintenance yang sedang berlangsung. Bahkan, jika pihak penyedia hosting sudah menginformasikan jadwal maintenance, Anda bisa saja menunda kegiatan promo sales atau update website di waktu yang sudah ditentukan tersebut.

8. Kesalahan Coding

Kesalahan dalam coding atau struktur kode website bisa jadi salah satu penyebab website down. Bisa jadi ada typo atau simbol yang kurang lengkap. Meskipun penyebabnya cukup sepele, tapi kesalahan coding ini dapat mengacaukan website Anda secara keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengetahui kode mana yang error. Di WordPress biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi Syntax Error. Anda juga akan mendapatkan informasi file beserta baris kode yang error.

Nah, segeralah perbaiki file yang error tersebut jika Anda memiliki kemampuan teknis yang cukup.

Cara Cek Server Down dengan Mudah

Anda sudah belajar penyebab website down dan salah satu penyebab utamanya adalah kendala pada server. Lalu, bagaimana cara memastikan kondisi server sebelum melakukan perbaikan yang diperlukan?

Jika Anda pengguna layanan hosting Niagahoster, ada cara mudah melakukan pengecekan server melalui halaman Niagahoster Service Status.

Pada informasi tersebut akan diketahui seluruh kondisi layanan Niagahoster. Anda juga bisa melihat per layanan untuk memastikannya, seperti Services, Cloud Hosting, Unlimited Hosting, VPS, dan Mail Hosting. Jika dalam keadaan hijau, berarti semua bisa diakses normal.

Selain itu, apabila ada informasi maintenance, Anda juga akan mendapat informasi lengkap. Mulai dari waktu hingga dampak yang akan dirasakan.

Nah, selain melalui Niagahoster Service Status, Anda juga bisa melakukan pengecekan server melalui berbagai tools online. Beberapa diantaranya adalah Downforeveryoneorjustme.com, Site24x7.com dan Isitdownrightnow.com.

Cara pengecekan dengan tool di atas cukup mudah. Sebagai contoh, jika menggunakan isitdownrightnow.com, Anda cukup memasukkan URL website di kolom yang disediakan. Lalu, klik Check.

Pada contoh ini, kami ingin mengecek netflix.com. Setelah menunggu proses, hasilnya akan dimunculkan sebagai berikut:

Secara mudah Anda akan mengetahui bahwa status website normal (UP), response time juga ditampilkan dan kapan website terakhir down mengalami down juga muncul. Bahkan, Anda bisa melihat riwayat down sebagai berikut:

Tak ketinggalan, tool ini juga memberikan cara mengatasi website down. Jadi, jika status website normal tapi Anda tidak dapat mengakses website, ada beberapa solusi yang diberikan. Contohnya, menghapus cache browser, memperbaiki DNS yang bermasalah, dan lainnya.

Temukan Penyebab Website Down dan Segera Atasi dengan Tepat!

Nah, itulah beberapa penyebab website down. Ternyata cukup banyak, ya? Mulai dari web hosting yang buruk, serangan hacker, sampai adanya pemadaman listrik.

Anda juga sudah belajar cara mengatasi website down. Mulai dari memastikan status server dengan berbagai tools, mengecek setting pada DNS, meningkatkan keamanan website hingga memastikan tidak ada kendala pada WordPress.

Di antara penyebab yang ada, ketepatan dalam memilih penyedia hosting dan paket yang digunakan sangatlah penting. Untuk itu, pertimbangkan langkah ini dengan baik agar website Anda dapat diakses online kapan saja dan mudah diatasi jika mengalami kendala.

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? (Edisi 2021)

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google? Itulah kenapa persaingan di halaman pertama…

17 hours ago

Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

Apa persamaan pemilik website dan pembalap? Keduanya sama-sama menganggap penting hitungan detik.  Jika pembalap memanfaatkan selisih detik untuk memenangkan pertandingan,…

2 days ago

Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

Ketika mengelola website, redirect PHP kadang diperlukan. Tujuannya agar pengunjung dapat dialihkan dari suatu halaman ke halaman lainnya sesuai kebutuhan. …

3 days ago

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

4 days ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

5 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

5 days ago