Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

15+ Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Online

6 min read

tingkatkan penjualan online anda dengan cross selling dan up selling

Meningkatkan penjualan online adalah tujuan utama bagi kebanyakan bisnis, baik bisnis skala kecil maupun besar. Para pemilik bisnis yang sebelumnya hanya berjualan secara offline pun kini mulai berusaha menarik pelanggan di dunia maya melalui berbagai cara.

Kabar baiknya meningkatkan penjualan online tidak sesulit yang Anda bayangkan dan tidak semahal yang Anda perkirakan. Anda bisa meningkatkan penjualan online bahkan dengan modal minim sekalipun.

Baca Juga: Strategi Cross Selling dan Up Selling untuk Tingkatkan Penjualan

15+ Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Online

Tips-tips di bawah ini dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis, dari bisnis skala kecil hingga perusahaan besar. Internet memungkinkan semua pelaku bisnis dari berbagai skala untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam meningkatkan penjualan online. Berikut adalah 15+ cara cepat meningkatkan penjualan online bisnis Anda:

1. Pilih Nama Domain yang Tepat

Identitas Anda di dunia maya sangatlah penting. Dengan domain yang tepat, Anda bisa membangun identitas bisnis yang terpercaya di internet. Selain itu, domain juga memudahkan konsumen untuk mengenali bisnis Anda.

Domain tidak harus selalu .COM. Ada banyak pilihan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan untuk bisnis. Misalnya, Anda ingin membangun website toko online. Anda bisa menggunakan ekstensi domain .STORE.

Selain .STORE, masih ada berbagai ekstensi domain yang kualitasnya sama baiknya dengan .COM. Beberapa di antaranya adalah .SPACE, .ONLINE, .SITE, dan .WEBSITE.

Jadi ada banyak pilihan ekstensi domain untuk membuat nama domain yang tepat untuk bisnis Anda. Jika masih kebingungan, tak perlu khawatir. Kami sudah menyiapkan panduan menentukan domain terbaik untuk bisnis Anda di artikel kami yang berjudul Strategi Memilih Nama Domain Bisnis.

2. Pilih Platform yang Tepat untuk Website

Membuat website adalah pondasi utama supaya jualan online Anda semakin sukses dan berkembang. Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di dunia maya website adalah toko Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih platform untuk website. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan tentu saja pelanggan Anda.

Platform pembuatan website rekomendasi kami adalah WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk website Anda. Website yang Anda buat menggunakan WordPress membutuhkan hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, dari gambar, HTML, hingga konten.

Meski fungsinya “hanya” untuk menyimpan file, Anda tak boleh sembarangan dalam memilih layanan hosting. Sebab, hosting abal-abal justru membuat website Anda lambat diakses atau malah tak bisa diakses sama sekali. Sebagai penjual hal macam ini sangat merugikan, bukan?

Maka dari itu, Anda perlu memilih hosting terbaik. Hosting yang membuat website bisnis Anda selalu online 24 jam, cepat diakses, dan juga aman.

Sesuaikan Paket Hosting dengan Kebutuhan Bisnis Anda!

3. Gunakan Tema Profesional

Setelah membuat website menggunakan WordPress dan menyewa layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih tema profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa inspirasi tema WordPress di artikel template WordPress gratis.

4. Dapatkan Pelanggan dari Trafik Organik

Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah kumpulan panduan dan teknik untuk membuat website Anda search engine friendly.

Kami sudah membahas langkah-langkah apa saja untuk mengoptimasi SEO WordPress Anda di artikel SEO WordPress untuk Website Anda dalam 16 Tips Mudah. Anda dapat mengikuti panduan tersebut dan menerapkannya di website Anda. Namun, harus dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.

5. Susun Strategi Content Marketing

Content marketing adalah strategi membuat konten yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan content marketing adalah taktik yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.

Selain itu, konten yang bermanfaat dapat membantu Anda menarik perhatian konsumen. Bahkan membuat mereka loyal pada bisnis Anda. Ini merupakan prinsip dari inbound marketing.

Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi content marketing adalah dengan menambahkan blog ke website Anda. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.

Di blog tersebut Anda bisa menerbitkan konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Anda juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para pengunjung blog membeli produk yang Anda jual di website. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai strategi content marketing di artikel Strategi Content Marketing.

6. Buat Keputusan Berdasarkan Google Analytics

Kebanyakan para pebisnis pemula hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa membuat bisnis Anda tidak terarah.

Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantu Anda menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di website Anda. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah pengunjung yang meninggalkan website.

Anda bisa memasang Google Analytics di WordPress dengan mengikuti panduan di artikel Panduan Memasang Google Analytics.

7. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.

Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial.

Baca Juga: 10 Tips Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

8. Aktif di Komunitas Online

Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon konsumen Anda. Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis traveling, Anda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang traveling dan liburan.

Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri Anda. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.

9. Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan bisa menjadi senjata Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Kumpulan testimoni pelanggan bisa mempengaruhi calon konsumen yang sebelumnya ragu dengan produk Anda menjadi yakin untuk mencoba.

Anda bisa meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, atau bahkan halaman utama website Anda. Bagi yang menggunakan WordPress, Anda bisa mengikuti panduan membuat halaman testimoni di artikel kami yang berjudul Cara Membuat Review di WordPress.

10. Sediakan Berbagai Macam Metode Pembayaran

metode pembayaran

Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu bank tertentu. Ada yang menggunakan BCA, BNI, Bank Permata, Bank Danamon, BRI, atau Bank Mandiri. Ada juga yang lebih suka membayar melalui kartu kredit atau mobile payment tertentu seperti Go-Pay, OVO, dan T-Cash.

Tawarkan berbagai macam metode pembayaran untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Menambah metode pembayaran turut membantu meningkatkan penjualan online bisnis karena pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar. Salah satu contohnya adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay untuk mempermudah klien untuk membayar tagihan hosting, domain, atau VPS.

11. Buat Iklan yang Jujur

Kejujuran dalam membuat advertising adalah hal krusial untuk reputasi bisnis Anda. Anda memang harus membuat iklan yang unik, kreatif, dan menarik. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyisipkan klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Iklan yang tidak jujur hanya akan memperburuk kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen.

12. Optimasi Mobile

Optimasi website untuk perangkat mobile merupakan hal wajib untuk semua bisnis. Ini dilakukan untuk membuat website yang mobile-friendly.

Kenapa website harus mobile-friendly? Sebab, pengguna internet Indonesia yang mayoritas menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet.

Berdasarkan riset Google, sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih cepat diakses. Sebagai pemilik website Anda harus menjawab tantangan ini dengan mengoptimasi kecepatan loading website di perangkat mobile.

Selain penting untuk kenyamanan pengguna perangkat mobile, website yang dioptimasi untuk perangkat mobile juga lebih disukai oleh Google. Sejak 2017, Google telah resmi menerapkan algoritma Google Mobile First Index yang artinya performa website Anda di perangkat mobile menjadi salah satu faktor terpenting dalam penilaian Google. Lebih bagus performa website di perangkat mobile, kemungkinan lebih tinggi pula peringkat yang bisa diperoleh di hasil pencarian Google.

Yuk coba : Layanan cloud hosting indonesia murah dari Niagahoster untuk bisnis Anda!

13. Manfaatkan PPC

PPC adalah kependekan dari Pay Per Click, salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem periklanan seperti ini cocok diterapkan di berbagai jenis bisnis, baik bisnis skala kecil, menengah, atau perusahaan besar sekalipun. Sistem periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram.

PPC memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak audiens yang ditargetkan untuk suatu iklan. Anda bebas mengatur jumlah audiens iklan Anda, bisa 10 ribu audiens, 20 ribu audiens, atau bahkan 50 ribu audiens. Tentu lebih banyak audiens yang ditargetkan, lebih banyak juga uang yang Anda keluarkan.

Selain itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audiens yang Anda targetkan. Misalnya, bisnis Anda adalah pakaian bayi, Anda bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, yaitu ibu. PPC juga memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens berdasarkan lokasi sehingga Anda bisa fokus pada lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis Anda.

Anda bisa membuat iklan PPC di masing-masing platform dengan mengikuti panduan di artikel ini: Cara Menggunakan Google AdWords, Cara Membuat Instagram Ads, dan Cara Membuat Facebook Ads.

14. Terapkan Strategi FOMO

Featured Image FOMO Strategi Marketing Efektif yang Memanfaatkan Psikologi Manusia

FOMO adalah singkatan dari fear of missing out yang arti harfiahnya “takut ketinggalan”. Fear of missing out adalah istilah psikologis yang menggambarkan perilaku manusia yang gelisah jika ketinggalan tren atau hal-hal yang menyenangkan.

Dalam bisnis, Anda bisa memanfaatkan perilaku tersebut untuk meningkatkan penjualan online. Pada dasarnya Anda perlu membangun kegelisahan calon konsumen Anda dengan meyakinkan mereka bahwa promosi yang Anda tawarkan adalah langka dan jarang terjadi.

Baca juga: Marketing FOMO: Taktik Psikologi untuk Tingkatkan Penjualan

15. Tingkatkan Kecepatan Website

Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.

Selain itu, pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Download Ebook Gratis: 20+ Tips Membuat WordPress Super Cepat

16. Manfaatkan Email Marketing

Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Gary Thuerk adalah orang pertama yang mengirimkan email marketing pada tahun 1978. Sejak saat itu, email dikenal sebagai salah satu alat marketing yang efektif. Pada tahun 2017, dari 205 milyar email yang terkirim setiap harinya, 120 milyar di antaranya adalah email bisnis yang di dalamnya termasuk email marketing.

Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, fakta berkata sebaliknya, penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen dibandingkan Facebook dan Twitter. Efektivitas yang tinggi ini mungkin disebabkan perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu kotak masuk email.

Selain itu, 59 persen konsumen bersedia untuk menjadi berlangganan email marketing atau newsletter jika ada penawaran yang diberikan. Penawaran tersebut bisa berupa kupon atau diskon spesial. Menurut penelitian sebanyak 65 persen konsumen mendapatkan kupon diskon dari email marketing. Hal ini menunjukkan bahwa email marketing mendorong konsumen untuk berbelanja baik online maupun langsung ke toko.

Kesimpulan

Cara meningkatkan penjualan online dapat dikuasai siapa saja. Bagi para pemula, mungkin menerapkan 15 cara di atas sekaligus akan terasa sulit. Namun, Anda bisa menerapkan cara meningkatkan penjualan online di atas satu per satu agar lebih mudah.

Dengan langkah yang tepat, bukan tidak mungkin penjualan online Anda bisa mencapai target yang diharapkan. Bahkan, Anda bisa mencapai kesuksesan seperti bisnis furnitur Uwitan yang pernah kami ulas.

Subscribe Blog Niagahoster agar tidak ketinggalan update terbaru mengenai tips marketing online dan bisnis online.

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “15+ Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *