Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Pengertian HTTP Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

2 min read

pengertian http

Pernahkah muncul pertanyaan di benak Anda kenapa halaman website dapat diakses hanya menggunakan alamat online atau domain? Tahukah Anda bahwa itu semua bisa terjadi berkat adanya HTTP? Ya, semua itu berhubungan dengan HTTP. HTTP adalah bagian yang penting dan tidak terpisahkan pada proses browsing, pengiriman file, dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi web. Kenapa penting? Yuk simak ulasan lengkapnya pada artikel ini.

Pengertian HTTP

Apa itu HTTP? HTTP  adalah protokol jaringan lapisan aplikasi (application layer) yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer. Protokol ini berguna untuk mentransfer informasi seperti dokumen, file, gambar, dan video antar komputer.

Sesuai dengan namanya, penggunaan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) berhubungan dengan hypertext sehingga banyak mengambil sumber daya dari sebuah tautan –sebuah jenis berkas yang bertindak sebagai referensi ke berkas lainnya atau direktori.

Protokol HTTP menyediakan kumpulan perintah di dalam komunikasi antar jaringan. Komunikasi tersebut berlangsung antara web server dengan komputer client atau sebaliknya. Di dalam komunikasi ini, komputer client melakukan permintaan dengan mengakses alamat IP Address atau domain (URL). Kemudian web server mengelola permintaan tersebut sesuai dengan kode yang dimasukkan.

Contoh yang paling sederhana penggunaan protokol HTTP adalah komunikasi antara komputer client dengan web server.

Komputer client melakukan permintaan menggunakan browser ke web server. Kemudian web server menanggapi permintaan tersebut dengan mengirimkan data/dokumen yang tersedia di dalam web server sesuai dengan permintaan komputer client.

Sebenarnya, ada protokol lain untuk bertukar data dan informasi seperti SMTP, FTP, IMAP atau POP3. Namun protokol HTTP yang paling banyak digunakan dibanding dengan yang lainnya. Alasannya karena HTTP pertama kali memang didesain untuk mengelola dokumen HTML dan mengirimkannya kepada client.

Selain itu, protokol HTTP cukup fleksibel dan sampai saat ini terus dikembangkan dengan penambahan beberapa fitur baru.  Hal ini membuat protokol HTTP menjadi protokol yang paling dapat diandalkan dan paling cepat memproses pertukaran data.

Sedikit info tambahan, HTTP kini sudah berevolusi menjadi HTTP/3 yang pastinya lebih cepat dan aman. Simak artikel apa itu HTTP/3 untuk tahu lebih lanjut.

Baca juga: Web Developer

Fungsi HTTP

Fungsi HTTP yaitu mengatur format dan bagaimana data ditransmisikan. HTTP juga berfungsi untuk mengatur bagaimana web server dan browser memproses berbagai macam perintah yang masuk.

Contohnya saja, ketika Anda memasukkan domain (URL) di dalam browser. URL yang Anda masukkan tersebut merupakan sebuah perintah ke dalam web server untuk memberikan data halaman website sesuai dengan alamat yang diakses. Hasil dari perintah ini adalah tampilan halaman website yang muncul melalui web browser.

Fungsi lain dari HTTP adalah mengamankan data dari pencurian dan hacker. Hal ini ditandai dengan munculnya HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Secara fungsi sama, yaitu mengatur bagaimana data diproses. Hanya saja, HTTPS adalah protokol versi aman dibandingkan dengan HTTP.

Data yang diproses menggunakan HTTPS akan dienkripsi terlebih dahulu. Cara ini bertujuan menghalangi hacker atau user yang mencoba mencuri atau memata-matai proses pertukaran data yang sedang berlangsung. Data yang tidak dienkripsi akan lebih mudah dibaca dan tentu saja itu akan merugikan. Apalagi data tersebut merupakan data penting seperti username, password, PIN, identitas pribadi, dan lain sebagainya.

Lihat artikel perbedaan HTTP dan HTTPS untuk mengetahui perbedaan lengkap di antara keduanya. Atau, Anda juga bisa mempraktikkan cara redirect HTTP ke HTTPS dengan mudah.

Baca juga: Apa itu SSL

Cara Kerja HTTP

Cara Kerja HTTP adalah:

  1. HTTP klien mengirimkan permintaan informasi ke web server
  2. HTTP server memproses permintaan klien, sedangkan HTTP klien menunggu proses selesai
  3. HTTP server memberikan informasi yang diminta. Nantinya, web server tidak akan mengingat apapun koneksi yang sudah terjadi.

Setelah permintaan dan respon sudah selesai dijalankan, web server tidak mengingat apapun koneksi yang sudah terjadi. Jadi, ketika HTTP mengirimkan permintaan ulang, web server adalah memprosesnya seperti permintaan awal, itulah mengapa protokol HTTP disebut sebagai stateless protocol.

Sedangkan seluruh proses pengiriman permintaan dari web client sampai dengan respon yang diberikan oleh web server merupakan HTTP Transaction.

Sayangnya, HTTP tak lepas dari kesalahan ketika memproses data. Selengkapnya simak daftar HTTP status code dan cara mengatasinya. Anda juga bisa belajar cara mengatasi HTTP error 500 dan HTTP error 503.

Baca juga: Apa itu Cyber Security

Sekarang, Anda paham Apa Itu HTTP

HTTP adalah komponen website yang mengatur pertukaran data yang terjadi di dalam internet. Protokol inilah yang membuat web client (browser) dan web server (aplikasi web) dapat terhubung. Protokol HTTP mengatur proses transmisi dan bagaimana format data dikirimkan.

Itulah mengapa protokol HTTP merupakan bagian yang penting. Saking pentingnya HTTP terus dikembangkan ditandai dengan munculnya protokol HTTPS yang menggantikan versi HTTP lama. Dalam praktiknya, HTTPS menggunakan teknologi bernama HSTS. HSTS adalah metode di mana website akan memaksa browser memakai sambungan HTTPS.

Oh iya, kalau Anda ingin punya situs HTTPS, Niagahoster menyediakan SSL murah terbaik, lho. Anda bisa mendapatkannya gratis saat membeli hosting Niagahoster, ataupun membelinya secara terpisah.

Yuk dapatkan SSL Anda di Niagahoster!

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *