Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

2 min read

pengaruh ekstensi domain

Apakah Anda merasa bingung saat mau membeli ekstensi domain? Mungkin, karena Anda pernah mendengar ekstensi domain itu berpengaruh besar terhadap SEO .

Katanya, ekstensi domain alias akhiran seperti .COM domain memberikan performa SEO yang lebih baik daripada lainnya. Karena itu, popularitas ekstensi domain ini sangat tinggi.

Pertanyaannya, apakah benar pengaruh ekstensi domain terhadap SEO memang besar? Ataukah hanya mitos saja?

Tenang, Anda datang ke artikel yang tepat. Kami akan mengupasnya sampai tuntas.

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

Ini dia pengaruh ekstensi domain terhadap SEO website Anda:

1. Meningkatkan Branding

Setiap ekstensi domain itu unik. Yang mana, keunikan ini memudahkan orang-orang untuk mengidentifikasi website. Sehingga, image atau branding website akan terbentuk di pikiran mereka.

Oh ya, bagi yang belum tahu, branding adalah identitas yang melekat pada bisnis atau website Anda. 

Kembali ke ekstensi domain. Misalnya saat mendengar alamat domain kursusprivat.edu, Anda langsung tahu ini website pendidikan. Contoh lainnya, data.go.id. Pasti, Anda juga tahu ini web resmi pemerintah Indonesia.

Semakin orang familiar dengan brand Anda, makin besar juga potensi traffic maupun mencari situs Anda lewat SERP. Perlahan, ini akan meningkatkan domain authority alias kepercayaan situs sehingga performa SEO pun membaik. Untuk tahu cara lainnya, Anda bisa membaca artikel kami yang berjudul Cara Meningkatkan Domain Authority.

Baca Juga: Exact Match Domain

2. Mempengaruhi Click Through Ratio (CTR)

Mana yang lebih Anda percaya: belanjayuk.com atau belanjayuk.surf?

Pasti, Anda lebih yakin untuk mengklik situs belanjayuk.com. Sebab, domain .SURF terdengar asing dan mencurigakan. Anda takut kalau nanti malah diarahkan ke website spam.

Dengan tingkat klik alias CTR yang tinggi, Google pun akan menilai situs Anda relevan bagi kebutuhan target audiens. Tak heran, Google mau menempatkan Anda pada halaman teratas hasil pencarian nantinya.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .NET

3. Hasil Pencarian Lokal pada SERP

Pengaruh ekstensi domain terhadap SEO cukup terlihat, terutama pada hasil pencarian lokal atau local SEO.

Tak heran, biasanya pemilik website yang mau situsnya ranking di SERP negara tertentu, seringkali menggunakan Country Code Top Level Domain (ccTLD). Sebagai info, ccTLD adalah domain yang mewakili negara tertentu.

Contoh sederhananya, domain .ID untuk negara Indonesia, domain .IN untuk negara India, dan masih banyak lagi.

Menggunakan ccTLD, Google berpotensi lebih merekomendasikan Anda sesuai kode domain negara. Sehingga, peluang website untuk muncul di SERP target audiens spesifik Anda pun lebih besar.

Anda pun bisa membeli .id murah di Niagahoster. Berbagai pilihan ekstensi domain Indonesia ada di sini!

Apakah Pengaruh Ekstensi Domain .COM Terhadap SEO Lebih Baik?

Di balik tingginya popularitas domain .COM, rupanya ada mitos keliru yang banyak orang percaya, yakni: pengaruh ekstensi domain .COM terhadap SEO lebih baik.

Faktanya, domain .COM tidak mempengaruhi performa SEO

Memang, website dengan domain .COM 33% lebih mudah diingat daripada ekstensi domain lainnya (GrowthBadger, 2019) . Namun, dampaknya ke performa SEO sendiri sama seperti ekstensi domain lainnya.

Itu artinya, Anda tidak harus memilih domain .COM untuk meroketkan ranking SEO. Daripada hanya fokus ke domain, gunakanlah berbagai teknik SEO yang tepat agar ranking website melesat.

Yuk Pilih Domain Terbaik yang Anda Butuhkan!

Pengaruh ekstensi domain terhadap SEO cukup banyak. Mulai dari meningkatkan branding, mempengaruhi CTR, hingga meningkatkan local SEO.

Tidak hanya domain .COM saja, ekstensi domain lainnya juga punya kesempatan untuk membantu meningkatkan ranking SEO. Entah itu domain .ID, .TECH, .NET, dsb.

Yang terpenting, ekstensi domain Anda relevan dengan isi website. Jangan menggunakan domain untuk pendidikan .EDU, misalnya, untuk situs hiburan atau yang tidak berhubungan dengan edukasi.

Selain itu, lakukan juga praktik SEO lainnya. Sebab, menggunakan ekstensi domain saja tidak cukup untuk melejitkan ranking situs.

pengaruh ekstensi domain terhadap SEO - fitur Domain Forwarding Niagahoster

Tapi kalau Anda sudah telanjur memakai domain yang kurang tepat, bisa kok mengakalinya dengan fitur Domain Forwarding. Domain Forwarding merupakan fitur untuk mengarahkan user ke link domain tertentu.

Di Niagahoster, Anda bisa melakukan domain forwarding dengan mudah lewat dasbor pengaturan domain. Selain itu terdapat berbagai domain berkualitas dan promo domain. Domain paling murah sekalipun bisa Anda dapatkan dengan fitur lengkap.

Jadi, sudah siap memilih domain terbaik yang Anda butuhkan?

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *