Tutorial

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

Apakah Anda merasa bingung saat mau membeli ekstensi domain? Mungkin, karena Anda pernah mendengar ekstensi domain itu berpengaruh besar terhadap SEO .

Katanya, ekstensi domain alias akhiran domain seperti .COM memberikan performa SEO yang lebih baik daripada lainnya. Karena itu, popularitas ekstensi domain ini sangat tinggi.

Pertanyaannya, apakah benar pengaruh ekstensi domain terhadap SEO memang besar? Ataukah hanya mitos saja?

Tenang, Anda datang ke artikel yang tepat. Kami akan mengupasnya sampai tuntas.

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

Ini dia pengaruh ekstensi domain terhadap SEO website Anda:

1. Meningkatkan Branding

Setiap ekstensi domain itu unik. Yang mana, keunikan ini memudahkan orang-orang untuk mengidentifikasi website. Sehingga, image atau branding website akan terbentuk di pikiran mereka. 

Misalnya, saat mendengar alamat domain kursusprivat.edu, Anda langsung tahu ini website pendidikan. Contoh lainnya, data.go.id. Pasti, Anda juga tahu ini web resmi pemerintah Indonesia.

Semakin orang familiar dengan brand Anda, makin besar juga potensi traffic maupun mencari situs Anda lewat SERP. Perlahan, ini akan meningkatkan domain authority alias kepercayaan situs sehingga performa SEO pun membaik. Untuk tahu cara lainnya, Anda bisa membaca artikel kami yang berjudul Cara Meningkatkan Domain Authority.

Baca Juga: Exact Match Domain

2. Mempengaruhi Click Through Ratio (CTR)

Mana yang lebih Anda percaya: belanjayuk.com atau belanjayuk.surf?

Pasti, Anda lebih yakin untuk mengklik situs belanjayuk.com. Sebab, domain .SURF terdengar asing dan mencurigakan. Anda takut kalau nanti malah diarahkan ke website spam.

Dengan tingkat klik alias CTR yang tinggi, Google pun akan menilai situs Anda relevan bagi kebutuhan target audiens. Tak heran, Google mau menempatkan Anda pada halaman teratas hasil pencarian nantinya.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .NET

3. Hasil Pencarian Lokal pada SERP

Pengaruh ekstensi domain terhadap SEO cukup terlihat, terutama pada hasil pencarian lokal atau local SEO.

Tak heran, biasanya pemilik website yang mau situsnya ranking di SERP negara tertentu, seringkali menggunakan Country Code Top Level Domain (ccTLD). Sebagai info, ccTLD adalah domain yang mewakili negara tertentu.

Contoh sederhananya, domain .ID untuk negara Indonesia, domain .IN untuk negara India, dan masih banyak lagi.

Menggunakan ccTLD, Google berpotensi lebih merekomendasikan Anda sesuai kode domain negara. Sehingga, peluang website untuk muncul di SERP target audiens spesifik Anda pun lebih besar.

Anda pun bisa membeli domain .id murah di Niagahoster. Berbagai pilihan ekstensi domain Indonesia ada di sini!

Apakah Pengaruh Ekstensi Domain .COM Terhadap SEO Lebih Baik?

Di balik tingginya popularitas domain .COM, rupanya ada mitos keliru yang banyak orang percaya, yakni: pengaruh ekstensi domain .COM terhadap SEO lebih baik.

Faktanya, domain .COM tidak mempengaruhi performa SEO

Memang, website dengan domain .COM 33% lebih mudah diingat daripada ekstensi domain lainnya (GrowthBadger, 2019) . Namun, dampaknya ke performa SEO sendiri sama seperti ekstensi domain lainnya.

Itu artinya, Anda tidak harus memilih domain .COM untuk meroketkan ranking SEO. Daripada hanya fokus ke domain, gunakanlah berbagai teknik SEO yang tepat agar ranking website melesat.

Yuk Pilih Domain Terbaik yang Anda Butuhkan!

Pengaruh ekstensi domain terhadap SEO cukup banyak. Mulai dari meningkatkan branding, mempengaruhi CTR, hingga meningkatkan local SEO.

Tidak hanya domain .COM saja, ekstensi domain lainnya juga punya kesempatan untuk membantu meningkatkan ranking SEO. Entah itu domain .ID, .TECH, .NET, dsb.

Yang terpenting, ekstensi domain Anda relevan dengan isi website. Jangan menggunakan domain untuk pendidikan .EDU, misalnya, untuk situs hiburan atau yang tidak berhubungan dengan edukasi.

Selain itu, lakukan juga praktik SEO lainnya. Sebab, menggunakan ekstensi domain saja tidak cukup untuk melejitkan ranking situs.

Tapi kalau Anda sudah telanjur memakai domain yang kurang tepat, bisa kok mengakalinya dengan fitur Domain Forwarding. Domain Forwarding merupakan fitur untuk mengarahkan user ke link domain tertentu.

Di Niagahoster, Anda bisa melakukan domain forwarding dengan mudah lewat dasbor pengaturan domain.

Jadi, sudah siap memilih domain terbaik yang Anda butuhkan?

Benefita

Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Share
Published by
Benefita

Recent Posts

Cara Pasang Iklan di Google Ads untuk Pemula (Terbaru)

Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho. Perlu…

14 hours ago

Benarkah WordPress itu SEO Friendly? Ini Dia Alasannya!

WordPress adalah platform CMS terpopuler. Alasannya, karena WordPress SEO friendly. Benarkah begitu? Simak fakta dan alasannya di sini!

2 days ago

10 Rekomendasi Website Belajar Coding Terbaik untuk Anda!

Siapa bilang coding adalah skill yang hanya bisa dipelajari lewat pendidikan formal?  Dengan adanya website belajar coding, Anda bisa belajar…

2 days ago

Gutenberg 14.6 Rilis, Ini Dia Perubahan yang Jadi Sorotan

Ada yang baru nih bagi Anda pengguna Gutenberg di WordPress! Gutenberg 14.6 resmi diluncurkan pada 23 November 2022. Sederet fitur…

6 days ago

Kenapa Pilih Niagahoster? Ini Kata Pelanggan Tentang Kualitas Niagahoster

Penasaran dengan performa hosting Niagahoster yang sebenarnya? Yuk simak fakta dan ulasan dibalik kualitas Niagahoster!

7 days ago

Rilis Update Maintenance, WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Ada berita penting bagi Anda pengguna setia WordPress! WordPress 6.1.1 resmi dirilis dengan membawa 29 perbaikan core dan 21 perbaikan…

7 days ago