Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

30+ Peluang Usaha yang Menjanjikan Buat Cuan 2023!

17 min read

Peluang Usaha Paling Menjanjikan

Menjalankan bisnis perlu perencanaan tepat. Anda harus menentukan bisnis yang ingin dijalankan, mempelajari peluang usaha bisnis tersebut, dan memahami kemampuan Anda dalam menjalankannya.

Di artikel ini, kami akan membagikan 30+ peluang usaha yang menjanjikan potensi keuntungan yang besar. Peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda adalah:

  1. Bisnis Produk Kreatif Ramah Lingkungan
  2. Kursus online
  3. Usaha rental mobil
  4. Jasa pembuatan website
  5. Wedding organizer
  6. Affiliate marketing
  7. Usaha kerajinan tangan
  8. Bisnis dropship
  9. Bisnis perangkat lunak/software
  10. Usaha potong rambut
  11. Jasa penitipan anak

Dan masih banyak lagi! Dengan begitu, Anda tak perlu melakukan riset sendiri, dan bisa memilih peluang usaha yang paling sesuai dengan kemampuan Anda.

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Peluang Usaha?

Menjalankan peluang usaha adalah pilihan yang bijaksana. 

Alasannya, bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Faktanya, hampir 54% pebisnis pribadi mengaku pendapatannya meningkat. 

Selain itu, sebanyak 26% dari pebisnis tersebut ingin mendapatkan kebebasan dalam menjalankan usahanya sendiri. Tentu, dengan tujuan untuk terus membangunnya menjadi lebih baik. 

Namun, hal tersebut tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Untuk memulai bisnis yang menguntungkan, ada beberapa tips peluang bisnis yang bisa Anda coba:

Ikuti Passion Anda

Menjalankan peluang bisnis sesuai dengan passion  membuat Anda tidak gampang menyerah. Alasannya, Anda akan sangat mencintai pekerjaan tersebut. Berbagai tantangan yang muncul akan Anda hadapi dengan tenang dan fokus.

Bisnis yang Anda jalankan pun bisa berangkat dari hal yang Anda sukai, seperti traveling, camping, dan lainnya. Toh sudah banyak contoh bisnis menguntungkan yang berangkat dari hobi. 

Go Online

Untuk membantu peluang bisnis Anda tumbuh dengan pesat, manfaatkanlah kecanggihan teknologi. 

Ya, go online memang sudah bukan lagi pilihan. Bisnis yang go online akan menjangkau market share yang lebih luas tanpa terbatas waktu dan lokasi. Potensi keuntungannya pun cukup besar. 

Faktanya, transaksi ecommerce di Indonesia tahun ini saja mencapai Rp13 triliun/bulan. Fantastis! 

Peluang bisnis yang ditunjang dengan membuat website toko online akan mampu menarik lebih banyak calon konsumen. Apalagi jika didukung dengan kemudahan bagi konsumen menemukan bisnis Anda, seperti mendaftarkannya ke Google Bisnisku.

Hasil yang diraih tentu akan lebih optimal, bukan?

Kenali Persaingan

Memiliki produk yang bagus tidak begitu saja menjamin kesuksesan peluang bisnis Anda. Salah satu faktornya adalah hadirnya persaingan usaha yang ketat. 

Seringkali Anda harus “berbagi kue” dengan kompetitor dan menerapkan strategi perang harga yang cukup sengit. Bagi pebisnis, kondisi ini tentu kurang menguntungkan. 

Solusi untuk hal ini adalah melakukan riset pasar atas peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Selain itu, Anda juga bisa mencari niche market (lingkup bisnis) yang masih belum banyak digarap oleh pebisnis lain.

Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Sukses 2023

Kami telah mencari berbagai contoh peluang usaha yang menjanjikan berdasarkan tipe bisnisnya, jenis bisnisnya (apakah online atau offline), dan modal yang diperlukan (kecil atau menengah).

Dari hasil pencarian kami, berikut adalah jenis peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023, bahkan bagi pemula sekalipun:

1. Menciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Menciptakan produk bermanfaat sambil tetap menjaga lingkungan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. 

Inilah contoh yang diberikan oleh Deasy Esterina, pemilik bisnis ramah lingkungan Kreskros, ketika memproduksi tas kreatif dari sampah plastik. Bisnis ini terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Market share bisnis ini juga sudah internasional. 

peluang usaha produk kreatif ramah lingkungan

Deasy memulai peluang bisnis ini dengan modal Rp10 juta untuk membeli berbagai perlengkapan. Ia memasarkan produknya melalui media sosial dengan membangun kesadaran penggunaan produk ramah lingkungan. Kemudian, melalui website Kreskros.com, ia terus menggarap bisnisnya dengan lebih serius. 

Hasilnya, omzet penjualannya kini mencapai Rp60 juta/bulan. 

2. Kursus Online

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Anda memiliki keahlian di bidang tertentu? Memulai peluang bisnis kursus online tentu sebuah pilihan tepat. 

Membangun sebuah kursus reguler membutuhkan tempat khusus dan berbagai keperluan lainnya. Persiapannya banyak dan persaingan usahanya pun masih cukup sengit. 

Kursus online berbeda. Selain Anda bisa memulai peluang bisnis tersebut dari rumah, jenis keahlian yang bisa ditawarkan pun beragam. Kursus yang umum Anda temui tentu terkait dengan bahasa asing maupun mata pelajaran sekolah lainnya. Sebenarnya tidak hanya itu. 

kursus online sebagai peluang usaha

Contohnya, Amimono. Website tersebut menawarkan kursus merajut online. Berbagai skil merajut mulai dari knitting, crochet hingga yubiami bisa Anda dapatkan ketika mengikuti kelas yang ditawarkan. 

Nah, sudah menemukan ide untuk kursus online Anda?

3. Usaha Rental Mobil

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Menengah – Besar

Peluang bisnis sewa mobil mungkin sudah banyak Anda temui. Modal awal yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Jadi, Anda mungkin tidak begitu tertarik mencobanya. 

Namun, Anda bisa mengambil inspirasi dari Aldi Febian Mahabian, seorang pengusaha rental mobil. Cerita pebisnis ini menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci, tidak melulu modal. 

Saat itu sebagai sopir mobil rental, ia menemukan peluang usaha bahwa masyarakat menginginkan seorang sopir yang berpenampilan baik dan berwawasan luas. Menggunakan Twitter, ia mulai mempromosikan “jasa sewa driver good looking”.

Lambat laun, kliennya semakin banyak. Dengan sistem bagi hasil, bisnisnya semakin berkembang. Penghasilan yang ia terima tiap bulan pun bisa mencapai hingga Rp78 juta.

usaha rental mobil
Halaman beranda drive.id

Peluang bisnis rental mobil ini terbukti tidak hanya bisa dilakukan offline saja, namun bisa secara online seperti yang ditunjukkan oleh drive.id.

4. Jasa Pembuatan Website

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Salah satu peluang bisnis menjanjikan yang bisa dijalankan dari rumah adalah jasa pembuatan website. 

Jika Anda seorang developer, tidak ada salahnya menekuni bisnis ini. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Seperti halnya bisnis jasa yang lain, peluang keuntungannya cukup besar. 

Tidak hanya dari jasa pembuatan website saja, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kerjasama dengan pihak lain. 

jasa pembuatan website

Seperti yang Anda ketahui, sebuah website akan membutuhkan nama & Anda perlu register domain dan hosting agar bisa online. Maka, Anda juga bisa sekaligus menjadi reseller produk hosting dan domain. Untungnya, Anda bisa memulai kerjasama tersebut tanpa modal dan biaya pendaftaran.

5. Wedding Organizer

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Setiap pasangan calon pengantin ingin momen spesialnya berlangsung sempurna. Oleh karena itu, seorang wedding organizer selalu dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara.

Dari sisi peluang bisnis, ini tentu jenis peluang usaha yang menjanjikan. 

wedding organizer

Jangan dulu beranggapan bahwa peluang bisnis ini sudah tidak prospek seiring bertambahnya jumlah wedding organizer. Faktanya, nilai industri dari bisnis pernikahan di tahun ini saja mencapai Rp500 triliun.

Sekali lagi, kreativitas Anda dalam mengenali pasar menjadi kunci. Inilah yang dicontohkan oleh Fitri Aulia Abdullah yang menawarkan jasa wedding organizer dengan konsep syar’i.

Apakah modal yang dibutuhkan sangat besar? Tidak juga. Fitri mengaku memulai bisnis tersebut tanpa modal. Seorang wedding organizer lain bernama Yupitirani menggunakan modal Rp3 juta untuk memulai bisnis ini.

6. Affiliate Marketing

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Affiliate marketing adalah metode pemasaran di mana Anda akan mendapatkan uang dengan mempromosikan produk pihak lain. Jadi, sudah jelas ini adalah salah satu contoh peluang usaha yang menjanjikan. Sebab, dengan afiliasi, Anda bahkan bisa memulainya dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. 

Cara kerjanya pun cukup mudah. Jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda berikan, Anda akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian yang disepakati. 

program afiliasi Niagahoster

Program Afiliasi Indonesia dari Niagahoster merupakan salah satu contohnya. Anda bisa mendapatkan komisi 70% dari penjualan hosting. Tentu saja Anda harus mendaftar sebagai affiliate terlebih dahulu. 



7. Menciptakan Kerajinan Tangan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Keterampilan dalam mengolah suatu bahan menjadi kerajinan tangan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. 

Anda pun tak harus memulainya dengan modal besar. Dengan beberapa ratus ribu saja, Anda sudah bisa memulainya. Yang paling penting, ketekunan dan kejelian melihat peluang usaha. 

menciptakan kerajinan tangan

Begitulah pesan yang bisa diambil dari I Nyoman Gede Sumaartha, seorang pengusaha kerajinan tangan asal Bali. Mengawali usaha dari menjual produk orang lain, ia merasa mutu bahan dari supplier-nya kurang berkualitas. Maka, ia berinisiatif untuk menciptakan produknya sendiri demi menjamin kepuasan pelanggannya. 

Produk ciptaannya terbukti sangat disukai bahkan diekspor hingga ke luar negeri. Berapa omzet bisnisnya per bulan? Mencapai Rp700 juta. 

Anda juga bisa belajar dari kesuksesan Yanis Gallery asal Yogyakarta yang merambah pasar ekspor dengan menggunakan website sebagai media promosi. Berbagai penghargaan pun diraih berkat ketekunan mereka di bisnis tersebut. 

8. Menjadi Dropshipper

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Peluang bisnis dropship juga memungkinkan Anda memulai bisnis tanpa modal. Namun, jangan salah, potensi penghasilannya tidak dapat dianggap remeh. 

Model bisnis dropship mirip dengan reselling. Hasil keuntungannya berasal dari selisih harga yang Anda terima dari pembeli untuk membeli produk dari penjual. Bedanya, menjadi dropshipper tidak menuntut Anda memiliki gudang sendiri. Sebab, penjuallah yang akan mengirimkan barang ke konsumen. 

peluang bisnis usaha dropship

Aprie Angeline adalah salah satu orang yang sukses dari bisnis dropship. 

Ia mengawalinya dengan menjual produk pakaian yang ternyata tidak begitu berhasil. Setelah berganti menjadi reseller produk kecantikan, penghasilannya meningkat drastis. Ia bisa mendapatkan puluhan juta dalam beberapa bulan saja.

Hingga saat ini, peluang bisnis dropship masih cukup potensial. Beberapa platform seperti YukDropship pun mulai marak menawarkan kerjasama bisnis ini.

banner panduan digital marketing


9. Berjualan Perangkat Lunak/Software

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Teknologi informasi berkembang pesat dan belum akan berhenti. Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang pemrograman, Anda bisa menjajal bisnis penjualan software.

Sudah banyak sosok sukses di peluang bisnis ini. Anda bisa menjadi salah satunya. 

berjualan software

Sebut saja nama Donny Kris Puriyono. Lulusan STIKI Malang ini menciptakan banyak software, mulai dari software laboratorium bahasa hingga manajemen sekolah. Usahanya cukup berhasil hingga menembus pasar ekspor. Bahkan, ia berhasil membentuk perusahaan IT sendiri.  

10. Usaha Potong Rambut

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda pernah melihat acara “The Cuts Indonesia” yang tayang di TV? Sebuah acara untuk mencari penata rambut terbaik. Acara tersebut menunjukkan bahwa seni penataan rambut sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat saat ini.

Bagi pebisnis, ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Karena prospek pengembangannya sangat cerah. 

usaha potong rambut

Untuk memulai peluang bisnis ini pun tidak diperlukan modal yang besar. Misalnya, Nikasius Dirgahayu hanya butuh Rp.2 juta saja ketika membangun Nick The Barbership. Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan potong rambut, perabotan pendukung dan biaya promosi awal. 

Jika sudah berkembang, Anda bisa mengikuti jejak Arfa Barber Shop dan Toekang Tjoekoer untuk menjadikannya bisnis franchise. Tentu Anda sebagai franchisor-nya.

11. Jasa Penitipan Anak

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Menengah – Besar

Suka dengan anak-anak dan ingin menjalankan bisnis dari rumah? Membuka jasa penitipan anak bisa menjadi pilihan yang menarik. 

Peluang bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar. Kesibukan orang tua bekerja seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. Ini bisa jadi peluang bisnis.

Pada awalnya, Anda mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah Anda. Tujuannya, menjadikan rumah Anda area bermain yang menyenangkan. Selain itu, Anda perlu membeli beberapa perlengkapan bermain anak sekaligus upaya mempromosikan usaha. 

jasa penitipan anak sebagai peluang bisnis

Katakanlah tarif penitipan anak per bulan Rp500 ribu. Jika menerima 10 anak, maka pendapatan tiap bulan adalah Rp5 juta. 

Itu pun bisa bertambah jika Anda juga menerima anak yang membutuhkan pengawasan khusus seperti balita ataupun bayi. Tentu pendapatan Anda kian meningkat. 

Tidak hanya itu, jika Anda mempromosikannya dengan baik melalui website, tentu akan mampu menjangkau lebih banyak konsumen. Salah satu contohnya adalah KideeChildCare.

12. Berjualan Makanan Ringan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Produk makanan memang tidak ada matinya. Terutama produk makanan ringan atau snack. Meskipun banyak produk baru dikenalkan, antusiasme masyarakat untuk mencobanya cukup besar. Artinya, potensi bisnisnya masih cukup besar. 

Jika Anda ingin menjajal bisnis makanan ringan ini, kuncinya adalah kualitas dan keunikan produk. Lalu, untuk lebih meningkatkan penjualan, Anda bisa memasarkannya secara online. 

jualan makanan ringan

Memulai bisnis ini tidak harus dengan modal besar. Bahkan Anda bisa menjalankannya dari rumah. 

Contoh sukses bisnis ini adalah Lidi Geli. Berawal dari keinginannya memperkenalkan makanan tradisional, Famela Nurul Islami memproduksi makanan ringan mie lidi dengan pangsa pasar anak muda. 

Dengan modal awal hanya Rp.1 juta, Famela mengaku margin keuntungannya bisa mencapai 50% dari modal awal yang ia keluarkan. Bisnisnya semakin berkembang terutama setelah pemasaran dilakukan juga melalui website Lidi Geli.

Tertarik untuk mencoba usaha modal kecil untung besar satu ini?

13. Bisnis Waralaba/Franchise

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Bisnis franchise adalah jenis usaha yang dijalankan dengan model kemitraan. Bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal tentu relatif lebih cepat mendatangkan pembeli. 

Potensi bisnis yang ditawarkan cukup baik dan sudah berkembang. Namun, sebagian masyarakat menganggap waralaba harus dengan modal besar dan hanya untuk bisnis makanan. 

bisnis franchise untuk peluang usaha

Kenyataannya, banyak pilihan waralaba mulai dari yang bermodal kecil. Selain itu, saat ini banyak pilihan waralaba seperti laundry, jasa kirim barang, pelatihan, dan lainnya. Bahkan ada juga kemitraan dari bisnis tambal ban dan tambah angin seperti ditawarkan Green Nitrogen.

Kunci dari bisnis ini adalah jeli melihat peluang usaha terbaru, dan memilih jenis bisnis serta mitra bisnis yang menguntungkan dan prospektif. 

Sekali lagi, jangan khawatir, tidak semua waralaba mengharuskan Anda memilliki modal besar.

14. Jasa Terjemah

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Kemampuan berbahasa asing dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan yang besar. Anda bisa memulai bisnis jasa terjemah dengan omzet yang bisa mencapai $500/bulan. Menariknya, Anda bisa melakukannya dari rumah. 

jasa terjemahan

Ya, itulah cerita dari Reni Heryani yang terjun ke dunia terjemah online. Ia adalah seorang freelancer yang sering mendapatkan pekerjaan paruh waktu dari beberapa platform freelancer. 

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ini secara penuh (full time), tentu hasil yang dicapai bisa lebih besar. 

Apalagi jika Anda memiliki sebuah website portofolio yang menunjukkan keahlian yang Anda miliki seperti yang dimiliki oleh Desi Mandarini di atas.

15. Membuka Toko Online

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Saat ini semakin mudah bagi seseorang membuat website toko online. Ragam produk yang dijual pun kian beragam. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. 

Faktanya, peluang usaha ini memang sangat menjanjikan. Karena potensi transaksinya saja mencapai Rp77 triliun di tahun 2018. Artinya, kesempatan untuk sukses dengan toko online masih terbuka lebar. 

Kejelian Anda dalam melihat gap in the market sangat diperlukan. Gap in the market adalah peluang usaha terbaru yang belum digarap namun banyak dibutuhkan konsumen. 

membuka toko online

Contoh yang menarik adalah bisnis aksesoris boneka. Salah satu toko online yang menggeluti bisnis unik ini adalah Rumah Barbie. Website ini menyediakan berbagai barang unik baik berupa rumah barbie dan mini furniture lainnya.

Bagaimana potensi peluang usahanya? Secara umum bisnis aksesori dan boneka custom masih cukup potensial. Bahkan, omzetnya bisa mencapai Rp.50 juta/per bulan.

Hal inilah yang dialami oleh Solihin, pebisnis boneka Barbie lain  asal Jakarta. Mengaku hanya bermodal 5 juta rupiah, bisnis yang ia geluti terus berkembang. Bahkan, di momen tertentu ia sampai harus menambah jumlah pekerjanya. 

Apakah Anda sudah memikirkan akan membuat toko online apa?

16. Usaha Modal Kecil/Menengah: Katering

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar, menjajal bisnis katering masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2023. Sebab, bisnis Anda akan menjadi solusi bagi para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang lezat dan mudah didapat.

bisnis catering

Tak hanya itu, variasi bisnis katering ini sendiri masih bisa dikembangkan lagi. Contohnya adalah katering khusus menu makanan sehat seperti yang dijalankan Gorry Gourmet dan My Meal

Anda cukup berkreasi dengan menu dan pilihan bisnis Anda sendiri. 

Untuk bisnis katering, Anda bisa saja memulainya dengan modal minim. Inilah yang ditunjukkan oleh Riezka Sari ketika membangun HalalFood dengan Rp3 juta saja. Namun, kegigihannya dalam berbisnis mengantarkannya pada pencapaian omzet hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya. 

17. Berjualan Tema Blog

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Banyak pemilik blog yang sering mengganti tema agar blog lebih menarik. Namun, perlu tetap memperhatikan faktor fungsi dan bahkan optimasi SEO. 

Nah, jika Anda jago membuat tema blog seperti Mas Sugeng, berjualan tema blog masih memberikan peluang usaha yang menjanjikan. Tentu Anda harus memahami kriteria tema blog yang baik seperti mobile-friendly, SEO optimized, loading cepat dan desainnya menarik. 

jualan template blog

Tidak terbatas pada tema Blogger saja, Anda juga bisa membuat berbagai tema blog untuk WordPress karena pengguna platform ini sangat banyak. Anda bisa melihat contoh yang dilakukan oleh ID Theme atau situs luar negeri seperti Themeforest.

Yang paling penting, memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal dan bisa dilakukan dari rumah. Ingin dilakukan secara paruh waktu atau full time? Semua tergantung pilihan Anda. 

18. Rias Pengantin

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Jika Anda memiliki keahlian di bidang makeup, menjadi perias pengantin layak Anda coba. 

Untuk memulai bisnis ini Anda membutuhkan modal di kisaran 10-20 juta rupiah bergantung besar kecilnya bisnis yang akan Anda bangun. Sebagian modal tersebut akan digunakan untuk pembelian alat makeup, busana pendukung, dan biaya promosi awal.

manfaatkan peluang usaha rias pengantin

Peluang bisnisnya cukup besar karena beberapa pebisnis mengaku bisa balik modal (Break Even Point) dalam waktu 3-4 bulan saja. Contohnya adalah Tari Hartono. Perias pengantin ini sukses mendapatkan penghasilan hingga Rp15 juta tiap bulannya.

Perias pengantin yang lama berkecimpung di rias manten tradisional, Yuyuk Endi, mengatakan omzet bisnis rias pengantin berkisar antara 50-70% dari total modal yang dikeluarkan. Tentu Anda pun bisa memperoleh hasil seperti yang dicapai oleh Tari atau bahkan lebih besar. 

Jika ingin membangun bisnis ini, Anda bisa mulai menghitung kebutuhan modal yang Anda butuhkan sebelum memulainya. 

19. Bisnis Sewa Kasur

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda pernah mendengar nama Clara Almabella Bamanty? Wanita asal Jogja ini adalah sosok dibalik sukses sewakasur.com.

bisnis sewa kasur

Ya, Anda tidak salah dengar. Clara membangun bisnis sewa kasur yang tidak banyak dilirik orang. Padahal, omzet yang diterima bisa mencapai Rp.2,1 miliar per tahun. Wow!

Saat itu Clara memulai dengan modal Rp200 ribu untuk membeli kasur busa dan menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan barang ke konsumen. Sistem promosi yang dilakukan pun masih konvensional dari mulut ke mulut. 

Namun, dengan pengembangan website yang dikelola dengan baik. Saat ini bisnis tersebut sudah ekspansi hingga ke kota lainnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa menjajal bisnis ini karena belum banyak yang terjun di dalamnya. 

20. Jual-Beli Barang Antik

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Menengah

Apakah di zaman modern ini, barang antik masih bisa mendatangkan keuntungan? Jawabannya: sangat bisa!

jual beli barang antik

Masih banyak orang yang antusias untuk membeli barang antik. Jenis barang yang dijual pun sangat beragam. Menariknya, sebagian besar bisnis barang antik ini berawal dari hobi. Jadi, apabila Anda memiliki kegemaran yang sama, jenis usaha ini layak dicoba. 

Tahukah Anda berapa omzet bisnis ini? Sinta Dewi Nugraheni asal Bawen, Jawa Tengah mengaku mendapatkan Rp400 juta/bulan dari penjualan berbagai barang antik.

Kebutuhan modal untuk bisnis ini tidaklah harus besar. Anda bisa memulainya dengan barang yang nilainya tidak terlalu tinggi dulu. Selama barang antik tersebut diinginkan oleh konsumen, bisnisnya akan terus berjalan. Maka, usaha promosi yang baik perlu terus dilakukan. 

Anda bisa memanfaatkan media sosial dan website resmi untuk menampilkan semua koleksi barang antik yang Anda jual.

21. Usaha Food Truck

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Di Indonesia, bisnis food truck mungkin belum terlalu populer. Model bisnis ini memang berasal dari luar negeri yang awalnya dikenal untuk berjualan es krim. 

Namun, saat ini sudah mulai banyak orang yang menjajal bisnis food truck ini. Jenis usahanya belumlah beragam, masih seputar makanan dan minuman cepat saji. Mulai dari sosis bakar, takoyaki hingga aneka juice. Jadi, Anda masih bisa menemukan peluang usaha yang lain. 

Alih-alih menggunakan modal Anda untuk menyewa ruko, Anda bisa memanfaatkannya untuk merombak kendaraan Anda menjadi sebuah food truck. 

usaha food truck

Kemudian, Anda bisa mulai menjalankan bisnis dengan menggunakan promosi yang gencar melalui media sosial atau website pribadi. Anda juga bisa bergabung ke dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia) untuk memperbanyak relasi.  

Omzet bisnis ini cukup lumayan. Heri Poerjanto Noegroho asal Semarang mengaku mengantongi Rp6-7 juta dari bisnis ini. 

22. Bisnis Modal Kecil: Menjadi Penulis Online

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil

Kegemaran Anda menulis bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa menjadi seorang penulis online. Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah dan bahkan tanpa modal sekalipun.

Anda bisa memilih menjadi penulis online secara paruh waktu ataupun full time. Beberapa platform yang bisa membantu Anda mendapatkan project adalah Sribulancer dan Upwork.

Namun, Anda juga bisa menjajal platform seperti Wattpad jika mahir menulis cerita fiksi. 

menjadi penulis online

Itulah langkah yang diambil Erisca Febriani ketika menulis novel berjudul “Dear Nathan”. Tak hanya disukai banyak orang, novel tersebut pun sudah diangkat ke layar lebar. 

Apapun bidang keahlian menulis Anda, menjadi penulis online masih sangat menjanjikan untuk tahun 2023. 

23. Bisnis Tour Wisata

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Bagi Anda yang hobi traveling seperti Ricky Surya, pemilik bisnis tour online LetsGetLostID, menjajal peruntungan di bisnis tur wisata menjanjikan keuntungan yang cukup besar. 

Saat itu Ricky memulai bisnisnya secara online bermodalkan sebuah laptop. Ia menawarkan paket tur destinasi Indonesia untuk wisatawan luar negeri melalui websitenya. omzet yang dihasilkan saat itu mencapai Rp 60 juta/bulan.

Anda juga bisa memulai bisnis Anda sendiri dengan paket wisata yang unik.

halaman website Indonesiatrip.id
Halaman beranda Indonesiatrip.id

Faktanya, potensi bisnis wisata masih besar hingga Rp4 triliun/tahun. Apalagi saat ini pemerintah terus menggenjot pembangunan wisata baik infrastruktur transportasi maupun objek wisata. 

24. Berjualan Ebook

Jenis Bisnis: Online
Modal: Kecil – Menengah

Peran buku sebagai sumber informasi, perlahan mulai digantikan oleh eBook (buku elektronik). Salah satu alasannya adalah kemudahan konsumen untuk membacanya kapan saja melalui berbagai media seperti ponsel atau tablet.

Jika Anda memiliki keahlian di salah satu bidang, Anda cukup merangkumnya dalam sebuah buku. Proses pembuatannya relatif mudah. Setelah selesai proses pengetikan, Anda cukup menyimpannya dalam bentuk digital (PDF). 

jualan ebook

Anda bisa memasarkannya melalui website Anda sendiri atau bekerjasama dengan toko buku online yang sudah banyak tersedia. 

Hasil penjualannya mungkin tidak langsung luar biasa seperti Darren Rowse yang menghasilkan 756 juta rupiah dalam seminggu dari satu ebook. Namun, potensinya masih sangat besar. 

25. Bisnis Laundry

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda tentu tidak heran bisnis laundry ada pada daftar ini, bukan? Kenyataannya, bisnis jasa cuci memang masih menjadi salah satu jenis usaha yang menjanjikan.

Andry Tri Kurniadi adalah contoh pelaku bisnis laundry sukses dengan omzet hingga Rp300 juta/bulan. Awal bisnisnya didasari pemikiran bahwa “kuantitas mencuci baju yang lebih sering dari membeli baju”. Maka, dia mengurungkan niat awal berjualan baju. 

bisnis laundry

Untuk sebuah usaha laundry, modal awal yang dibutuhkan tergantung seberapa besar bisnis laundry yang akan Anda bangun. Bahkan, Anda pun bisa memulainya dari rumah terlebih dahulu. 

Jika ingin mengembangkan bisnis tersebut, pemanfaatan teknologi juga bisa Anda lakukan. Tujuannya, selain menjangkau lebih banyak orang juga memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen Anda. 

Salah satu contohnya adalah KliknKlin yang menyediakan jasa laundry melalui aplikasi Android, iOS, dan web app.

26. Berjualan Minuman Kesehatan

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Saat ini tren hidup sehat mulai berkembang di masyarakat. Tidak hanya sekedar berolahraga rutin, pola konsumsi makanan pun sangat diperhatikan. 

Peluang usaha inilah yang ditangkap oleh Nova Budi Setiabudi ketika mendirikan bisnis minuman kesehatan. Melalui website SuweOraJamu ia terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya minum jamu yang berbahan natural. 

Menurut Nova, bisnisnya tiap tahun tumbuh hingga 20%. Dengan ditunjang kehadiran Cafe Jamu, omzetnya mencapai Rp90 juta/bulan

jualan minuman kesehatan

Masyarakat Indonesia memang masih memiliki keterikatan dengan jamu sebagai minuman kesehatan. Bahkan, pada zaman modern seperti saat ini masih banyak konsumen yang menginginkan konsumsi makanan yang tidak hanya enak namun juga sehat. 

Artinya, Anda pun bisa terjun ke bisnis ini jika memiliki keahlian dalam meracik minuman kesehatan lainnya. Pemasarannya bisa Anda lakukan secara offline maupun online. 

Terlebih, di situasi pandemi seperti sekarang ini, kebutuhan masyarakat terhadap nutrisi sehat sangat diperlukan. Oleh karena itu kami yakin bisnis ini adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan di masa depan.

27. Bisnis Menjahit Pakaian

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil

Ingin membangun bisnis dari keahlian menjahit? Anda bisa melakukannya. 

Saat ini bisnis fashion di Indonesia memang sedang positif. Bahkan, nilai ekspor bisnis ini tahun lalu mencapai Rp122 triliun! Ini menjadikannya salah satu peluang usaha terbaik di tahun 2023. 

Berbekal keahlian Anda menjahit dan kejelian memilih bahan terbaik, Anda bisa membuat beragam produk fashion yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu contohnya adalah bisnis busana muslim. 

Bahkan, Anda bisa secara spesifik memproduksi hijab seperti yang dilakukan Atina Maulina. Ia membangun Vanilla Hijab tanpa modal sepeserpun karena menerapkan sistem pre order. 

menjahit pakaian

Faktanya, seiring perjalanan bisnisnya, saat ini ia bisa mendapatkan omzet hingga Rp.500 juta/bulan. Ini berkat pemasaran unik yang ia lakukan secara online, baik melalui website maupun Instagram.

28. Pet Shop

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Bagi pecinta hewan, membuka bisnis Pet Shop bisa jadi peluang usaha yang menggiurkan. 

Salah satu pebisnis yang sukses di bisnis ini adalah Lely H Musar. Ia membuka petshop dengan modal awal Rp10 juta dan kini mampu menghasilkan pendapatan hingga ratusan juta rupiah per bulan. 

bisnis pet shop adalah peluang usaha yang menarik

Anda tak harus memulai dengan jumlah tersebut untuk membeli berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan dan aksesoris. Anda bisa saja mulai fokus dengan jasa grooming (perawatan) hewan peliharaan dulu. Jika sudah ada keuntungan, bisa digunakan untuk menambah jumlah produk yang dijual di toko Anda. 

Potensi pasarnya masih terbuka. Sebab, kesadaran masyarakat akan perawatan kesehatan hewan peliharaan kian meningkat. Apalagi saat ini sudah banyak komunitas pecinta hewan seperti Jakarta Dog Lover dan Meow Holic.

Anda bisa memasarkan usaha Pet Shop Anda secara online, baik melalui website seperti petshopindonesia.com, atau media sosial. 

29. Usaha Sewa Pakaian

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Beberapa event seperti peringatan Hari Kartini kerap mewajibkan dresscode berupa busana daerah. Ini bisa jadi peluang usaha baru yang menarik. Sebab, sebagian besar orang selalu bingung bagaimana mendapatkan baju daerah yang pas. 

usaha sewa pakaian

Anda bisa mengambil contoh Tia Amalia. Ia melihat peluang ini ketika membangun bisnis sewa pakaian online sewaajah.com. Melalui websitenya, pengunjung bisa memilih busana daerah yang diinginkan dan menyewanya secara online. 

Penting untuk diingat bahwa potensi bisnis ini masih sangat besar. Anda bisa berkreasi dengan jenis bisnis sewa pakaian yang lain. Kuncinya, melihat peluang pasar yang baik sesuai tren yang berkembang saat ini. 

Tiap bulannya, bisnis ini menjanjikan omzet puluhan juta rupiah. Terutama di event besar, omzet tersebut bisa naik hingga tiga kali lipat

30. Usaha Sewa Perlengkapan Mendaki

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Semakin banyak orang menyukai kegiatan mendaki gunung. Selain untuk menikmati waktu bersama teman, sekaligus bisa mendapatkan foto-foto yang instagramable

Ini merupakan peluang bisnis yang menarik. Bisnis persewaan alat mendaki masih cukup potensial. 

usaha sewa perlengkapan mendaki

Buktinya, Dwi Widyastuti mengaku meraup omzet Rp5-6 juta per bulan dari bisnis bernama Avaya Outdoor yang ia bangun. Awalnya ia merintis bisnis ini karena pengalaman pribadi saat sulit menemukan alat mendaki yang ia butuhkan. 

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, Anda bisa melihat potensi pasarnya dulu. Apakah Anda ingin membangun usaha sewa berbagai alat yang lengkap, atau khusus untuk satu jenis perlengkapan saja, misalnya tenda kemping seperti yang dilakukan tendakemping.com.

31. Bisnis Cuci Sepatu

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mencuci sepatunya sendiri. Namun, bukan berarti bisnis cuci sepatu tidak bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Dengan modal Rp100 ribu saja, bisnis ini bisa mendatangkan omzet hingga 500 juta rupiah per bulannya. Ya, Anda tidak salah dengar. Cerita ini berasal dari Refaldy Fauzi, sosok di balik Sneaklin.

bisnis cuci sepatu

Berawal dari tugas kuliah, ia menemukan ide jasa cuci sepatu. Tidak disangka tanggapan konsumen cukup baik. Kemudian bisnis tersebut semakin berkembang, dan berubah menjadi premium shoes laundry.

Kesuksesan bisnis Refaldy tersebut didukung dengan keseriusannya terjun di bisnis digital melalui websitenya. Tren ini mulai banyak muncul seperti kehadiran iShoeLaundry. Namun, potensi bisnis ini sendiri masih cukup terbuka lebar. 

32. Bisnis Mainan Anak

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Anda tentu tidak akan percaya bahwa menjual mainan saja bisa mendatangkan omzet miliaran rupiah.

Faktanya, inilah yang terjadi pada Fahrudin ketika meninggalkan pekerjaannya sebagai cleaning service dan membangun bisnis online, Juragan Mainan. 

Keputusan tersebut bukanlah keputusan nekat. Selain belajar melihat potensi bisnisnya, Fahrudin sempat mendatangi beberapa dinas untuk mendapatkan data dari bisnis yang akan digarapnya. 

bisnis mainan anak

Jika Anda mendapatkan ide untuk memulai bisnis mainan, Anda bisa memulainya sekarang. Pelajari target pasar Anda dan dapatkan data dari berbagai sumber tentang potensi bisnis tersebut. 

Ingat, Anda bisa memulai bisnis sesuai modal yang Anda miliki. Lalu, berkembang seiring laba yang Anda dapatkan. Sebab, bisnis ini tidak menuntut Anda langsung memiliki toko fisik. 

Anda bisa memulainya secara online seperti ditunjukkan Fahrudin atau beberapa toko lain seperti tokomainanonline.com.

33. Sewa Perlengkapan Bayi

Jenis Bisnis: Offline/Online
Modal: Kecil – Menengah

Setiap orang tua pasti akan memberikan yang terbaik bagi perkembangan buah hatinya. Salah satunya dengan menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan. Namun, kadang masa pakainya terlalu singkat, sehingga beberapa orang tua lebih memilih menyewanya.

Itulah mengapa membuka usaha sewa perlengkapan bayi merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. 

sewa perlengkapan bayi

Meilisa Nurindah bisa menjadi contoh untuk usaha yang menjanjikan ini. Dengan modal awal sebesar Rp.10 juta, ibu rumah tangga ini berhasil membangun bisnis yang omzetnya saat ini mencapai Rp7 juta per bulan.

Tentu memiliki modal awal yang besar bisa membantu untuk menambah jumlah koleksi yang Anda miliki. Namun, tidak selalu demikian. Anda bisa memulai dengan beberapa perlengkapan bayi yang paling dibutuhkan terlebih dahulu seperti stroller. 

Tidak hanya itu, jika Anda bisa memulainya dari rumah, tentu Anda tak perlu menyewa toko untuk menyimpan perlengkapan bayi yang Anda miliki. 

Anda juga bisa memasarkannya secara online melalui website Anda seperti yang dilakukan sewaperalatanbayi.com.

Manakah Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan untuk Anda?

Cukup banyak juga ya jenis usaha dan peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan. Intinya, semua peluang usaha adalah bisnis yang menjanjikan di masa depan!

Untuk membuka sebuah usaha yang menjanjikan, Anda bisa memulainya dengan hal yang paling Anda sukai. Dengan kata lain, ikuti passion Anda.

Lalu, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan go online. Dan, yang tidak kalah penting adalah selalu pelajari potensi pasar bisnis tersebut dengan data yang cukup. 

Jika Anda sudah menemukan ide peluang usaha yang akan Anda geluti, Anda bisa memulainya sekarang. Berapa pun modal yang Anda miliki bisa menjadi hal penting berikutnya setelah kejelian, kreativitas, dan keuletan Anda dalam memulai usaha dari nol

Namun jika ingin tambahan modal, Anda bisa menggunakan platform pinjaman online terpercaya, misalnya KoinWorks.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat.

Product Mentioned

Tidak ingin ketinggalan insight seperti ini di kemudian hari? Masukkan email Anda dan klik subscribe sekarang! Kami akan memastikan Anda terus mendapatkan informasi bisnis terbaru & terhangat lengkap dengan info diskon domain & hosting Niagahoster.

Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *