Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

11+ Peluang Kerja dari Rumah: Mudah, Aman, dan Terbukti Cuan!

9 min read

peluang kerja online dari rumah

Kemajuan teknologi ditambah efek pandemi membuat peluang kerja dari rumah semakin meningkat dan sangat diminati.

Selain karena faktor keamanan dari kontak fisik dengan orang lain, bekerja dari rumah juga memberikan beberapa keleluasaan.

Sebagai contoh, mari kita bandingkan antara bekerja dari rumah dan di kantor.

Dari RumahDi Kantor
Waktu kerja fleksibel.Waktu kerja sangat monoton.
Tidak perlu keluar ongkos.Ongkos perjalanan yang tidak sedikit.
Waktu perjalanan bisa dialokasikan ke kegiatan lainnya.Waktu perjalanan bisa jadi sangat membosankan, ditambah kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi.
Aman di rumah dan menyesuaikan jam istirahat.Risiko keamanan dan kelelahan di perjalanan.
Bisa berpakaian bebas (hemat make up dan mengurangi cucian baju hehehe).Harus berpakaian rapi dan sopan, atau seragam bagi kantor tertentu.
Bebas bekerja di spot terenak di rumah.Harus berbagi tempat dengan rekan kerja.
Dapat melakukan kerja sampingan.Membagi waktu lebih sulit untuk kerja sampingan.

Tentu saja poin-poin diatas belum semuanya. Masih banyak lagi keuntungan yang dapat Anda rasakan.

Oke, sekarang kita tahu bahwa kerja di rumah lebih memiliki banyak kelebihan, tapi pertanyaannya: Kerja apaan ya? Adakah peluang kerja dari rumah? 

Di artikel ini, kami telah merangkum 12 pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Lengkap dengan estimasi pendapatan, kriteria yang biasa dibutuhkan, dan bagaimana cara mendapatkanya!

11+ Peluang Kerja dari Rumah

Remote working atau bekerja dari rumah memungkinkan seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan tanpa batasan daerah. 

Di samping itu, Anda juga bisa membangun usaha atau bekerja independen sesuai keahlian. Jadi, bekerja dari rumah tanpa modal pun adalah hal yang sangat mungkin terwujud.

Nah tanpa berlama-lama, siapkan diri Anda dan mari kita masuk ke pembahasan pertama.

1. Membuka Toko Online

kerja dari rumah membangun toko online

Loh kok toko online? Bukannya kalau di rumah lebih mudah buka toko warung?

Salah satu keunggulan toko online dibandingkan offline adalah tidak terdampak PSBB

Selain itu, pengelolaannya juga fleksibel. Misalnya, tidak terbatas jam buka/tutup, tidak perlu sewa tempat, promosi tanpa tatap muka, dll. 

Karena itu, membuka toko online menjadi pekerjaan favorit yang dapat dilakukan di rumah. Bahkan, tidak sedikit juga kisah sukses bisnis yang dimulai dari toko online di rumah.

Hal ini sejalan dengan riset dari Statista yang memperkirakan pendapatan dari transaksi online di Indonesia akan meningkat dari tahun ke tahun. 

jumlah pengingkatan toko online dari rumah

Cocok untuk: 

Bagi Anda yang memiliki jiwa dagang, memperhatikan detail, dan fokus pada tujuan (penjualan online), maka Anda siap menjadi pemilik toko online.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Produk;
  • Target pasar;
  • Hosting dan domain;
  • Website;
  • Alur pemesanan, pembayaran, dan pengiriman;
  • Ilmu marketing dan branding.

Cara:

Pertama, ciptakan branding toko online. Kedua, pilih hosting dan domain yang tepat di Niagahoster. Ketiga, Anda perlu membuat website toko online

Keempat, posting semua produk dan ciptakan alur pemesanan, pembayaran, dan pengiriman untuk konsumen. Setelah semua siap, Anda bisa mulai mempromosikan produk.

Tutorial selengkapnya dapat Anda temukan di artikel kami yang berjudul Cara Memulai Bisnis Online.

Estimasi pendapatan:

Perkiraan penghasilan online shop memang tentatif tergantung skala toko online itu sendiri. Dalam hitungan bulan, Anda sudah dapat mengantongi sekitar 5 hingga 10 juta rupiah.

Sedangkan, toko online yang sudah diatas satu tahun dan memiliki target market yang kuat, biasanya dapat tembus puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

Agar pendapatan lebih maksimal, jangan lupa terapkan Cara Sukses Jualan Online juga ya!

2. Reseller 

kerja online dari rumah menjadi reseller

Mau jualan online tapi tidak punya produk? Tenang, dengan teknik reseller Anda dapat membeli produk dari supplier dan dijual kembali.

Sudah banyak praktik reseller sukses yang dapat kita temui. Bahkan diantaranya menjadi reseller adalah penghasilan utama. 

Karena selain dapat dilakukan di rumah, reseller dapat dimulai dengan modal minim, dan dapat menjual produk yang bervariasi

Cocok untuk:

Siapapun dapat menjadi reseller. Misalnya, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau Anda yang sedang WFH dan ingin memiliki penghasilan tambahan.

Apalagi untuk orang yang jeli melihat kesempatan, antara kebutuhan konsumen dengan produk supplier, sangat cocok untuk menekuni reseller.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Target market;
  • Supplier dengan produk sesuai kebutuhan market:
  • Branding reseller;
  • Kalkulasi atau persentase keuntungan;
  • Website toko online;
  • Akun e-commerce;
  • Social media marketing.

Cara:

Pertama, lakukan riset pasar dan tentukan produk yang banyak dicari. Kedua, cari supplier dengan kualitas produk yang baik. Ketiga, bangun strategi branding, seperti logo, nama, dll.

Selanjutnya, hitung modal, harga jual, dan rasio keuntungan. Lalu, upload semua foto produk di website, e-commerce, atau media sosial.

Anyway, jika Anda tertarik untuk menjual produk digital, Anda bisa coba gabung program reseller hosting di Niagahoster!

Estimasi pendapatan:

Biasanya, persentase laba reseller berkisar 10% – 15% dari harga jual. Rata-rata penghasilan reseller dapat tembus 5 juta+ per bulan, tergantung dari produk apa yang dijual.

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Reseller Modal Minim

3. Dropshipper

bekerja dari rumah sebagai dropshipper

Setipe dengan reseller, namun Anda tidak perlu membeli stok produk terlebih dahulu.

Anda bisa langsung memasarkan produk milik produsen dengan harga Anda dan pengiriman akan dilakukan oleh produsen. Kerja dari rumah yang simpel kan?

Selain minim resiko, pengelolaannya juga dinilai lebih mudah dan tanpa modal. Di samping itu, ide usaha dropship yang menguntungkan juga lebih beragam.

Cocok untuk:

Mahasiswa, ibu rumah tangga, pelajar, orang yang ingin berjualan tanpa ribet.

Hal yang harus dipersiapkan:

Selain tekad kuat, Anda juga harus melihat dengan jeli mana produsen tangan pertama. Tentukan produk yang banyak diinginkan dan cepat terjual. Dan ketahui strategi ampuh menjadi dropshipper.

Cara:

  • Mencari produsen yang memiliki banyak peminat;
  • Tetapkan harga;
  • Posting foto produk di e-commerce atau media sosial;
  • Jalin komunikasi yang baik dengan konsumen;
  • Gesit memesan produk saat terjadi order.

Estimasi pendapatan:

Karena Anda hanya menjual kembali produk dari pihak lain, sebaiknya jangan menetapkan selisih yang terlalu besar. Cukup 5% hingga 10% dari harga asli. Jika ditekuni, Anda bisa menghasilkan hingga 5 juta rupiah per bulan.

4. Blogger

kerja online tanpa modal menjadi blogger

Kemungkinan, Anda akan sampai di artikel ini ketika mencari kata kunci “peluang kerja dari rumah” di Google. Jika benar, Anda bisa melakukan hal yang serupa.

Dengan kata lain, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membangun blog, mengoptimasinya, dan mendatangkan traffic serta mendapatkan penghasilan dari blogging.

Semuanya dapat Anda lakukan dari rumah!

Belum banyak yang tahu, bagaimana bisa menulis mendatangkan banyak uang. Padahal, di balik sebuah blog terdapat AdSense, kemungkinan endorsement, dll.

Baca juga: Hasilkan Uang di Blog dengan AdNow Native Ads

Cocok untuk:

Semua orang bisa terjun ke dunia blog. Bagi Anda yang teliti, sabar, gemar menulis, dan memiliki ketertarikan khusus ke suatu bidang, maka kami sarankan mulai blogging dari sekarang.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Topik blog. Misalnya, kuliner, fashion, teknologi, dll;
  • Platform blog. Misalnya, WordPress;
  • Layanan hosting seperti Niagahoster;
  • Konsistensi konten blog.

Cara: 

Anda dapat mengikuti panduan blogging di artikel apa itu blogging, untuk memahami blogging lebih dalam.

Estimasi pendapatan:

Setelah memonetisasi blog, Anda bisa mendapatkan uang dari blog melalui tiap konversi yang dihasilkan.

5. Content Creator

bekerja dari rumah tanpa modal menjadi content creator

Seberapa sering Anda scrolling media sosial? Dan seberapa banyak content creator yang Anda konsumsi kontennya? Nah, kenapa tidak menjadi salah satunya?

Content creator adalah orang yang berprofesi membuat konten, termasuk konten untuk tujuan promosi bisnis. Nah, sudah pasti ada cuan disana.

Apalagi Anda bisa memanfaatkan lebih dari satu media sosial sekaligus. Misalnya, YouTube, Instagram, TikTok, dll.

Baca juga: 11+ Cara Jadi Selebgram dan Dapat Endorse untuk Pemula

Cocok untuk:

Anda yang memiliki jiwa kreatif, mempunyai skill atau keahlian tertentu, kemampuan riset yang baik, memiliki kemampuan komunikasi, mampu multitasking, menguasai tools pendukung, dan SEO.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Akun media sosial;
  • Personal branding;
  • Konten yang bermanfaat dan unik;
  • Terbuka dalam memperluas relasi.

Cara:

Pertama, Anda harus selalu update terhadap trend dan berita. Hal itu menjadi pijakan Anda dalam membuat konten. Jangan lupa riset dengan mendalam dan kemas dengan konten yang unik dan original. 

Estimasi pendapatan:

Pendapatan dari setiap media sosial dapat berbeda-beda. Contohnya YouTube, Anda bisa mendapatkan pemasukan terbesar dari iklan. Namun, rata-rata pendapatan content creator sekitar 3,6 hingga 7,2 juta.

Eits, belum termasuk endorsement dan project-project lainnya, loh!

6. Freelancer

kerja sampingan di rumah sebagai freelancer

Pekerja lepas atau freelancer sering kali dianggap sebelah mata karena nominal penghasilan yang kurang wah. Itu karena biasanya freelancer bekerja jika ada project.

Namun, karena fleksibilitas yang tinggi, Anda sangat boleh menghandle lebih dari satu pekerjaan sekaligus. Portofolio project pun akan semakin berkesan.

Anda bisa memulai menerima project dengan bidang yang Anda kuasai. Di samping itu, tidak menutup kemungkinan juga untuk mencoba hal baru sambil belajar keterampilan lainnya. 

Jenis pekerjaannya pun sangat bervariasi. Misalnya, content writer, jasa edit foto, desain grafis, data entry, voice over, web designer, dll. Semuanya dapat dilakukan secara online tanpa modal.

Saat ini pun sudah banyak platform freelancer online. Anda dapat membuat akun, menerima pekerjaan freelance sesuai keinginan, hingga memasang tarif. 

Berikut beberapa platform atau situs freelance terpercaya di Indonesia:

  • Sribulancer;
  • Freelancer Indonesia;
  • Projects;
  • 99designs;
  • Gobann, dll.

Cocok untuk:

Orang yang menyukai tantangan, kreatif, dapat multitasking, ingin selalu belajar, dan memiliki time management yang baik.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Tools sesuai pekerjaan. Misalnya, photoshop, laptop, dll;
  • Tools keuangan untuk membuat invoice;
  • Portofolio untuk meyakinkan klien. Dapat berisi kumpulan project baik komersil atau nonprofit, penghargaan, dll.

Cara:

Pertama, kenali dan tentukan skill apa yang akan Anda jual. Kedua, riset target market dan trend yang sedang berjalan. Ketiga, mulailah dengan menerima project kecil di sekitar Anda.

Lalu, manfaatkan strategi word of mouth maupun online. Jangan lupa kumpulkan setiap project Anda dan bangun portofolio online yang mengesankan.

Baca juga: Cara Membuat Portofolio Online yang Menarik

Estimasi pendapatan:

Pemasukan freelancer tergantung pada jenis pekerjaan, seberapa banyak dan seberapa besar project yang dikerjakan. Misalnya content writer yang mematok harga per jumlah kata.

Secara general, freelancer bisa meraup lebih dari 10 juta rupiah, jika memaksimalkan jumlah project yang di-handle.

7. Translator atau Penerjemah

kerja dari rumah sebagai penerjemah atau translator

Punya pengetahuan bahasa memang aset yang sangat berharga!

Jika Anda memilikinya, jangan ragu untuk menjadi translator atau penerjemah. Selain bisa kerja dari rumah, relasi Anda juga akan meluas seiring banyaknya klien yang Anda handle.

Apalagi tiap menerjemahkan teks, sama saja dengan terus melatih kemampuan bahasa Anda. Sangat untung dan benar-benar kerja dari rumah tanpa modal, deh!

Cocok untuk:

Siapa saja yang memiliki kemampuan dua bahasa atau lebih. Baik menulis, membaca, atau berbicara. Lebih baik lagi jika fasih dalam berbagai tingkatan bahasa. Misalnya, dasar, percakapan, formal, hingga bisnis.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Sertifikat bahasa, semakin tinggi tingkatan bahasa lebih baik;
  • Sertifikat penerjemah tersumpah, jika ada;
  • Alat-alat, seperti laptop dan headset;
  • Public speaking.

Cara:

Pertama, pilih spesialisasi. Misalnya, menerjemahkan dialog film, buku ilmiah, novel, dll. Kedua, terjemahkan bahasa dengan baik dan benar, agar membangun kepercayaan dari klien.

Selanjutnya, Anda dapat membangun portofolio online dengan website. Tujuannya, agar lebih terpercaya dan dapat menarik klien secara independen.

Estimasi pendapatan:

Penghasilan penerjemah tidak main-main loh, sekitar Rp250.000 hingga Rp450.000 untuk satu halaman! Angka tersebut adalah acuan tarif penerjemah oleh Himpunan Penerjemah Indonesia.

Baca Juga: 16 Rekomendasi Jenis Kerja Online yang Menjanjikan

8. Social Media Specialist

kerja online dari rumah menjadi social media specialist

Daripada scrolling media sosial yang tak berujung, lebih baik menjadi social media specialist.

Orang-orang yang memiliki kemampuan media sosial sedang sangat dicari-cari. Karena meningkatnya jumlah online shop dan persaingan di media sosial semakin ketat.

Pekerjaan ini biasanya tidak memiliki persyaratan jenjang pendidikan yang khusus. Yang terpenting, Anda bisa memahami social media marketing dan bisa mengoperasikan media sosial. Tak hanya itu, copywriting adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh social media specialist.

Dan ke depannya, keterampilan social media tidak akan pernah mati, mengingat tiap bisnis akan sangat bergantung pada dunia digital.

Cocok untuk:

  • Orang yang kreatif dan selalu punya ide yang segar;
  • Memiliki komunikasi yang baik dan kemampuan copywriting;
  • Paham mengenai media sosial marketing dan algoritmanya.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Akun media sosial bisnis;
  • Perencanaan dan konsep konten;
  • Teknik copywriting.

Baca juga: 11+ Contoh Copywriting yang Memikat Pembaca

Cara:

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, semuanya telah dirangkum pada → Panduan Lengkap Social Media Marketing 2021.

Estimasi pendapatan:

Pemasukan social media specialist sangat bergantung pada besar kecilnya akun yang di-handle. Penghasilan tertingginya bisa tembus 10 juta lebih, selaras dengan sukses atau tidaknya strategi social media yang dijalankan.

9. Call Center

bekerja dari rumah sebagai call center

Biasanya pekerjaan ini dianggap remeh karena dinilai hanya menerima keluhan pelanggan. Tapi nyatanya, call center berperan sangat amat penting bagi kelangsungan bisnis.

Dengan adanya call center, pelanggan akan merasa terhubung dengan perusahaan dan mendapat rasa aman terkait produk yang dibelinya.

Call center atau customer success agent juga menjadi tombak utama dalam mempertahankan hubungan baik dengan konsumen.

Karena berkomunikasi langsung dengan pelanggan, call center dianggap representasi perusahaan.

Baca juga: Keuntungan Customer Success Agent

Cocok untuk:

Bagi Anda yang memiliki kemampuan komunikasi, problem-solver, pendengar yang baik, dapat memahami product knowledge perusahaan, responsif dan dapat mengendalikan emosi.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Product knowledge;
  • Kemampuan komunikasi;
  • Paham alur pemecahan masalah, keluhan, dll;
  • Alat kerja, seperti laptop, headset, dll.

Cara:

Lamar ke perusahaan yang membuka lowongan call center secara remote. Misalnya, Niagahoster yang telah membuka kesempatan Customer Success Agent dari berbagai kota.

Estimasi pendapatan:

Rata-rata pendapatan call center sekitar 4 hingga 6 juta rupiah.

10. Guru Privat atau Tutor Online

kerja online tanpa modal sebagai tutor online atau guru private

Masa-masa PSBB seperti ini, permintaan guru privat atau tutor online semakin meningkat.

Hal itu dikarenakan masih ada beberapa kendala saat kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan guru di sekolah.

Menjadi tutor online bisa dikatakan pekerjaan yang sangat fleksibel. Tidak perlu mengganggu waktu pekerjaan utama Anda dan dapat bekerja dari rumah.

Anda juga bisa menerima murid sesuai dengan spesialisasi Anda. Misalnya, matematika, bahasa, teknologi, dll.

Cocok untuk:

Mahasiswa, guru, ataupun ahli/orang yang berprofesi dalam bidang tertentu. 

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Portofolio berisi pengalaman mengajar, pencapaian, penghargaan, dll;
  • Materi pembelajaran;
  • Metode pengajaran;
  • Alat kerja, yaitu perangkat laptop, headset, dll.

Cara:

Untuk memulai pertama kali, tawarkan ke lingkungan terdekat Anda terlebih dahulu. Kedua, buatlah dokumentasi saat pembelajaran berlangsung untuk portofolio dan bahan promosi.

Jika sudah berkembang, Anda dapat mulai mengklasifikasikan kelas dan biaya per sesi. Misalnya, persiapan SBMPTN, tes TOEFL, dll.

Estimasi pendapatan:

Bayaran tutor online biasanya dihitung dari lamanya waktu per sesi dan tergantung dari jenjang pendidikan yang diajarkan. Biasanya berkisar Rp100.000 hingga Rp400.000.

11. Photo Stock Seller

bekerja dari rumah tanpa modal dengan menjual stok foto online

Photo stock yang profesional sangat dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan. Misalnya, ilustrasi artikel, brosur, iklan, dll.

Jika punya stok foto keren, coba saja jual secara online. Anda tinggal mempostingnya ke platform tempat jual foto online atau membuat website sendiri.

Foto Anda dapat dibeli atau dilisensikan oleh siapapun di dunia ini. Karena itu Anda bisa menetapkan harga jual dengan kurs dollar. Kerja sampingan dari rumah yang bersifat passive income, lumayan kan?

Cocok untuk:

Anda yang memiliki minat dan bakat pada fotografi dan memiliki kemampuan edit foto yang baik.

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Foto-foto yang akan dijual;
  • Image SEO;
  • Platform menjual stock photo online.

Cara:

Pertama, sebaiknya tentukan niche foto Anda. Misalnya, pemandangan, objek, orang, dll. Jika Anda rasa foto sudah layak jual, maka Anda bisa langsung menjualnya di 7+ Tempat Jual Foto Online.

Setelah dirasa peminat foto Anda semakin banyak, Anda dapat mulai membuat website fotografi Anda sendiri.

Estimasi pendapatan:

Penghasilan photo stock biasanya bervariasi. Tergantung di platform mana Anda menjualnya. Biasanya, satu foto akan dihargai sekitar satu dollar.

Namun, karena dunia digital dapat merambah seluruh dunia, jika foto Anda menarik pastinya banyak yang akan membeli. Kalkulasi pun dapat tembus hingga seratus dollar per bulan!

12. Afiliasi

kerja sampingan di rumah dengan afiliasi

Satu lagi peluang kerja di rumah tanpa modal, yaitu menjadi afiliasi. Afiliasi adalah program yang memberikan komisi jika Anda berhasil membuat orang lain menggunakan suatu produk.

Selain dapat bekerja dari rumah tanpa modal, mengikuti program afiliasi ini memungkinkan Anda memiliki penghasilan pasif. Apalagi jika Anda mengikuti banyak program afiliasi, tentu peluang cuan makin besar.

Di samping itu, biasanya program afiliasi juga memiliki beberapa keuntungan lain.

Misalnya, diskon tambahan dan kode referral yang didapatkan afiliator untuk target usernya. Ini semua sangat membantu untuk menarik pelanggan dan mendapatkan komisi lebih banyak.

keuntungan program afiliasi Niagahoster

Sudah banyak kisah sukses program afiliasi. Contohnya, Aden Ahmadi yang menjadi salah afiliator Niagahoster.

Cocok untuk:

Siapa saja yang paham di bidang tertentu, seorang yang ahli atau mendalami suatu bidang. 

Hal yang harus dipersiapkan:

  • Produk dengan kualitas yang baik sesuai bidang;
  • Product knowledge;
  • Siap berkomunikasi dan merekomendasikan produk secara objektif.

Cara:

Pertama, tentukan bidang yang ingin Anda tekuni. Kedua, cari supplier produk atau layanan. 

Misalnya, Anda berkecimpung bidang hosting dan website bisnis, maka Anda dapat merekomendasikan hosting dan domain yang tepat ke orang lain.

Ketiga, buat review produk di website atau media sosial. Keempat, pasang banner iklan dengan kode referral Anda. Jangan lupa, selalu kumpulkan testimoni dari pelanggan-pelanggan Anda.

Estimasi pendapatan:

Berbeda dari reseller dan dropshipper, afiliator berkesempatan mendapat komisi lebih besar. Sekitar 40% hingga 50%, bahkan lebih.

Seperti program afiliasi Niagahoster yang memberikan komisi 70% dari total nilai transaksi!

contoh komisi afiliasi Niagahoster

Itu artinya, pendapatan bergantung pada usaha Anda untuk meyakinkan pelanggan baru. Biasanya, afiliator dapat mengantongi paling sedikit di atas Rp500.000 hingga belasan juta rupiah!

Peluang Kerja dari Rumah yang Mana Pilihan Anda?

Ada banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan cara menuju cuan. 

Dua belas jenis pekerjaan di atas telah terbukti dapat menambah penghasilan. Selain bisa kerja sampingan di rumah, mudah, aman, dan terbukti cuan!

Anda dapat mempertimbangkan kriteria pekerjaan, apa saja yang harus dipersiapkan, bagaimana cara mendapatkannya, dan berapa estimasi pendapatannya. Semua sudah lengkap kami rangkum di atas.

Nah, sekarang silakan pilih yang paling cocok dengan diri Anda. Kapan lagi, bisa kerja dari rumah tanpa modal?

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.