Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

31 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal di Tahun 2023

18 min read

bisnis online tanpa modal

Saat ini, ada banyak sekali bisnis online tanpa modal yang bisa dijalankan. Namun, mungkin Anda masih bingung, manakah peluang bisnis online yang paling tepat untuk Anda.

Oleh karena itu, di artikel ini, kami telah merangkum peluang bisnis online terbaik. Jadi, Anda tinggal pilih peluang bisnis yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

Sudah tidak sabar? Mari belajar bisnis online lebih dalam dengan menyimak artikel ini hingga akhir!

31 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

Inilah beberapa peluang bisnis online yang akan kita bahas di artikel ini:

  1. Melakukan dropshipping
  2. Bisnis online melalui Instagram
  3. Bergabung dengan afililasi
  4. Membuka kursus online
  5. Menjadi penulis freelance online
  6. Membuka toko online
  7. Membuka jasa pembuatan website
  8. menawarkan jasa tutor online
  9. Menjadi blogger
  10. Membuka jasa SEO

Penasaran kan dengan peluang bisnis online tanpa modal lain selengkapnya? Yuk simak penjelasan lebih detail di bawah!

1. Melakukan Dropshipping

Inilah peluang bisnis online pertama yang bisa Anda coba. Dropshipping adalah bentuk bisnis online tanpa modal di mana Anda menjual produk orang lain.

Penghasilan dari bisnis dropship berasal dari selisih harga, dari yang dibayarkan oleh pembeli, ke yang Anda bayarkan untuk supplier.

Cara Kerja Dropshipping Adalah Menawarkan Produk Dari Supplier Untuk Konsumen

Tak seperti reseller, Anda tak perlu menyimpan barang sebelum menjualnya lagi. Jadi, tak perlu repot membuat gudang sendiri.

Anda cukup bekerja sama dengan supplier, lalu memasarkan produk mereka. Bisa melalui website, media sosial dan lainnya.

Nah, pada saat pembeli menginginkan suatu barang, Anda menerima uang dari pembeli. Lalu, Anda membayarkan uang tersebut kepada supplier sesuai harga barang dan meminta supplier untuk langsung mengirim barang tersebut kepada pembeli.

Saat ini, semakin banyak platform yang menawarkan kerjasama dropship. Sebut saja, Sahabat Dropshipper, Yuk Dropship, dan lainnya.

Pilihan jenis produknya juga beragam. Mulai dari fashion dan kosmetik hingga produk kerajinan tangan.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, blog, media sosialKeuntungan penjualan

2. Bisnis Online Melalui Instagram

Selain menggunakan website, media sosial bisa menjadi sarana untuk membuka bisnis online Anda.

Akun Instagram Maskot Galeri

Instagram merupakan platform media sosial untuk jenis bisnis ini. Alasannya, mampu menampilkan foto dan video produk dengan lebih menarik.

Untuk menjalankan peluang usaha online ini, langkah pertama adalah membuat akun Instagram bisnis. Tujuannya, membangun kredibilitas bisnis Anda. Kemudian, lakukan optimasi profil agar pengguna bisa mendapatkan informasi bisnis Anda dengan lengkap.

Jangan lupa untuk terus memposting konten yang menarik dengan berbagai penawaran khusus seperti free delivery di area tertentu atau hari tertentu. Bila perlu, sesekali Anda perlu mengiklankannya, sesuai dengan budget dan target pasar Anda.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online dengan modal kecilPlatform media sosialKeuntungan dari penjualan produk buah

3. Bergabung dengan Afiliasi

Hampir sama dengan dropshipping, afiliasi adalah bisnis online tanpa modal dengan cara menjualkan produk pihak lain.

Bedanya, penghasilan Anda lewat peluang bisnis online ini berasal dari komisi penjualan barang. Besarnya prosentase komisi Anda sesuai yang telah disepakati dengan penjual, bisa 20% atau 50%.

program afiliasi niagahoster

Afiliasi biasanya berupa sebuah program yang mengharuskan Anda untuk mendaftar. Contohnya adalah Program Afiliasi Niagahoster.

Setelah bergabung, Anda akan mendapatkan kode kupon atau banner. Cukup pasang banner tersebut di website atau blog Anda, atau sebarkan kupon Anda melalui media sosial.

Setiap kali konsumen membeli produk menggunakan kupon tersebut, akan terhitung sebagai poin yang menjadi komisi Anda.

Kunci dari kesuksesan bisnis afiliasi yaitu bagaimana mendapatkan persentase komisi yang besar untuk Anda. Program Afiliasi Indonesia misalnya, akan memberikan komisi sebesar 70% dari setiap penjualan hosting yang berhasil. Tertarik mencoba?

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, blog, media sosialKomisi penjualan
banner penawaran program afiliasi niagahoster

4. Membuka Kursus Online

Belajar dari rumah sudah banyak dilakukan. Membuka kursus online menjadi cukup relevan dan bahkan kian booming. Ini bisa jadi peluang bisnis online yang menguntungkan.

Tak hanya bagi siswa, banyak karyawan perusahaan yang juga membutuhkan akses belajar skill baru melalui kursus online.

kursus online sebagai peluang usaha

Kursus online adalah sebuah website yang berisi berbagai macam materi pengetahuan yang bisa diakses dengan sistem berbayar. Baik dengan sistem berlangganan, maupun sekali beli.

Anda tak memiliki keahlian coding untuk membuat website?

Tak perlu khawatir. Banyak platform seperti WordPress yang dapat membantu Anda membuat kursus online dengan sistem yang baik. Anda cukup fokus pada skill yang akan Anda tawarkan.

WordPress memiliki banyak plugin LMS (Learning Management System) yang akan membantu Anda mengelola kursus, membuat kelas hingga manajemen portal pembayaran.

Meskipun bisa saja dimulai tanpa modal, kami menyarankan Anda berinvestasi dengan layanan hosting yang baik. Tujuannya, agar mampu menyediakan website yang bisa diakses kapan saja tanpa kendala.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modal atau modal kecilWebsite kursus onlineKeuntungan penjualan jasa kursus

5. Menjadi Penulis Freelance Online

Keahlian Anda menulis bisa menjadi peluang bisnis online yang menguntungkan. Kenapa demikian?

Saat ini banyak pebisnis yang sadar pentingnya pemasaran dengan content marketing. Salah satunya, melalui blog. Namun, tak banyak dari mereka yang memiliki keahlian menulis artikel yang menarik.

Oleh karena itu, bisnis online jasa penulisan konten cukup menjanjikan.

Untuk menemukan calon konsumen Anda bisa melakukan beberapa cara. Pertama, bergabung dengan platform freelancer dan mengambil pekerjaan sesuai keahlian Anda. Beberapa platform yang bisa Anda gunakan adalah Sribulancer dan Projects.co.id.

Kedua, membangun blog atau website portofolio yang menunjukkan skill Anda. Siapkan halaman kontak khusus agar calon klien mudah menghubungi Anda. Lalu, promosikan skill Anda melalui berbagai platform media sosial untuk mendukung upaya pemasarannya.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, blog, media sosialFee dari jasa penulisan artikel

6. Membuka Toko Online

Membuka toko online dengan layanan antar merupakan peluang bisnis online yang menjanjikan. Terutama, dengan pangsa pasar konsumen di kota-kota besar.

Salah satu contoh toko online yang bisa Anda jalankan adalah toko sayur online. 

Membuat website toko online tidaklah sulit. Cukup diawali dengan membeli hosting dan domain, lalu memilih platform website toko online. Selanjutnya, Anda bisa mulai memasang beragam produk yang dijual dalam tampilan etalase yang menarik.

Jangan lupa untuk menggunakan strategi bisnis yang menarik pembeli. Contohnya untuk toko sayur online, Anda bisa menjual sayur dalam bentuk paket masakan, alih-alih menjual terpisah. Misalnya, paket sayur asem, paket sayur sop, dan lainnya.

Promosi toko online Anda bisa dilakukan melalui media sosial. Anda juga bisa membangun blog yang menghubungkan dengan toko online Anda. Tujuannya, untuk lebih banyak menarik pembeli datang.

Peluang usaha online ini membutuhkan investasi yang kecil, tapi menjanjikan hasil yang menguntungkan.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online dengan modal kecilWebsite toko onlineKeuntungan dari penjualan produk sayur

7. Membuka Jasa Pembuatan Website

Apabila Anda jago coding, membuka jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Alasannya, banyak orang mulai memahami pentingnya website tapi belum mampu membuat website sendiri.

Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Langkah awal di bisnis ini, bangunlah website yang unik sebagai media promosi dan identitas online Anda. Jangan lupa, bangun branding yang kuat atas keahlian Anda tersebut.

Selain itu, Anda perlu lebih jeli dalam memilih target pasar dan menyesuaikan tarif jasa yang dikenakan.

Bisnis online ini bisa Anda lakukan tanpa modal. Pun demikian, menjanjikan keuntungan yang berlipat karena Anda bisa melakukan berbagai pengembangan usaha. Salah satunya, dengan menjadi reseller hosting.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite bisnis atau portofolioKeuntungan hasil jasa dan penghasilan lain seperti reseller hosting

9. Menawarkan Jasa Tutor Online

Keahlian Anda dalam mengajar juga potensial untuk memulai bisnis online tanpa modal. Caranya, dengan menawarkan jasa tutor online, baik private maupun berkelompok.

Saat ini sudah banyak platform yang mendukung Anda menjalankan bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah SnapAsk dan Superproof. Untuk pangsa pasar luar negeri, ada Wyzant yang bisa juga Anda coba.

Sedikit berbeda dengan platform freelancer, beberapa platform tutor melakukan seleksi terlebih dahulu bagi calon tutor untuk dapat bergabung. Selanjutnya, Anda baru bisa mendapatkan konsumen yang ingin belajar topik tertentu.

Untungnya, Anda bisa mendaftar ke platform tersebut dengan gratis.

Di sisi lain, Anda juga bisa menjalankan bisnis online ini secara mandiri. Caranya, dengan memanfaatkan website portofolio dan media sosial untuk berpromosi keahlian Anda mengajar topik tertentu.

Teknis pelaksanaan tutor bisa menggunakan aplikasi yang mendukung video calling seperti WhatsApp, Zoom, Hangout dan lainnya. Tentukan di awal untuk memudahkan proses belajar mengajar.

Untuk memastikan pelaksanaan bisnis online ini berjalan baik, manajemen waktu sangat berperan. Pastikan Anda mengatur jadwal tiap kelas dengan tepat.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, blog, media sosialFee dari jasa les privat

9. Menjadi Blogger

Anda mungkin bertanya “kenapa membuat blog termasuk dalam bisnis online?”

Begini penjelasannya. Ketika Anda memiliki blog, Anda tentu akan menulis konten yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat. Lalu, pengunjung akan datang ke blog Anda untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka perlukan.

Semakin banyak pengunjung datang, semakin besar penghasilan yang akan Anda dapatkan. Dari mana? Banyak sumbernya.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan. Contohnya dengan bergabung ke platform Google Adsense. Selain itu, tak jarang bisnis yang berani membayar Anda untuk menulis sponsored post. Dan, masih banyak cara lain seperti afiliasi atau menjual produk digital Anda sendiri.

Yang tak kalah menarik, Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal sepeser pun.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalBlogKomisi penayangan iklan, sponsored post, afiliasi, penjualan produk dan lainnya

10. Membuka Jasa SEO

Jika Anda memiliki keahlian SEO (Search Engine Optimization), membuka jasa konsultan optimasi website adalah salah satu peluang bisnis online menjanjikan.

Pada dasarnya, peluang bisnis online ini akan membantu website pebisnis untuk mendapat peringkat terbaik di mesin pencari. Dengan demikian, akan mendatangkan banyak pengunjung yang berpeluang meningkatkan penjualan produk mereka.

Belum banyak yang memiliki keahlian ini, jadi jasa Anda akan sangat dibutuhkan.

Namun, harap diingat bahwa bisnis Anda sebaiknya menghindari teknik Black Hat SEO yang tidak aman. Gunakanlah strategi yang baik seperti riset keyword, content audit, hingga monitor backlink. Langkah ini sekaligus untuk membangun reputasi Anda.

Untuk memasarkan bisnis online ini, Anda bisa memanfaatkan website portofolio atau blog yang menjelaskan kemampuan Anda. Untuk lebih mendapatkan reach, Anda juga bisa berpromosi lewat media sosial.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalBlogHasil keuntungan jasa konsultasi

11. Membuka Jasa Desain Grafis

Seperti halnya dalam hal penulisan, keahlian desain grafis sangat diperlukan oleh dunia bisnis. Contohnya, desain logo, desain kemasan produk, desain brosur dan lainnya.

kerja freelance desain grafis

Membuka jasa desain grafis bisa jadi peluang usaha online yang cocok bagi Anda yang memiliki skill desain yang tinggi. Apalagi pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah atau remote.

Untuk mendapatkan konsumen, Anda bisa juga bergabung ke platform freelancer. Di Indonesia, ada Sribu.com yang menjadi salah satu marketplace desain grafis terbesar. Jika ingin menjajal pasar luar negeri, 99designs bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Namun, Anda tetap perlu membangun reputasi online Anda melalui sebuah website portofolio. Inilah yang akan menjadi bukti keahlian desain Anda. Selain itu, calon klien tidak akan ragu lagi menggunakan jasa Anda setelah mengetahui hasil karya desain yang ditampilkan.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, blog, media sosialFee dari jasa pembuatan karya desain

12. Menawarkan Jasa Terjemah Online

Anda memiliki keahlian bahasa asing? Kenapa tidak mencoba membuka jasa terjemahan? Peluang bisnis online ini cukup menjanjikan.

Saat ini akses informasi memang kian mudah berkat internet. Namun, sebagian besar informasi tersebut dalam bahasa Inggris. Selain itu, bagi beberapa orang yang memiliki karya yang ingin dikenalkan kepada dunia, harus merubahnya dalam format bahasa Inggris dulu.

Artinya, peran penerjemah dibutuhkan dalam kondisi ini. Dengan kata lain, konsumen untuk bisnis online Anda sudah ada.

Nah, sebelum terjun ke bisnis ini, pastikan Anda melengkapi sertifikasi yang diperlukan. Hal ini terkait dengan reputasi Anda sebagai penerjemah. Kemudian, Anda bisa bergabung ke komunitas penerjemah seperti HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) untuk memperkuat koneksi.

Jika semua sudah dipenuhi, mulailah mencari klien melalui platform freelancer atau koneksi komunitas. Apabila mendapatkan klien, pastikan memberikan hasil pekerjaan terbaik. Tujuannya, sebagai sarana pemasaran word of mouth untuk konsumen Anda berikutnya.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, platform freelance, media sosial.Fee dari jasa penerjemahan

13. Berjualan Ebook

Satu lagi peluang bisnis online terbaru yang bisa dilakukan dengan bekal kemampuan menulis Anda. Berjualan ebook merupakan bisnis yang sedang naik daun.

Hal ini terjadi berkat perkembangan teknologi yang memudahkan buku digital dapat diakses di mana saja dengan berbagai perangkat. Tidak hanya itu, saat ini banyak sekali toko buku digital yang melayani penjualan ebook. Jadi, konsumen bisa membeli buku dengan cepat dan mudah.

Untuk menekuni bisnis ini, pastikan Anda mampu membuat sebuah buku digital yang menarik. Tidak hanya dari kontennya, tapi juga dari desain dan tampilannya.

Penjualan ebook yang Anda hasilkan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, menjualnya lewat toko buku digital seperti BukaBuku, Karya Virtual hingga Google Play Store.

Kedua, menjualnya secara mandiri dengan cara membuat website bisnis atau melalui akun media sosial Anda.

Jika menggunakan WordPress, Anda cukup menambahkan plugin download yang memiliki fitur sistem pembayaran untuk menjual ebook. Salah satu contohnya,Easy Digital Downloads.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite pribadi, toko buku digital, PlayStoreKeuntungan penjualan ebook

14. Membuka Jasa Copywriting

Meyakinkan konsumen untuk membeli sebuah produk membutuhkan skill. Sayangnya, tak banyak yang memilikinya.

Membuka jasa copywriting bisa menjadi bisnis online yang layak Anda coba. Sebab, bisa Anda mulai tanpa modal.

Copywriting adalah salah satu teknik menjual produk yang banyak ditemukan. Baik di media cetak maupun di platform digital seperti website.

Jika Anda sudah menguasai teknik copywriting dengan baik, Anda bisa langsung memulai bisnis tersebut. Bisa dengan mendapatkan klien dari platform freelance atau mempromosikan website portofolio yang menampilkan karya copywriting Anda.

Apabila belum, Anda bisa belajar teknik copywriting terlebih dahulu. Mulai dari cara membuat headline yang menarik hingga menulis body copy yang persuasif.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite portofolio, platform freelanceFee dari jasa penulisan copy

15. Menjadi Influencer

Anda tak perlu menjadi artis untuk bisa menekuni dunia influencer. Faktanya, banyak bisnis kecil dan menengah yang membutuhkan figur untuk mempromosikan produk mereka tapi dengan tarif terjangkau.

Ini bisa menjadi peluang bisnis online yang dapat Anda coba. Sebab, influence marketing merupakan salah satu strategi dalam digital marketing yang masih akan terus digunakan oleh para pebisnis dalam upaya menjual produk.

Untuk menjadi seorang influencer, pastikan Anda memahami tingkatan Anda terlebih dahulu. Apakah influencer nano, mikro, makro atau premium? Hal ini penting untuk memastikan Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Jika sudah, sebagai langkah awal, Anda bisa bergabung ke salah satu platform influencer terlebih dahulu. Contohnya, SociaBuzz atau BuzzoHero.

Seiring reputasi Anda sebagai seorang influencer meningkat, Anda bisa mulai menawarkan jasa tersebut secara mandiri. Bisa melalui media sosial seperti Instagram atau melalui blog.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalBlog, platform influencer, media sosial.Fee dari jasa promosi produk

16. Berjualan Template Website

Selain membuka bisnis jasa pembuatan website, Anda bisa memanfaatkan keahlian coding Anda untuk membangun bisnis online lain. Yaitu, berjualan tema website.

Seperti Anda tahu, saat ini platform yang paling populer untuk blog/website adalah WordPress dan Blogger. Sayangnya, tema default yang diberikan kadang tidak sesuai kebutuhan, terutama bagi website bisnis. Alhasil, banyak pengguna mencari alternatif tema lain.

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis online menjanjikan.

Untuk menjual tema tersebut, Anda bisa menggunakan marketplace seperti Themeforest atau Templatemonster. Tentu saja produk Anda harus mampu bersaing di pasar luar negeri. 

Cara lain, Anda bisa menjual tema tersebut di blog/website Anda sendiri. Hal inilah yang dilakukan salah satu blogger sukses Sugeng Riyadi.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite/blog pribadi, marketplace temaKeuntungan berjualan tema website

17. Membangun Channel YouTube

Anda menganggap YouTube sekedar sarana hiburan? Pikirkan lagi. Kenyataannya, membangun channel YouTube bisa menjadi peluang bisnis online tanpa modal yang sangat menjanjikan. 

Bahkan, seorang YouTuber bisa mendapatkan uang hingga puluhan juta rupiah per bulan dari channel YouTube miliknya. Bagaimana caranya? 

Anda cukup membuat konten bermanfaat dan melakukan monetizing. Sumber penghasilan YouTube bisa dari iklan, afiliasi maupun penjualan produk Anda sendiri.

Apa konten yang bisa Anda buat untuk menarik pengunjung? Cukup banyak pilihan, mulai dari gosip artis, tutorial makeup hingga informasi berita dan review produk. 

Membangun channel YouTube memang membutuhkan proses. Namun, jika pengunjung  Anda bertambah dan subscriber Anda meningkat, jumlah uang yang bisa Anda hasilkan juga cukup menjanjikan. 

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalYouTubeIklan, afiliasi, penjualan produk, dan lainnya.

18. Menjadi Podcaster

Seperti halnya YouTube, podcasting juga bisa menjadi bisnis online tanpa modal. Bedanya, Podcast fokus pada konten audio. 

Menjadi podcaster artinya Anda membangun sebuah channel yang menyediakan konten audio on demand yang bisa diakses secara online. 

Topik konten untuk channel Anda bisa apa saja. Mulai dari bahasan kehidupan anak mudah seperti Muda Cuma Sekali atau tentang sepakbola seperti Retropus. Pilihlah yang memiliki audiens yang besar dan setia agar podcast Anda bisa semakin berkembang. 

Untuk membuat podcast, Anda bisa memanfaatkan platform seperti Spotify, Anchor, atau Soundcloud. Namun, untuk tampil unik dan keleluasaan penggunaan, menggunakan website sendiri adalah pilihan terbaik

Anda bisa membangun channel Anda sendiri di website WordPress yang dilengkapi plugin seperti PowerPress Podcasting. Jika sudah memiliki banyak pendengar, mulailah melakukan monetizing untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, afiliasi dan lainnya. 

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalSpotify, Anchor, Soundcloud, dan Website PribadiIklan, afiliasi, penjualan produk, dan lainnya. 

19. Menjadi Voice Over Talent

Voice over talent adalah pekerjaan untuk mengisi suara untuk media tertentu. Seperti tokoh kartun, animasi film, game, iklan, dsb. 

Meskipun terlihat simple, peluang bisnis online ini cukup bagus. Mengingat, media hiburan dan periklanan sekarang cukup berkembang. Sehingga, kebutuhan akan pengisi suara pun juga banyak.

Anda tertarik menjadi voice over talent? Agar bisa sukses, coba lakukan beberapa tips berikut:

  • Mengikuti pelatihan voice acting. Meskipun yang dibutuhkan hanya suara, Anda perlu belajar acting untuk mengetahui intonasi serta gaya berbicara yang sesuai konteks dan karakter media;
  • Berlatih sambil direkam. Saat berlatih, rekam dan dengarkan kembali suara Anda sehingga Anda bisa mengevaluasinya;
  • Ikuti audisi pencarian voice over talent. Biasanya, perusahaan merekrut talent melalui audisi tertentu;
  • Unggah portfolio Anda ke berbagai platform digital. Mulai dari website, Instagram, TikTok, dsb. Dengan begitu, kemampuan Anda bisa dikenal banyak orang dan dilirik perusahaan.

Selagi Anda berlatih, teruslah berlatih dan perkuat branding Anda sebagai voice over talent. Misalnya, dengan mengunggah video voice over ke TikTok saat Anda meniru berbagai karakter suara. Siapa tahu, ada perusahaan yang menonton video Anda dan tertarik merekrut Anda.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, media sosialFee per project

20. Menjadi Content Creator

Content creator adalah orang yang berprofesi membuat konten, termasuk konten untuk tujuan promosi bisnis. Kalau digali lebih dalam lagi, content creator bertugas untuk:

  • Melakukan content ideation, yaitu mencari ide konten yang membantu klien mencapai tujuannya. Memperluas brand awareness, meningkatkan engagement, dsb;
  • Mendistribusikan konten ke berbagai channel marketing. Mulai dari Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dsb;
  • Melakukan riset terhadap desain konten yang menarik. Seperti bagaimana editing di video TikTok, visual pada foto, ataupun artikel website yang sesuai kaidah SEO.

Peluang bisnis online ini cukup cerah untuk jangka panjang. Alasannya, boleh dibilang konten pasti menjadi salah satu strategi marketing wajib bagi perusahaan untuk memikat perhatian calon pelanggan.

Tak heran, klien-klien content creator berasal dari perusahaan kecil hingga besar. Pertanyaannya, bagaimana cara Anda menjadi content creator yang dicari-cari oleh perusahaan ini?

Simple saja, Anda bisa mewujudkan ide bisnis online ini dengan mencari di berbagai situs freelance. Selain itu, Anda juga bisa melamar ke creative agency atau bahkan mendirikan jasa konten sendiri.

Lalu agar calon klien lebih mudah menemukan jasa Anda dan yakin dengan kreativitas Anda, manfaatkanlah berbagai platform digital untuk menunjukkan karya Anda. Seperti membuat video di TikTok, membangun website pribadi, dan banyak lagi.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, blog, media sosialFee dari setiap konten yang dihasilkan

21. Berprofesi Sebagai Fashion Stylist

Beda dengan designer, fashion stylist bertugas mengarahkan gaya berpakaian klien agar sesuai konsep tertentu. Entah untuk model pakaian, pemotretan, hingga event penting lainnya.

Tidak harus menjadi fashion stylist di TV ataupun acara fashion show, peluang bisnis online ini juga bagus untuk mendapatkan klien di media sosial ataupun acara khusus seperti pre-wedding.

Apalagi, makin banyak orang yang ingin tampil keren di media sosial dan acara-acara penting lainnya. Layaknya meniru para selebgram.

Nah untuk menjadi fashion stylist yang kerap dijadikan langganan banyak orang, coba ikuti tips ini:

  • Tentukan objek. Kalau Anda belum punya klien, silakan temukan objek menarik untuk dijadikan portofolio. Bisa diri sendiri, produk, model, dsb;
  • Pahami konteks project. Anda harus tahu kebutuhan klien untuk bisa mengarahkan gaya dengan tepat;
  • Rajin posting portfolio di channel marketing. Pajang hasil karya Anda, bisa berupa foto, di media sosial ataupun website pribadi;
  • Bangun relasi dengan banyak orang. Makin banyak orang mengetahui kemampuan Anda, strategi word of mouth dengan sendirinya akan berjalan dan memperkuat branding Anda.

Agar ide bisnis online ini makin berkembang, silakan jalin kerjasama dengan berbagai vendor. Mulai dari jasa pemotretan, hingga agency content creator.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, media sosialFee per project

22. Selebtwit

Selebtwit (selebriti Twitter) adalah orang-orang yang populer lewat Twitter. Bisa karena sering membuat tweet yang lucu, ataupun menyusun thread alias tweet beruntun yang selalu dinanti orang.

Misalnya saja @BudeSumiyati yang mayoritas tweet-nya seputar percintaan. Saking populernya, Bude Sumiyati mendapat tawaran iklan dari perusahaan sebesar Grab.

contoh peluang bisnis online menjadi selebtwit

Apakah peluang bisnis online ini bagus?

Yah, sempat redup di tahun 2018-2019, kini Twitter kembali populer. Sebab, banyak orang mengeluarkan kegelisahannya di Twitter dan boleh dibilang potensi menjadi viral cukup mudah. Sebab, orang mudah retweet atau membagikan ulang postingan Anda.

Alhasil, tweet siapapun, termasuk Anda, bisa viral berulang kali dan menarik banyak followers. Dan ujung-ujungnya, tawaran beriklan dari berbagai perusahaan pun akan berdatangan.

Eitss meski terlihat hanya nge-tweet saja, untuk menjalankannya butuh teknik, lho. Berikut cara menjadi selebtwit yang sukses:

  • Tentukan niche yang relevan dengan target pasar. Misalnya, keluh kesah anak perkantoran, edit foto lucu, atau rayuan gombal;
  • Pahami Twitter Marketing agar potensi mendapatkan engagement semakin besar;
  • Konsisten membuat caption menarik dan sesuai niche. Sehingga, branding Anda juga semakin kuat;
  • Perbanyak interaksi dengan pengguna Twitter lain. Bisa lewat mention, quote tweet, dsb.

Tambahan informasi, untuk menjadi selebtwit Anda tidak harus menggunakan identitas asli, lho. Anda bisa membuat akun yang unik seperti @MajelisLucu, @FOODFESS2, dsb. Tapi ingat, patuhilah regulasi di Twitter dan jangan asal nge-tweet demi mendapat viral.

Nah kalau followers Anda sudah mencapai 600, silakan tingkatkan branding serta engagement dengan Twitter Spaces. Twitter Spaces adalah fitur yang memungkinkan Anda melakukan streaming obrolan suara dengan pengguna lainnya

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalTwitterEndorse iklan, afiliasi

23. Menawarkan Jasa Rangkai Kata

Masih berhubungan dengan kata-kata, ide bisnis online ini terbilang nyeleneh. Yap, jasa rangkai kata. Bisa untuk keperluan caption Instagram, naskah pidato, hingga tulisan unik di kaos ataupun botol minuman.

Mengingat sekarang banyak influencer bermunculan dan perkembangan UMKM sedang ramai, peluang bisnis online jasa rangkai kata tentu bagus. Apalagi, pelaku bisnis ini juga masih jarang sehingga kehadirannya cukup dicari.

inspirasi ide bisnis online jasa rangkai kata

Karena bisnis jasa rangkai kata masih langka, peluang untuk ditemukan oleh target pasar Anda pun cukup tinggi. Dengan catatan, Anda tahu bagaimana cara mempromosikannya.

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikannya adalah melalui website. Sehingga ketika orang googling “jasa rangkai kata”, website Anda lah yang mereka temukan. Tapi, Anda harus belajar SEO juga agar kemungkinan situs rank #1 di Google lebih maksimal.

Selain itu, manfaatkan juga media sosial. Seperti yang dilakukan oleh Zarry Hendrik, pendiri Kapitulis, yang menawarkan jasanya lewat Twitter dan kini sukses meraih omzet hingga Rp40juta.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, blog, media sosial, produk perusahaanFee per project

24. Membuka Bisnis Hand Lettering

Percayakah bahwa ada orang yang rela membayar mahal demi mendapat tulisan tangan Anda?

Nyatanya, bisnis hand lettering adalah usaha yang bisa Anda dirikan tanpa modal dan peminatnya banyak. Terutama untuk kedai kopi, jurnal, hingga kado pernikahan. 

peluang bisnis online hand lettering
Sumber: Unsplash

Cara memulai bisnis online ini adalah siapkan dulu peralatan seperti drawing pen, pensil, penghapus, penggaris, dll. Selain itu, genjot promosi Anda dengan meng-upload hasil tulisan Anda pada Instagram hingga website portfolio.

Selain menjadikan hand lettering sebagai souvenir, bisa juga lho menjual font unik. Lewat website pribadi ataupun platform seperti Creative Market, Font Bundless, MyFonts, dll, tulisan Anda bisa terjual hingga ke luar negeri dan mendapat keuntungan melimpah.

Kalau butuh inspirasi, Anda bisa menengok font-font karya kreator lainnya di sini -> 13+ Website untuk Download Berbagai Font Keren!

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, media sosial, platform jual beli fontFee per project

25. Menjual Handicraft

Lain dari hand lettering, handicraft adalah jenis kerajinan tangan yang lebih umum. Bisa berupa kertas pop-up, scrapbook, bucket bunga, kotak tisu dari bambu, dsb.

Meskipun buatan tangan, Anda bisa menjualnya dengan harga tinggi, lho. Sebab, unique selling point (USP) Anda terletak pada keunikan produk. Seperti kesan eksklusif, originalitas, dan sulit ditiru.

bisnis online menjual handicraft

Itulah sebabnya banyak orang rela menggelontorkan uang demi mendapat handicraft yang mereka inginkan. Apalagi, kalau mereka bisa custom desain.

Jika Anda tertarik dengan peluang bisnis online ini, sebaiknya lakukan riset produk dulu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat dan punya nilai unik. Misalnya tas rajut yang bisa dijadikan selempang dan ransel.

Setelah itu, jangan lupa kombinasikan berbagai channel marketing agar penjualan handicraft Anda makin luas. Mulai dari website, marketplace, hingga sosial media.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online dengan modal kecilWebsite, media sosial, marketplaceKeuntungan penjualan per produk

26. Melayani Konsultasi Percintaan

Apakah Anda punya pengalaman ataupun wawasan luas seputar dunia percintaan?

Kalau iya, bisa lho membuka konsultasi percintaan. Peluang bisnis online ini cukup bagus, mengingat saat ini masalah percintaan marak terjadi. Mulai dari belum mendapatkan pacar, cara PDKT yang mujarab, hingga mengatasi perselingkuhan.

contoh website konsultasi percintaan

Meski potensinya bagus, kredibilitas jasa semacam ini mungkin masih diragukan. Oleh sebab itu, Anda harus meningkatkan portfolio terlebih dahulu. Memperbanyak pengalaman, membuat sharing session, dsb.

Setelah itu, bangun branding dan profesionalisme agar bisnis Anda lebih terlihat meyakinkan. Salah satu caranya yaitu dengan membuat website yang user-friendly. Cepat diakses, navigasinya jelas, konten berkualitas, mudah ditemukan di mesin pencarian, dan banyak lagi.

Selain itu, kencangkan promosi lewat media sosial dan terapkan strategi marketing yang bersangkutan agar postingan Anda efektif. Misalnya, menggunakan TikTok Ads.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite, media sosial, adsFee per konsultasi

27. Membuka Jasa Beriklan Online

Boleh dibilang, mayoritas perusahaan kecil hingga besar sudah menyadari pentingnya iklan digital bagi keberhasilan bisnis. Sebab, iklan online mampu menjangkau target pasar dengan tepat sasaran.

Sayangnya, tidak semua perusahaan punya tim khusus untuk membuat ads yang tepat. Sehingga, mereka memilih menggunakan jasa iklan. Tak heran, peluang bisnis online jasa iklan digital laris manis.

Biasanya, jasa iklan online menawarkan layanan untuk membuat iklan di berbagai platform dengan budget dan target pasar tertentu, merangkai teks iklan yang menarik, hingga memberikan laporan berkala tentang performa iklan.

Oleh sebab itu, supaya bisa menjadi pengiklan yang andal dan mendapat banyak klien, Anda harus menguasai berbagai metode pengiklanan, seperti:

  • Google ads: fitur untuk menampilkan iklan berbayar di hasil pencarian Google;
  • Facebook ads: media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens-nya;
  • Instagram ads: platform iklan di media sosial Instagram;
  • TikTok ads: fitur beriklan di TikTok.

Tak hanya mengetahui cara membuat ads, Anda juga harus mempelajari cara membuat iklan yang efektif agar makin dipercaya klien. Yang mana, setiap platform punya karakter berbeda sehingga model iklannya pun juga tak sama.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalSearch engine, media sosialFee per paket iklan
Banner Ebook Facebook Ads

28. Menjadi Responden Survey Online

Jika Anda tertarik menghasilkan uang dari internet dengan mudah, menjadi responden survey online bisa menjadi peluang usaha online yang layak dicoba.

Dengan bisnis online ini, Anda hanya perlu mengisi survey yang sudah tersedia dan nantinya mendapat bayaran tertentu.

Survey-nya tersedia di mana? Tentu saja di berbagai platform riset online yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Mulai dari PanelPlace, Viewfruit, Rakuten Insight, dsb.

Rakuten Insight untuk survey online berbayar

Sebagai info, biasanya perusahaan survey online menggunakan Paypal untuk mengirim imbalan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mempersiapkan akun Paypal ataupun metode pembayaran lain yang tercantum pada situs bersangkutan.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsite riset onlineImbalan sesuai besaran poin survey

29. Membangun Website Lowongan Kerja

Peluang bisnis online berikutnya, membangun website lowongan kerja. Mungkin, Anda bingung, mau cari kerja kok malah diminta memberi info lowongan kerja?

Faktanya, ada banyak sekali lowongan kerja. Bahkan, jumlahnya bisa jadi melebihi si pencari kerja itu sendiri. Namun, seringkali promosinya tidak sampai ke orang-orang yang membutuhkan sehingga mereka tidak mengetahuinya.

Misalkan saja, lowongan sebagai asisten virtual. Meski sudah banyak di Indonesia, tetap saja yang mengetahuinya relatif sedikit.

Jadi, wajar kalau perusahaan sering meminta jasa situs lowongan kerja untuk memposting informasi pekerjaan. Makanya, peluang bisnis online ini pun cukup bagus.

membuat website lowongan kerja bisa dijadikan peluang bisnis online

Tapi syaratnya, Anda harus memiliki website lowongan kerja. Tidak harus jago coding, sekarang bisa kok bikin website tanpa jago coding. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website Niagahoster dengan harga yang sangat terjangkau!

Kalau sudah, terus kembangkan dan tawarkan website lowongan kerja Anda ke berbagai perusahaan. Anda juga bisa membuka layanan lainnya seperti membuatkan curriculum vitae (CV), memasang iklan, dsb.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalWebsiteFee per iklan lowongan kerja

30. Memulai Bisnis Jual Domain Website

Domain adalah alamat untuk mengantarkan seseorang ke website yang dituju. Misalnya, www.toko-nia.com. Tapi, tahukah Anda ternyata domain bisa diperjual-belikan? Bahkan peminatnya pun banyak! 

Alasannya, banyak perusahaan mengutamakan branding dan usia domain (domain age). Sebab, domain menentukan tingkat kemudahan website untuk ditemukan. Misalnya, hoteljogja.com, jasaangkutjogja.com, dll.

Itu artinya, Anda bisa mendahului punya domain tertentu sampai suatu hari ada perusahaan yang membutuhkannya. Misalnya ketika perusahaan GoTo (Gojek dan Tokopedia) rilis, akun Instagram berbau ‘GOTO’ sudah lebih dulu diborong orang-orang.

jual beli username Instagram

Nah dalam hal ini, yang Anda jual adalah domain website. Untuk mengurangi rasa pusing Anda dalam memulai peluang bisnis online ini, kami berikan beberapa tips mudah:

  • Fokuskan niche Anda agar dalam mencari kombinasi nama nantinya lebih terarah. Katakanlah, Anda ingin fokus membuat domain untuk toko online;
  • Lakukan riset keyword. Tujuan riset keyword adalah untuk menemukan kata kunci apa yang banyak traffic dan berpotensi dijadikan domain;
  • Buat nama yang memiliki value dan potensial. Usahakan di masa depan ada orang yang merasakan manfaat dari domain Anda. Semisal, kospurwokerto.com karena di sana banyak kos-kosan dan domain tersebut potensial dibeli si pemilik properti;
  • Gunakan ekstensi yang tepat. Biasanya, domain yang laku keras memiliki ekstensi .COM. Sebab, bisa digunakan untuk semua jenis website serta paling familiar;
  • Pastikan kontak Anda tercantum di Whois. Whois adalah layanan internet yang memberikan informasi tentang sebuah domain. Seperti nama pemilik, email, nomor telepon, dsb. Dengan begitu, calon pembeli bisa mengontak Anda saat domain yang mereka cari ternyata milik Anda;
  • Beli domain murah di penyedia webhosting murah berkualitas. Di Niagahoster, misalnya, Anda bisa mendapatkan domain murah mulai dari Rp14ribu saja.

Jika domain sudah terkumpul, silakan jual lewat marketplace jual beli domain. Anda bisa menjual domain di Sedo ataupun marketplace lainnya.

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online dengan modal rendahSearch engineKeuntungan penjualan per domain

31. Melakukan Software Testing

Apakah Anda memiliki skill programming dan tertarik mendapat penghasilan tambahan? Itu artinya, pekerjaan sebagai freelance software tester tengah menanti. Inilah peluang usaha online terbaik untuk Anda.

Menjadi software tester berarti Anda melakukan pengujian terhadap suatu aplikasi ataupun website. Sebanyak mungkin, temukan kesalahan kecil hingga besar sehingga klien Anda bisa segera memperbaikinya dan produk pun minim cacat.

daftar lowongan kerja menjadi software tester

Meski biasanya perusahaan sudah memiliki QA tester sendiri, bukan berarti peluang bisnis online ini redup. Nyatanya, banyak kok yang mencari freelancer software tester. Mulai dari individu, dan perusahaan kecil hingga besar.

Bahkan, perusahaan ngetop seperti Facebook pun mau membayar minimal $500 atau setara Rp7juta bagi siapapun yang menemukan bug pada sistem mereka. Menarik, kan?

Jenis BisnisPlatformPendapatan
Bisnis online tanpa modalSitus freelance, dllFee per project ataupun bug

Manakah Peluang Bisnis Online yang Menjadi Pilihan Anda?

Itulah berbagai peluang bisnis online yang ada di daftar kami. Sebagian besar merupakan bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba setelah membaca artikel ini.

Sekali lagi, sesuaikan bisnis yang ingin Anda jalankan dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Sebab, proses meraih kesuksesan dari peluang usaha online bisa saja membutuhkan waktu.

Agar sekaligus membangun reputasi online Anda, selalu manfaatkan website pribadi untuk mendukungnya. Selain terlihat lebih profesional, akan menjadi branding yang penting untuk pengembangan usaha untuk jangka panjang.

Selamat mencoba dan sukses selalu untuk Anda!


Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

3 Replies to “31 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal di Tahun 2023”

  1. Wah mantap itu fee dari link referal niaga hoster bisa sampai ratusan juta, cukup menggoda bagi pemula

    1. Bisa dicoba juga bapak, siapa tau bisa mendapatkan tambahan untuk membuka usaha dari referalnya.

  2. Artikel yang sangat inspiratif min. Hanya ingin menambahkan saja bahwa sekarang sedang ramai juga bisnis online dengan menjadi seorang influencer marketing. Nice info min 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *