Life Hack

Panduan Setting Proxy di Browser [Termudah]

Kalau Anda tidak dapat mengakses sebuah website, melakukan setting proxy browser bisa menjadi solusinya. Sebab, sebuah proxy akan memberikan alamat IP berbeda dari yang Anda gunakan sekarang.

Dengan begitu, pemblokiran berdasarkan IP yang terjadi bisa Anda atasi. Namun, bagaimana cara setting proxy web browser dengan benar?

Di artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara setting proxy di lima browser populer. Kami akan mulai dengan cara setting proxy di Google Chrome dan menggunakan sistem operasi Windows 10. Yuk, simak penjelasannya!

1. Cara Setting Proxy di Google Chrome

Berikut ini adalah langkah cara setting proxy di Google Chrome yang bisa Anda coba:

  1. Masuk ke Settings Google Chrome

    Langkah pertama adalah klik titik tiga di kanan atas Google Chrome Anda. Lalu, pilih Settings.

  2. Pilih Menu Advanced di Settings

    Di halaman Settings, klik Advanced > System. Kemudian, klik Open your computer’s proxy settings untuk masuk ke pengaturan proxy di Windows 10 Anda.

  3. Atur Proxy Web Server Anda

    Aktifkan opsi Use a proxy server dan masukkan alamat proxy serta port di kolom yang tersedia.

  4. Simpan Pengaturan Anda

    Langkah terakhir cara setting proxy di Google Chrome adalah dengan klik Save untuk menyimpan pengaturan. Kemudian Anda bisa mencoba melakukan browsing setelah berhasil mengganti proxy web browser.

2. Cara Setting Proxy di Mozilla Firefox

Cara setting proxy di Mozilla Firefox cukup mudah, lho. Berikut caranya:

  1. Lakukan setting proxy di Mozilla Firefox dengan masuk ke halaman pengaturan terlebih dulu. Caranya, klik tombol garis tiga di pojok kanan dan klik Settings.

  2. Pada menu General, klik Settings pada bagian Network Settings seperti di gambar:

  3. Pilih opsi Manual proxy configuration dan masukkan alamat proxy Anda di kolom yang disediakan. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan setting proxy browser Mozilla Firefox Anda.
  4. Oh ya, Mozilla Firefox menyediakan berbagai kolom setting proxy web browser untuk HTTP, HTTPS, FTP dan SOCKS Host. Jadi, Anda bisa menyesuaikan pengaturan proxy sesuai kebutuhan. Umumnya, HTTP proxy saja sudah cukup.

3. Cara Setting Proxy di Internet Explorer

Bagi Anda yang masih setia menggunakan browser Internet Explorer, berikut cara setting proxy browser yang bisa Anda lakukan:

  1. Klik ikon gerigi di pojok kanan Internet Explorer Anda, lalu pilih Internet options.


  2. Pilih tab Connections dan klik LAN settings.


  3. Hilangkan centang pada Automatically detect settings dan tambahkan centang pada opsi Use a proxy server for your LAN.
  4. Masukkan alamat dan port proxy browser Anda pada kolom di bawahnya. Terakhir, klik OK untuk menyimpan pengaturannya.

4. Cara Setting Proxy di Microsoft Edge

Berikut ini adalah langkah cara setting proxy di Microsoft Edge yang bisa Anda coba:

  1. Langkah pertama cara setting proxy web browser di Microsoft Edge adalah dengan mengklik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Settings.

  2. Pilih menu System dan klik Open your computer’s proxy settings.

  3. Aktifkan opsi Use a proxy server dan masukkan proxy server Anda di kolom yang tersedia. Lalu,  klik Save untuk menyimpan pengaturan Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Proxy Server

5. Cara Setting Proxy di Opera

Cara setting proxy di Opera ternyata tidak sulit, lho. Berikut caranya:

  1. Klik tombol menu di pojok kanan atas. Lalu, scroll ke bawah dan pilih Go to full browser settings.

  2. Ketikkan “proxy” di kotak pencarian dan pilih Open your computer’s proxy settings dari hasil pencarian.

  3. Aktifkan Use a proxy server, lalu masukkan proxy server dan port Anda pada kolom di bawahnya. Terakhir, klik Save untuk menyimpan pengaturan proxy browser Opera Anda.

Baca juga: Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy

Kesimpulan

Itulah panduan cara setting proxy di beberapa browser populer. Sangat mudah, bukan? Cukup beberapa langkah saja, kok. Ada beberapa web proxy gratis juga yang bisa Anda coba.

Dengan melakukan setting proxy web browser, Anda dapat mengakses website yang diblokir, mempercepat akses ke website luar negeri, hingga menjaga keamanan dan  privasi online Anda. 

Semua manfaat tersebut juga bisa Anda dapatkan ketika menggunakan VPN, lho. Bedanya, langkah setting proxy browser lebih mudah dan cepat. Kalau menggunakan VPN, Anda harus jeli memilih layanan yang tepat agar hasilnya bisa optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu bertanya di kolom komentar kalau mengalami kesulitan, ya!

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Apa Itu Afiliator? Pengertian, Tugas, dan Keuntungannya

Menjadi afiliator adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Selain mudah untuk memulainya, Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan…

14 hours ago

Jenis Hosting yang Tepat untuk Hosting Android

Bagaimana agar aplikasi Android yang Anda kembangkan bisa diakses pengguna dengan baik? Jawabannya, menyiapkan hosting untuk aplikasi Android tersebut. Itu…

17 hours ago

Hosting untuk Startup, Ini Rekomendasinya!

Kebutuhan hosting untuk startup memang berbeda-beda, tergantung platform yang dikembangkan dan jumlah penggunanya. Yang penting, hosting tersebut harus berkualitas supaya…

19 hours ago

Spesifikasi Hosting untuk Moodle & Rekomendasi Jenis Hosting

Ingin menginstall Moodle di hosting tapi takut performanya anjlok? Yuk simak dulu rekomendasi hosting untuk Moodle yang tepat!

2 days ago

25 Domain Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Hanya dengan belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan domain baru. Lalu kenapa ada orang yang membeli domain termahal sampai…

5 days ago

Apa Itu Google Domain dan Perbedaan dengan Domain Lain

Saat berselancar di internet, mungkin Anda menemukan Google Domain sebagai salah satu opsi untuk membeli domain website.  Yap, layanan yang…

6 days ago