Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Panduan Mengelola Multiple WordPress dari Satu Dashboard

7 min read

Mengelola website WordPress memang mudah. Tapi coba bayangkan jika Anda harus mengurus dua, lima, sampai sepuluh website sekaligus. Rumit sekali, bukan?

Untungnya, ada cara untuk mengelola beberapa website sekaligus dalam satu Dashboard. Cara ini cocok untuk para developer atau web agency yang perlu mengelola beberapa web klien dalam waktu bersamaan.

Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa plugin untuk mengelola multiple WordPress website. Kami juga akan mengulas plugin gratis maupun premium sehingga Anda bisa memiliki banyak pilihan.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Multiple Website?

Dengan pengelola multiple WordPress, Anda tak perlu login satu per satu ke Dashboard website. Hal ini tentu saja menghemat waktu dan membuat pekerjaan Anda jauh lebih efisien.

Panduan Mengelola Multiple WordPress dari Satu Dashboard

Namun, cara ini tak sebatas untuk login saja. Ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan tools ini:

  • Kelola akun pengguna dan komentar di beberapa website sekaligus
  • Dapatkan notifikasi update tema dan plugin. Perbarui tema dan plugin di beberapa website sekaligus.
  • Backup website secara otomatis dan simpan data di tempat terpisah.
  • Update software WordPress secara bersamaan di beberapa website.
  • Efisiensi biaya karena tak butuh banyak orang untuk mengelola website.
  • Mengurangi risiko keamanan.

Setidaknya itulah yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan pengelola multiple website. Berikutnya, kami akan mengulas beberapa pilihan cara untuk mencapai manfaat di atas.

Baca juga: 10+ Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis

Rekomendasi Plugin untuk Mengelola Multiple WordPress

Berikut adalah delapan plugin pilihan yang bisa Anda pilih untuk mengelola website:

ManageWP

ManageWP adalah sebuah plugin freemium. Tanpa membayar uang sepeser pun, Anda sudah bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan ManageWP. Pun, ketika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap, terdapat pilihan untuk upgrade.

Untuk fitur utama, terdapat 1-click Login dan 2-factor Authentication yang tersedia gratis. Fitur ini memungkinkan Anda masuk ke Dashboard beberapa website dalam sekali klik. Sedangkan autentikasi ganda menghindarkan Anda dari peretasan website melalui kode konfirmasi yang dikirimkan setiap kali melakukan login.

Selain kedua fitur utama yang dimaksud, web agency bisa memanfaatkan fitur-fitur lain yang sama menariknya. ManageWP mampu memberikan akses pada admin tambahan tanpa memberikannya password website. Plugin ini juga memperbolehkan Anda mendesain tampilan website secara mandiri atau menggunakan template.

Dengan fitur berbayar, Anda bisa memonitor performa SEO website. Secara spesifik, Anda bisa melihat ranking kata kunci yang digunakan, “memata-matai” performa website kompetitor, dan membandingkan performa mereka dengan website yang Anda kelola.

Kelebihan:

  • 2-factor Authentication mengurangi risiko peretasan website.
  • Terintegrasi dengan Google Analytics.
  • Backup otomatis yang bisa diatur sesuai keinginan.
  • Nyalakan maintenance mode dalam sekali klik.
  • Edit tampilan dan fungsi website dengan Code Snippet.
  • Notifikasi kelemahan website.

Kekurangan:

  • ManageWP gratis hanya bisa digunakan untuk mengelola lima website berbeda.
  • Pembayaran per fitur per bulan cukup merepotkan.

Harga: $0 – $150 per bulan

CMS Commander

Plugin yang satu ini mengaku lebih dari sekedar pengelola website multisite. CMS Commander juga memiliki berbagai elemen yang mendukung content marketing. Fitur ini tentunya akan sangat menarik bagi web agency.

CMS Commander terintegrasi dengan berbagai software untuk menulis ulang artikel. Meski sebetulnya tak disarankan untuk sering-sering digunakan, fitur semacam ini tentunya tetap membantu. Apalagi ketika Anda terlanjur diburu waktu.

Fitur unggulan lainnya adalah pilihan monetisasi. CMS Commander telah mengintegrasikan diri ke jaringan afiliasi seperti Amazon Associates, Ebay, AvantLink, dan lainnya. Meski terlihat menjanjikan, sayangnya jaringan afiliasi semacam ini mungkin tak memiliki banyak audiens di Indonesia.

Untungnya, Anda masih bisa menambahkan tautan afiliasi secara manual pada konten. Di samping itu, Anda juga bisa menampilkan iklan melalui program periklanan lainnya.

Bicara soal teknis, plugin ini dilengkapi dengan fitur “lakukan sekaligus” atau bulk. Tidak hanya pembaruan tema, plugin, ataupun software, fitur bulk juga mencakup pembuatan dan penyuntingan konten serta laman website. Fitur bulk ini juga memungkinkan Anda mengatur tampilan, user interface, dan tombol fungsional dalam beberapa website sekaligus.

Kelebihan:

  • Buat, sunting, dan unggah konten dan laman untuk banyak website sekaligus.
  • Setel pengaturan website serentak dengan Copy Blog Settings.
  • Backup dan simpan data ke berbagai tempat: server, email, FTP, Dropbox, Google Drive dan Amazon S3.
  • Terintegrasi dengan berbagai software untuk rewriting artikel, seperti The Best Spinner, Spin Rewriter, Spinner Chief, dan Chimp Rewriter.
  • Pilihan monetisasi website lewat afiliasi dan iklan.
  • Monitor backlink, uptime, pagespeed, dan statistik pengguna.

Kekurangan:

  • Fitur gratis hanya bisa dinikmati sampai dengan 30 hari pertama.
  • Fitur tidak dijual terpisah. Ada kemungkinan Anda “membeli” fitur yang tidak Anda gunakan.

Harga: $0 – $75 per bulan

Jetpack

Anda mungkin familiar dengan Jetpack. Plugin keluaran WordPress.com ini menawarkan paket lengkap untuk mengelola tampilan website, marketing, hingga keamanan website. Termasuk di dalamnya juga adalah pengelolaan website multisite.

Untuk mengelola beberapa website, Anda perlu masuk ke WordPress.com/sites dan membuat daftar website yang perlu dikelola. Dari daftar tersebut, Anda bisa melihat website mana yang perlu diperbarui dengan memperhatikan ikon berwarna kuning.

Masih dalam hal pengelolaan multisite, Jetpack memungkinkan Anda untuk memperbarui berbagai plugin di website berbeda sekaligus. Di laman yang sama, Anda juga bisa mengakses statistik pengunjung, komentar, dan like website selama 10 hari terakhir.

Di luar fitur pengelolaan multisite, Jetpack memaksimalkan tampilan website dengan berbagai fitur unggulan. Mulai dari pilihan berbagai tema WordPress, opsi kustomisasi tampilan, hingga lazy image loading untuk memaksimalkan user experience melalui ponsel. Di samping itu juga terdapat optimisasi SEO dan perlindungan dari spam.

Kelebihan:

  • Kelola plugin di banyak website sekaligus.
  • Update otomatis plugin yang digunakan dengan mengaktifkan pilihan auto update.
  • Monitor statistik pengunjung website, jumlah like, dan komentar dalam rentang 10 hari.
  • Solusi praktis untuk pengaturan tampilan visual, marketing, dan keamanan website.

Harga: $0 – $29 per bulan

InfiniteWP Client

InfiniteWP Client merupakan plugin pengelola multisite yang digunakan oleh Yoast, IBM, United States Postal Service, dan Honda. Reputasinya di kalangan perusahaan besar tak mengherankan jika melihat fitur-fitur yang ditawarkan.

Seperti halnya berbagai plugin dengan fungsi serupa, InfiniteWP merupakan solusi untuk mengelola banyak website sekaligus. Anda bisa mengelola laman, tautan, post, dan komentar dalam satu Dashboard. Selain itu, Anda bisa melakukan backup atau merestore pengaturan. Begitu juga dengan menginstal, migrasi, atau mengetes website WordPress.

Untuk fitur lainnya, InfiniteWP nampaknya memang berdedikasi memenuhi kebutuhan optimasi SEO. Setidaknya ada tiga fitur Google yang terintegrasi dalam plugin, yaitu Google PageSpeed, Google Webmaster, dan Google Safe Browsing. Dua fitur pertama membantu Anda mengetahui waktu loading website serta komponen yang bisa dioptimasi dan bagaimana website tersebut diindeks. Fitur terakhir, Google Safe Browsing, membantu Anda memonitor website atau laman yang terindikasi bervirus.

Bukan hanya itu saja, plugin ini juga dilengkapi dengan Broken Link Checker. Dengan fitur ini Anda bisa memeriksa tautan-tautan invalid di beberapa website sekaligus. Hal ini akan membantu meningkatkan user experience pengguna dan meningkatkan kemungkinan website mendapatkan ranking pencarian teratas.

Kelebihan:

  • Akses Dashboard dan perbarui semua software dalam sekali klik.
  • Cegah website dari malware dengan Google Safe Browsing.
  • Cegah celah keamanan terkecil dengan WordFence Security dan iThemes Security.
  • Kelola konten, laman, tautan, dan komentar di banyak website sekaligus.
  • Cek tautan rusak secara otomatis.
  • Dapatkan insight mengenai performa website dengan Google PageSpeed.

Harga:

Starter $147 per tahun untuk 10 website

Developer $247 per tahun untuk 20 website

Freelancer $347 per tahun untuk 50 website

Agency $447 per tahun tanpa batasan jumlah website

MainWP Dashboard

MainWP Dashboard adalah plugin pengelola multisite yang bisa digunakan secara gratis. Namun, untuk menggunakannya Anda perlu menginstal beberapa plugin. MainWP Dashboard perlu diinstal di website WordPress yang dijadikan Dashboard utama. Sedangkan, MainWP Child perlu diinstal ke setiap website yang perlu dimonitor.

Tanpa biaya sepeser pun, Anda bisa menikmati pengelolaan multisite dengan mudah. Termasuk untuk mengupdate tema dan plugin, juga membuat konten dan publikasi untuk banyak website sekaligus.

Untuk fitur lainnya, terdapat ekstensi yang bia ditambahkan. Beberapa di antara ekstensi gratis adalah Activity Log, Advanced Uptime Monitor, Backup, Sucuri, Vulnerability Checker, WooCommerce Shortcut, dan lainnya. Di samping itu terdapat ekstensi berbayar seharga $29 sampai $69. Ekstensi berbayar di antaranya adaah Article Uploader, Branding, Broken Link Checker, Bulk Settings Manager, Client Reports, Code Snippets, Custom Post Type, dan sebagainya.

Kelebihan:

  • Akses Dashboard dan update plugin serta tema WordPress dalam sekali klik.
  • Buat dan publikasikan konten untuk sejumlah website dalam waktu bersamaan.
  • Lindungi privasi dan data dari kompetitor serta peretas.
  • Tambahkan fitur yang dibutuhkan dengan extensions gratis maupun berbayar.
  • Gunakan gratis!

Kekurangan:

  • Perlu menginstal MainWP Dashboard dan MainWP Child sekaligus supaya semua fitur dapat berfungsi.

Harga: $0 – $69

WPRemote

WPRemote merupakan plugin pengelolaan yang cukup simpel. Fitur utamanya tidak lain adalah monitoring software dan update dalam satu kali klik. Meski terlihat sangat sederhana, fitur yang sama bisa dipakai untuk memantau banyak website tanpa batasan jumlah.

plugin pengelolaan yang cukup simpel. Fitur utamanya tidak lain adalah monitoring software dan update dalam satu kali klik. Meski terlihat sangat sederhana, fitur yang sama bisa dipakai untuk memantau banyak website tanpa batasan jumlah.

WPRemote juga menyediakan backup dan penyimpanan data yang terhubung dengan Amazon S3. Untuk pengaturan tampilan dan identitas website, WPRemote dilengkapi dengan white label. Artinya, plugin ini menyediakan template yang bisa diisi sesuai dengan logo dan identitas klien Anda. Dengan begitu, keseluruhan website terlihat seperti didesain sendiri. Meskipun sebetulnya brand menggunakan jasa pihak ketiga.

Plugin ini juga cukup unik. Ia menawarkan fitur yang tidak ada di plugin lainnya, yaitu sistem invoice dan pembayaran terintegrasi. Melalui fitur ini, pekerjaan Anda bisa jadi lebih efisien. Di samping itu, tak ada lagi istilah terlambat gajian.

Kelebihan:

  • Monitor website tanpa batasan jumlah.
  • Luncurkan website WordPress baru dalam satu klik.
  • Terintegrasi dengan sistem pembuatan invoice dan pembayaran.
  • Kustomisasi identitas website dan brand dengan mudah.
  • Terintegrasi dengan Amazon S3 untuk backup dan penyimpanan data.

Harga: $0

iControl WP

Jika Anda butuh plugin untuk menangani segala urusan teknis pengelolaan website, iControl WP bisa jadi jawabannya.

Plugin ini menawarkan segala fitur untuk menjaga performa website tetap baik. Terutama dalam hal keamanan dan perbaruan software pendukung seperti plugin dan tema. Akan tetapi, plugin ini juga memberi opsi untuk tidak melakukan update untuk tema dan plugin yang ditentukan. Bisa dikatakan plugin ini memerikan opsi pengaturan yang cukup fleksibel.

Untuk menghindari dari hilangnya data, iControl WP memiliki fitur backup dan restore data secara otomatis. Anda juga bisa mengetes performa website, terutama setelah backup atau restore data, sebelum diluncurkan kembali.

Jika ada pertanyaan maupun bantuan teknis, Anda bisa dengan mudah memintanya. Ini karena iControl WP mengintegrasikan fitur support ke dalam plugin.

Kelebihan:

  • Backup data secara otomatis setiap hari.
  • Restore data secara otomatis.
  • Tes tampilan dan fungsi website dengan mudah.
  • Autentikasi ganda menjaga website dari peretasan.
  • Ketahui celah keamanan sekecil apapun dan perbaiki semua dalam satu Dashboard.
  • Update plugin secara otomatis atau cegah plugin untuk update.
  • Terintegrasi dengan support. Dapatkan bantuan dan jawaban dari pertanyaan Anda dengan cepat.

Kekurangan:

  • Harga tertera hanya untuk pengelolaan 10 website.

Harga: $15 – $39 per bulan

iThemes Sync

iThemes Sync bukan hanya memudahkan Anda memonitoring website, tetapi juga membuat laporan untuk klien. iThemes Sync merangkum segala update yan Anda lakukan dan mengubahnya dalam bentuk email HTML yang bisa dikustomisasi. Dengan format email semacam ini, Anda bisa buat laporan dengan tampilan menarik sekaligus interaktif. Lebih menarik lagi, karena Anda bisa mengirim laporan ini secara otomatis sesuai jadwal yang ditentukan.

Tidak hanya mengirim laporan, plugin ini memperbolehkan klien Anda mengakses Dashboard websitenya sendiri. Anda bisa menampilkan menu-menu yang penting saja agar klien tidak bingung. Ini juga dilakukan untuk menjaga agar klien tidak melakukan perubahan tanpa sepengetahuan Anda.

Integrasi dengan Google Analytics dan Yoast juga bagian dari keunggulan iThemes Sync. Dengan Google Analytics, Anda bisa mengetahui demografi dan perilaku pengunjung tanpa meninggalkan Dashboard. Di sisi lain, Yoast juga membantu Anda mengoptimasi SEO on page dalam website yang dikelola.

Kelebihan:

  • Buat laporan untuk klien dan kirim secara otomatis.
  • Pantau performa website, termasuk uptime dan downtime.
  • Kustomisasi tampilan Dashboard khusus untuk klien.
  • Terintegrasi dengan Google Analytics.
  • Terintegrasi dengan Yoast untuk optimasi SEO.
  • Bagikan konten secara otomatis melalui Twitter.

Harga:

$130 per tahun untuk 10 website

$300 per tahun untuk 25 website

$550 per tahun untuk 50 website

$1000 per tahun untuk 100 website

Kesimpulan

Mengelola banyak website sebetulnya bukan pekerjaan sulit. Dengan pengelola multisite WordPress, Anda tak perlu lagi masuk satu per satu ke website yang dikelola. Tinggal satu kali klik, Anda bisa menitor semua website dalam satu Dashboard.

Akan tetapi, tentu saja setiap plugin menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Ada plugin yang hanya fokus untuk memantau performa. Tetapi, ada juga plugin membantu aspek marketing dan keamanan di website.

Baca juga: Cara Membuat WordPress Multisite Secara Lengkap

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *