Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

11+ Panduan Menggunakan Cyberpanel [Terlengkap]

3 min read

Kumpulan Panduan CyberPanel

CyberPanel merupakan salah satu control panel VPS terbaik untuk melakukan manajemen VPS. Control panel hosting ini menggunakan web server OpenLiteSpeed yang gratis. Selain itu, control panel gratis tersebut juga cukup ringan digunakan.

Tak hanya itu, tampilan antarmuka CybberPanel yang user friendly juga memudahkan Anda untuk menggunakan web panel ini. Apalagi dengan fitur Auto Installer yang ditawarkan, Anda dapat mengelola website hanya dengan sekali klik saja, loh!

Nah, bagi Anda pengguna layanan VPS murah Niagahoster yang ingin mencoba CyberPanel, kami sudah merangkum panduan lengkapnya untuk Anda. Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini!

1. Cara Install CyberPanel

Untuk melakukan instalasi CyberPanel, pastikan server Anda memiliki:  

  • Kapasitas penyimpanan server minimal 10 GB
  • Server sudah terinstall Python versi 3.x
  • RAM minimal 1 GB
  • Sistem Operasi CentOS 7.x, CentOS 8.x, Ubuntu 18.04 atau Ubuntu 20.04

Anda bebas memilih CentOS ataupun Ubuntu sebagai sistem operasi yang akan digunakan untuk CyberPanel. Cara install keduanya sama mudah, kok. Anda cukup mengikuti panduan berikut ini :


Yuk, coba layanan VPS Murah Indonesia dari Niagahoster!


2. Menambahkan Domain/Addon Domain di CyberPanel

Hal pertama yang perlu Anda lakukan setelah melakukan install CyberPanel adalah menghubungkan domain ke VPS. Jika sudah terhubung, Anda perlu menambahkan domain yang Anda miliki ke CyberPanel.

Berbeda dengan panel lain yang memiliki menu Addon Domain, CyberPanel memerlukan beberapa langkah untuk menambahkan domain. Pun demikian, masih cukup mudah dilakukan.

Anda cukup mengakses menu Create Website, lalu mengisi detail domain dan memilih beberapa fitur tambahan. Tak perlu menunggu lama, domain baru Anda berhasil ditambahkan!

Baca juga: Panduan VPS Webuzo

3. Konfigurasi SSL di CyberPanel

Website yang aman sangat penting untuk membangun kredibilitas atau kepercayaan pengunjung. Nah, mengaktifkan SSL adalah upaya keamanan standar yang perlu Anda lakukan. 

CyberPanel memudahkan penggunanya untuk menginstall Let’s Encrypt SSL yang merupakan sertifikat default untuk menjamin keamanan website. Menariknya, SSL ini bisa Anda dapatkan secara gratis!

Cara mengaktifkannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengakses menu SSL untuk menerbitkan sertifikat SSL. Dengan mengaktifkan Let’s Encrypt, website Anda dapat diakses menggunakan protokol HTTPS.

Baca Juga: Cara Install VestaCP

4. Cara Install WordPress di CyberPanel

WordPress merupakan salah satu CMS populer yang digunakan untuk berbagai jenis website. Tak heran, CyberPanel juga menawarkan kemudahan instalasi WordPress untuk penggunanya.

Untuk melakukan instalasi WordPress, Anda bisa memanfaatkan fitur Auto Installer WordPress. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan instalasi WordPress hanya dengan sekali klik. 

Baca Juga: Cara Install CentOS Web Panel

5. Staging WordPress di CyberPanel

Jika Anda ingin melakukan modifikasi website dengan aman, Anda dapat melakukan staging. Kenapa demikian?

Pada dasarnya, staging adalah upaya membuat duplikasi website live. Tujuannya, Anda bisa membuat perubahan pada website duplikat dan lalu menerapkannya pada website live. 

Dengan begitu, tak perlu khawatir jika terjadi kendala saat proses perubahan di website WordPress tidak berjalan sesuai rencana. Sebab, Anda bisa memperbaikinya dulu di balik layar. 

Cara melakukan staging di CyberPanel juga tidak sulit, hanya ada dua tahap utama yang harus dilakukan. Pertama, membuat website staging WordPress. Kedua, melakukan sinkronisasi staging dengan website live.

Baca juga: Cara Install Webmin

6. Membuat Akun Email CyberPanel

Menggunakan email dengan domain yang unik dapat meningkatkan kepercayaan klien pada website Anda. Di CyberPanel, Anda dapat membuat akun email dengan menggunakan domain website sendiri.

Caranya, Anda hanya perlu membuat email pada halaman Create Email Account. Oiya, pastikan konfigurasi SSL untuk mail server Anda sudah benar agar tidak terjadi error saat mengakses email.

Nah, untuk mengakses email yang sudah dibuat, Anda dapat mengunjungi alamat https://namadomain:8090/rainloop atau mengakses menu Access Webmail pada dashboard CyberPanel.

Baca Juga: Cara Install HestiaCP

7. Membuat Database CyberPanel

Tak kalah dengan panel kontrol lain seperti cPanel,  CyberPanel menawarkan kemudahan dalam pengelolaan database.

Anda dapat mengelola database mulai dari membuat, menghapus, dan melihat list database melalui menu Databases di dashboard CyberPanel. Selain itu, Anda juga bisa mengakses database yang Anda miliki melalui phpMyAdmin.

Baca juga: Cara Install Open Game Panel

8. Backup Data di CyberPanel 

Langkah backup data sangat penting untuk mengantisipasi kerusakan ataupun kehilangan data pada website. CyberPanel juga memiliki fitur backup data yang baik.

Bahkan, hanya dengan tujuh langkah saja, Anda sudah bisa membuat file backup data dan mendownloadnya untuk disimpan di tempat yang aman. Lalu, apa saja langkah-langkah melakukan backup data di CyberPanel?

Baca juga: Cara Install DirectAdmin di VPS

9. Migrasi dari cPanel ke CyberPanel

Bagi pengguna cPanel yang ingin beralih ke CyberPanel, Anda tidak perlu ragu lagi. Karena CyberPanel menawarkan kemudahan untuk melakukan migrasi otomatis menggunakan Auto Import cPanel

Langkah migrasi dapat dilakukan hanya dengan dua tahap saja. Pertama, membuat file full backup website di cPanel. Kedua, melakukan restore file backup di CyberPanel.

Baca juga: Cara Install Plesk di VPS

10. Update CyberPanel ke Versi Terbaru

Menggunakan versi terbaru CyberPanel sangat disarankan. Sebab, performa dan keamanan yang ditawarkan tentu lebih baik.

Untuk melakukan update, Anda perlu akses ke server menggunakan terminal SSH. Jika sudah login ke terminal SSH, Anda dapat melakukan update CyberPanel hanya dengan menjalankan satu baris perintah saja loh. 

Baca juga: Apa itu WHM dan Panduan VPS WHM

11. Cara Mengetahui Password Root MySQL/MariaDB di CyberPanel

Kalau Anda tidak bisa login karena lupa password, apa yang harus dilakukan ya? Tenang, CyberPanel memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan password root MySQL/MariaDB.

Caranya, buatlah koneksi dengan server menggunakan SSH terlebih dulu. Kemudian, Anda hanya perlu menjalankan satu baris perintah yang ada pada artikel berikut ini.

Baca Juga: Apa itu KVM

Kesimpulan

Kami baru saja memberikan panduan lengkap CyberPanel. Mulai dari cara install CyberPanel sampai cara mengetahui password root MySQL di CyberPanel. Anda tentu tak ragu lagi untuk menggunakan panel kontrol terbaik ini, kan?

Agar performa website Anda lebih optimal, jangan lupa memilih layanan hosting untuk jenis VPS ini yang dapat diandalkan. CyberPanel VPS Niagahoster adalah pilihan tepat. 

Bukan hanya karena teknologi LiteSpeed web servernya yang dapat meningkatkan kecepatan website, CyberPanel VPS Niagahoster menawarkan teknologi Docker Manager yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan website tanpa perlu alokasi memori yang besar.

Yang tak kalah penting, Cyber Panel VPS Niagahoster bisa Anda nikmati mulai dari Rp104.000,- saja! 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berlangganan? 

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.