Outing Kantor Desa Wisata Pulesari: 5 Manfaat yang Kami Rasakan Sebagai Sebuah Tim - Niagahoster Blog

Sudah menjadi kebiasaan kami melakukan outing kantor tiap tiga bulan sekali. Bentuk kegiatan serta lokasinya pun bermacam-macam. Sebagai contoh, kami pernah saling tembak di arena paintball, jalan-jalan di pantai, hingga rafting di Sungai Progo.

Diadakannya kegiatan seperti ini pun bukan tanpa alasan. Pada awalnya kami memang mengadakan outing hanya untuk bersenang-senang. Setelah beberapa edisi berjalan, kami menyadari satu hal penting: ada banyak manfaat lain yang dirasakan oleh para anggota tim setelah rekreasi bersama.

Outing kantor, menurut kami, sebaiknya secara ideal tidak melulu soal jalan-jalan dan bersenang-senang.

Bukankah segalanya akan lebih bernilai jika memiliki makna lebih dalam?

Kegiatan outing dapat dikemas sedemikian rupa sehingga dapat secara efektif menanamkan nilai-nilai yang dianut perusahaan kepada segenap anggota tim.

Nah, akhir pekan lalu, tepatnya tanggal 4 November 2017, Niagahoster mengadakan outing kantor untuk tim internal dan para karyawan. Kegiatan ini diikuti anggota tim dari level paling atas hingga paling bawah. Menariknya lagi, ada dua peserta tambahan yang turut mengikuti kegiatan: Arnas Stuopelis sebagai CEO Hostinger Global dan Daugirdas Jankus, Head of Marketing Hostinger Global. Foto kegiatannya bisa dilihat di postingan Facebook berikut ini.

Kali ini bertempat di Desa Wisata Pulesari, Turi, Sleman. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari kantor kami, hanya sekitar 15 kilometer ke arah utara. Banyak anggota tim belum pernah mengetahui (atau bahkan mendengar) Desa Pulesari sebelumnya. Maklum, meskipun terbilang dekat, desa ini letaknya di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah, tepatnya di kaki Gunung Merapi.

Meskipun kurang dikenal di antara anggota tim kami, nyatanya Desa Pulesari ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini terlihat dari banyaknya rombongan yang turut mengikuti beragam kegiatan di sana, baik itu sekolah, perusahaan, hingga komunitas rumah ibadah.

Berkaitan dengan rekreasi singkat di Desa Pulesari, kami mengusung tema: Dolan Ndeso, Sesuk Bali Kerjo. Kalimat dalam Bahasa Jawa ini kurang lebih berarti “main ke desa, esok kembali bekerja.” Maksudnya, kami refreshing sebentar (di desa wisata), charge tenaga, kemudian kembali bekerja dengan pikiran lebih segar.

Di hari itu kami berangkat bersama dari kantor pagi-pagi benar, sekitar pukul delapan pagi (iya, terbilang sangat pagi untuk ukuran hari Sabtu) dan seluruh rangkaian acara selesai pada pukul dua siang. Meskipun terbilang singkat, ada banyak kegiatan yang kami ikuti bersama-sama.

Setibanya di lokasi, kami disambut sang pemilik rumah (karena desa wisata, kami menggunakan rumah warga untuk berkegiatan) serta seorang instruktur yang akan memandu jalannya kegiatan di Pulesari. Setelah sesi icebreaking, kami langsung menuju ke lokasi utama: sebuah sungai jernih yang mengaliri desa!

Keseruan dimulai di aliran sungai ini. Pada dasarnya, kegiatan yang kami ikuti bisa dengan sederhana disebut sebagai susur sungai. Tentu saja tidak hanya susur sungai biasa. Ada beragam permainan cukup ‘menyulitkan’ kami seperti jembatan goyang, titihan bambu, vertical web, hujan buatan, tangga air, susup ban, jaring laba-laba, hingga pada akhirnya menginjak garis finis di air terjun.

Jadi, Apa Manfaat Outing Kantor yang Kami Dapatkan?

Senang? Senang! Tentu saja sangat senang. Kami datang, kami berpetualang, kami bermain air, dan kami tertawa bersama. Oh tapi tidak hanya itu saja yang kami dapatkan.

Setidaknya ada lima manfaat utama lain yang kami rasakan sebagai sebuah tim. Masing-masing penjelasannya kami sampaikan di bawah ini.

1. Interaksi Lebih Santai

Interaksi adalah manfaat paling utama. Bagaimana tidak, setiap hari seluruh anggota tim kami berjibaku melakukan tugas masing-masing untuk melayani pelanggan. Meskipun sering bertatap muka setiap hari, kami jarang memiliki waktu bersenang-senang bersama. Tentu karena ranah interaksinya mengarah ke profesionalitas, ya. Dalam outing kantor, kami memiliki lebih banyak waktu santai untuk mengenal satu sama lain.

2. Ikatan Kuat

Interaksi baik antar anggota tim dapat membentuk ikatan kuat. Nah, ikatan yang kuat ini menjadi modal utama kesuksesan suatu tim dalam mencapai sesuatu. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Niagahoster bisa menjadi salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia dalam waktu singkat? Ikatan kuat antar anggota tim adalah rahasianya.

3. Talenta Tersembunyi

Interaksi profesional terkadang membatasi anggota tim untuk benar-benar menjadi diri mereka sendiri. Momen senang-senang bersama seperti outing kantor ini dapat membuat para anggota tim lebih rileks, termasuk menemukan talenta tersembunyi. Biasanya, dalam banyak aspek, kemampuan seperti kepemimpinan, man management, public speaking, maupun pengambilan strategi yang tepat akan jelas terlihat. Tim HRD pun dapat memanfaatkan momen ini dalam menemukan pemimpin masa depan perusahaan!

4. Isi Ulang Semangat

Kegiatan outing kantor, percaya atau tidak, dapat meningkatkan semangat kembali bekerja para anggota tim. Itulah yang kami rasakan di Niagahoster. Semangatnya langsung terasa di hari pertama masuk kerja setelah rekreasi. Interaksi menjadi lebih hangat dan pemahaman antar anggota tim meningkat; dua hal ini melecutkan semangat untuk bekerja lebih giat dalam meraih hasil lebih baik lagi.

5. Meraih Hasil

Segala rintangan dalam outing kantor adalah proses dan garis finis merupakan hasil akhirnya. Secara simbolis, dua hal ini menggambarkan apa yang kami lakukan di Niagahoster. Kami berusaha sebaik mungkin sebagai sebuah tim, kemudian meraih hasil terbaik berdasarkan kerja keras yang kami lakukan. Di Niagahoster, kami siap menghadapi tantangan apapun.

Outing kantor, apapun bentuknya, tidak peduli jauh atau dekat dari kantor, dapat menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi segenap anggota tim.

Kami menyadari bahwa proses dan hasil akhir harus sama-sama baik. Bagaimana mungkin kami meraih pencapaian hebat jika tidak memiliki proses yang baik? Di Niagahoster kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pelanggan. Dan Outing kantor, secara internal, adalah salah satu sarana untuk terus mewujudkannya.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.