Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Panduan Online Marketing Lengkap untuk Pemula

7 min read

Featured image online marketing

Online marketing menjadi salah satu keahlian terpenting di era digital ini. Kini hampir semua bisnis dituntut untuk bisa menjangkau pelanggannya secara online. Kampanye marketing pun banyak yang dialihkan di dunia maya agar bisa memenangkan persaingan.

Bukan hal yang asing lagi ketika pelanggan bisa menemukan produk yang diinginkannya melalui Google, forum online, email, atau media sosial. Hal tersebut bisa dicapai dengan diterapkannya kampanye online marketing.

Apa Itu Online Marketing?

Online marketing adalah pemanfaatan platform online untuk menyampaikan pesan mengenai citra bisnis dan memasarkan produk atau layanan kepada konsumen potensial. Platform online yang dimaksud sangat beragam, dari website, Search Engine Optimization (SEO), iklan Pay Per Click (PPC), email marketing, hingga media sosial.

Baca Juga: Panduan Lengkap Internet Marketing

5 Kelebihan Online Marketing

Mungkin online marketing masih asing bagi sebagian orang. Masih ada kelebihan-kelebihan online marketing yang belum diketahui banyak orang. Berikut adalah kelebihan-kelebihan online marketing yang perlu Anda ketahui:

1. Dapat Digunakan Siapa Saja

Online marketing dapat dimanfaatkan siapa saja, baik itu perusahaan besar, usaha menengah, maupun usaha kecil. Semua skala bisnis bisa memanfaatkan online marketing karena alat-alat yang diperlukan untuk digital marketing mudah diperoleh siapa saja. Cukup berbekal laptop dan koneksi internet, Anda bisa menerapkan online marketing untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Istilah Marketing Online

2. Lebih Murah dan Lebih Efektif

Usaha marketing tradisional seperti baliho, billboard, dan iklan di televisi cenderung mahal dan tidak bisa dimanfaatkan pelaku bisnis UKM. Dengan online marketing, Anda bisa menghemat anggaran marketing dengan hasil yang sama atau bahkan lebih efektif. Berdasarkan sebuah survey, pelaku usaha kecil menengah yang menerapkan digital marketing bisa menghemat anggaran marketing hingga 40 persen.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing

3. Meningkatkan Revenue Secara Efektif

Tidak hanya menghemat anggaran marketing, Anda juga bisa meningkatkan pendapatan lebih efektif menggunakan online marketing. Berdasarkan laporan Google, pelaku bisnis yang memanfaatkan online marketing berhasil meningkatkan pendapatan 2.8 lebih besar dibanding bisnis yang hanya mengandalkan marketing tradisional.

4. Menargetkan Audiens Spesifik

Salah satu kelebihan utama online marketing adalah Anda bisa menargetkan audiens yang spesifik. Online marketing mampu mengumpulkan berbagai data penting, dari lokasi, usia, minat, hingga gender untuk menentukan target yang paling sesuai untuk kampanye marketing Anda.

Baca Juga: Personalized Marketing

5. Cocok untuk Masyarakat “Smartphone”

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Anda dapat dengan mudah menjangkau konsumen pengguna perangkat mobile melalui online marketing.

Baca Juga: Viral Marketing

Pahami Conversion Funnel

Apabila Anda telah mengerti pola pikir konsumen yang Anda targetkan, saatnya untuk membuat suatu diagram yang disebut convension funnel. Ini merupakan konsep yang penting dalam dunia online marketing. Bentuk dari funnel ini bisa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Awareness: Konsumen mulai menyadari mengenai produk yang Anda pasarkan.

Consideration: Pada tahap ini, konsumen mulai menyadari dan tertarik dengan produk yang Anda pasarkan dan berfikir untuk membelinya.

Conversion: Di tahap inilah calon konsumen melakukan pembelian terhadap produk Anda dan menjadikannya sebagai konsumen Anda. Berikan informasi detail tentang produk Anda kepada mereka agar lebih mengenal produk Anda.

Loyalty: Sampai tahap ini konsumen produk Anda telah melakukan pembelian berulang kali dan menjadikannya pelanggan setia.

Advocacy: Pada tahap ini, konsumen yang telah menjadi pelanggan setia, merekomendasikan produk yang Anda pasarkan kepada orang lain sehingga produk Anda semakin dikenal dan banyak peminatnya.

Conversion funnel memudahkan Anda untuk mengatur strategi online marketing yang akan dijalankan dengan baik dan terencana. Pastikan Anda  menyesuaikan aktivitas online marketing sesuai dengan susunan conversion funnel diatas agar tidak melewatkan langkahnya.

Baca Juga: Experiental Marketing

15 Strategi Marketing Online Ampuh

Ilustrasi online marketing

Sama seperti kampanye marketing tradisional, online marketing pun membutuhkan strategi. Anda perlu menyusun strategi marketing online agar bisa memperoleh hasil yang efektif. Berikut adalah 15 strategi marketing online yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda:

1. Buat Website

Website adalah pondasi utama untuk semua kampanye marketing online yang akan Anda jalankan. Fungsi website adalah sebagai toko Anda di dunia maya, sama seperti toko fisik Anda di dunia nyata. Website menjadi tempat menampung semua trafik yang Anda hasilkan dari semua kanal marketing, dari email sampai media sosial.

Anda bisa menampilkan semua informasi mengenai bisnis, dari informasi produk, harga, cara pengiriman, hingga syarat & ketentuan di website. Semua transaksi terjadi di website sehingga lebih aman dan lebih mudah untuk dievaluasi.

Alasan penting lain mengapa Anda perlu membuat website adalah Anda bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Menurut Verisign, 84 persen pelanggan lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website dibanding bisnis yang hanya mengandalkan media sosial.

Membuat website kini dapat dilakukan siapa saja, bahkan orang awam sekalipun. Anda bisa membuat website tanpa memerlukan pengetahuan coding atau programming sama sekali. Menggunakan WordPress, Anda bisa membuat website dengan mudah dalam waktu singkat.

Ikuti panduan Cara Membuat Website untuk membuat website bisnis pertama Anda!

2. Tingkatkan Trafik dengan SEO

Google telah menjadi salah satu sumber informasi utama bagi konsumen untuk menemukan produk secara online. Menurut riset Adweek, sebanyak 81 persen konsumen melakukan riset di mesin pencari terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Artinya bisnis Anda harus mudah ditemukan melalui hasil pencarian Google. Membuat website adalah langkah pertama Anda untuk bisa mudah ditemukan di hasil pencarian.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimasi website tersebut menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO.

Baca Juga: CPA Marketing

3. Gunakan Search Engine Marketing (SEM)

Selain memanfaatkan SEO, Anda juga perlu menggunakan Search Engine Marketing (SEM) untuk kampanye marketing online Anda. Jika hasil dari usaha SEO baru akan terlihat dalam jangka waktu yang lama, website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dalam kurun waktu yang cepat. Penjelasan lebih lengkapnya dapat Anda baca di artikel apa itu search engine marketing.

4. Buat Blog untuk Content Marketing

Menurut WordPress, 409 juta orang membaca lebih dari 23 miliar artikel blog setiap bulannya secara global. Blog tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja. Blog juga dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk bisnis Anda.

Anda perlu menjadikan blog sebagai salah satu strategi marketing online untuk bisnis. Sebab blog tidak hanya mendatangkan trafik, tetapi juga bisa meningkatkan penjualan Anda. Berdasarkan FitSmallBusiness, blog adalah salah satu sumber informasi terpercaya konsumen untuk menentukan pembelian. Blog menduduki peringkat lima untuk sumber informasi utama konsumen, setelah portal berita, Facebook, situs ecommerce, dan YouTube.

5. Aktif di Komunitas Online

Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon konsumen Anda. Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis traveling, Anda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang traveling dan liburan.

Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri Anda. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.

Baca Juga: Community Marketing

6. Buat Email Marketing

Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Beberapa orang mungkin menganggap email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, fakta berkata sebaliknya, penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen dibandingkan Facebook dan Twitter. Efektivitas yang tinggi ini mungkin disebabkan perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu kotak masuk email.

Selain itu, 59 persen konsumen bersedia untuk menjadi berlangganan email marketing atau newsletter jika ada penawaran yang diberikan. Penawaran tersebut bisa berupa kupon atau diskon spesial. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda penerapan email marketing.

7. Lakukan Guest Post

Guest post adalah ketika Anda menulis artikel yang tidak untuk diterbitkan di blog Anda sendiri, melainkan diterbitkan di blog atau website orang lain. Di dalam artikel tersebut Anda dapat meletakkan link menuju blog atau website Anda yang nantinya akan menjadi Backlink untuk website Anda. Namun, Anda perlu memilih blog atau website dengan trafik tinggi agar guest post bisa terasa manfaatnya. Anda bisa melakukan guest post di website portal media atau blog influencer yang trafiknya tinggi.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

8. Mulai Video Marketing

Video juga salah satu jenis konten yang perlu Anda perhatikan untuk content marketing. Sebab video marketing dapat membuat pengunjung Anda menghabiskan waktu lebih lama di blog. Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung di blog, semakin bagus pula nilai di Google. Menurut survey Wyzowl, 72 persen responden menyatakan video marketing membantu meningkatkan conversion rate bisnis mereka.

9. Lakukan Social Media Marketing

Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.

Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial.

10. Terapkan Marketing Otomatis

Anda bisa melakukan kampanye marketing secara otomatis. Terdapat berbagai macam marketing automation tools yang dapat Anda manfaatkan. Untuk email marketing Anda bisa menggunakan MailChimp atau ConstantContact. Anda juga bisa melakukan posting otomatis di media sosial dengan menggunakan tools seperti Buffer atau HootSuite.

Dengan menggunakan software-software tersebut Anda bisa menghemat waktu dalam menjalankan kampanye marketing. Selain itu, Anda juga bisa membuat kampanye marketing yang terencana menggunakan software.

Baca Juga: STP Marketing

11. Aktifkan Google Bisnisku

Google merilis produk bagi para pemilik bisnis untuk memudahkan para pengguna Google menemukan produk yang mereka inginkan. Produk tersebut adalah Google Bisnisku. Di Google Bisnisku Anda bisa menampilkan informasi lengkap bisnis Anda, dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, kantor, restoran, atau perusahaan Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

Meskipun terlihat sepele, Google Bisnisku memiliki banyak manfaat. Dari bisnis muncul di Google Maps, review pelanggan, hingga media komunikasi bagi para pelanggan. Jadi pastikan bisnis Anda terdaftar di Google Bisnisku.

12. Respon Review Online

Review online menjadi salah satu sumber informasi konsumen saat ini. Konsumen mencari review produk yang akan dibelinya di mana saja, dari blog review, forum online, media sosial, hingga di profil Google Bisnisku.

Berdasarkan riset Trustklik, 70 persen konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain. Bahkan mereka 12 kali lebih percaya kepada review online pelanggan lain dibanding keterangan dari produk itu sendiri.

Tugas Anda adalah untuk selalu memantau review online bisnis Anda dan merespon setiap review yang Anda dapatkan. Respon terhadap review online menunjukkan kepedulian Anda kepada konsumen yang telah meluangkan waktunya untuk menilai produk atau layanan Anda.

Baca Juga: Psikologi Marketing

13. Kerja Sama dengan Influencer

Saat penggunaan media sosial belum semasif saat ini, perusahaan-perusahaan besar biasanya bekerja sama dengan artis untuk mempromosikan produk atau layanannya. Kini dengan kekuatan media sosial siapa pun bisa mempromosikan produk. Orang-orang yang mempunyai pengaruh besar di media sosial biasa disebut sebagai influencer.

Influencer sendiri terbagi menjadi dua, yaitu influencer mikro dan influencer makro. Terdapat beberapa versi untuk mendefinisikan keduanya dan saya menggunakan versi dari SocialMediaToday.

Menurut SocialMediaToday, micro influencer adalah orang-orang biasa yang memiliki kurang dari 10 ribu follower di media sosial. Sedangkan macro influencer adalah orang-orang yang memang sudah terkenal di luar media sosial seperti aktor, penyanyi, presenter, atlet, atau politisi. Biasanya follower macro influencer berkisar antara 100 ribu sampai jutaan.

Bekerja sama dengan macro influencer bisa memakan biaya yang cukup tinggi, mengingat popularitas dan jangkauannya yang sangat luas. Tentu bekerja sama dengan macro influencer tidak bisa dilakukan oleh semua bisnis, terutama yang baru saja memulai bisnisnya. Ada alternatif lain, yaitu micro influencer yang biaya kerja samanya tidak sebesar macro influencer.

Baca Juga: Word of Mouth Marketing

14. Gunakan Referral Program

Apakah Anda pernah mendapatkan undangan dari teman Anda untuk mengunduh suatu aplikasi atau membeli produk tertentu? Jika Anda menerima undangan tersebut dan melakukan perintah yang diberikan, baik mengunduh aplikasi atau membeli produk, teman Anda akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapatkan bisa beragam, dari tambahan diskon, tambahan fitur, atau voucher.

Siklus di atas adalah apa yang disebut dengan referral marketing. Referral program memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen melalui promosi yang dilakukan konsumen Anda sendiri. Tentu Anda harus memberikan reward kepada konsumen yang melakukan promosi. Anda juga bisa menerapkan referral program di bisnis Anda.

Baca Juga: Direct Marketing

15. Terapkan Affiliate Marketing

Program afiliasi atau affiliate marketing bukan hal asing di dunia marketing. Sudah banyak perusahaan baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang menyediakan program afiliasi. Amazon, eBay, dan Rakuten adalah beberapa perusahaan penyedia program afiliasi dari luar negeri. Perusahaan dalam negeri pun juga banyak yang menyediakan program afiliasi Indonesia. Dari Bukalapak, BliBli, Tokopedia, Matahari Mall, Tiket.com, hingga Niagahoster menyediakan program afiliasi dengan komisi bermacam-macam.

Dengan affiliate marketing Anda bisa mengajak pelanggan reguler untuk mengiklankan produk Anda ke teman-teman atau followernya di media sosial. Niagahoster pun menerapkan strategi marketing ini dan berhasil mengajak lebih dari 1400 orang untuk mempromosikan produk Niagahoster. Anda pun bisa menerapkan affiliate marketing di bisnis yang Anda kelola.

Download Ebook Gratis: 9 Marketing Channel Terbaik

Kesimpulan

Menerapkan online marketing di bisnis Anda bukan lagi pilihan, melainkan sebuah kewajiban. Dengan menerapkan strategi marketing online, Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan tingkat akurasi lebih tinggi sehingga menghasilkan efek positif bagi bisnis Anda.

Demikian artikel tentang panduang lengkap online marketing untuk pemula. Saya harap strategi marketing online di atas dapat membantu Anda untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda dengan pesat. Jangan lupa subscribe dan aktifkan notifikasi blog untuk mendapatkan update terbaru dari blog Niagahoster!

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *