Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

OKR: Manajemen untuk Kinerja Terbaik Niagahoster Demi Pelanggan

2 min read

OKR 4

Apa Itu OKR?

OKR adalah singkatan dari Objective and Key Results. OKR ini adalah salah satu metode pengukuran manajemen kerja yang awalnya dilakukan oleh Andy Grove di Intel, perusahaan produsen prosesor komputer terkenal di dunia. Di tahun 1999, OKR kemudian diadaptasi oleh John Doerr untuk digunakan oleh tim Google. Sistem OKR membantu Google menjadi perusahaan yang berkembang pesat dari hanya 40 karyawan hingga lebih dari 60.000 saat ini.

OKR tidak hanya digunakan oleh Intel dan Google. Perusahaan besar lainnya seperti Spotify, Twitter, LinkedIn dan Airbnb menggunakan sistem manajemen kerja yang sama. OKR juga tidak hanya digunakan oleh perusahaan digital. Perusahaan retail terkenal seperti Walmart dan Target, harian The Guardian, dan bank ING juga menggunakan OKR.

Sesuai dengan namanya OKR terdiri dari dua komponen utama yaitu Objectives dan Key Results. Objectives adalah deskripsi kualitatif dari apa yang ingin dicapai. Deskripsi ini singkat, mudah diingat, menjadi sumber motivasi dan bisa menantang tim untuk melakukan yang terbaik untuk mencapai sebuah tujuan.

Sedangkan Key Results adalah sebuah set alat ukur yang mengukur kemajuan usaha yang sudah dilakukan untuk mencapai Objectives yang telah ditentukan. Sebuah objective sebaiknya terdiri dari 2-5 key results. Setiap key results harus bisa diubah menjadi angka untuk bisa terukur dengan baik.

Marissa Mayer, mantan Vice President Google berkata,

“jika tidak ada angkanya, maka itu bukan key results.”

OKR Bukan untuk Evaluasi Karyawan

OKR bukanlah alat evaluasi kinerja karyawan, melainkan alat bantu untuk mengukur sejauh mana apa yang dilakukan sudah sesuai dengan target perusahaan. OKR membantu tim di perusahaan untuk mengevaluasi usaha pencapaian target. OKR adalah sistem manajemen kerja yang unik karena dengan menentukan OKR sebuah perusahaan bisa peka dan responsif terhadap perubahan. Hal ini dikarenakan target yang dibuat hanya untuk dalam jangka waktu dekat.

OKR biasanya disusun per kuarter (setiap 3 bulan sekali). OKR mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah gol dari hitungan bulan menjadi hitungan hari. Hal ini membuat investasi kerja keras tim berfokus untuk mencapai tujuan, bukan sekadar merencanakan.

OKR juga disusun untuk mudah dimengerti berbagai pihak karena OKR menjunjung tinggi transparansi. Semua tim bisa saling melihat OKR tim lainnya, termasuk OKR milik CEO. Hal unik lainnya adalah OKR menuntut sebuah perusahaan dan tim kerja di dalamnya untuk menentukan tujuan yang ambisius. Menurut Google yang telah sejak awal menerapkan OKR, tujuan yang ambisius membuat semua pihak tertantang keluar dari zona nyaman untuk mencapai target yang tidak pernah disangka bisa dicapai.

Niagahoster dan Penerapan OKR

Niagahoster telah menerapkan sistem OKR sejak tahun 2015. Hingga saat ini Niagahoster telah menjalankan 10 OKR dan saat ini telah memasuki OKR terakhir di tahun 2018. Selama penerapan OKR di tiga tahun terakhir ini, Niagahoster telah berkembang menjadi tim yang lebih efektif dalam mencapai target. Misal dari sisi pengembangan produk, pengembangan layanan oleh para customer success agent, pengembangan konten oleh tim kreator konten dll. Semua ini tentunya dengan satu tujuan, mewujudkan customer experience terbaik untuk para pelanggan Niagahoster.

Dengan sistem OKR, tim di Niagahoster memiliki guideline yang jelas dalam bekerja. Sejauh mana usaha yang telah dilakukan sudah sesuai dengan target yang akan dicapai. Selain itu transparansi dalam bekerja juga memudahkan tim untuk saling membantu ketika ada tim lain yang membutuhkan bantuan menyelesaikan pekerjaan. Setiap akhir kuarter, evaluasi pencapaian target di OKR dilakukan. Dari sini pula kami banyak belajar akan apa yang harus lebih baik dilakukan di OKR selanjutnya.

OKR 4

Penyusunan OKR untuk kuarter ke 4 tahun ini telah selesai dilakukan di Niagahoster. Jumat, 5 Oktober 2018 kemarin kami menyelenggarakan perayaan kecil untuk menjabarkan OKR yang akan kami kerjakan tiga bulan ke depan. Di halaman belakang kantor Niagahoster, kami berkumpul untuk saling mendengar OKR setiap tim dan kami bebas memberi masukan kepada tim lain untuk bisa membantu mengoptimalkan target yang akan dicapai. Tujuan lain acara ini adalah untuk mengumpulkan semangat semua pihak karena OKR baru akan dimulai.

Bagi kami di Niagahoster, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan bukan hanya lewat wujud nyata dalam apa yang kami lakukan secara langsung kepada pelanggan setiap hari. Baik melalui customer success agent, media sosial, atau layanan produk. Di balik semua totalitas layanan itu tentunya ada perencanaan matang agar apa yang kami berikan kepada pelanggan selalu hasil terbaik dari kerja keras kami sehari-hari.

 

1
Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

2 Replies to “OKR: Manajemen untuk Kinerja Terbaik Niagahoster Demi Pelanggan”

  1. Wah keren, saya baru dengar istilah ini, cukup memberikan saya wawasan, apakah ada sumber lain dari Google OKR dalam bahasa inggris mba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + fourteen =